8 Penyebab Mata Sayu dan Lelah

Penyebab mata sayu merupakan efek samping dari gaya hidup dan kebiasaan sehari hari secara tidak langsung berdampak pada kesehatan mata. Mata sayu dapat menyerang segala usia dan cenderung menyebabkan seseorang seperti sedang mengantuk atau terlihat seolah olah tidak semangat dalam melakukan aktivitas.

Penyebab mata sayu

1. Kurang tidur
Penyebab mata sayu yang mudah menyerang manusia adalah karena kebiasaan seseorang tidur larut malam . Tidur larut malam menyebabkan suplai darah berisi oksigen menuju jaringan semakin berkurang dan menyebabkan saraf mata menderita kekenduran dan memicu mata terlihat sayu di pagi hari setelah bangun tidur.
Baca juga : Penyakit Akibat kurang tidur malam

2. Kebiasaan merokok
Asap rokok merupakan radikal bebas terburuk karena mengandung partikel racun yang mampu merusak jaringan mata dan mengganggu kelancaran peredaran darah dan mengiritasi saraf mata sehingga menyebabkan keelastisan dan kekencangan otot mata menjadi berkurang dan menyebabkan mata terlihat turun dan sayu. Asap rokok sudah terkenal sebagai penyebab mata sayu dan kerusakan mata.
Baca juga : Bahaya merokok bagi kesehatan tubuh yang mematikan

3. Kelelahan
Membaca, Menonton TV dan menggunakan komputer terlalu lama menyebabkan radiasi elektromagnetik yang dipancarkan layar dapat menyebabkan mata menderita ketegangan dan merusak jaringan otot dan saraf mata secara bertahap. Kondisi tersebut dapat menjadi penyebab mata sayu karena mata telah kehilangnya kesegaran sorot mata dan mata mengalami kekenduran otot mata.

4. Dehidrasi
Penyebab mata sayu pada pria dan waniota juga bisa disebabkan karena tubuh yang kurang asupan air putih. Kondisi tersebut dapat menyebabkan tubuh menderita dehidrasi. Ketika tubuh terserang kekeringan maka produksi air mata ikut menjadi berkurang. Keadaan ini dapat menyebabkan mata kehilangan kesegarnya dan cenderung menjadi sayu.
Baca juga : Bahaya dehidrasi

5. Terlalu banyak menangis
Terlalu banyak menangis adalah salah satu penyebab mata sayu yang paling sering dialami manusia . Terlalu banyak menangis dapat menyebabkan saraf saraf mata menegang dan otot mata mendapat tekanan untuk terus memproduksi air mata untuk dibuang percuma. Pembengkakan dan rasa nyeri akan menyerang dan meninggalkan jejak mata menjadi sembab bengkak, Letih dan sayu dalam beberapa jam.

6. Kurang asupan zat besi
Seseorang yang kurang mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi terutama zat besi, matanya kan terlihat tidak bersinar dan cenderung sayu. Keadaan ini disebabkan pembuluh darah sekitar jaringan mata menjadi melebar. Pembengkakan yang terjadi memicu menjadi penyebab mata sayu.

7. Faktor usia
Penyewbab amata sayu yang akan dialami semuam manusia adalah ketika seseorang berusia lanjut diatas 50 tahunan maka secara alami otot otot mata akan mengalami penurunana dan kendur sehingga merubah bentuk mata semakin menurun dan berkesan sayu.

8. Genetik
Salah satu atau kedua orangtua memiliki karakter kuat bermata sayu, Maka akan menurunkan pada keturunan berikutnya yang juga akan memiliki bentuk mata yang sayu. Maka dari itu tidak selamanya mata sayu itu adalah akibat dari kelelahan. Penyebab Mata sayu bisa dimiliki seseorang karena genetik .

