12 Cara Mengobati Mata Merah Secara Alami

Hampir setiap orang pernah mengalami mata merah, dari yang bersifat ringan sampai yang bersifat sangat parah. Penyebab mata merah bisa beraneka ragam. Penyebab paling ringan dari mata merah biasanya berupa konjungtivitis atau reaksi alami akibat adanya alergi. Namun ada juga kondisi lain yang menyebabkan mata merah dan sifatnya sangat parah, misalnya saja glaukoma akut atau infeksi pada kornea mata. Dari berbagai kondisi yang menyebabkan mata merah, biasanya konjungtivitis atau alergi merupakan penyebab paling umum yang menyebabkan mata menjadi merah. Pengobatan yang dibutuhkan biasanya juga tidak begitu sulit.

Selain mata merah, iritasi pada mata juga akan menyebabkan gejala lainnya seperti mata menjadi bengkak dan terasa gatal. Jika Anda mengalami mata merah disertai beberapa gejala tersebut maka Anda bisa mencoba beberapa metode pengobatan alami sebagai berikut.

1. Bawang Putih

Bahan alami pertama untuk mengobati mata merah adalah bawang putih. Bagi beberapa orang mungkin mengira bahwa bawang putih hanya berguna sebagai bumbu masakan. Nyatanya, bawang putih ternyata bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal, salah satunya untuk mengobati mata merah. Bawang putih mungkin akan menciptakan sensasi pedih untuk sementara waktu jika digunakan di area mata. Namun rasa pedih tersebut lambat laun akan menghilang dan mata akan kembali normal.

Untuk mengobati mata merah, Anda cukup menyiapkan satu siung bawang putih. Potong menjadi 2 bagian kemudian oleskan potongan bawang putih tersebut pada kelopak mata seperti ketika menggunakan eye liner. Cara ini akan lebih efektif digunakan saat menjelang tidur sehingga rasa pedih yang diakibatkan oleh bawang putih tidak akan begitu terasa. Bawang putih mengandung minyak atsiri yang berguna sebagai anti inflamasi dan anti peradangan sehingga efektif untuk cara mengobati mata merah.

(Baca juga: bahaya bawang putih mentahefek samping bawang putih)

2. Susu Murni

Susu murni memang kaya akan kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Minum susu sapi murni terbukti mampu meningkatkan kesehatan tulang, mempercantik kulit, menetralkan racun di dalam tubuh, dan masih banyak lagi. Namun manfaat susu sapi murni kali ini tidak akan Anda peroleh dengan meminumnya, melainkan dengan mengoleskannya. Jika Anda menderita mata merah maka susu murni bisa menjadi solusi jitu untuk mengatasi masalah tersebut. Caranya, Anda cukup mencelupkan kapas bersih pada susu murni. Selanjutnya, tempelkan atau letakkan kapas tersebut di atas mata yang merah. Diamkan beberapa menit. Lakukan metode tersebut beberapa kali hingga mata merah Anda sembuh.

Sensasi dingin dari susu murni akan memberikan rasa rileks pada mata sehingga mata merah segera sembuh. Selain itu, susu murni juga kaya akan kandungan vitamin B2 yang baik bagi kesehatan mata. Dengan kata lain, kandungan vitamin B2 akan mempercepat proses penyembuhan mata yang mengalami iritasi.

(Baca juga: khasiat susu sapi murni)

3. Air Mawar

Air mawar selama ini lebih sering digunakan sebagai perawatan kecantikan atau sebagai aromaterapi. Namun bagi Anda yang menderita mata merah maka Anda bisa menggunakan air mawar sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk mengatasi mata merah Anda cukup membersihkan mata merah Anda menggunakan air mawar secara rutin 3 kali sehari.

Penggunaan air mawar tersebut berguna untuk meredakan iritasi dan juga memberikan sensasi dingin pada mata sehingga mampu meredakan rasa gatal pada mata. Kandungan antioksidan alami dalam air mawar sangat ampuh untuk mengusir atau membunuh bakteri atau mikroorganisme yang menyebabkan mata iritasi sehingga mata merah segera reda.

