7 Bahaya Logam Berat Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

4980

Bahaya logam berat merupakan reaksi kimia yang terjadi ketika tubuh terpapar atau terkontiminasi zat yang bersifat racun dalam intensitas tertentu. Logam berat hakikatnya ada disekitar kita tetapi tidak banyak orang yang menyadari jika logam berat dapat mudah masuk dalam tubuh dan memicu munculnya kelainan dan keluhan penyakit berbahaya didalam jaringan tubuh.

Jenis logam berat dan bahayanya

1. Arsen (As)
Logam berat jenis arsen terdapat pada makanan hasil laut misalnya kepiting, Kerang, Lobster, Cumi cumi dan sebagainya. Namun tidak menutup kemungkinan bahaya logam berat banyak terdapat pula pada kemasan produk makanan yang menggunakan poly vinyl chloride (PVC) dan zat syrofoam .

-Bahaya yang ditimbulkan :
Zat poly vinyl chloride dan syrofoam jika masuk dalam tubuh dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan zat tersebut menjadi racun bernama arsen yang menyebabkan munculnya kanker paru dan hati, Kerusakan ginjal, Kerusakan lambung dan Sakit kerongkongan.

2. Timbal (Pb)
Timbal merupakan logam berat yang mudah terakumulasi dalam jumlah tak terbatas pada tanaman jenis rerumputan misalnya padi, Gandum dan sebagainya. Ketika tanah pertanian berada dekat dengan industry yang membuang limbahnya sembarangan maka cepat atau lambat bahaya logam berat berupa dampak bahaya keracunan timbal bagi kesehatan tubuh manusia akan mudah terjadi melalui tanah pertanian atau tanah penduduk. Jika Tanah serta air dalam lokasi pertanian ternyata tercemar bahan timbal dalam konsentrasi yang tinggi maka yang akan terjadi adalah hasil panen melimpah dengan kondisi gizi yang telah mengandung racun..

-Bahaya logam berat yang ditimbulkan:
Timbal menyebabkan seseorang terserang keracunan yang diawali dengan gejala sakit perut, Sakit kepala, Tubuh limbung, Kejang kejang, Tekanan darah menurubn, Muntah muntah, Terserang diare bahkan pingsan mendadak.

3. Tembaga (Cu)
Sayuran dan buah buahan yang ketika dalam perawatan mendapat penyemprotan obat hama pestisida secara teratur dengan dosis yang tinggi sampai panen maka sayuran atau buah yang dipanen akan terpapar oleh pestisida dimana pestisida berpotensi besar sebagai bahaya logam berat bagi hasiul pertanian atau perkebunan karena terbukti didalamnya terkandung zat racun bernama tembaga (Cu). (Baca juga : Tembaga)

-Bahaya yang ditimbulkan:
Logam berat tembaga yang masuk dan mengendap dalam tubuh manusia dalam intensitas yang sangat tinggi dapat menimbulkan alergi gatal dan kemerahan yang tidak mudah disembuhkan, Dapat merusak plasenta bayi pada ibu hamil dan iritasi gastrointestinal akut.

4. Merkuri (Hg)
Merkuri banyak mengendap dan berakumulasi pada tanah bekas atau lokasi penambangan yang masih aktif beraktifitas. Tambang yang dimaksud adalah nikel, Emas dan sebagainya. Tanah , Bebatuan dan air disekitar penambangan akan terpapar dan tercemar merkuri dalam jumlah yang besar dan mampu mencemari lingkungan penduduk yang memiliki jarak dalam radius 1 kilometer dari pusat penambangan. Bahaya logam berat merkuri terdapat pula pada bahan dasar pembuatan kosmetik sebagai pemutih kulit. (Baca juga : Penyakit akibat logam berat merkuri)

-Bahaya yang ditimbulkan:
Merkuri dapat merusak saraf saraf tubuh termasuk otak, Menyebabkan kemunduran intelegency (kecerdasan), Merusak jaringan kulit paling dalam, Mengiritasi organ tubuh, Merusak dinding pembuluh arteri dan aliran darah serta menghancurkan pigmen dipermukaan kulit sehingga kulit dapat berubah warna menjadi gelap dan iritasi.

5. Nikel (Ni)
Logam nikel bersifat kuat, Keras, Liat , Berwarna putih keperakaan namun sebagian besar memiliki senyawa yang berwarna kehijauan dan kebiruan. Logam nikel dapat larut dalam air asin (laut) , Didalam tanah, Terdapat pada tumbuhan terutama kacang kacangan dan banyak pula terdapat pada daun teh kering. Adanya logam berbahaya ini melekat pada tumbuhan dikarenakan tanah telah terkontiminasi dengan limbah logam nikel.
Bahaya logam berat jenis nikel yairtu ketika tumbuhan telah mengamukulasi logam nikel yang ada didalam tanah secara bertahap maka dalam tempo kurang dari satu bulan sejak penyebaran logam nikel akibat telah berdiri indiustri yang membuang limbahnya maka akan berpotensi besar berpindah pada tubuh manusia sesaat setelah mengkonsumsinya. Paparan logam nikel yang berbahaya bagi kesehatan jaringan tubuh tubuh dapat terdapat pada udara yang kotor termasuk rokok.

