Serangan Jantung Ringan Saat Tidur – Penyebab, Gejala dan Penanganan

Kendati Serangan jantung ringan tidak lebih gawat dari penyakit jantung bawaan atau gagal jantung , Tetapi  tetap harus diwaspadai karena berbahaya jika muncul saat seseorang berada pada suatu lokasi tanpa ada orang lain disampingnya, Karena serangan jantung ringan dapat menyerang saat seseorang tertidur lelap dimana keadaan ini dapat memicu rasa nyeri dan tekanan berat pada area dada yang jika berlangsung lama dapat menyebabkan penurunan kesadaran lalu mengakibatkan pingsan atau bahkan koma.

Penyebab

  • Tidur mendengkur – Tidur mendekur paling sering disebabkan seseorang terserang kelelahan tubuh yang luar biasa atau akibat masuknya udara ke rongga hidung tetapi tidak lancar karena terhalang oleh tekanan didalam dada sehingga aliran darahpun ikut  tidak lancar lalu menimbulkan dengkuran. 
  • Posisi tubuh  – Posisi tidur yang salah ketika tidur misalmya tidur tengkurap terlalu lama dapat menekan saraf kepakl dan aliran darh yang ada dijantung. Kondisi ini menyebabkan kinerja jantung terhambat dan harus bekerja lebih ekstra untuk menyeimbangkan berat tubuh yang menekan saraf dan aliran darah .diarea katub jantung.
  • Kopi berlebihan – Minum kopi yang berlebihan dapat menyeababkan penunoukan kafein pada dinding pembuluh darah dan menyumbat aliran darah terutama yang menuju jantung. Kafein bersifat menekan saraf da mencederai  jika dalam jumlah yang banyak , Keadaan ini menyebabkan kinerja jantung menjadi lebih berat untuk mengontrol efek buruk yang ditimbulkan dari penumpukan kafein. 
  • Merokok dan Alkohol – Tinggalkan merokok dan alkohol yang disinyalir sebagai penyebab munculnya serangan jantung ringan saat tidur . Bahaya tar pada rokok dan alkohol bersifat racun jika telah masuk pada pembuluh arteri dan menimbulkan  iritasi. Pembuluh darah yang menuju jantung akan kehilangan kemampuannya untuk bisa menyalurkan darah kejantung.
  • Pengaruh obat obatan – Obat obatan terlarang ataupun obat warung yang dikonsumsi tanoa resep dokter beresiko menyebabkan gangguan aliran darah dijantung dan menyebabkan detak jantung menjadi lebih cepat dan memicu dada nyeri lalu serangan jantung ringan saat tidurpun tak dapat lagi dihindari.
  • Stres – Stres yang berkepanjangna dapat menyeababkan seseorang kesulitan untuk tertidur dan bantak pikiran, Kondisi inilah yang menyebabkan apa yang menjadi bahan renungannya tersimpan dialam bawah sadar kemudian muncul dalam bentuik mimpi buruk.
  • Penyempitan pembuluh darah Jantung – Gangguan atau penyempitan pembuluh darah jantung dapat disebabkan karena serangan virus, Cedera, Cacat bawaan atau akibat penumpukan flek flek yang ada dikatub jantung. Gangguan pembuluh darah dijantung kerab menyebabkan serangan jantung ringan  saat tidur karena gangguan tersebut acapkali menyebabkan aliran darah tidak lancar  pada saat penderita tidir dalam posisi terlungkup atau miring.

Gejala

Awalnya banyak orang yang terserang gejala serangan jantung ringan mengaanggap kondisi tersebut adalah hal yang biasa yang dapat hilang dengan sendirinya. Namun jika gejala serangan jantung kerab muncul pada saat tertidur maka sewaktu waktu bisa membahayakan jiwa.

  • Dada terasa nyeri seperti tertekan benda berat
  • Mengalami kesulitan tidur dan kecemasan
  • Seluruh otot terasa sakit sehingga tubuh menjadi lelah
  • Ritme jantung cepat dan muncul keringat malam
  • Sesak nafas, nafas pendek dan kesulitan bicara dengan jelas

Pertolongan pertama pada serangan jantung ringan saat tidur

Tips cara mengatasi seseorang yang sedang terserang serangan jantung ringan sebagai tindakan pertolongan pertama agar serangan jantung tidak berkesinambungan dan penderita bisa secepatnya diobati sesuai dengan prosedur standar rumah sakit.

