12 Cara Menghilangkan Mata Sembab dengan Cepat Paling Ampuh      

Apakah Anda pernah merasa tidak nyaman , karena saat bangun tidur mata menjadi sembab? Biasanya mata sembab terjadi setelah seseorang menangis. Namun juga bisa terjadi ketika sangat lelah dan kurang tidur. Dan hal yang paling berbahaya dari mata sembab adalah bisa menjadi ciri ciri penyakit ginjal. Hal yang paling menyebalkan dari mata sembab adalah mengurangi rasa percaya diri dan membuat tampilan wajah menjadi bengkak. Karena itu mata sembab akan membuat rasa tidak nyaman pada mata.

Berikut ini berbagai cara menghilangkan mata sembab dengan cepat dan alami:

  1. Minum Air Putih

Minum air putih atau air mineral yang cukup akan membantu mengurangi mata sembab dari dalam tubuh. Ini cara yang sangat alami dan membuat tubuh tidak terkena resiko dehidrasi. Ketika tubuh Anda kekurangan cairan maka bisa membuat beberapa bagian tubuh bengkak seperti di sekitar kantung mata. Ini adalah salah satu dari efek kekurangan air putih bagi tubuh dan bahaya akibat kurang minum air putih. Air akan membantu mengeluarkan semua racun dari dalam tubuh. Selain itu air putih sangat baik untuk mengurangi resiko bahaya akibat kelebihan garam bagi tubuh. Jadi sebaiknya Anda minum sebanyak 8 sampai 10 gelas setiap hari untuk mencegah bahaya akibat terlalu banyak minum air putih

  1. Masker Mata dengan Putih Telur

Jika Anda memiliki putih telur sisa memasak, maka gunakan bahan ini untuk mengurangi sembab pada mata. Putih telur biasanya menjadi cara meningkatkan albumin dalam darah dan makanan pembentuk otot tubuh pria paling cepat.  Dan putih telur biasanya memang sering digunakan untuk masker alami pada wajah. Efek dari putih telur bisa membuat kulit menjadi lebih lembut dan pori-pori lebih rapat. Selain itu putih telur membuat kulit kenyal elastis dan ketat sehingga sangat baik untuk mata sembab. Lakukan cara berikut ini untuk menggunakan putih telur sebagai masker mata.

  • Pisahkan kuning telur dan putih telur di mangkuk yang sudah disediakan. Jangan sampai bagian putih telur terkena kuning telur karena akan mengurangi efek putih telur pada kulit.
  • Kocok putih telur pelan dan searah hingga bagian putih telur menjadi lebih kaku.
  • Tambahkan beberapa minyak esensial untuk mengurangi efek amis dari putih telur.
  • Gunakan jari tangan atau kain untuk menempelkan putih telur ke bagian bawah dan atas mata.
  • Pejamkan mata Anda selama kurang lebih 20 menit hingga putih telur terasa kaku dan bisa dikelupas.
  • Bersihkan dengan air mawar atau air dingin dan lakukan perawatan ini setiap hari sesuai hasil yang Anda inginkan.
  1. Masker Mata dengan Sendok Dingin

Tehnik mendinginkan mata dengan sendok dingin memang sudah lama dilakukan dan bahkan oleh para orang tua jaman dahulu. Logam yang dingin dipercaya bisa membuat kulit mata kembali normal dan menghilangkan keriput di sekitar kulit mata. Selain itu sendok dingin akan membantu membuat pembuluh darah di sekitar mata menjadi lebih lentur dan menghilangkan sembab pada mata yang kurang tidur dan kelelahan. Berikut ini trik untuk menghilangkan mata sembab dengan sendok dingin:

  • Masukkan beberapa sendok logam berukuran kecil atau besar ke dalam freezer selama 20 menit.
  • Setelah dingin mata tempatkan bagian sendok yang bulat dan cembung ke bagian mata secara perlahan. Jangan menekan bagian mata, Anda cukup menempatkannya saja hingga menutupi bagian mata.
  • Jika sendok sudah kurang dingin maka ganti dengan sendok lain yang masih ada di kulkas.
  • Lakukan perawatan ini setiap pagi untuk hasil yang lebih baik.
  1. Kompres Mata dengan Air Dingin

Air dingin bisa membantu mengurangi mata sembab tanpa menyebabkan efek samping. Air dingin memberikan efek seperti sendok dingin yaitu melenturkan pembuluh darah yang terlalu kencang pada mata. Selain itu air dingin bisa membuat mata bengkak akan mereda secara alami tanpa menyebabkan bekas. Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan:

