Gejala Kaki Dingin – Penyebab dan Solusi

Gejala kaki dingin adalah kondisi yang umum dialami setiap manusia yang muncul karena berbagai sebab dan relatif mudah untuk disembuhkan. Kaki dingin adalah gejala biasa yang cenderung tidak membahayakan kesehatan tubuh namun jika kaki terus menerus terasa dingin dalam waktu yang panjang maka harus segera diatasi agar tidak menyebabkan munculnya keluhan penyakit lain.

Gejala kaki dingin
Kaki dingin adalah kondisi normal yang bisa dialami siapa saja pada lokasi yang bersuhu dingin namun adakalanya perlu diwaspadai karena kaki yang berasa dingin terus menerus bisa saja mengindikasikan bahwa tubuh sedang terjangkit suatu penyakit tertentu.

Tanda tanda kaki dingin yang perlu diwaspadai adalah:

• Rasa dingin yang terus menerus menyerang bagian kaki kendati kaki telah direndam dalam air hangat.
• Bagian telapak kaki menderita kebas dan mati rasa atau terasa permukaan seperti menebal
• Terasa geli jika tersentuh tangan atau benda lain tanpa sengaja
• Cenderung ada luka tetapi tidak terasa sakit
• Elastisitas kulit meningkat yaitu kulit jadi mengencang dan seolah olah menebal.
• Warna kulit berubah menjadi pucat dan bahkan ada yang kebiruan.

Penyebab munculnya gejala kaki dingin

Ada beberapa pemicu munculnya gejala kaki dingin yang awalnya disebabkan karena sirkulasi darah yang tidak lancar dan darah yang mengalir kearah kaki menjadi tersendat, Lebih rendah atau tidak sampai dengan baik pada area jaringan kaki.

1. Suhu udara
Karena suhu udara yang terlalu dingin dan terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama sehingga jaringan kaki kehilangan kemampuannya dalam meningkatkan suhu hangat sehingga gejala kaki dingin tak dapat dihindari.

2. Kaki statis
Kaki kurang gerak atau relatif statis yang menyebabkan pembuluh darah mengeras dan aliran darah tidak lancar. Kondisi tersebut biasanya terjadi pada orang orang yang bekerja didepan komputer.

3. Stres atau depresi
Gejala kaki dingin bisa juga muncul karena adanya stres dan depresi yang menyebabkan pembuluh darah mengerut dan mengecil sehingga aliran darah tersendat sehingga menyebabkan area kaki menderita kesemutan dan dingin.

4. Syndrome raynaud
Adanya syndrome raynaud dimana kaki terserang kebas, Kesemutan.Mati rasa lalu munculah gejala kaki dingin pada area kaki yang berlangsung lama dan berkesinambungan.

5. Autoimun atau Scleroderma
Serangan penyakit autoimun misalnya penyakit lupus kronis yang bisa menyebabkan jaringan parut pada kulit sekitar kaki kehilangan fungsinya untuk tetap bisa mempertahankan suhu hangatnya sehingga berpotensi menyebabkan munculnya gejala kaki dingin yang terus menerus.


6. Gangguan kelenjar tiroid atau Hypothyroidism
Gangguan tiroid atau hipothyroidism dimana kelenjar tiroid mengalami peradangan dan fungsi jaringan sekitar saraf saraf kaki menjadi terhambat, Relatif lambat dan condong memicu munculnya keluhan kesehatan lain misalnya kaki mudah pegal, Kedinginan dan muncul sembelit. (Baca juga : Obat kelenjar tiroid)

7. Anemia
Anemia membuat jumlah sel darah yang tidak memadai didalam tubuh dapat menyebabkan turunnya asupan oksigen pada seluruh jaringan tubuh termasuk kaki yang akhirnya memicu munculnya suhu dingin dan kaki terserang gejala kaki dingin.
(Baca juga: Cara mengatasi anemia)

