Pergelangan Tangan Sakit – Penyebab, Gejala, Pengobatan dan Pencegahan

Tangan merupakan salah satu hal yang sangat sering digunakan untuk beraktivitas, mulai dari aktivitas yang sedikit sampai pada aktivitas yang sangat melimpah ruah. Aktivitas seperti menulis, mengetik, membawa barang berat, dan melakukan sesuatu dengan terus menerus akan menyebabkan tangan menjadi pegal atau cepat lelah oleh karena itu jangan melakukan hal-hal yang melelahkan dengan terus menerus, lakukan aktivitas itu secara bergantian agar tidak mengalami kelelahan yang berlebihan.  Kelelahan yang belebihan ini tentu dapat menyebabkan Stress, stress ini terjadi karena memikirkan terus dan stress meraskan sakitnya nyeri pada pegelangan tangan. Nyeri pada pergelangan tangan tentu akan mengaggu aktivitas kesehariananya. Untuk itu perlu sangat mengetahui hal-hal yang berkaitnan dengan nyeri pergelangan tangan diantaranya adalah gejala nyeri pergelangan tangan, penyebab nyeri pergelangan tangan, faktor nyeri pergelangan tangan dan bagaimana cara mengobati nyeri pergelangan tangan. Dimana hal-hal itu akan dibahas satu perssatu pada artikel dibawah ini.(Baca juga: Obat Nyeri Sendi Tangan , Nyeri Sendi Bahu)

Penyebab Nyeri Sendi

  1. Pembengkakan

Pembengkakan tentu sering terjadi, apalagi bila tangan sudah sering ksleo, pasti akan lebih tampak bengkaknya, namun meskipun sejatinya ada cara mengobati tangan keseleo dan bengkak tetap saja harus hati-hati, karena bukankah lebih baik menjaga dari pada mengobati. Karena jika sudah terlanjur sakit tentu tidak akan mudah untuk menyembuhkannya. Apalagi jika itu sudah sering terjadi atau sangat rentan terulang lagi. Maka harus hati-hati dan harus menyiapkan pertolongan petama sedini mungkin.

  1. Patah tulang

Seorang yang pernah patah tulang terutama patah tulang pada sekitar tangan tentu akan membuat tangan menjadi lebih lemah dari pada yang seharusnya. Jika hal ini digunakan untuk melakukan aktivitas yang berat tentu akan menyebabkan nyeri sendi pada bagian pergelangan tangan. Bahkan tagan akan sering merasakan tangan kram dan kaku apabila tangan mengalami nyeri pada sendi ata pembengkakan ataupun karena patah tulang.

  1. Gerakan sama berulang-ulang

Manfaat olahraga memang beraneka ragam seperti Olahraga menurunkan berat badan, Olahraga untuk mengecilkan perut, Olahraga yang membakar kalori, olahraga mengecilkan lengan, dan olahraga mengecilkan paha sangat banyak manfaat olahraga tak terkecuali dengan olahraga basket, basket selain akan menyehatkan dapat meninggikan badan pula karena sangat sering loncat dan lari. Namun tidak dapat dipungkiri, mendrable bola basket secara terus menerus dapat menyebabkan pergelangan tangan sakit dan menjadi bengkak sehingga dapat menyebabkan nyeri sendi pada pergelangan tangan. Bahkan bukan hanya basket saja, voly pun demikian jika dimainkan tidak sesuai dengan yagn seharusnya.

  1. Radang sendi

Radang sendi menjadi penyebab umum dari nyeri sendi, jika sendi-sendi pada tangan meradang karena suatu hal tentu akan menyebabkan nyeri pada sendi-sendi tangan, bahkan tak hanya sendi tangan saja yang dapat merasakan nyeri, tetapi sendi-sendi yang lain pun dapat merasakan nyeri seperti salah satu contohnya adalah nyeri sendi lutut dimana peradangan ini terjadi pada lutut. Jadi nyeri sendi memang disebabkan karena peradangan dimanapun peradangan itu terjadi dapat memungkinkan terjadi nyeri sendi.