  • Ajaklah penderita untuk duduk senyaman mungkin dengan menyandarkan punggung pada kursi atau dinding. Hindari posisi yang membungkuk atau terlentang diatas tempat tidur agar pernafasan tetap dalam kondisi lancar .
  • Mulailah menghubungi pihak rumah sakit terdekat  terutama dokter yang berhubungan dengan masalah serangan jantung . Perlu diketahui  bahwa jika penderita merasakan dada  sangat nyeri seperti tertekan benda berat dan kesulitan bernafas  maka itu salah salah satu ciri ciri penyakit jantung yang kemungkinan menyebabkan serangan jantung ringan saat tidur.
  • Instruksikan pada penderita serangan jantung ringan saat tidur untuk mengganti pakaian dengan ukuran yang lebih lionggar dan lepaskan bra atau pakaian dalam agar sistem pernafasan semakin stabil.
  • Memberikan obat aspirin kunyah atau nitrogliserin yang diletakkan tepat dibawah lidah tetapi jika obat obtan tersebut telah tersedia atas resep dokter yang  sebelumnya pernah mengangani si penderita.
  • Pertahankan kesadaran penderita, Jangan biarkan memejamkan mata lalu tertidur, Ajaklah terus berbicaraa perlahan sampai tim kesehatan datang.
  • Hindari pemberian minuman dan makanan dalam bentuk apapun untuk mempertahankan kesadaran dirinya  agar sistem pernafasan tidak tersumbat .

Penanganan untuk pencegahan

Seseorang yang sudah atau belum pernah mengalami serangan jantung ringan saat tidur , Memahami dan mengerahui tentang tindakan pencegahan adalah penting untuk antisipasi serangan yang mungkin kembali pada suatu hari secara tiba tiba.

  • Sebelum benar benar memutuskan untuk berangkat tidur sebaiknya tenangkan dan bersihkan segala pikiran anda agar apa yang anda pikirkan tidak terekam oleh jaringan otak untuk kemudian terbawa kealam bawah sadar yang menyebabkan munculnya mimpi buruk yang memicu detak jantung cepat.
  • Minumlah susu hangat yang ditambahkan perasan jahe setengah jam sebelum tidur agar tubuh berada dalam kondisi yang  lebih tenang dan mempercepat rasa kantuk tanpa harus berlarut larut hanyut dalam aktivitas anda.
  • Tidurlah dengan kondisi terlentang dengan penggunaan bantal yang sedikit tinggi tetapi berbahan lunak agar aliran darah rongga mulut yang berhubungan dengan sistem pernafasan tetap dalam kondisi baik. Cara ini bisa mencegah seseorang tidur mendengkur.
  • Hindari merokok, Minuman alkohol dan kopi selama masalah serangan jantung ringan saat tidur sesekali masih suka muncul. saat tertidur lelap.
  • Berolahraga ringan tetapi teratur adalah cara yang ideal untuk meningkatkan sirkulasi darah, meregangkan otot otot jantung  dan menyehatkan pembuluh darah jantung. Kondisi tersebut memiliki efek yang baik untuk jantung karena dapat menstabilakn aliran darah dijantung ketika seseorang tertidur lelap dimalam hari.
  • Hindari mengkonsumsi apapun jenis obat sebelum tidur jika bukan dari resep dokter yang telah disesuaikan dengan kondisi jantung yang diberikan melalui pemeriksaan fisik.
  • Hindari duduk dibawah pohon rindang pada malam hari beberapa jam sebelum berangkat tidur,  Karena pada malam hari pohon atau tumbuhan mengeluarkan zat beracun karbon dioksida yang dapat terhirup oleh rongga hidung dan mulut sehingga  melemahkan otot jantung, Menyempitkan pembuluh darah  dan menekan saraf saraf serta jaringan di seluruh tubuh sehingga tubuh mudah terasa lelah dan lemas.

, ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Penyakit Jantung