Kaki Bengkak Karena Jantung : Penyebab, Pencegahan, Pengobatan

Kaki bengkak disebabkan karena edema atau adanya penumpukan cairan yang terdapat di dalam tubuh biasanya penumpukan cairan tersebut berada pada kaki. Pembengkakan yang terjadi pada kaki dapat menyebabkan atau menjadi salah satu ciri ciri bahwa adanya gangguan kesehatan pada seseorang. Umumnya seseorang yang mengalami kaki bengkak merupakan seseorang yang memiliki penyakit ginjal atau jantung. Untuk itu ketika anda mengalami pembengkakan pada kaki dan tidak kunjung sembuh anda perlu memeriksakannya ke dokter untuk memastikan apa yang terjadi pada anda. Ada beberapa penyebab yang dapat menyebabkan terjadinya kaki bengkak. Adapun hal-hal yang menyebabkan kaki bengkak adalah sebagai berikut

Penyebab

1. Limfedema

Limfedema merupakan kondisi medis yang disebabkan karena adanya gangguan pada pembuluh getah bening yang yang menyebabkan terjadinya penghambatan peredaran cairan pada kaki. Gangguan tersebut juga akan menyebabkan cairan menumpuk pada kaki dan membuat kaki menjadi bengkak.

baca juga : makanan untuk menghilangkan stres

2. Infeksi

Seseorang yang memiliki penyakit diabetes biasanya akan lebih sering terinfeksi dan memiliki masalah saraf pada kaki. Untuk itu bagi Anda yang memiliki penyakit diabetes anda perlu memperhatikan kondisi anda dengan baik agar anda tidak terkena infeksi yang menyebabkan kaki anda menjadi bengkak.

baca juga : sayuran untuk asam urat dan kolesterol

3. Pembekuan darah

Terjadinya pembekuan darah yang terdapat di pembuluh darah pada kaki akan mengakibatkan terjadinya aliran darah dari kaki ke jantung menjadi terhambat. Selain itu adanya pembekuan darah di pembuluh darah pada kaki akan menyebabkan penumpukan darah pada kaki dan memicu kaki menjadi bengkak.

baca juga : makanan penghancur batu ginjal

4. Insufisiensi vena

Seseorang yang mengalami infusiensi Vena akan memiliki gejala awal kaki menjadi bengkak. Seseorang yang terkena insufisiensi Vena adalah ketika darah tidak dapat bergerak naik dari pembuluh darah di kaki ke jantung hal tersebut akan mengakibatkan pembengkakan pada kaki. Jika hal ini tidak segera ditangani akan menyebabkan terjadinya infeksi perubahan kulit dan juga menyebabkan terjadinya borok pada kulit.

baca juga : kekurangan oksigen pada jantung

5. Penyakit jantung

Salah satu penyebab terjadinya kaki bengkak yang paling utama adalah ketika seseorang terkena penyakit jantung. Kaki yang bengkak pada umumnya merupakan dedikasi awal bahwa seseorang menderita penyakit jantung ginjal ataupun hati. Untuk itu bagi Anda yang mengalami kaki bengkak segera periksakan lah ke dokter agar mendapat penanganan dengan baik.

baca juga : efek samping obat jangka panjang


Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami pembengkakan pada kaki. Jika anda telah mengetahui apa saja penyebab-penyebab kaki menjadi bengkak dan mengetahui Penyakit apa yang Anda derita alangkah lebih baiknya jika anda segera menangani dan mengobati kaki bengkak tersebut. Adapun cara pencegahan dan juga cara pengobatan kaki bengkak karena jantung adalah sebagai berikut

Pencegahan

1. Menggunakan stocking kompres

Melakukan pencegahan merupakan salah satu cara agar penyakit yang anda derita tidak semakin parah. Salah satu cara melakukan pencegahan terjadinya pembekakan pada kaki yang semakin parah adalah dengan menggunakan stoking kompres. Dengan menggunakan stoking kompresi ini anda dapat mengurangi pembengkakan pada kaki anda.

baca juga :  sakit kepala.