Baca Juga:

  1. Osteoartritis

Osteoartritis juga mampu menyebabkan tangan merasa lebih nyeri dan sangat merasakan nyeri apalagi nyeri pada pergelangan yang diakibatkan karena kelainnan sendi-sendi yang ada di daerah pergelangan tangan.

Lima penyebab ini tentu merupakan penyebab umum mengapa pergelangan tangan merasakan nyeri, dengan mengetahui penyebab-penyebab lebih dini tentu akan membantu kita untuk dapat bersiap siaga atau lebih berhati-hati dalam melakukan aktivitas agar tidak mengalami nyeri sendi. Karena nyeri sendi pada pegelangan tangan sangan mengganggu segala aktivitas, seitap aktivitas pasti membutuhkan tangan untuk bergerak dan membantunya. Utuk itu menjaga kesehatan terutam kesehatan tangan sangatlah penting. Setelah mengetahui penyebab-penyebab nyeri sendi pada pergelangan tangan akankah lebih baik jika mengetahui apa saja gejala-gejala yang ditimbulkan akibat nyeri sendi tersebut. (Baca juga: Penyebab Kaki Bengkak pada Penderita Diabetes , Patah Pergelangan Tangan)

Gejala Nyeri Sendi

Nyeri sendi memiliki berbagai macam gejala, entah apa yang menyebabkan namun gejala-gejala ini tentu akan sering muncul ketika sudah memiliki riwayat atau akan mengalami nyeri sendi pada pergelangan tangan. Adapun gejala-gejala nyeri sendi pada pergelangan tangna meliputi

  1. Otot-otot sendi menjadi lemah

Ketika sendi-sendi terluka, otomatis secara tidak langsung otot-otot sendi akan ikut melamah, dengan melemah otot-otot sendi ini akan memperkecil proses kerja dan membuat sendi menjadi lebih mudah lelah dan merasa sakit.

Baca juga:

  1. Terdapat pembengkakan meskipun ringan

Pembekakan pada nyeri sendi apalagi nyeri sendi pergelangan tangan pasti sangatlah sering, mengapa demikian ? tentu saja, karena bagian tanganlah bagian yang paling sangat sering bergerak dan menanggung beban, seperti membawa tas, membersihkan kaca, nyapu, makan dan lain sebagainya pasti membutuhkan pergelangan tangan untuk memperlancar gerak tersebut, dengan pergelangan tangan ini lah yang sering bergerak dapat menyebabkan nyeri sendi semakin parah, apalagi ketika sendi sudah mengalami pembengkakan.

  1. Sendi terasa kaku

Semakin lama, nyeri sendi yang sudah di bahas akibat penyebab-penyabab yang terulas di atas ini akan menyebabkan sendi terasa lebih kaku dari biasanya, kekakuan sendi ini terkadangan membuat pegelangan tangan sakit untuk digerakkan, pergelangan tangan pun akan sulit untuk melakukan aktivitas. Dengan demikian tangan harus segera diistirahatkan agar segera pulih.

Baca Juga:

  1. Tidur sedikit terganggu

Bagaimana tidak terganggu, tidur nyenyak sangat dibutuhkan untuk mengembalikan tenaga dan stamina tubuh, tetapi jika tangan sakit, tidak akan bisa tidur dengan nyenyak karena pasti tidur akan terganggu oleh rasa sakit ketika tidur.

  1. Bentuk sendi mengalami kelainan

Gejala yang ditimbulkan selain yang telah diulas adalah sendi mengalami kelainan, sendi akan tampak sedikit berbeda dari biasanya.

Baca juga:

  1. Kelelahan

Kelelahan otot pada sendi-sendi di akibatkan karena terdapat nyeri sendi yang dirasakan sehingga dengan demikian otot-otot pada pergelangan tangan menjadi terasa sangat lelah dan sangat malas untuk melakukan aktivitas, jik ahal ini terjadi maka harus lebih sering melakukan perenggangan untuk meregangkan otot-otot tangan

  1. Warna kulit kemerah-merahan

Jika sendi telah mengalami pembengkakan tentu sendi akan merasakan sakit terus menerus, selain itu pembengkakan ini akan meyebabkan kulit tampak kemerah-merahan karena kulit yang berada di atas sendi ini terkena dampak atau efek dari pembengkakan sendi. Bahkan bisa sampai terlihat merah keungu-unguan yang itu berarti pembengkakan pada sendi sudah semakin parah.

