Home Penyakit dan KelainanSaraf Terjepit 13 Cara Menyembuhkan Syaraf Kejepit Secara Alami dan Medis

13 Cara Menyembuhkan Syaraf Kejepit Secara Alami dan Medis

by Erlita

Syaraf kejepit tentu bukanlah suatu keadaan yang mengenakkan karena bisa menghambat segala jenis kegiatan sehari-hari. Saraf terjepit juga merupakan satu kondisi yang dapat terjadi di berbagai bagian tubuh, seperti misalnya lengan, punggung, leher maupun organ tubuh lainnya. Rasa nyerinya bakal tak tertahankan dan inilah yang bisa menjadi penghalang dalam menjalani aktivitas rutin seperti normalnya.

Bahaya syaraf terjepit terjadi ketika jaringan yang berada di sekelilingnya, seperti tendon, tulang rawan, tulang, maupun otot terjebak dan mendapatkan tekanan secara tak wajar di bagian sarafnya. Ada beberapa cara menyembuhkan syaraf kejepit yang bisa Anda coba lihat dan pertimbangkan. Entah syaraf kejepit ada di tubuh bagian atas atau bawah, langkah-langkah ini kiranya membantu.

(Baca juga: penyebab syaraf terjepit)

1. Tidur Cukup

Ini merupakan salah satu cara alami yang bisa Anda dapat lakukan untuk menyembuhkan saraf yang terjepit. Karena saraf terjepit bakal memicu rasa nyeri berlebih, tentunya mengistirahatkan tubuh lebih lama adalah solusi yang baik. Tidurlah beberapa jam agak lebih panjang supaya kerusakan dapat diperbaiki.

Apabila diperlukan, Anda bisa memberikan waktu untuk diri Anda sendiri untuk tidur setiap malamnya beberapa jam lebih lama supaya rasa sakit dapat berkurang. Menyediakan waktu ekstra 2 jam sepertinya sudah cukup baik supaya area di mana saraf kejepit tersebut bisa membaik. Anda juga perlu tahu bahwa ada bahaya akibat kurang tidur malam untuk kesehatan.

2. Menggunakan Bidai

Bidai adalah suatu penahan yang bakal Anda butuhkan di saat ingin mengistirahatkan saraf yang cedera secara sempurna. Ketika aktivitas tak dapat terhindarkan dan harus tetap Anda jalankan, untuk memberikan kenyamanan pada bagian yang cedera, bidai bakal menjadi alat yang harus ada sebagai penolong.

Penahan atau bidai pada umumnya adalah alat pembantu yang efektif dalam mencegah gerakan berlebih dan salah di area di mana saraf terjepit berada. Contohnya, kalau saraf terjepit ada di bagian leher, pakailah penahan leher. Apabila saraf terjepit disebabkan sindrom lorong karpal, penagan pergelangan siku atau tangan adalah pilihan yang tepat.

(Baca juga: urat terjepit)

3. Memakai Minyak Esensial

Untuk menyembuhkan syaraf yang kejepit, Anda boleh menggunakan minyak esensial, seperti mislanya minyak lavender, kamomil, cendana, peppermint, atau marjoram. Jenis-jenis minyak ini terbilang efektif dalam menyembuhkan rasa sakit di bagian syaraf. Cara menggunakannya cukup sederhana, Anda cukup mengoles ke bagian yang sakit lalu menggosok serta memberi pijatan pelan di area tersebut.

Mengombinasikan 2 minyak juga diperbolehkan dan penggunaannya bisa di area mana saja, asalkan ada bagian di mana saraf terjepit, Anda jelas bisa menyembuhkannya dengan minyak esensial. Minyak zaitun hangat pun bisa menjadi salah satu pilihan terbaik hanya dengan beberapa tetes saja. Rasa hangat tersebutlah yang bakal membuat gejala terasa lebih ringan.

4. Memanfaatkan Kentang

Kentang tak hanya bisa dimasak, tapi juga bisa dijadikan obat herbal bagi syaraf yang kejepit. Penyembuhan dengan bahan ini cukup populer dan terpercaya khasiatnya, yaitu dengan menerapkan jus dari kentang mentah pada bagian yang terserang. Biasanya metode ini dikhususkan bagi yang terkena saraf terjepit pada bagian leher.

Namun sekalinya jus yang diterapkan sudah mengering, segeralah bilas dengan air bersih. Bila digunakan secara teratur, dijamin hasilnya sangat efektif untuk mempercepat proses pemulihan. Cobalah dulu menggunakan bahan alami yang tak ada efek sampingnya ini karena kentang pun merupakan bahan yang sangat gampang diperoleh.

(Baca juga: jenis-jenis penyakit saraf)

5. Menggunakan Kayu Manis dan Madu

Bila saraf terjepit datang dan menyerang bagian bahu, kayu manis dan madu adalah kombinasi solusi yang oke. Menggabungkan keduanya bakal membuat rasa sakit berkurang dan lama-kelamaan memudar. Anda bisa membentuk pasta dari kedua bahan ini dengan menyediakan secangkir madu ditambah kayu manis.

