22 Efek Samping Daun Sirih – Positif dan Negatif

Daun sirih adalah salah satu tanaman obat di mana memiliki segudang khasiat bagi tubuh karena memang di dalamnya sangat kaya akan kandungan senyawa kimia alami nan baik untuk berbagai penyakit. Sejumlah kondisi kesehatan mampu disembuhkan dengan mengonsumsi daun sirih dan hal tersebut juga berkat adanya kandungan riboflavin, vitamin C, fitokimia, alkaloid dan polifenol.

Tanaman rambat satu ini memang banyak sekali penggemarnya, apalagi orang-orang dengan masalah kesehatan tertentu dan enggan untuk ke dokter atau menggunakan obat kimia. Masih termasuk di dalam ordo piperales dan juga famili piperaceae, tanaman ini adalah tanaman khas yang memang asalnya dari Indonesia, yakni tepatnya dari Riau.

Daun yang memang terkenal sebagai daun bersifat antibiotik dan antiseptik ini memang menawarkan berbagai kandungan baik. Tapi juga sebaiknya diketahui betul apa saja kemungkinan efek samping daun sirih, khususnya kalau dikonsumsi secara jangka panjang atau berlebihan tak sesuai dosis seharusnya. Berikut adalah efek positif dan juga efek samping dari daun sirih untuk kita pelajari.

(Baca juga: efek samping antibiotikefek samping amino)

Efek Positif Daun Sirih

Sebelum mengintip apa saja yang menjadi efek samping negatif dari daun sirih, ada baiknya untuk melirik sedikit tentang efek positif atau khasiat daun sirih bagi tubuh Anda. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang banyak dielu-elukan oleh orang-orang yang sudah membuktikan keampuhan daun sirih dalam dunia pengobatan.

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Ketika pemakaiannya dilakukan secara benar, maka sebenarnya daun sirih adalah tanaman herbal yang mampu menurunkan risiko penyakit kanker sekalipun. Ini karena di dalam daun sirih ada kandungan yang bernama alkaloid, polifenol, dan juga flavonoid di mana fungsi utamanya adalah sebagai antioksidan dan juga anti-inflamasi.

Dengan kandungan senyawa-senyawa tersebutlah zat-zat asing pun akhirnya dapat dicegah untuk masuk ke dalam tubuh. Zat asing tersebut akan sangat berisiko merusak sel tubuh kita, oleh karena itu kita perlu kandungan dalam daun sirih untuk mencegah pertumbuhan kanker. Di bawah ini adalah cara meminum air daun sirih untuk mencegah kanker.

Caranya: Ambil saja beberapa lembar daun sirih yang kemudian dicuci bersih dan rebuslah hingga airnya mendidih. Lalu setelah diangkat, kita perlu mendinginkannya lebih dulu kurang lebih 30 menit. Barulah setelah dingin, bisa ditambahkan dengan gula batu atau gula jawa sebagai pemanis sedikit. Meminumnya setiap hari akan mampu membunuh zat asing yang memicu perkembangan sel kanker dalam tubuh.

  1. Mengatasi Jerawat

Masalah kulit seperti jerawat pun rupanya dapat diatasi dengan penggunaan daun sirih yang benar. Efek positif satu ini bisa dimanfaatkan oleh Anda yang mungkin sudah berkali-kali ke dokter kulit untuk mengatasi jerawat tapi tak kunjung ada kemajuan yang signifikan.

Daun sirih menawarkan kandungan minyak atsiri dengan kadar tinggi di mana juga diketahui efektivitasnya 5 kali lebih tinggi dalam membasmi bakteri ketimbang zat fenol. Dengan pemakaian yang benar maka tak akan ada masalah dan justru akan sangat berkhasiat dalam menyembuhkan jerawat dengan cukup cepat.

Caranya: Daun sirih yang sudah dicuci bersih dapat seperti biasa direbus lebih dulu. Barulah setelah cukup dingin, air rebusan tersebut bisa digunakan untuk membilas atau mencuci wajah. Melakukan metode perawatan wajah dengan air daun sirih satu ini secara rutin akan membuat baragam bakteri hilang dan kulit pun dijamin menjadi lebih cantik, lembut, halus dan bercahaya tanpa adanya jerawat lagi.

