9 Kebiasaan Pagi Ini Bakal Meningkatkan Mood Sepanjang Hari Lho

237

9 Kebiasaan Pagi Ini Bakal Meningkatkan Mood Sepanjang Hari LhoApakah Anda sering mengalami hari yang kurang menyenangkan atau mungkin suasana hati yang selalu kurang baik? Mungkin hal ini ada kaitannya dengan kebiasaan pagi yang Anda lakukan sehari-hari. Untuk meningkatkan mood, miliki kebiasaan pagi yang baik dan menyenangkan supaya sepanjang hari pun akan terasa lebih baik.

  1. Bangun Tepat Waktu

Seringkali yang membuat mood jadi kurang begitu bagus adalah kebiasaan bangun kesiangan atau telat sehingga rasanya selalu terburu-buru. Sampai di sekolah, kampus atau tempat kerja dengan kondisi terburu-buru tadi tentunya akan membuat suasana hati agak kurang tenang dan baik. Jadi, pastikan untuk punya kebiasaan bangun pagi dan tepat waktu.

Ketika bangun tepat waktu, maka kita akan punya waktu untuk bersiap-siap dan bahkan bisa lebih sedikit rileks. Inilah yang akan menjaga dan bahkan mampu meningkatkan suasana hati karena tidak diburu oleh waktu. Gunakan alarm dari jam beker atau ponsel jika merasa kesulitan untuk bangun sendiri tepat waktu.

  1. Biarkan Sinar Matahari Masuk

Melalui jendela kamar setelah tirai disingkapkan, biarkan sinar matahari pagi memasuki ruang tidur. Sinar matahari akan membantu memenuhi kebutuhan asupan vitamin D bagi tubuh secara alami ketika terkena paparannya sekitar 10-15 menit saja. Sinar matahari ini jugalah yang dapat meningkatkan suasana hati serta mencerahkan hari kita.

  1. Minum Air Putih

Setelah bangun tepat waktu dan mendapatkan paparan sinar matahari pagi yang menyehatkan, jangan lupa untuk mengasup air putih 1-2 gelas. Ingat bahwa selama istirahat malam kita, tubuh mengalami dehidrasi sehingga memerlukan asupan cairan, jadi di pagi harinya setelah bangun minumlah air putih cukup atau bahkan air lemon segar yang juga berperan sebagai penekan nafsu makan.

  1. Olahraga

Ketika bangun pagi secara tepat waktu dan memiliki waktu cukup untuk melakukan latihan fisik, maka lakukanlah. Berolahraga akan membantu agar tingkat metabolisme bertambah sehingga akan menjadi cara pembakaran kalori sepanjang hari yang efektif. Pilihlah olahraga yang membakar kalori secara cepat dan jitu.

  1. Bersih-bersih

Jika Anda punya waktu di pagi hari, akan jauh lebih baik kalau Anda bisa lakukan aktivitas bersih-bersih rumah atau setidaknya ruang tidur dan ruang kerja. Pasti rasanya sangat malas ketika harus bersih-bersih setelah pulang dari aktivitas Anda karena tubuh sudah terlalu lelah dan ingin istirahat, jadi mengapa tak dilakukan pagi-pagi saja?

  1. Sarapan

Melewatkan sarapan disebut-sebut sebagai peningkat risiko obesitas, penurun konsentrasi, dan pemicu banyak gangguan kesehatan lainnya. Oleh sebab itu, kebiasaan perlu diteruskan apalagi dengan pilihan menu sarapan yang tepat dan bernutrisi. Gandum, telur dan juga buah-buahan segar adalah pilihan terbaik untuk memberi efek kenyang tahan lama sekaligus meningkatkan energi tubuh, lho.

  1. Melakukan Hal Menyenangkan

Sembari menikmati sarapan kesukaan Anda, membaca buku, menonton video favorit, menonton berita di TV atau membaca koran bisa jadi kegiatan yang meningkatkan suasana hati di pagi hari. Selain itu, Anda pun akan punya bahan pembicaraan baru dengan teman kuliah atau rekan kerja nantinya.

  1. Menyalakan Musik Saat Bersiap-siap

Otak akan terstimulasi dengan baik oleh bantuan musik, apalagi kalau musik tersebut adalah kesukaan kita. Jadi saat Anda menyiapkan diri, entah itu menyikat gigi, sarapan, bersih-bersih kamar, atau bahkan sedang berganti pakaian, musik atau lagu yang berirama cepat bisa Anda putar dan nikmati supaya mood lebih baik dan menambah semangat juga.

  1. Berangkat Tepat Waktu

Dari bangun tepat waktu, Anda bisa kemudian berangkat sekolah, kuliah atau kerja juga tepat waktu setelah menikmati waktu pagi yang begitu menyenangkan sesuai pilihan Anda. Bahkan Anda tak perlu harus terburu-buru apalagi merasa stres ketika berangkat kerja. Selama dalam perjalanan pun, Anda bisa menikmati pagi yang indah sambil mungkin menyesap kopi atau minuman favorit Anda dan mendengarkan lagu kesukaan.

Ya, memang benar, mungkin mustahil untuk bisa melakukan seluruh kegiatan tersebut dalam satu pagi. Namun setidaknya, bangun tepat waktu dan memiliki waktu cukup dalam menyiapkan diri ditambah dengan menikmati sarapan dan musik terfavorit akan membawa suasana hati makin baik. Karena ketika Anda memulai pagi dengan mood yang buruk, ada potensi besar bahwa sepanjang hari Anda menjadi kurang menyenangkan nantinya.