Home Tips KesehatanKesehatan Mata 9 Cara Mengatasi Sakit Mata Sebelah dan Penyebabnya

9 Cara Mengatasi Sakit Mata Sebelah dan Penyebabnya

by Mei Riska

Kadang kita pernah merasakan mata sakit pada sebagian mata saja, jarang sekali kita merasakan mata sakit di kedua bagiannya. Kebanyakan orang akan mengalami mata sakit bagian kanan. Namun tahukah Anda banyak hal yang dapat menyebabkan mata menjadi ngilu sebelah? Berikut ini adalah beberapa penyebab mengapa mata menjadi ngilu sebelah :

  1. Iritasi. ( Baca : Kelainan yang terjadi pada mata )
  2. Terkena debu dan partikel udara lainnya. ( Baca : Bahaya debu pada makanan )
  3. Terlalu lama menatap monitor komputer, laptop, atau LCD hp. ( Baca : Cara menjaga kesehatan mata )
  4. Penggunaan kontak lensa atau soft lens yang berlebihan. ( Baca : Bahaya lensa kontak untuk mata )

Banyak aktivitas atau benda- benda yang dapat membuat mata kita menjadi sakit dalam kehidupan sehari- hari tanpa kita sadari oleh sebab itu anda harus mencermati dan mendiagnosa sendiri apa yang menyebabkan mata anda menjadi ngilu.

Mata sakit sebelah ini mengang sangat mengganggu seseorang dalam aktivitas sehari- hari. bagaimana tidak? Ketika kita seharusny melihat dengan normal, saat sakit kita harus meteskan air mata, belum lagi jika ada kotoran mata yang keluar. Hal ini selain membuat pandangan kabur, juga akan membuat kita menjadi tidak pede saat bertemu dengan orang lain. Selain itu ada juga rasa khawatir yang akan ditimbulkan tentang penuluaran penyakit mata ini kepada mata sebelahnya lagi (bagian kiri) dan juga penularan kepada orang lain. Lalu, bagaimana cara kite mengatasi penyakit mata ini? Ada beberapa cara yang dilakukan untuk mengatasi masalah ini, diantaranya adalah:

  1. Mencuci Mata dengan Air Mawar

Mencuci mata dengan air mawar merupakan salah satu pengobatan alami dan juga praktis terhadap penderita sakit mata sebelah bagian kanan. Pengobatan ini dikatakan praktis karena dapat dilakukan sendiri di rumah. Kita hanya perlu memcumi mata kita yang sakit dengan air mawar ini sebanyak 2 hingga 3 kali sehari. Hal ini bermanfaat untuk memberikan efek rasa dingin dan juga ketenangan pada mata kita.

  1. Mentimun

Buah yang menjadi pantangan makanan darah rendah ini bisa digunakan untuk kecantikan dan kesehatan. Selain bisa digunakan sebagai cara menghilangkan panu di wajah ketimun bisa digunakan untuk cara mengatasi sakit mata sebelah dan mata panda. Kita seringkali melihat terapi kecantikan dengan menggunakan irisan ketimun. Irisan ketimun selain digunakan untuk masker pada wajah, juga digunakan untuk menutup bagian mata. Hal ini timun sangat bermanfaat untuk mata.

Menempelkan ketimun pada bagian mata ini juga merupakan salah satu terapi untuk mengobati sakit mata sebelah kanan yang praktis serta dapat kita lakukan sendiri di rumah. Irisan ketimun akan membuat mata kita menjadi dingin dan juga membuat mata kita menjadi rileks. Ketimun ini mengandung anti- iritasi yang bersifat mengurangi peradangan, bengkak, dan juga iritasi pada mata. Sehingga mata kita yang semula sakit akan menjadi sedikit berkurang karena adanya ketimun ini.

Baca : Cara menghilangkan mata pandaCara menghilangkan mata secara tradisional Cara menghilangkan lingkaran hitam pada mata

  1. Jangan Menggosok Mata

Beberapa orang seringkali melakukan kebiasaan buruk ini. Yakni menggosok mata yang sakit dan juga menguceknya dengan harapan agar mata yang sakit tersebut bisa sedikit berkurang rasa sakitnya. Namun tahukah Anda bahwa tindakan seperti ini justru merupakan tindakan yang buruk. Menggosok mata justru akan menyebabkan peradangan pada mata. Menggosok mata akan mendorong alergen atau bakteri masuk lebih dalam ke bagian mata dan justru akan meningkatkan rasa gatal yang terjadi pada mata.