  • Cuci bersih wajah Anda kemudian keringkan dengan handuk yang lembut. Hindari menggosok dan menekan pada bagian mata.
  • Bungkuslah beberapa buah es batu pada kantung es atau kain yang lembut.
  • Pejamkan mata dan tempatkan kantung es ini pada bagian mata Anda secara lembut. Ingat jangan menekan mata tapi letakkan saja perlahan.
  • Biarkan selama beberapa menit dan sesekali angkat kemudian kedipkan beberapa kali sehingga mata Anda tidak terlalu kaku.
  • Lakukan perawatan ini selama beberapa kali hingga mata menjadi lebih nyaman.

Baca juga: bahaya minum air es bagi kesehatan – bahaya minum air es setiap hari – bahaya minum air es setelah makan.

  1. Kompres dengan Teh Celup Bekas

Apakah Anda suka minum teh dengan menggunakan teh celup? Jika Anda memang suka menggunakan teh celup maka jangan buang bekasnya. Teh memiliki sifat menghilangkan iritasi, bengkak dan rasa tidak nyaman pada mata. Selain itu bekas teh celup bisa membantu mengatasi bengkak serta membuat kulit di sekitar mata menjadi lebih lembut. Bahkan jika mata Anda merah dan pedih maka teh celup ini akan menyembuhkannya sekaligus. Ikuti beberapa tips untuk mendapatkan mata indah, seperti dibawah ini:

  • Ambil teh celup yang baru saja dipakai kemudian masukkan dalam freezer selama kurang lebih 20 menit.
  • Ambil kantung teh celup dan kemudian letakkan pada mata. Lebih nyaman jika Anda melakukan perawatan ini sambil berbaring sehingga lebih santai.
  • Biarkan selama kurang lebih 15 menit dan ulangi lagi.
  • Bersihkan mata dengan air dingin setelah perawatan ini.
  • Cara ini bisa dilakukan setiap pagi untuk menghilangkan sembab dan bengkak dengan lebih cepat.

Manfaat lain teh celup bekas:

  1. Masker dengan Air Garam

Campuran air hangat dan garam bisa membantu menghilangkan sembab dan bengkak pada mata. Anda bisa mengatasi berbagai keluhan mata sembab dengan cara yang sangat alami dan aman ini. Garam akan bekerja untuk mengurangi efek retensi cairan pada mata yang bengkak. Lakukan perawatan seperti langkah berikut ini:

  • Buat larutan air dan garam dengan mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam 5 gelas air hangat.
  • Kemudian rendam beberapa kapas selama beberapa saat hingga air terserap ke dalam kapas.
  • Gunakan lembaran kapas tersebut untuk mengompres mata yang sembab.
  • Lakukan perawatan ini selama beberapa kali dalam sehari sesuai hasil yang diinginkan.
  1. Masker Mentimun

Menutupi mata dengan irisan mentimun adalah cara lama yang sangat ampuh untuk cara menghilangkan mata sembab dengan cepat. Mentimun mengandung air alami yang bersifat dingin sehingga mengurangi bengkak pada area mata. Selain itu mentimun mengandung bahan kimia alami yang bisa mengurangi bengkak karena peradangan sekaligus membuat kulit mata lebih kencang. Mentimun juga sangat bermanfaat untuk cara menghilangkan lingkaran hitam pada mata dan cepat dan cara menghilangkan kantung mata. Ikuti beberapa tips dibawah ini:

  • Dinginkan mentimun di dalam kulkas selama beberapa saat.
  • Cuci bersih mentimun dan kemudikan potong bulat menjadi irisan yang agak tebal.
  • Letakkan pada bagian mata dengan posisi berbaring. Jika sudah hangat maka ganti dengan potongan mentimun yang lain.
  • Lakukan selama beberapa kali hingga mata menjadi lebih nyaman.
  1. Masker dengan Stroberi

Stroberi memang buah yang sangat menyehatkan. Tapi stroberi juga bisa membuat mata menjadi sangat sehat dan menghilangkan bengkak pada mata. Kandungan bahan alami dalam stroberi seperti asam alfa hidroxi bisa memulihkan mata yang bengkak dan membuat kulit sekitar mata menjadi lebih halus. Selama ini stroberi juga sangat baik dikonsumsi karena menjadi cara menyembuhkan vertigo dan sebagai makanan penambah daya ingat.

