Ini Nih 11 Manfaat Besar Mengurangi Gula Bagi Tubuh

264

Ini Nih 11 Manfaat Besar Mengurangi Gula Bagi TubuhBanyak orang menyukai makanan yang manis-manis dan menjadikannya sebagai camilan terlepas dari adanya bahaya makan manis yang luar biasa buruk bagi tubuh. Terlebih saat berada di masa liburan, mengemil adalah aktivitas yang banyak dilakukan dan masalahnya asupan gula bisa jadi meningkat lebih dari hari-hari sebelum liburan. Jadi, siap-siaplah mengurangi asupan gula dan dapatkan manfaat besarnya bagi tubuh berikut.

  1. Menurunkan Risiko Diabetes

Mengurangi asupan gula bermanfaat bagi Anda yang memiliki risiko terkena penyakit gula. Jika keluarga memiliki riwayat penyakit diabetes, otomatis Anda pun berpotensi besar untuk menderitanya juga. Oleh karena itu, kurangi gula supaya racun dalam tubuh bisa dibuang dan produksi insulin oleh pankrea pada 2 jam pertama tanpa gula akan terjadi.

Sementara itu, organ hati akan turut melakukan proses pembuangan racun di mana hal ini disampaikan sendiri oleh sang ahli nutrisi dari Massachusetts, Marc Alabanza dilansir dari laman Kompas Lifestyle. Hanya saja, diketahui bahwa pada penderita pre diabetes prosesnya memakan waktu lebih panjang.

  1. Membuat Tidur Lebih Berkualitas

Asupan gula apalagi secara berlebihan mampu mengganggu tidur di malam hari. Susah tidur nyenyak adalah efek yang cukup mengganggu di mana kondisi ini lebih sering terjadi pada orang-orang yang suka mengemil makanan manis sebelum tidur. Ini karena hormon stres justru bisa meningkat setelahnya.

  1. Menurunkan Risiko Sakit Gigi

Banyak masalah kesehatan gigi dan mulut berawal dari kegemaran akan asupan makanan manis dan bergula tinggi secara berlebihan. Maka dengan mengurangi gula, manfaat besar yang salah satunya bisa diperoleh adalah turunnya risiko sakit gigi. Ini karena rata-rata kasus gigi berlubang dan rusak adalah karena makan makanan manis.

  1. Menurunkan Risiko Bau Mulut

Makan atau minum yang manis-manis hanya akan menjadi pemicu interaksi antara pembusukan dengan bakteri di dalam mulut. Perlu diingat bahwa bau mulut yang kurang sedap pada dasarnya disebabkan oleh proses bakteri yang memakan sisa-sisa gula di dalam mulut, jadi mengurangi gula bisa mengurangi risiko nafas tak sedap juga.

  1. Membuat Awet Muda

Percaya atau tidak, asupan gula berlebih mampu menjadi penyebab penuaan dini dengan timbulnya keriput dan garis halus pada kulit wajah. Seorang dokter bedah plastik di Troy, Michigan bernama Anthony Youn mengatakan bahwa glikasi atau proses penguraian kolagen oleh gula terjadi karena gula sehingga elastisitas kulit pun menurun.

  1. Meningkatkan Suasana Hati

Banyak orang penggemar makanan atau minuman bergula tinggi merasa jauh lebih bahagia ketika menyantap kesukaan mereka, padahal asupan gula yang terlalu banyak malah bisa menjadi penyebab radang kronis yang berpengaruh pada otak sehingga fungsinya terganggu. Dengan mengurangi gula, risiko radang kronis pada otak menurun dan suasana hati bisa jauh lebih baik.

  1. Meningkatkan Semangat

Saat mengurangi asupan gula, bukan hanya suasana hati saja yang meningkat dan membaik, melainkan kondisi kesegaran tubuh pun terjaga dengan baik. Itulah kenapa, fisik akan jauh lebih siap dan bahkan Anda bisa merasa lebih semangat saat hendak memulai aktivitas sehari-hari.

  1. Mengurangi Timbunan Lemak

Jika Anda kurang lebih rutin mengonsumsi setiap harinya 22 sendok teh gula, maka menurut hasil studi Harvard School of Public Health yang ada di Boston hal tersebut hitungannya setara dengan asupan 350 kalori bagi tubuh. Asupan gula lebih nyatanya tak membuat kita cepat puas, malah justru ingin makan dan makan lagi bukan?

Jadi dengan mengurangi asupannya, otomatis kita juga sedang menurunkan asupan kalori yang bisa mencegah penimbunan lemak pemicu obesitas. Daripada makan makanan manis yang tak sehat, lebih baik ganti dengan manis alami yang bisa didapat dari buah.

  1. Menjaga Kemampuan Tubuh dalam Melawan Penyakit

Kemampuan tubuh dalam melawan berbagai macam bakteri dan virus bisa menurun karena kemunculan radang yang dipicu oleh asupan gula yang banyak di dalam tubuh. Ketika kita memutuskan untuk membatasi asupan gula, dengan begitu kemampuan tubuh melawan penyakit akan terjaga baik dan tubuh menjadi tak gampang sakit.

  1. Membuat Kehidupan Seks Lebih Baik

Kenaikan insulin karena konsumsi gula rupanya bisa berdampak buruk pada fungsi organ seksual sehingga hubungan intim dengan pasangan bisa menjadi turun kualitasnya. Jadi untuk hormon seksual bisa terjaga baik fungsi dan kestabilannya, asupan gula bisa Anda kurangi supaya kehidupan seks juga jauh lebih indah.

  1. Memperpanjang Umur

Tak hanya aktivitas fisik rutin saja yang bisa membuat umur lebih panjang, tapi juga asupan gula yang Anda kurangi. Dengan membatasinya, kadar glukosa dalam darah tetap normal dan stabil, jauh dari stres karena mood selalu baik, terhindar dari risiko diabetes, dan tubuh juga terjaga kesegarannya.

Jadi, tak ada salahnya mengurangi gula bukan? Justru berbagai manfaat besar tersebut akan membuat tubuh jauh lebih sehat dan potensi umur lebih panjang. Sebagai ganti camilan manis yang tak sehat, Anda bisa coba konsumsi buah-buahan segar yang manisnya lebih alami dan menyehatkan.