8. Diabetes (penyakit gula)
Kadar gula dalam darah yang tinggi mampu mengganggu kelancaran pembuluh darah dan memperlambat darah untuk bisa mengalir normal pada semua jaringan tubuh termasuk pada kaki. Kondisi itu menyebabkan kaki terserang gejala kaki dingin dan bahkan menderita kebas yang disertai kesemutan. (Baca juga : Obat herbal untuk diabetes)

9. Obat obatan tertentu
Pengaruh obat obatan tertentu dapat menyebabkan aliran darah tidak lancar dan melukai dinding pembuluh darah yang memicu munculnya gejala kaki dingin disekitar jari dan telapak. Misalnya obat kanker dan jenis obat OTC dekongestan yang memiliki efek menyebabkan kaki cenderung menderita dingin.

10. Penyakit Arteri perifer atau Peripheral Artery Disease
Penyakit ateri perifer adalah penyakit yang muncul karena aliran darah dalam arteri yang bertanggung jawab mengontrol dan menyuplai darah serta oksigen kebagian ekstremitas berkurang. Kondisi tersebut disebabkan seseorang telah menderita hipertensi akibat kebiasaan merokok.

Solusi Terbaik

Tips cara sederhana, Relatif mudah dan aman untuk mengatasi gejala kaki dingin

1. Jahe
Jahe biasa atau merah yang diparut lalu parutannya dioleskan pada kaki yang sedang menderita dingin dapat memberikan efek hangat dan menyembuhkan rasa pegal pegal sekitar jari jari kaki. Minuman jahe yang ditambahkan dengan madu dapat bermanfaat mengatasi kaki dingin karena jahe memiliki senyawa istimewa bernama senyawa gingerol dan zingerone yang mampu melancarkan aliran darah dan mencegah pembekuan darah diseluruh jaringan tubuh termasuk kaki yang menderita gejala kaki dingin.

2. Teh hijau
Mengkonsumsi teh hijau hangat pada cuaca dingin atau kapan saja sangat bermanfaat untuk dijadikan solusi sebagai pencegah kaki dingin. Teh hijau dapat memperbaiki fungsi pembuluh darah dan melancarkan peredaran darah sekitar kaki sehingga terhindar dari gejala kaki dingin.


3. Minyak zaitun
Minyak zaitun diapnaskan terlebih dahulu dengan menggunakan sendok lalu gunakan untuk pemijatan pada seputar kaki termasuk jari jari, Mata kaki, pergelangan kaki dan telapak. Pemijatan dilakukan kearah depan dan bukan kebelakang. Manfaat zaitun hangat adalah dapat menghangatkan kaki, meregangkan otot kaki yang tegang dan merasa tertekan akibat kelelahan. atau karena serangan gejala kaki dingin ketika berada pada lokasi /tempat yang memiliki temperatur suhu yang sangat dingin misalnya di negara eropa.

4. Garam epson (garam inggris)
Garam inggris mengandung zat magnesium sulfat yang dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah pembengkakan atau peradangan pada kaki akibat cuaca dingin atau terkena benturan. Caranya masukan garam secukupnya pada air hangat satu ember ukuran sedang dan air dingin. Rendam kaki yang lelah dan dingin pada air hangat terlebih dahulu selama 5 menit kemudian pindahkan kaki pada air dingin selama 5 menit. Bergantian secara teratur dengan jedah waktu masing masing 5 menit.

5. Teh herbal atau suplemen Daun dandelion
Dun dandelion sangat teekenal diseluruh dunia sebagai herbal yang bermanfaat merilekskan ketegangan otit seluruh tubuh termasuk pada kaki. Daun dandelion ada yang telah diolah sebagai teh herbal dan dalam bentyk suplemen, Namun khasiatnya tetap sama. Daun dandelion bersifat diuretic yang mampu memberi perasaan tenang dan santai pada otot dan saraf saraf pada area kaki yang terserang gejala kaki dingin akibat seseorang menderita autoimun atau diabetes. Daun dandelion juga bisa mengobati pembengkakan serta menyenbuhkan reterensi air dan mengontrol kadar sodium dalam tubuh.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Kaki