  1. Mati rasa

Tak hanya dirasakan oleh tangan, kaki mati rasa pun bisa terjadi. Namun pada kesempatan kali ini lebih dibahas mengenai mati rasa pada tangna, biasanya mati rasa ini terjadi karena seseorang mengalami sering kesemutan pada tangannya sehingga tangan mati rasa dan tarasa nyeri apalagi jika untuk terus bergerak.

Baca Juga:

  1. Nyeri semakin bertambah

Semakin lama dibiarkan dan tidak segera melakukan pengobatan secara otomatis akan menyebabkan nyeri semakin bertambah. Oleh sebab itu sangat penting segera melakukan pengobatan sekecil apapun gejala yang ditimbulkan. Hal ini perlu dilakukan agar tidak terjadi nyeri sendi yang kronis.

  1. Sulit mengerakan ibu jari

Nyeri pada pergelangan tangan akan memberi efek secara langsung pada ibu jari. Dapat dilihat dengan nyata bahwa ibu jari dan pergelangan tangan sangat dekat, sehingga efeknya langsung ke ibu jari. Dan tentu hal ini akan membuat jari-jari lain juga sulit untuk digerakkan.

Baca Juga:

  1. Terdapat lesung pada telapak tangan

Lesung ini terjadi ketika sakit yang dirasakan ini sangat terasa sakit. Hal ini biasanya merupakan gejala penyakit sendi yang biasa disebut dengan penyekit dupuytren. (Baca Juga: Cara Mengobati Tangan Gemetar)

Sebelas gejala ini akan sering timbul pada beberapa saat ketika sedang nyeri sendi. Sehingga perlu diketahui bagaimana cara merawat nyeri sendi agar nyeri sendi tidak menyebabkan pusing sehingga menyebabkan sakit kepala lebih baik mengetahui sejak dini bagaimana caranya mengatasi nyeri sendi dengan cepat dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Tentu hal ini dibutuhkan belajar terus agar paham dan mampu mengatasi nyeri sendi, jadi ketika teman mengalami nyeri sendi atau anda mengalami nyeri sendi akan mampu mengatasinya dengan cepat. Berikut akan diulas bagaimana cara mengatasi nyeri sendi pada pergelangan tangan dengan cepat dan tepat.

Pengobatan Nyeri Pergelangan Tangan

  1. Menggunakan Splint, mousepads atau bantalan

Splint, mousepads atau bantalan ini digunakan untuk membuat pergelangan tangan tidak banyak gerak, sehingga pergelangan tangan dapat diistirahatkan sejanak. Dengan menggunakan splint secara rutin nyeri sendi pada pergelangan tangan akan dapat teratasi. Paling tidak gunakan ketika hendak tidur, agar mengurangi rasa sakit saat tidur dan tidur akan lebih nyenyak.

Baca Juga:

  1. Mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri

Jika tidak memiliki splint, mousepads atau bantalan, hal yang dapat anda lakukan adalah mengkonsumsi obat penghilang nyeri, karena obat penghilang nyeri ini juga berkhasiat untuk mengatasi nyeri sendi. Paling tidak menghilangkan rasa nyeri pada sendi. Namun yang perlu diingat adalah jangan terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan dengan amat sering karena dapat mengakibatkan gagal ginjal.

  1. Pemeriksanaan kedokter

Jika nyeri tidak sembuh-sembuh hal yang dapat dilakukan adalah memeriksakannya langsung ke dokter, karena pasti dokter lebih tau bagian mana yang menyebabkan sakit, sehingga akan lebih tepat dalam penanganan dan pengobatannya.