Pastikan madu dicampur kayu manis sampai mengental dan setelah jadi, aplikasikan ke bagian yang terasa nyeri, lalu diamkan 10 menit. Ini merupakan cara alami yang efektif untuk menghilangkan gejala atau menyembuhkan rasa sakit tak tertahankan. Hanya saja, bersiaplah akan efek samping seperti sensasi panas pada kulit dari kayu manisnya.

6. Memijat

Memijat tentu termasuk solusi terbaik yang bisa Anda lakukan untuk area yang terkena saraf terjepit. Bila tak ada orang terdekat yang mampu, Anda bisa memanggil tukang pijat yang sudah ahli dan terpercaya untuk membantu Anda. Pemberian tekanan di bagian saraf yang kejepit tersebut bakal menurunkan rasa nyerinya.

Rasa tegang berlebih pada saraf tersebut juga dapat dibantu untuk lebih reda. Seluruh tubuh dapat dipijat, asalkan tidak terlalu keras. Efeknya akan sangat nyaman dan membuat otot mampu terasa rileks dan bagian yang terjepit pun bakal menjadi lebih lemas. Jangan coba-coba untuk memijat jaringan dalam secara intens atau kondisi saraf kejepit dapat memburuk.

(Baca juga: kesehatan sistem saraf otak)

7. Mengonsumsi Kalsium

Asupan kalsium sangat penting untuk tubuh dan tulang, meningkatkan asupannya juga bisa menjadi cara menyembuhkan syaraf terjepit. Ingat bahwa saraf bisa terjepit bisa terjadi karena kalsium pada tubuh dirasa kurang. Makanan yang mengandung kalsium tinggi dapat Anda konsumsi sehari-hari.

Daun-daunan atau sayuran hijau, yogurt, keju, susu dan juga kale adalah contoh makanan berkalsium tinggi yang dapat menjadi penolong untuk kesehatan saraf. Suplemen kalsium juga sangat diperbolehkan untuk Anda konsumsi karena memang juga mudah didapat di mana-mana. Hanya saja, untuk suplemen Anda harus tahu takaran yang tepat dan jangan mengonsumsi lebih dari yang seharusnya.

8. Kompres Panas atau Dingin

Saraf yang kejepit biasanya membutuhkan kompres untuk menyembuhkannya, apalagi bila diikuti dengan pembengkakan. Apabila bengkak, ini bisa memberikan tekanan saraf lebih jauh lagi. Jadi, demi membuat sirkulasi darah lebih lancar dan pembengkakan yang berkurang, kompres es dan panas bisa menjadi solusi.

Metode penyembuhan semacam ini dinamakan hidroterapi di mana es bisa Anda tempelkan kurang lebih 15 menit sehari 3-4 kali. Ini gunanya adalah untuk mengurangi peradangan. Sesudahnya, bantalan panas pada daerah yang sarafnya terjepit selama sejam seminggu 4-5 kali. Gejala dipastikan dapat membaik apabila dilakukan secara rutin.

Untuk metode kompres panas, gunakan saja botol yang sudah diisi dengan air panas atau bantalan panas juga boleh di mana ini biasanya dilakukan setelah proses kompres dingin. Proses satu ini tak dianjurkan untuk dilakukan di atas 1 jam karena memperburuk peradangan. Menyiramkan air hangat ke saraf yang terjepit atau mandi air panas adalah cara terbaik pula dalam melemaskan otot serta memperlancar peredaran darah.

Namun, perlu diperhatikan bahwa Anda membutuhkan kain lembut untuk menjadi pembatas antara es dan kulit Anda. Bila diterapkan langsung tanpa ada alas handuk atau kain, bisa-bisa justru kulit menjadi luka karena saking dinginnya es tersebut. Penggunaan es juga tak boleh di atas 15 menit sebab mampu membuat aliran darah menurun dan malah melambatkan penyembuhan.

(Baca juga: jenis kelainan saraf)

9. Mengonsumsi Kalium

Ion satu ini merupakan salah satu kunci selain kalsium untuk membuat saraf terjepit menjadi cepat pulih. Kalium sangat berperan dalam proses metabolisme sel sebab tanpa asupan kalium yang cukup, gejala saraf terjepit akan mudah timbul. Ini dikarenakan kalium yang kurang bisa melemahkan koneksi antarsaraf.

Fungsi saraf yang tadinya kurang seimbang bisa dikembalikan lagi hanya dengan menambah asupan makanan yang mengandung kalium super tinggi. Pola makan seperti ini bakal mampu membantu supaya gejala yang menyakitkan dapat menjadi lebih reda. Kacang, alpukat, pisang serta aprikot adalah contoh dari makanan berkalium, sedangkan jus jeruk serta susu skim adalah yang mendukung peningkatan penyerapan kalium.