2. Melakukan olahraga ringan

Olahraga memang sangat baik untuk kesehatan, tidak hanya baik untuk menghindari terjadinya pembengkakan pada kaki namun dengan rajin berolahraga secara rutin dan teratur akan membantu tubuh anda menjadi lebih sehat dan tidak mudah terserang oleh berbagai penyakit. Untuk itu melakukan olahraga ringan setiap hari sangatlah dianjurkan.

baca juga : dada terasa sakit di bagian tengah

3. Berbaring dan mengangkat kaki

Cara pencegahan lainnya adalah dengan berbaring dan mengangkat kaki, berbaring dengan mengangkat kaki akan membantu untuk mengalirkan aliran darah dari kaki menuju ke bawah. Hal ini dilakukan harapannya agar cairan-cairan tidak tertumpuk pada kaki dan dapat dialirkan keseluruh tubuh dengan baik.

baca juga : penyebab paru-paru basah

4. Menurunkan berat badan

Salah satu penyebab seseorang terkena berbagai penyakit salah satunya pembengkakan pada kaki yang menyebabkan seseorang menderita penyakit jantung atau penyakit lainnya adalah ketika anda mengalami berat badan yang berlebihan. Berat badan yang berlebihan memang tidak baik untuk anda maka dari itu agar berat badan tetap seimbang anda dianjurkan untuk melakukan olahraga ataupun kegiatan-kegiatan yang dapat mengeluarkan keringat.

baca juga : gejala jantung koroner

5. Menghindari memakai pakaian yang terlalu ketat

Pakaian yang terlalu ketat juga tidak baik untuk seseorang yang memiliki pembengkakan pada kaki, untuk itu bagi Anda yang mengalami pembengkakan pada kaki hindarilah menggunakan pakaian yang ketat terutama pada bagian paha.

baca juga : akibat kelebihan cairan infus

6. Menghindari berdiri terlalu lama

Selain menghindari menggunakan pakaian yang ketat bagi Anda yang sedang mengalami pembengkakan pada kaki Anda dianjurkan untuk tidak berdiri terlalu lama. Karena dengan berdiri terlalu lama akan memper buru keadaan dan menjadikan kaki menjadi lebih bengkak.

baca juga : gejala paru-paru bermasalah

7. Mengkompres dengan es batu

Mengkompres dengan es batu juga dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat anda lakukan untuk mengurangi pembengkakan pada kaki.

baca juga :  cepat lelah

8. Mengurangi asupan garam

Mengurangi asupan garam jika dianjurkan oleh seseorang yang sedang menderita pembengkakan pada kaki.

Selain beberapa pencegahan tersebut Anda juga dapat mengetahui beberapa hal yang dapat mengobati terjadinya pembengkakan pada kaki.

baca juga : penyebab cairan di paru-paru


Pengobatan

Pengobatan kaki bengkak yang disebabkan karena seseorang menderita penyakit jantung dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi obat yang dapat mengobati penyakit jantung itu sendiri. Adapun beberapa obat yang dapat anda konsumsi untuk mengatasi kaki bengkak karena jantung adalah sebagai berikut

1. Kunyit

Anda dapat mengobati kaki bengkak dengan cara membuat ramuan herbal dari kunyit di dalam kunyit terdapat kandungan senyawa bernama kurkumin yang akan membantu mengurangi oksidasi kolesterol dan juga membantu mengurangi penumpukan plak serta pembentukan bekuan. Di dalam kunyit juga terdapat kandungan anti-inflamasi yang di mana kandungan anti-inflamasi tersebut dapat mengurangi rasa sakit yang sedang anda Derita. Cara membuat ramuan alami dari kunyit pertama-tama siapkan bubuk kunyit, susu segar, madu, dan air secukupnya. Cara meracik ramuan tersebut adalah dengan memasak bubur kunyit bersama dengan susu dan air hingga matang lalu tambahkanlah madu. Tunggu hingga ramuan tersebut matang. Konsumsilah ramuan tersebut secara rutin dan teratur. Mengkonsumsi ramuan ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

2. Jahe

ramuan yang kedua adalah jahe, didalam jahe terdapat kandungan yang dapat membantu untuk mengajarkan natrium pada kaki yang dimana natrium tersebut menyebabkan pembengkakan pada kaki. Cara membuat ramuan kaki bengkak menggunakan jahe cukuplah mudah hanya dengan memar jahe dan mencampurkan dengan air lalu peras parutan jahe tersebut dan ambil Sarinya saja. Anda dapat memijat kaki yang lengkap dengan perasan air jahe tersebut. Kandungan inflamasi yang terdapat di dalam jahe akan membantu untuk meredakan kaki bengkak yang sedang anda Derita.

Itulah beberapa hal yang dapat anda ketahui tentang penyebab pencegahan dan juga pengobatan yang dapat dilakukan ketika anda menderita penyakit kaki bengkak. Tetaplah waspada Ketika anda mengalami kaki bengkak untuk memastikannya segera pastikan dan Pergilah ke dokter yang anda percaya agar anda segera mengetahui Penyakit apa yang Anda Derita. Sehingga anda segera mendapatkan pengobatan sesuai dengan penyakit yang anda Derita. Semoga kita dapat terhindar dari berbagai penyakit yang tidak kita inginkan dan dari penyakit-penyakit berbahaya lainnya.

, ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Penyakit Jantung