13 Bahaya Minuman Cepat Saji Bagi Kesehatan

Bahaya minuman cepat saji merupakan akibat dari kebiasaan dan gaya hidup seseorang yang gemar mengkonsumsinya secara berlebihan dan setiap hari. Minuman cepat saji adalah jenis minuman yang mudah dijumpai diberbagai kedai atau restaurant dimana memiliki kepraktisan dalam penyajiannya dan siap dinikmati dalam hitungan menit saja.

Resiko
Minuman cepat saji memiliki aroma dan rasa nikmat yang beragam serta mampu menenangkan pikiran serta menyembuhkan kepenatan tubuh akibat aktivitas sehari hari. Namun bahaya minuman cepat saji dapat mengancam kesehatan tubuh jika anda tidak bijak (berlebihan) dalam mengkonsumsinya.

1.Mengakibatkan penyakit jantung
Bahaya minuman cepat saji cenderung terletak pada Kandungan gula dan soda didalamnya. pada minuman siap saji tersebut dapat memperlambat darah mengalir kearah jantung sehingga fungsi jantung dalam memompa darah menjadi tersendat. Kondisi tersebut pada sebagian orang bisa mengakibatkan seseorang terserang gagal jantung mendadak.

2. Kerusakan tulang dan gigi
Kandungan gula yang cukup tinggi mampu merusak kepadatan tulang pada orang dewasa dan menghambat pertumbuhang gigi pada anak anak. Gula dapat melekat pada enail gigi dan mengendap pada persendian llau menghancurkan kalsium yang ada pada tulang,Sehingga mempercepat kerapuhan tulang.

3. Sariawan
Bahaya minuman cepat saji yang sering dialami masyarakat adalah munculnya luka dan iritasi disekitar dinding gusi dan lidah yang disebut sariawan. Zat yang ada pada minuman siap saji cenderung mengiritasi mukosa rongga mulut sehingga memudahkan terjadinya iritasi dan peradangan.

4. Sakit tenggorokan
minuman siap saji memang bersifta menyegarkan dan nikat untuk dinikmati kapan saja misalnya kopi, Susu, Orange juice, Minuman dengan citarasa buah , Namun dibalik kenikmatan tersebut ada zat zat tertentu yang dapaat menyebabkan iritasi pada saluran tenggorokan sehingga memicu peradangan dan batuk batuk.

5. Sakit perut dan kembung
Kandungan bahan pengawet, Gula buatan, Pewarna tertentu Dan campuran bahan lain mampu menekan saraf dan aliran darah dijaringan perut serta ulu hati sehingga seseorang menderita sakit perut dan perut kembung. Bahaya minuman cepat saji akn semakin besar Jika terkontiminasi /tercemar radikal bebas misalnya debu dan kotoran yang terbawa melalui angin, Maka akan meningkatkan resiko menjadi diare.

6. Dehidrasi
Pada dasarnya minuman cepat saji dibuat untuk menghilangkan dahaga dan dehidrasi akibat aktivitas sehri ghari maupun karena suhu udara yang terlalu tinggi. Namun mengkonsumsi minuman siap saji terlalu banyak justru dapat mengikat cairan tubuh dengan cepat sehingga tubuh kekurangan air atau dehidrasi. (Baca juga : Gejala dehidrasi)


7. Kanker prostat
Pada minuman siap saji jenis kopi terbukti dapat menyebabkan munculnya bahaya minuman cepat saji yang mengerikan yaitu berupa kerrusakan sel sel tubuh menjadi sel abnormal dan memicu munculnya kanker prostat pada pria. Kafein yang telah ditunggangi gula dan bahan pengawet tertentu ternyata mampu berakumulasi dengan sel tubuh dan bersifat karsinogenik yaitu penyebab munculnya kanker.

8. Obesitas
Kadar kalori dan glukosa yang tinggi serta pencampuran soda atau pewarna buatan sudah cukup mampu menimbulkan masalah pada berat badan. Bahaya minuman cepat saji yang paling mudah menyerangproia dan wanita usia muda adalah berupa obesitas. Tubuh akan mudah melar karena zat kimia yang ada pada minuman tersebut mudah mengendap bersama lemak yang awalnya sudah ada diberbagai bagian tubuh yang akhirnya tidak mudah mengalami proses pembakaran. (Baca juga : gejala obesitas)

9. Mudah lelah
Apapun kandungan zat yang ada pada minuman siap saji mampu menyebabkan stamina menjadi terus meningkat, Hal ini membuat beberapa organ tubuh seperti ginjal, Hati dan usus besar bekerja keras terus menerus untuk mengendalikan zat zat tersebut agar mudah dikeluarkan kembali dan tidak menjadi racun didalam tubuh yaitu melalui urin dan keringat. Akibatnya tubuh akan memderita kelelahan, Mudah mengatuk dan pegal pegal.

10. Hipertensi
Kandungan gula, Sodium dan pewarna buatan didalam minuman siap saji mampu menyumbat arteri pada jaringan otak dan kepala. Jika terus menerus mengkonsumsi minuman tersebut maka akan memicu munculnya penyumbatan pada pembuluh darah yang menyebabkan darah tidak mampu mengalir dan menyebar keseluruh tubuh dengan lancar. Akibatnya munculah bahaya minuman cepat saji yang tidak kita inginkan yaitu berupa peningkatan tekanan darah secara signifikan atau penyakit hipertensi.

11. Kerusakan ginjal
Ginjal akan terus dipaksa bekerja keras mengendalikan zat yang ada pada minuman siap saji dan berusaha untuk menetralkannya agar tidak membahayakan tubuh. Namun ginjal juga bisa mengalami kelelahan lalu iritasi jika didalam tubuh terdapat teralalu banyak benda asing (misalnya glukosa buatan, Perwarna buatan, Bahan pengawet tertentu ) yang tidak dibutuhkan tubuh untuk segera dikeluarkan melalui keringat dan urin. Bahaya minuman cepat saji ini akan menjadi lebih berbahaya jika dikonsumsi oleh orang orang yang memiliki riwayat ginjal bermasalah karena dapat menyebabkan gagal ginjal.


12.Asam lambung meningkat
Bahaya minuman cepat saji yang bisa menyerang anak dan orang dewasa ketika berlebihan masuk didalam tubuh adalah munculnya peningkatan asam lambung yang menyebabkan rasa nyeri dan rasa tidak nyaman disekitar ulu hati. Senyawa yang ada pada glukosa mampu meningkatkan asam lambung dan mengiritasi dinding lambung sehingga lambung yang luka akan terasa sangat nyeri ketika tersentuh minuman jenis lain.

13. Diabetes
Tidak dipungkiri lagi jika bahaya minuman cepat saji lebih banyak terletak pada kandungan glukosanya yang tinggi, Karena dapat meningkatkan kadar gula alam tubuh yang dapat menyebabkan munculnya gejala diabetes. Penyakit diabetes akan lebih mudah 60 persen terbentuk pada orang orang yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit diabetes.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Minuman Berbahaya