Sama halnya dengan kalsium, suplemen kalium juga tersedia dan bisa Anda dapatkan dan konsumsi secara mudah. Meminumnya teratur bakal bisa menjadi tambahan dari perubahan pola makan sehat Anda, tapi takaran harus selalu diperhatikan. Konsultasikan saja dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen tersebut agar tidak salah dalam takarannya.

Bila mempunyai masalah kesehatan lainnya, khususnya penyakit ginjal, ini akan berisiko tinggi untuk mengonsumsi suplemen atau obat dalam bentuk lain. Sebelum merekomendasikan suplemen, dokter kemungkinan bakal memeriksa lebih dulu tingkat kalium pada darah Anda. Ketika Anda merasa ada yang mencurigakan soal diagnosa kekurangan kalium, Anda dapat selalu bicara dengan dokter untuk solusinya.

10. Injeksi Steroid Epidural

Metode penyembuhan satu ini biasanya dimanfaatkan untuk mengobati saraf sciatic yang kejepit. Rasa sakit bakal mereda dan saraf kejepit pun bakal sembuh secara bertahap asalkan metode penyembuhan ini dilakukan dengan benar. Suntik steroid pada tulang belakang adalah salah satunya dan hanya dokter yang boleh menyuntikannya.

Pada umumnya, ada evaluasi lebih dulu oleh dokter untuk mendeteksi dan menganalisa kondisi pasien, barulah injeksi ini disarankan. Efek sampingnya cukup besar dan serius apabila dilakukan sendiri atau oleh orang yang kurang terlatih. Oleh karena itu, profesional medislah yang sebaiknya melakukannya untuk Anda. Efek samping yang dimaksud antara lain adalah diare, pendarahan, sakit punggung, mual dan muntah.

(Baca juga: penyebab neuralgia trigeminal)

11. Melakukan Latihan Fisik

Latihan fisik juga sama pentingnya dengan istirahat yang banyak, karena Anda tetap perlu latihan demi membuat mekanika tubuh bertahan. Proses pemulihan saraf terjepit itu sendiri dapat ditentukan oleh beberapa faktor, seperti misalnya keseimbangan perawatan, proses penyakit dasar, serta tingkat benturan pada saraf.

Latihan fisik ringan tetaplah diperlukan agar postur tubuh yang baik tetap terjaga dan supaya Anda sendiri mampu menghindari segala faktor risiko yang ada. Asalkan tidak menggerakkan tubuh secara berlebihan dan waktu latihan pun masih pada tahap normal, Anda tidak perlu khawatir. Berjalan selam kurang lebih 20 menit sehari adalah kegiatan yang sangat membantu dalam menyembuhkan saraf kejepit Anda.

12. Mengandalkan Terapis Fisik

Bila rasanya saraf terjepit yang dialami tak kunjung sembuh atau membaik, terapis fisik dapat menjadi pilihan dalam menyembuhkannya. Terapis yang profesional akan membantu Anda melakukan arahan peregangan serta latihan-latihan khusus yang memang tujuannya membuat saraf terjepit sembuh secara alami.

Gerakan peregangan adalah inti dari metode penyembuhan ini, seperti halnya membuat tekanan pada saraf kejepit menjadi lebih longgar sehingga rasa sakit pun berkurang. Kalaupun Anda sudah tahu gerakannya, jangan coba-coba melakukannya sendiri di rumah karena bisa berakibat fatal. Ketika makin membaik atau terlihat progresnya, terapis biasanya bakal tetap memberikan latihan tambahan untuk Anda coba lakukan sendiri di rumah, tapi tunggu perintah terapis lebih dulu.

(Baca juga: pengaruh alkohol terhadap sistem saraf manusia)

13. Operasi

Langkah penyembuhan satu ini adalah yang bakal disarankan oleh dokter ketika gejala maupun rasa sakit sudah terbilang signifikan. Saat keadaan makin memburuk dan perawatan lain tak bisa membantu, operasi pada saraf terjepit bisa menjadi salah satu solusi paling baik. Operasi adalah suatu tindakan penyembuhan yang bakal mampu mengurangi tekanan pada saraf tersebut.

Operasi juga menandakan bahwa metode ini mengangkat daerah yang menjepit bagian saraf. Sesudah masa pemulihan, biasanya ada rasa lega luar biasa pada bagian saraf yang tadinya sempat sangat nyeri. Meski ada kemungkinan untuk kambuh lagi, tapi potensi tersebut tergolong sangat kecil.

(Baca juga: penyebab tangan kesemutan)

Demikianlah cara menyembuhkan syaraf kejepit secara alami dan medis yang dapat Anda terapkan. Istirahat adalah kuncinya, namun tetap perlu untuk melatih fisik agar tidak menjadi lebih kaku karena jarang digerakkan. Pilihlah salah satu solusi yang menurut Anda efektif dari sejumlah rekomendasi cara pengobatan yang sudah disebutkan di atas.

You may also like