Pasang Bulu Mata Extension? Ini 8 Tips Merawatnya Agar Awet

257

Untuk menjadi cantik, para wanita tampaknya kebanyakan akan begitu rela untuk melakukan berbagai macam perawatan yang membuat diri mereka lebih menarik dan percaya diri. Salah satunya adalah pemasangan bulu mata/eyelash extension yang pengerjaan pemakaiannya saja bisa sampai 2 jam entah itu sebagai cara mengatasi bulu mata pendek, bulu mata sedikit, atau cara mengatasi bulu mata rontok. Lalu, agar bertahan lama bagaimana cara merawat bulu mata extension ini?

  1. Jangan Terkena Air

Saat mengenakan bulu mata extension, lemnya saja memerlukan waktu lama untuk bisa kering, yakni 24-48 jam tergantung jenis lemnya. Pastikan untuk bagian bulu mata tersebut tidak terkena air, baik itu saat mandi atau ketika tubuh mengeluarkan keringat. Apabila tak sengaja basah, jangan panik dulu dan segera keringkan lalu disisir saja.

  1. Tidak Menggunakan Riasan Mata Waterproof

Agar ekstensi bulu mata berhasil awet, maka sebaiknya hindari riasan waterproof alias tahan air ya karena yang waterproof itu selalu sulit untuk dibersihkan. Jika kita harus menggosoknya secara kuat-kuat saat membersihkan riasan mata, ekstensi bulu mata dapat lebih gampang lepas. Kalaupun tetap ingin pakai riasan mata, terapkan yang ringan dan gampang menghapusnya.

  1. Rajin Menyisir

Seperti rambut yang jarang disisir bakal kusut dan mudah rontok, untuk perawatan bulu mata extension pun perlu untuk rajin-rajin disisir. Agar juga bulu mata tak berantakan, pastikan pakai sisir bulu mata agar lebih rapi. Cara ini juga cocok bagi yang ingin bulu mata extensionnya awet.

  1. Hati-hati saat Membersihkan Riasan Mata

Bulu mata extension usianya bisa lebih pendek kalau ditambah dengan riasan mata; sebenarnya kalau sudah pakai bulu mata extension, riasan mata seperti eyeliner dan eyeshadow sudah tak wajib lagi. Namun jika sudah telanjur, pastikan riasan mata tersebut dibersihkan tanpa kena bulu matanya, jadi harus super waspada dan hati-hati menggunakan cotton bud yang sudah diberi micellar water.

  1. Tidak Menyentuh Mata Sering-sering Apalagi Menguceknya

Agar bulu mata extension tahan lama dan tidak gampang copot, tentu saja jangan sering-sering menyentuh bagian mata apalagi menguceknya. Sengaja memainkan bulu mata dengan menarik atau memutarnya justru hanya akan meningkatkan risiko bulu mata alami sekaligus extension hilang.

  1. Tidak Menjepitnya

Bulu mata extension pada dasarnya sudah nampak lentik, walaupun hanya ekstensi dan agar bisa panjang umur, justru tidak dianjurkan untuk menjepitnya. Hal ini menyebabkan potensi bulu mata extension tertarik dan menjadi lebih gampang lepas, tapi juga tergantung lem yang digunakan.

  1. Pakai Sampo Bayi dalam Membersihkan

Agar awet tanpa menyebabkan iritasi pada mata karena bulu mata extension tidak kunjung dibersihkan. Perawatan yang benar adalah memakai sampo bayi agar terasa lembut serta ringan bagi bulu mata extensionnya. Saat proses membersihkan pun lakukan secara pelan dan lembut ya.

  1. Tidur Posisi Telentang

Masalah posisi tidur sepertinya lebih nyaman kalau posisi miring atau beberapa orang bahkan lebih suka tengkurap. Namun demi bulu mata extension yang awet apalagi di hari pertama setelah pemasangannya, pastikan tidur telentang saja karena posisi tidur menyamping meningkatkan risiko kerusakan atau kemiringan posisi bulu mata.

Mempercantik diri dengan memasang bulu mata palsu atau extension sah-sah saja, namun juga perlu tahu betul bagaimana cara merawat yang benar. Bukan hanya sekadar untuk bisa tahan lama, melainkan juga sebagai cara menjaga kesehatan mata agar tak mudah iritasi atau infeksi karena masalah bulu mata tersebut.