Kenali 5 Sumber Stres Yang Mungkin Kita Tidak Sadari Selama Ini

79

Kenali 5 Sumber Stres Yang Mungkin Kita Tidak Sadari Selama IniKesehatan mental seseorang seringkali dapat mengalami gangguan karena tekanan dan kecemasan berlebihan dalam segala aspek kehidupan. Stres dalam hal keuangan, hubungan dengan keluarga, kekasih dan teman, hingga masalah pekerjaan yang seakan tak ada habisnya. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa faktor penyebab stres yang tersembunyi dan banyak dari kita tak menyadarinya?

  1. Menjadi Perfeksionis

Seseorang dengan karakter atau sikap perfeksionis akan jauh lebih mudah stres. Seseorang yang perfeksionis tak akan gampang merasa puas dan nyaman dengan apa yang ia hasilkan serta capai. Tak hanya itu, tingkat stres bisa makin tinggi ketika menjumpai adanya sebuah proses atau hasil pekerjaan yang salah.

Ketika memiliki harapan atau keinginan semua berakhir dengan sempurna sesuai apa yang direncanakan, maka kecemasan, tekanan dan ketegangan akan selalu mengikuti hidup kita. Bukan hanya menjadi sumber stres, perfeksionis adalah suatu karakter yang juga akan menjadi pemicu rasa kekecewaan mudah datang sehingga hidup menjadi kurang tenang.

  1. Media Sosial

Bagi beberapa orang, media sosial mungkin menjadi suatu hiburan dan penghilang stres. Namun bagi banyak orang lainnya, tanpa disadari media sosial sebenarnya adalah ‘racun’ yang bisa menimbulkan tingkat kecemasan dan ciri-ciri stres yang lebih tinggi. Bahkan media sosial seringkali menjadi penyebab stres yang sebenarnya tak begitu penting.

Mungkin kita tak menyadarinya, tapi sebenarnya dengan aktif di media sosial, kita kemudian mulai membandingkan diri kita dengan kondisi orang lain yang kelihatan lebih bahagia. Berbagai macam berita hoax yang kini juga merajalela pun dapat menjadi sumber stres ketika kita tak mengonfirmasi kabar tersebut lebih dulu.

  1. Tidak Ada Waktu Untuk Diri Sendiri

Setelah berlelah-lelah bekerja atau sekolah, belum lagi harus menyediakan waktu untuk orang lain, seperti untuk keluarga dan teman adalah suatu pemicu stres yang tersembunyi. Kita tak sadar bahwa kurangnya waktu untuk diri kita sendiri dapat menimbulkan stres yang menumpuk sehingga ‘me time’ sangatlah diperlukan sebagai cara menghindari stres pikiran dan fisik.

  1. Sulit Menolak

Ada tipe orang yang sungkan untuk berkata tidak atau menolak ajakan atau tawaran orang lain, apalagi orang terdekat dan orang yang dikenal. Dengan memiliki karakter seperti ini, otomatis kita akan selalu ingin menyenangkan orang lain yang pada akhirnya hanya lebih banyak menyita waktu dan tenaga kita sementara sebenarnya kita bisa gunakan untuk diri sendiri. Belajar berkata tidak atau menolak tawaran/ajakan yang tidak begitu perlu sangat penting agar kita tak kemudian stres sendiri.

  1. Mengandalkan Orang Lain

Tanpa sadar meminta bantuan orang lain atau mengandalkan mereka bisa menjadikan kita mudah stres. Hal ini masih ada hubungannya dengan sifat perfeksionis di mana mengandalkan orang lain untuk mengerjakan sesuatu bagi kita membutuhkan kepercayaan yang besar. Menerima bantuan orang lain di saat kita bisa melakukannya sendiri kemungkinan mampu menyebabkan kekecewaan karena hasilnya tak seperti yang diri kita inginkan.

Itulah beberapa sumber stres tersembunyi yang sebenarnya kerap kita lakukan atau ada di sekitar kita, namun tak pernah disadari. Mulailah batasi penggunaan media sosial ketika sudah mulai berdampak negatif bagi mental; mulailah belajar berkata tidak; mulailah meluangkan waktu untuk diri kita sendiri, serta mengerjakan apa yang kita bisa lakukan sendiri daripada selalu bergantung pada orang lain supaya tak memicu gejala stres dan depresi.