4. Kunyit

Siapa yang tidak kenal dengan kunyit. Tanaman rimpang yang satu ini memang sering dimanfaatkan untuk obat herbal atau jamu. Selain dikonsumsi, kunyit ternyata juga berguna untuk mengobati mata merah. Kunyit memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri. Menggunakan kunyit sebagai obat mata merah akan mengatasi rasa gatal dan juga mengatasi bengkak pada mata. Sifat kunyit yang anti bakteri juga berguna untuk melawan mikroorganisme yang menyebabkan radang pada mata.

Untuk mengatasi mata merah, Anda cukup memotong satu ruas kunyit menjadi beberapa bagian. Selanjutnya rendam potongan kunyit tersebut pada air matang selama 10 menit. Selanjutnya Anda bisa menggunakan air rendaman kunyit tersebut sebagai obat tetes mata alami agar mata merah segera reda.

5. Daun Sirih

Mengobati mata merah selanjutnya bisa dilakukan dengan memanfaatkan daun sirih. Untuk mengobati mata merah, Anda cukup merendam daun sirih pada air panas. Tunggu hingga air tersebut dingin kemudian gunakan air tersebut untuk membersihkan mata merah. Cara lainnya, Anda bisa merebus 4 sampai 5 lembar daun sirih kemudian menggunakan air rebusan daun sirih yang sudah dingin tersebut untuk membersihkan mata.

Adapun beberapa kandungan senyawa di dalam daun sirih yang efektif untuk meredakan mata merah dan juga iritasi pada mata adalah fenil propana, minyak atsiri, hidroksikavicol, estragol, kavicol, kavibetol, allylprokatekol, caryophyllen, cyneole, cadinene, diastase, tanin, dan terpennena.

6. Mentimun

Bahan alami selanjutnya yang berguna untuk mengatasi mata merah adalah mentimun. Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini. Buah yang satu ini sering dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah pada mata. Selain mata merah, mentimun juga efektif untuk mengatasi lingkar hitam pada mata. Untuk mengatasi mata merah, Anda cukup mengiris mentimun kemudian menempelkannya pada mata selama beberapa saat. Selain memberikan efek dingin, mentimun juga memiliki kandungan senyawa yang bersifat anti iritasi sehingga mengatasi mata merah dengan cepat. Sifatnya yang dingin juga membuat mata menjadi lebih rileks sehingga otot-otot mata mampu bekerja lebih optimal.

(baca juga: khasiat mentimuncara menghilangkan mata panda)

7. Kentang

Kentang mentah juga memiliki manfaat untuk mengatasi mata merah. Kentang memang lebih sering digunakan sebagai bahan makanan untuk sayur sop atau makanan lain. Namun, kandungan senyawa dalam kentang ternyata efektif untuk mengatasi mata merah, gatal, dan juga iritasi. Sifatnya yang mendinginkan akan membuat otot-otot mata menjadi lebih rileks sehingga mata lelah juga akan segera reda dengan setelah Anda melakukan metode pengobatan menggunakan kentang.

Untuk mengatasi mata merah, gatal, dan juga iritasi, Anda cukup mengiris kentang mentah secara tipis-tipis kemudian menempelkannya pada mata. Jadi metode yang digunakan sama persis ketika menggunakan irisan mentimun. Lakukan metode ini beberapa kali hingga rasa perih dan gatal pada mata Anda reda.

(Baca juga: bahaya kentang goreng)

8. Air Hangat

Cara alami lain untuk mengatasi mata merah adalah dengan menggunakan air hangat. Selain membuat mata menjadi rileks dan memperlancar aliran darah pada mata, air hangat juga efektif untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang ada di kelopak mata sehingga mencegah iritasi semakin parah. Untuk mengatasi mata merah dan mencegah mata merah semakin parah Anda cukup membasuhkan air hangat pada kelopak mata.

Jangan menggunakan air yang panas karena air yang cenderung panas justru akan membuat mata merah semakin parah. Lakukan metode ini 3 sampai 4 kali sehari agar kotoran-kotoran yang menempel pada kelopak mata segera hilang dan mata merah juga segera sembuh. Cara lain menggunakan air hangat ini juga bisa Anda lakukan dengan cara mengompres mata menggunakan air hangat.

