Home Featured 8 Manfaat Main Rubik Untuk Kesehatan Otak dan Mental

8 Manfaat Main Rubik Untuk Kesehatan Otak dan Mental

by Erlita

Kubus rubik mungkin sudah tak asing lagi bagi sebagian besar dari kita karena permainan teka-teki mekainik ini sangat populer dan banyak orang pasti pernah memainkannya. Nyatanya, permainan yang ditemukan di tahun 1974 oleh Ernõ Rubik ini sangat baik dimainkan untuk kesehatan tubuh juga. Tak sekadar mengisi waktu luang atau menghilangkan rasa bosan dan stres, manfaat main rubik lainnya sungguh luar biasa.

  1. Membantu Berhenti dari Ketergantungan Apapun

Orang-orang yang memiliki kecanduan atau ketergantungan terhadap suatu hal (contohnya kebiasaan menggigit kuku) boleh mencoba memainkan rubik sebagai cara berhenti dari sebuah ketergantungan. Ini karena rubik menjadikan diri kita sibuk, baik itu otak maupun tangan kita sehingga tak ada lagi waktu untuk melakukan hal negatif yang membuat kita kecanduan. Namun, hati-hati karena jangan sampai kemudian malah beralih ke kecanduan main rubik ya.

  1. Meningkatkan Agilitas Jari

Untuk jari-jari yang lebih gesit, maka sebenarnya bermain rubik bisa menjadi solusi. Bahkan memainkan rubik diketahui berguna dalam membantu masalah degenerasi sendi pada orang-orang yang memasuki usia lanjut. Jadi untuk kemampuan jari yang bekerja lebih cepat, menjaga bentuk jari tetap baik, serta mencegah masalah sendi, permainan rubik dapat menjadi pilihan.

  1. Mempertajam Refleks

Menyelesaikan rubik dengan cepat membuat kita melewati tiga gerakan di beberapa titik per detiknya sehingga inilah yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan ketajaman refleks. Refleks yang lebih cepat khususnya dalam penggunaan tangan akan sangat menguntungkan lho dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

  1. Menjadikan Pikiran Aktif

Kubus rubik adalah permainan teka-teki yang sangat baik untuk kesehatan otak, karena pikiran akan menjadi lebih aktif dengan memainkan permainan ini rutin. Bagi para penggemar teka-teki, silakan mencoba karena fungsi kognitif tetap terjaga dengan baik dengan otak yang selalu aktif.

  1. Meningkatkan Kreativitas

Karena merupakan permainan teka-teki, bermain rubik adalah suatu cara dalam meningkatkan kreativitas. Teka-teki perlu dipecahkan dan cara serta proses pemecahan inilah yang menjadikan kita mudah mencari cara sendiri sebagai solusinya. Dengan begitu, hal ini berpengaruh besar dalam kehidupan sehari-hari bagaimana kita kreatif melakukan atau menyelesaikan masalah.

  1. Melatih Otak Kiri dan Kanan

Bermain rubik bagi sebagian orang sangat seru karena melibatkan logika sekaligus banyak imajinasi. Selain menjadi lebih kreatif dan otak jadi lebih aktif, sebenarnya banyak bermain rubik juga bakal menjadi latihan bagi otak kiri dan kanan lho.

  1. Melatih Kesabaran

Walau nampaknya asyik, bermain rubik bagi para pemula adalah hal yang menjengkelkan. Banyak orang yang baru belajar permainan ini akan menyerah hanya dalam waktu 15 menit saja. Namun sebenarnya, jika diteruskan manfaat seperti melatih kesabaran bisa didapat kok.

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Bagi yang sudah mulai merasa daya ingatnya menurun, mulai sering lupa dan cenderung pikun, segera coba permainan kubus rubik ini. Sifat pelupa yang dibiarkan lama-kelamaan bisa cukup berpengaruh buruk bagi kegiatan sehari-hari. Maka sebagai cara meningkatkan daya ingat kembali, memainkan rubik adalah solusi tepat karena kita harus hafal banyak rumus supaya cepat selesai.

Itulah beberapa manfaat main rubik khususnya untuk kesehatan fungsi otak dan mental yang lebih maksimal. Jika ingin menambah daya ingat, lebih kreatif, menjadi seorang pemecah masalah yang handal, hingga menjadi penyabar dan tak emosian, rubik adalah permainan yang layak dicoba.

You may also like