Baca Juga:

  1. Melakukkan tindakan bedah

Apabila perlu melakukan pembedahan, maka lakukanlah tindakan pembedahan ini, hal ini biasanya dilakukan apabila nyeri sendi ini terjadi karena adanya benjolan pada tulang sehingga perlunye pengikisan tulang agar tidak menyebakan rasa sakit lagi pada sendi bagian pergelangan tangan.

  1. Perbanyak istirahat

Setelah melakukan segala cara yang tidak boleh dilupakan adalah banyak istirahat, terutama menghistrahatkan tangan. Karena dengan tanga terus bergerak terus akan mengakibatkan pemulihan kembali fungsi sendi pada pergelangan tangan semakin lama. Namun jika semakin banyak waktu tangan istirahat semakin cepat pula pemulihannya. Istirahat bukan berarti tidak beraktivitas, karena jika tidak beraktivitas pun akan berbahaya untuk proses pemulihan. Yan ada dapat menyebabkan nyeri semakin bertambah karena tangan manja dan sekali digerakan merasakan sakit lagi. Jadi yang harus dilakukan adalah sering melakukan perenggangan agar tangan juga bergerak.

Baca Juga:

  1. Kompres pada nyeri

Jika pergelangan tangan terasa sakit, maka hal yang dapat anda lakukan pertama kali adalah mengkompres pada bagain yang merasakan nyeri, paling tidak hal ini dapat merilekskan otot-otot pada sendi sehingga nyeri akan sedikit agak berkurang.

Selain mengetahui pengobatan menggunakan alat, obat ataupun melakukan pembedahan ada hal yang perlu dilakukan lagi yaitu tindakan pencegahan. Tindakan pencegahan sangat perlu dilakukan agar tidak terjadi nyeri pada sendi khususnya pada pergelangan tangan. Berikut mengenai langkah-langkah atau cara pencegahan nyeri pada sendi pergelangan tangan.

Pencegahan Nyeri Pergelangan Tangan

  1. Kurangi aktivitas yang berulang-ulang

Kurangi aktivitas yang berat dan berualng-ulang ini perlu dilakukan agar tangan tidak mengalami kelainan sendi yang menyebabkan pembengkakan dan nyeri sendi pada pergelangan tangan.

Baca juga:

  1. Kurangi aktivitas yang memberatkan pergelangan tangan

Melakukan aktivitas memang penting, namun harus pula sesuai dengan porsinya, lakukan aktivitas perlahan dan jangan dipaksakan. Lakukan aktivitas bertahap-demi bertahap sehingga tidak mengalami kelelahan yang berlebihan.

  1. Lakukan istirahat secara berkala

Beristirahat ketika melakukan suatu aktivitas sangat diperlukan untuk merileksakan dan mengembalikan ketegangan otot-otot yang diakibatkan karena melakukan aktivitas yang melibatkan pergelangan tangan.

Baca Juga:

  1. Jangan sering membiarkan pergelangan tangan menekuk

Dalam melakukan aktivitas usahakan agar pada pergelangan tangan tidak terlalu menekuk sehingga pergelangan tangan tetap dalam keaadaaan baik dan tidak menyebabkan nyeri pada pergelangan tangan.

  1. Konsumsi makanan yang sehat

Selain dari tips di atas, tips yang tak kalah penting adalah, mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat. lakukan gaya hidup sehat agar hidup yang dijalani pun ikut sehat.

Baca Juga:

  1. Sering-seringlah melakukan perenggangan

Seringlah melakukan perenggangan pada otot-otot sendi agar tidak terjadi pembengkakan pada pergelangan tangan. Paling tidak lakukan hal ini jika pergelangan tangan sudah meresakan lelah.

Pada artikel ini telah dibahasmengenai gejala, penyebab, cara mengobati yang cepat dan tepat serta bagiamana cara mencegah terjadinya nyeri pada pergelangan tangan. Dengan mengetahui hal-hal yang dimikian itu semoga dapat membantu menambah pengetahuan dan mengurangi penyakit-penyakit nyeri sendi. Terus rawatlah diri anda dengan baik agar anda semakin baik.