Solusi terbaik
Tips cara menghindari mata sayu bagi pria dan wanita paling ampuh

1.Kompres teh dingin
Jika ada teh berbentuk kantung jangan dibuang. Rendamlah pada air es beberapa saatb lalu kompreslah kedua mata ddenagn teh kantung selama 20 menit atau lebih. Teh dingin mampu melancarkan pembulih darah sekitar mata dan menghilangkan pembengkakn mata akibat kurang tidur atau lelah sehingga mata akan akembali bersinar dan terhindar dari mata sayu.

2. Menggunakan ketimun
Potonglah ketimun tipis tipis menjadi dua bulatan dan letakkan pada kedua mata. Lakukan berulangkali. Cara ini dapat mengembalikan kejernihan bola mata dan menyegarkan pembuluh darah mata yang mengalami keletihan sehingga dapat terhindar dari mata sayu seperti orang yang sedang mengantuk.

3. Kompres air strowberry
Blenderlah strowberry dengan menambahkan sedikit air es lalu saringlah airnya. rendamlah kapas beberapa menir kemudian letakakn pada kedua mata yang tertutup. Kompreslah mata selama 20 menit atau lebih sesuai dengan keinginna. Semakin lama mengompres akan semakin baik bagi kejernihan bola mata dan kesehatan kelopak mata agar penampilan mata sealu segar dan terhindar dari mata sayu.

4. Asupan zat besi
Konsumsilah setiap hari makanana yang mengandung zat besi untuk melancarkan peredaran darah dan menyehatkan otot serta saraf mata seperti daun bayam.

5. Suplemen vitamin A
Menggunakan suplemen mata vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatan penglihatan dan peembuluh darah sekitar mata dan kelopak mata agar mata senantiasa bersinar dan terhindar dari penurunan fungsi otot mata penyebab mata menjadi sayu.

6. Tidur cukup
Tidurlah setidaknya 7 sampai 8 jam perharinya agar otot mata tetap kencang, Pembuluh darah tetap sehat dan fungsi saraf saraf mata tetap stabil sehingga terhindar dari penurunan bentuk mata penyebab mata terlihat sayu dan seperti mengantuk.

7. Olahraga mata
Olahraga mata dapat dilakukan setiap hari atau setelah anda merasakan kelelahan akibat terlalu lama beraktivitas didepan komputer misalnya buka tutuplah mata secara berlahan hingga menjadi gerakan yang cepat. Lalu gerakan bola mata ke kiri kanan dan atas bawah agar otot mata terlatih untuk tetap lentur dan terhindar dari kelelahan yang dapat menyebabkan bentuk mata menjadi turun dan sayu.

8. Minum air putih
Minumlah air putih setidaknya 8 liter perhari agar tubuh terhindar dari dehindrasi yang ternyata dapat berdampak buruk pada kesehatan mata yaitu jaringan mata kehilangan kemampuannya memproduksi air mata secara normal.

9. Hindari asap rokok
Asap rokok mengandung racun yang mampu melukai jaringan mata paling dalam sehingga merusak fungsi saraf serta menurunkan kualitas kekencangan otot mata yang dapat memicu bentuk mata semakin menurun dan sayu.

10.Kurangi penggunaan layar beradiasi
Radiasi elekromagnetik pada TV dan komputer sangat berbahaya bagi kesehatan retina serta kornea mata jiika digunakan secara berlebihan atau terlalu lama. Selain mata akan menderita kelelahan ternyata memicu penurunan kualitas penglihatan jarak jauh penurunan kekuatan otot mata. Penggunaan layar yang beradiasi tinggi adalah penyebab mata sayu pada anak dan dewasa.

11.Penggunaan cream mata
Menggunakan cream untuk meningkatkan keelastisan jaringan mata adalah baik. Gunakan krim mata sebelum berangkat tidur malam agar mata mata selalu terlihat lebih segar, Kencang dan terhindar dari mata sembab dan sayu. Krim mata dapat dijadikan solusi termudah agar terhindar dari penyebab mata sayu.