Baca : Bahaya mengucek mata dengan tangan

  1. Irisan Kentang

Tenyata bukan hanya ketimun saja yang bermanfaat untuk obat terapi bagi mata yang sakit. Kentang yang biasa digunakan sebagai makanan pengganti nasi untuk diet sehat juga bisa digunakan sebagai salah satu obat terapi yang baik untuk mata. Kentang yang digunakan adalah kentang yang mentah. Untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakan irisan kentang yang dingin. Hal ini akan memberikan kerileksan mata dan juga menghilangkan rasa gatal serta mata merah, sehingga mata kita akan terasa lebih segar dan terasa lebih baik.

Baca : Bahaya kentang goreng

  1. Sering Mencuci Mata dengan Air Bersih dan Segar

Saat kita berada di luar ruangan, maka kita akan menemui berbagai masalah yang akan mengancam kesehatan mata kita.  Maka dari itu, untuk membersihkan mata kita, kita perlu selalu mencuci mata kita dengan menggunakan air bersih dan juga segar ketika setelah berada di luar ruangan ruangan. Debu dan juga partikel polusi merupakan penyebab utama dari mata merah, gatal, dan juga iritasi.

  1. Terapi Menggunakan Susu

Susu merupakan salah satu bahan yang dapat dihunakan sebagai obat terapi pada mata yang ngilu. Jika kita mengalami mata sakit sebelah, maka kita dapat menggunakan susu ini ini untuk terapi. Susu merupakan salah satu obat alami untuk menyembuhkan mata yang merah dan juga gatal. Caranya, ambil sedikit susu menggunakan kapas, lalu kemudian letakkan diatas mata. Hal ini akan memberikan efek sejuk bagi mata.

  1. Kurangi Menatap Layar Komputer, Laptop dan Hp

Salah satu penyebab mata menjadi sensitif, ataupun nyeri adalah seringnya menatap layar komputer, laptop maupun hp. Efek negatif yang dapat ditimbulkan oleh kebiasaan buruk tersebut adalah mata menjadi berair dan juga gatal. Hindari kebiasaan buruk terlalu lama menatap layar monitor komputer atau laptop, juga jangan terlalu berlebihan menggunakan hp hingga mata jarang beristirahat. Jika harus menggunakannya, sisihkan waktu untuk mengistirahatkan mata agar mata bisa lebih rileks.

  1. Batasi Penggunaan Kontak Lensa

Kontak lensa merupakan trend terkini. Kontak lensa ini selain berguna bagi kesehatan mata, yakni membantu penglihatan mata yang terkena gangguan (seperti minus), juga menjadi trend di kalangan fashion terkini. Seiring kemajuan zaman, banyak orang dengan mata normal ikut menggunakan kontak lensa agar mata terlihat besar dan cantik. Namun tahukah Anda, bahwa penggunaan kontak lensa ini ternyata dapat menyebabkan retina mata menjadi kering? Maka dri itu orang yang sering menggunakan kontak lensa harus rajin melakukan perawatan terhadap matanya agar matanya tidak rusak. Harus sering mencopot kontak lensa dan menyiramnya dengan cairan khusus yang disediakan. Untuk lebih amannya, gunakan saja kacamata sebagai pengganti kontak lensa ini.

  1. Perawatan Bawang Putih

Selain hal- hal diatas, ada satu lagi tips yang bisa kita lakukan untuk mengatasi mata yang ngilu sebelah bagian kanan. Yakni dengan melakukan perawatan bawang putih. Cara mengatasi sakit mata sebelah dengan bawang putih adalah sebagai berikut ini:

  • Ambil satu siung bawang putih yang sudah dibersihkan, kemudian potong sisi ujung bawang sedikit.
  • Gosokkan ujung bawang putih yang sudah dipotong sejajar dengan akar bulu mata secara perlahan- lahan. Sebaiknya gosokkan dibagian kelopak mata bawah, jangan kelopak mata atas.
  • Tunggulah beberapa saat hingga menyebabkan rasa perih, geli, apalagi gatal sehingga kepala terasa bergoyang. Tahan dan jangan cepat- cepat dibersihkan.
  • Lakukan terus hal- hal diatas hingga hasilnya mulai terasa. ( Baca : Efek samping bawang putihBahaya bawang putih mentah )

Itulah penyebab mata ngilu sebelah dan cara mengatasi mata ngilu sebelah yang efektif. Mata merupakan organ penting bagi kehidupan manusia maka sudah sepantasnya mata dijaga dari berbagai macam gangguan kesehatan salah satunya adalah ngilu dan nyeri.

You may also like