(Baca juga: bahaya mandi air hangatcara kompres yang benar)

9. Lepaskan Lensa Kontak

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan memakai lensa kontak maka ada baiknya Anda tidak menggunakan alat bantu optik tersebut untuk beberapa saat terutama jika Anda sedang menderita iritasi mata atau mata merah. Menurut banyak penelitian, tidak menggunakan lensa kontak selama beberapa hari terbukti efektif untuk mengatasi mata merah. Bahkan bisa jadi lensa kontak merupakan penyebab mengapa Anda menderita mata merah. Alasannya, lensa kontak akan menghalangi kornea mata dari udara di sekitar mata. Akibatnya mata akan lebih rentan terkena iritasi dan terasa pedih.

Padahal seperti yang kita tahu, udara luar mengandung banyak oksigen yang baik bagi kesehatan mata. Jika Anda mengalami gangguan penglihatan maka Anda bisa mengganti lensa kontak dengan kacamata untuk beberapa saat. Jika mata merah Anda sudah sembuh dan Anda hendak menggunakan kembali lensa kontak Anda maka jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan lensa kontak yang Anda gunakan untuk mencegah iritasi pada mata kembali Anda alami.

(Baca juga: bahaya lensa kontak untuk mata)

10. Jangan Terlalu Lama di Depan Monitor

Terlalu lama bekerja di depan monitor juga memiliki pengaruh negatif bagi kesehatan mata. Kondisi tersebut akan memaksa otot-otot mata untuk bekerja lebih keras sehingga mata cepat lelah dan mudah terkena iritasi. Jika Anda menderita mata merah atau terkena iritasi mata ada baiknya Anda membatasi waktu untuk menatap layar komputer.

Bahkan meskipun Anda tidak mengalami gangguan pada organ optik Anda maka Anda tetap harus menjaga kesehatan mata salah satunya dengan tidak terlalu lama berada di depan monitor. Jika pekerjaan Anda memaksa untuk selalu berada di depan monitor dalam waktu yang lama maka sebaiknya Anda beristirahat selama 5 menit setiap jamnya. Lihatlah pemandangan di luar rumah melalui jendela agar otot-otot mata menjadi lebih rileks dan mencegah terjadinya iritasi mata.

(baca juga: bahaya terlalu lama duduk di depan komputer)

11. Hindari Ojek yang Menyebabkan Alergi

Kebanyakan kasus penderita mata merah biasanya disebabkan oleh alergi terhadap objek tertentu. Jika mata merah yang Anda derita disebabkan oleh suatu alergi maka sebaiknya Anda menghindari obyek yang menyebabkan mata Anda alergi. Untuk memastikan kondisi ini Anda harus memperhatikan pola kapan saja mata Anda akan mengalami iritasi dan terasa perih. Adapun beberapa objek yang biasanya menyebabkan alergi pada mata adalah debu, air cuci lensa kontak, serta beberapa jenis bahan kosmetik.

12. Daun Patikan Kebo

Banyak orang yang belum mengenal tanaman ini. Namun ternyata tanaman patikan kebo sering tumbuh di sekitar kita. Untuk cara mengobati mata merah ternyata Anda bisa memanfaatkan getah daun patikan kebo ini. Caranya, Anda cukup meneteskan getah daun patikan kebo ini pada mata yang merah atau terkena iritasi. Lakukan metode ini 2 kali setiap hari pagi dan juga sore. Kandungan senyawa di dalam getah daun patikan kebo memiliki sifat anti bakteri dan juga anti inflamasi sehingga mata merah segera reda. Namun ada baiknya Anda memperhatikan efek samping saat menggunakan getah dari tanaman ini. Beberapa orang sering mengalami alergi setelah menggunakan metode pengobatan ini. Jika Anda mengalami gejala alergi setelah melakukan metode pengobatan ini maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter dan menghentikan pengobatan ini.

Itulah beberapa metode pengobatan tradisional yang bisa Anda lakukan untuk mengobati mata merah. Untuk mencegah mata kembali merah atau mengalami gangguan maka Anda harus rajin-rajin menjaga kesehatan mata. Makanlah makanan yang kaya akan kandungan vitamin A, lutein, dan zeaxantin sehingga kesehatan otot mata tetap terjaga. Bagi Anda yang sering menggunakan lensa kontak jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan lensa kontak. Hindari pula terlalu lama di depan monitor agar otot-otot mata tidak berkontraksi terlalu lama.

Jika mata merah tidak segera sembuh setelah Anda melakukan beberapa metode pengobatan di atas maka sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan medis dan mengikuti saran pengobatan yang dianjurkan oleh dokter.