Lakukan perawatan mata sembab seperti tips dibawah ini:

  • Cuci bersih stroberi kemudian simpan dalam lemari es selama 45 menit hingga dingin.
  • Belah stroberi menjadi dua bagian kemudian letakkan potongan stroberi ke bagian mata yang bengkak.
  • Lakukan perawatan ini sambil berbaring sehingga Anda merasa lebih nyaman.
  • Lakukan perawatan selama beberapa kali hingga mata lebih nyaman
  1. Kompres dengan Masker Kentang

Kentang bisa mengurangi mata sembab dengan cara yang sangat alami. Kentang mengandung zat pati dengan sifat seperti enzim yang ditemukan pada buah mentimun. Pati ini akan bekerja untuk mengurangi iritasi dan bengkak pada bagian mata. Bahkan kentang juga sangat baik untuk menghilangkan bekas mata kehitaman dan kurang nyaman. Berikut ini cara untuk menghilangkan mata sembab dengan kentang:

  • Cuci bersih kentang yang masih segar kemudian hancurkan dengan serutan.
  • Masukkan kentang ke dalam kantung kain yang tipis dan bersih.
  • Letakkan kantung yang berisi kentang ini ke bagian mata selama beberapa menit.
  • Lakukan perawatan selama beberapa kali hingga kantung mata dan mata sembab mulai pulih.
  1. Gunakan Gel Lidah Buaya

Lidah buaya adalah bahan yang sangat aman untuk menghilangkan mata sembab. Pada awalnya lidah buaya sering digunakan untuk mencegah berbagai masalah kulit seperti cara memutihkan mata kaki dengan cepatKhasiat lidah buaya untuk kulit ternyata juga bisa membantu kulit di sekitar mata. Cara ini sangat aman dan bahkan menguntungkan karena mengurangi garis keriput pada kulit di sekitar mata. Gel lidah buaya mengandung vitamin E yang bisa membuat kulit lebih lembut. Lakukan beberapa tips aman dengan gel lidah buaya.

  • Ambil beberapa lidah buaya yang baru saja dipetik, kemudian cuci hingga bersih.
  • Buang kulit lidah buaya dan ambil gel lidah buaya. Hancurkan gel hingga benar-benar lembut.
  • Tempelkan gel lidah buaya pada bagian bagian kulit mata secara hati-hati. Lakukan perlahan agar gel tidak masuk ke bagian mata.
  • Bersihkan dengan air dingin dengan gerakan lembut dan lakukan perawatan selama setiap hari.
  1. Pijat Area Sekitar Mata

Bengkak dan sembab pada bagian mata sebenarnya adalah karena penumpukan cairan berlebihan pada area tersebut. Karena itu mata yang sembab akan membuat mata tidak nyaman untuk melihat. Untuk mengatasi mata sembab secara alami Anda bisa melakukan pijatan ringan di sekitar mata agar cairan itu larut dengan cairan lain dalam tubuh. Ikuti tips memijat mata seperti dibawah ini:

  • Gunakan jari manis untuk menekan lembut daerah dibawah mata dengan posisi mata yang terpejam.
  • Lakukan pijatan hingga ke bagian atas mendekati alis dengan gerakan melingkar.
  • Lakukan gerakan ini selama 10 kali gerakan dan jangan menekan bagian mata karena bisa berbahaya.
  • Lakukan perawatan ini setiap hari menjelang tidur.
  1. Tidur yang Cukup

Tidur yang nyaman bisa membantu mengatasi bengkak tanpa membutuhkan usaha yang keras. Anda hanya perlu tidur yang berkualitas. Cara ini bisa mengurangi bahaya akibat kurang tidur malam dan sekaligus memulihkan tenaga yang terbuang pada siang hari. Tidur bisa membuat tubuh lebih segar dan mengurangi efek kelelahan yang berlebihan. Sebaiknya Anda bisa mendapatkan waktu tidur selama 7 sampai 8 jam. Hindari mengkonsumsi kafein menjelang tidur karena bisa menjadi penyebab tidak bisa tidur dan penyebab tidak bisa tidur malam nyenyak. Tips tidur yang baik adalah gunakan bantal yang nyaman dan tinggi agar mata tidak bengkak, hindari tidur tengkurap dan hindari tidur di satu sisi dalam waktu yang lama.

Jadi mata sembab sebenarnya bukan masalah yang berat. Anda bisa mengurangi mata sembab dengan cara yang sangat alami. Jika dilihat lagi maka semua cara-cara ini sangat menyehatkan dan bisa membuat kulit mata menjadi lebih lembut.