12 Cara Mengobati Glaukoma Mata

5809

Cara mengobati glaukoma merupakan metode penyembuhan yang terbukti mampu mengurangi dampak kerusakan yang terjadi pada jaringan mata menjadi lebih baik. Glaukoma adalah penyakit yang berhubungan dengan kelainan optik mata yang bisa menyebabkan kebutaan permanen. Kondisi tersebut diakibatkan adanya tekanan fluida secara berat karena pengendapan cairan mata yang mengganggu saraf dimana saraf telah kehilangan fungsinya menyebarkan darah berisi oksigen ke jaringan organ mata.

Jenis Jenis Glaukoma
Penyakit glaukoma memiliki jenis masing masing dengan indikasi yang berbeda namun memiliki dampak buruk yang sama bahayanya pada retina mata.

1.Glaukoma Acetu Angel Closure (Sudut tertutup)
Glaukoma sudut tertutup adalah yang bisa di contohkan ketika seseorang mengalami sakit yang amat menyiksa pada mata secara tiba tiba kemudian kehilangan penglihatannya secara tiba tiba pula.

2. Glaukoma primary open angel (Sudut terbuka)
Kaburnya penglihatannya yang semakin hari bertambah parah namun sipenderita tidak menyadari. Hal ini dikarenakan perubahan penglihatan yang semakin buram berjaln sangat lambat sampai penderita akhirnya terlambat untuk mengobatinya ketika kedua amatnya telah mengalami kebutaan.

3. Glaukoma Congenital
Terjadi akibat kerusakan saraf optik mata yang dipicu karena saraf mata terlalu sensitif terhadap cahaya yang muncul setelah pasca operasi mata, Terjadi iritasi, Diabetes dan sebagainya.Kondisi itu disebabkan karena sistem saluran cairan pada mata terganggu dan bola mata mendapat tekanan yang memicu pandangan semakin gelap.

4. Glaukoma Secondary
Glaukoma yang dapat memicu munculnya meshwork yang menyebbakan kekuatan mata untuk menerima cahaya dan bayangan semakin berkurang akibat munculnya pigmen dibalik iris matab yang tanpa disadari meningkat setiap harinya.

Gejala
Tanda tanda umum penyakit glaukoma pada pria dan wanita
• Mata terasa nyeri
• Kualitas penglihatan jarak jauh berkurang
• Mata merah dan sering berair
• Perut terasa mual dan muntah muntah
• Sensitif terhadap cahaya
• Timbul pembengkakan di area kelopak atas dan bawah mata
• Sakit kepala
• Melihat lingkaran bayangan pada area cahaya lampu
• Tidak bisa melihat pada petang dan malam hari
• Mata sering berkedip (tanpa sadar)

Penyebab
• Akibat terjadi peradangan dan infeksi yang melebar pada jaringan retina mata yang tidak segera ditanganni secara intensiof oleh tim medis.

• Menderita penyakit diabetes tipe 2 yang mempengaruhi kualitas penglihatan setelah mengalami peningkatan insulin dalam tubuh dan juga bisa karena kadar gula dalam darah meningkat tajam.

• Pemakaian obat obatan jenis steroid yang dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh dan jaringan mata sehingga bola mata mendapat tekanan terus menerus.

• Usia diatas 60 tahun rentan terjadi serangan glaukoma secara alami karena pada usia tersebut biasanya kemampuan saraf, Otot jaringan mata dan motorik mata secara visual mengalami kemunduran sedikit demi sedikit seiring bertambahnya usia.

Solusi Penanganan
Tips cara mengobati glaukoma yang terbukti ampuh mengembalikan kesehatan retina mata sehingga kemunduran dalam menangkapm cahaya dapat diperbaiki menjadi lebih baik.

1.Kulit Manggis
Kulit mangggis kaya akan zat zat bermanfaat bagi kesehatan otot dan saraf tubuh termasuk saraf mata. Kandungan istimewa yang dimilikinya salah satunya adalah senyawa Xanthone yang sangat tinggi dan mampu memperbaiki sel sel rusak yang ada pada retina mata, Dapat mengatasi penyumbatan darah pada sisi bola mata akibat trauma kepala yang biasanya beresiko menyebabkan munculnya glaukoma. Cara mengobati glaukoma dengan cara merebus kulit manggis lalu meminumnya secara terataturm adalah cara tradisional yang sudah banyaka dilakukan oleh orang orang jaman dulu. (Baca juga : Khasiat kulit manggis)

2. Karbohidrat komplex
Cara mengobati glaukoma bisa dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat komplex, karena zat tersebut mampu menurunkan atau menstabilkan kadar insulin pada tubuh penyebab meningkatnya tekanan darah yang dapat berdampak buruk pada kesehatan retina. Makanan yang dimaksud adalah Gndum utuh, Oats, Beras merah dan lain lain. (Baca juga : karbohidrat)

3. Mengkonsumsi suplemen khusus
Suplemen omega 3 yang mengandung DHA alami dapat dijadikan sebagai cara mengobati glaukoma yang paling mudah didapat sehari hari melalui makanan. Suplemen omega 3 mampu meningkatkan kesehatan dan fungsi retina serta mamapu memblokir aktifitas degenerasi makula yang bisa memicu penurunan kualitas penglihatan. Omega 3 paling banyak terdapat pada jenis ikan, Minyak ikan dan sebagainya.