-Bahaya yang ditimbulkan :
Jika jumlah nikel terlalu banyak didalam tubuh dan tidak mampu di keluarkan oleh hati melalui urin, Buang air besar dan keriungat secara noirmal maka Logam nikel dapat menyebabkan kerusakan paru paru dan munculnya sel abnormal didalam DNA yang dapat berubah menjadi sel kanker. Hal tersebut disebabkan jika terlalu banyak zat logam nikel didalam tubuh maka fungsi hati menjadi mengalami penurunan dan kelainan.

6. Seng (Zn)
Seng atau timah sari adalah logam yang bersifat mudah mencair pada suhu yang rendah. Logam seng memounyai warna putih kebiruan dan berkiklaun . Seng merupakan salah satu unsur alam yang paling banyak dipermukaan kerak bumi dan yang paling banyak dicari didalam proses penambangan yaitu jenis sfalerit (seng sulfida).
Logam seng dapat mengendap dan menyebar didalam tanah dan meracuni tanaman pangan atau tanaman buah buahan yang jika masuk dalam tubuh manusia akan merugikan kesehatan. Bahaya Logam berat jenis seng juga sering muncul karena dijadikan pelat seng yang biasa digunakan untuk keperluan bahan bangunan yang tanpa sengaja terhirup atau memuai karena terkena udara yang panas atau suhu tinggi.

-Bahaya yang ditimbulkan :
Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat logam seng dapat menyebabkan tubuh sangat lemah, Daya tahan tubuh menurun, Mudah terkena flu dan mempercepat penularan penyakit dari orang lain, Terserang ataksia dan serangan defisiensi logam seng.

7. Kadmium (Cd)
Logam jenis kadmium termasuk logam yang lunak dan berwarna putih keperakan yang berkilau yang biasanya digunakan dalam pembuatan cat, Stabilisator PVC, Pembuatan alloys dengan titik lebur paling rendah, Pembuatan timah hitam, Industri pembuatan batu batere, Untuk pengatur dan menstabilkan pembelah reaksi nuklir dan lain lain.
Jika ada pembuangan limbah industri jenis kadmium selama bertahun tahun dan mengenai dasar tanah serta bebatuan disekitarnya maka alam sekitarnya akan terkontiminasi dan mengakulmulasi menjadi racun yang berbahaya bagi struktur dan kesuburan tanah, Tanaman yang ditanam dan air yang ada didalam tanah. Jika diuji dipenelitian zat logam berbahaya ternyata sample tanah mengandung kadmium dibawah 1 ppm maka tanah dan air didekat lokasi penambangan kadmium dapat benar benar telah terakumukasi racun dari limbah logam tersebut.

-Bahaya yang ditimbulkan :
Bahaya logam berat jenis kadmium yaitu Jika tubuh terpapar logam jenis kadmium dalam kadar yang sangat banyak dan jangka panjang maka dapat menyebabkan kerusakan hati, Paru paru, Ginjal dan kelainan pada pembuluh darah.

Mengapa logam berat berbahaya bagi kesehatan manusia?
Ada 4 alasan yang menjadikan logam berat tidak baik berada terlalu banyak didalam tubuh.

1. Logam berat hasil penambangan dan hasil dari daur ulang dan pembuangan Limbah industry memiliki sifat yang tidak bisa dilebur, Dihancurkan dan diuraikan (Non degradable) oleh jasad renik dan mikroorganisme yang ada didalam tanah, Udara dan perairan. Akibatnya logam logam yang berserakan ditanah, Air dan udara dapat berakumulasi kelingkungan secara bebas dan terbuka hingga melekat pada makanan, Baju, Alat alat rumah tangga, Air sumur untuk mandi. Logam berat dapat mengendap dan menumpuk didalam tanah, Air bahkan berkeliaran diudara sebelum akhirnya melekat pada tempat atau lokasi tertentu.

2. Kandungan logam pada lingkungan dapat mengalami perubahan setiap menitnya terlepas dari sejauh mana pencemaran dilakukan oleh manusia , Karena perubahan iklim atau proses pasca bencana alam. Bahaya logam berat mudah sekali terakumulasi dengan tanah, Air dan udara karena ulah manusia ketimbang perubahan alami dari cuaca yang ekstrim sekalipun.

3. Dalam konsentrasi yang tinggi dan masuk pada organ internal tubuh manusia, Logam berat akan berubah menjadi racun yang bisa merusak semua organ tubuh dengan cepat termasuk keracunan yang kemudia secara cepat dapat menimbulkan rusaknya jaringan penglihatan, Pendengaran, ginjal, Hati, Lambung, Sel darah dan menghancurkan susunan saraf pusat (otak) dan kematian.

4. Apapun jenis logam berat dapat merusak organ tubuh dengan caranya masing masing tetapi memiliki dampak buruk yang berakhir sama jika zat logam berat tersebut masuk dalam tubuh dalam konsentrasi yang sangat tinggi yaitu melebihi dari 5 mg. Kondisi itu dapat menyebabkan munculnya bahaya logam berat berupa serangan koma atau Kematian.