4. Sayuran mengandung lutein dan zeaxanthin
Zat lutein dan zeaxanthin adalah antioksidan yang kuat dan aktif dalam melindungi kekuatan saraf mata dan kesehatan bola mata dari serangan partikel berbahaya yang bercampur dengan radikal bebas. Cara mengobati glaukoma adalah dengan menyantap Sayuran yang mengandung zat lutein dan zeaxanthin setiap hari. Sayuran yang berlimpah mengandung lutein dan zeaxanthin adalah bayam, Brokoli, Daun pepaya dan sebagainya.

5. Menjauhi lemak jenuh
Makanan yang dimasak menggunakan minyak jelantah atau minyak yang sudah dipakai berulang kali untuk menggoreng bahan makaanan lain terbukti memiliki kandungan lemak jenuh dan radikal bebas tertinggi yang jika dikonsumsi terus menerus dapat mengiritasi pembuluh darah termasuk yang menuju organ mata. Penyumbatan yang terjadi akibat penumoukan lemak jenuh dalam arteri mampu menghambat laju jaalan darah menuju mata sehingga mata akan mengalami kekeringan, Erosi (Menyusut) dan memicu kerusakan pada organ optik penglihatan.
(Baca juga : Lemak jenuh)

6. Mengurangi pasokan garam
Garam dapat menyumbat aliran darah dan meniungkatkan tekanan darah, Tekanan darah yang terus menerus meningkatr mampu menyumbat kelancaran penyebaran darah secara merata kesaluran cairan mata dan bagian retina mata sehingga mata bisa berpotensi mengalami gangguan penglihatan tiba tiba, Caar mengobati glaukoma adalah kurangi asupan garam atau setidaknya menghindari garam dalam kadar yang berlebihan. Baca juga : Bahaya akibat kelebihan garam bagi tubuh

7. Buah buahan
Buah buhan yang baik bagi kesehatan jaringan mata adalah dari keluarga berry misalnya blueberry, Balckberry, Canberry dan lain lain yang bisa mencegah munculnya degenerasi makula sehingga kapiler yang mengatur dan menyebarkan nutrisi ke jaringan mata dan saraf saraf mata dalam kondisi yang lebih baik. Buah buahan adalah cara mengobati glaukoma paling diminati banyak orang karena selain berhunbungan dengan citarasa yang lezat buah buahan juga bisa menjadi makanan pengganti nasi palimng aman untuk malam hari.

8. Rutin olahraga
Olahraga membakar energi dan menghilangkan lemak trans atau jenuh yang ada didalam tubuh. Pembakaran lemak dalam tubuh menyehatkan saraf saraf dan melemaskan otot mata dari kelemahan akibat aktifitas sehari hari. Cara mengobati glaukoma adalah dengan teratur melakukan gerakan ketika melakukan olahraga . Olahraga dapat meningkatlan kelancaran darah menuju mata dan seluruh jaringanya lebih berlimpah. Kebiasaan olahraga sejak muda yang dilakukan secara teratur dapat mencegah lansia menderita glaukoma.

9. Menghindari kafein
Kafein yang berlebihan didalam tubiuh mampu menyumbat aliran darah dan arteri sekitar jaringan mata sehingga dapat memblokir masuknya darah yang berisi oksigen menuju kapiler yang membawa nutrisi kejaringan mata. Akibatnya mata akan mengalami kerusakan yang menyebabkan kebutaan. Baca juga : Efek bahaya kafein bagi tubuh

10. Konsumsi gula jagung
Bagai penderita diabetes atau gejala diabetes sebaiknya mengkonsumsi gula jagung agar kadar gula dalam darh tidak mengalami peningkatan. Gula yang berlebih dalam darah dapat menghadang laju jalan darah yang akan menyebar kearah jaringan mata. Jaringan mata ayang tidak mendapatkan jumlah darah yang memadai dapat menyebabkan gangguan penglihatan.

11. Mengikuti rekomendasi dokter
Rekomendasi dokter mata akan memberikan jenis pengobatan yang dinilai paling aman. Pengobatan bisa melalui laser optik atau Menggunakan obat tetes mata khusus yang tujuannya untuk mengurangi tekanan intraokular pada mata agar kerusakan jaringan yang telah terjadi tidak semakin melebar. Karena pelebaran kerusakan mampu menyebabkan menurunya penglihatan dengan cepat yang bisa berakhir dengan kebutaan total. Cara mengobati glaukoma tersebut sebelumnya akan disesuaikan terlebih dahulu dengan jenis g;aukoma yang dialmi pasien.

12. Masker ketimun + Teh basi
Meletakan potongan mentimun pada kelopaka mata atau mengompres teh celup basi (bekas kemarin) dikedua kelopak mata mampu menenangkan saraf saraf optik dan menjernihkan bola mata serta mampu mengurangi efek tekanan pada bola mata akibat serangan radikal bebas. Cara mengobati glaukoma tersebut dapat berlaku bagi orang yang tidak mengalami glaukoma yang bisa dilakukan sebagai pencegah agat tidak mengalami serangan glaukoma. Mentimun dan teh basi merupakan bahan herbal yang masuk kategori obat tradisional glaukoma alami dan mujarab yang mudah dicari dan dipraktekan sendiri dirumah.