(Baca juga: efek samping jaheefek samping asam folat)

  1. Mengatasi Diare

Dalam hal mengatasi diare pun daun sirih mampu bekerja secara maksimal dan karena itulah banyak orang memercayai efek baiknya. Selain menggunakan oralit, sebenarnya daun sirih pun juga bisa dijadikan obat karena kandungan tannin-nya yang tinggi. Dengan demikian, otomatis tannin tersebut akan melancarkan pencernaan sekaligus menghentikan diare.

Caranya: Ambil saja daun sirih beberapa lembar, dianjurkan mengambil 6 lembar, berikut juga bahan pendukung lainnya, yakni minyak kelapa 1 sendok makan dan lada 6 biji. Tumbuklah seluruh bahan tersebut dan setelah menjadi halus bisa langsung Anda oles ke perut. Penderita diare dijamin akan membaik bila menggunakan cara ini secara rutin.

  1. Menjaga Kesehatan Gigi

Banyak orang zaman dulu meyakini betul bahwa menjaga kesehatan gigi dengan daun sirih sangatlah luar biasa hasilnya. Kakek dan nenek kita tentunya ada yang gemar mengunyah daun ini di mana tujuan utamanya adalah untuk membersihkan gigi mereka. Nyatanya memang daun sirih mampu membantu membersihkan dan menyehatkan gigi.

Ketika daun sirih dikunyah-kunyah, malah seringkali gigi akan kelihatan berwarna merah sehingga tampak aneh. Tapi, kenyataannya justru daun sirih sudah terbukti dapat membuat gigi lebih bersih, sehat dan kuat. Tak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan daun sirih dengan mengunyahnya demi mencegah gigi berlubang.

  1. Membersihkan Mulut

Sebagai obat kumur alami, air rebusan daun sirih juga sangat bisa diandalkan. Kalau daunnya bisa dikunyah-kunyah untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi, maka air rebusannya bisa membantu menjaga kesehatan seluruh bagian dalam mulut. Kandungan kavikolnya mampu membebaskan mulut kita dari bakteri yang biasanya menyebabkan bau mulut plus sariawan.

Proses mengunyah daun sirih pun pada dasarnya juga bisa membantu menjaga kesegaran mulut dan mencegah bakteri penyebab sariawan, namun bila ingin menggunakan air rebusan juga sah-sah saja. Manfaat dari air daun sirih cukup banyak sehingga Anda bisa menggunakannya setiap hari untuk berkumur. Tunggulah air rebusan menjadi lebih dingin sebelum digunakan berkumur.

(Baca juga: efek samping kolagenefek samping bekam)

  1. Menghentikan Perdarahan

Sudah sejak zaman dulu juga orang-orang banyak mempergunakan daun sirih sebagai herbal penghenti perdarahan. Tak hanya menghentikan perdarahan, tapi daun sirih juga berguna untuk menyembuhkan luka. Contoh perdarahan yang bisa diatasi dengan daun sirih adalah mimisan di mana penggunaannya adalah dengan menyumbat bagian lubang hidung dengan gulungan daun sirih yang telah dicuci.

Mimisan hanya satu contoh kondisi kesehatan perdarahan, sementara untuk contoh kondisi lainnya yang bisa diatasi dengan daun sirih adalah luka luar. Untuk luka luar, berikut ini adalah cara penggunaan daun sirih yang benar:

  • Ambil beberapa helai daun sirih secukupnya disesuaikan dengan jumlah atau ukuran luka.
  • Tumbuklah daun sirih yang sudah dikumpulkan sekaligus dibersihkan sampai halus.
  • Jika sudah halus, balurkan langsung pada bagian luka luar yang hendak diobati.
  • Apabila ingin, luka juga bisa dibungkus dengan perban.
  • Lakukan pengobatan ini secara terus-menerus sampai luka benar-benar sembuh.

Perlu diingat juga bahwa daun sirih memiliki styptic, yakni kandungan yang bisa menghentikan perdarahan. Minyak atsiri serta vulnerary-nya pun akan mampu membuat luka lebih cepat sembuh berikut mencegah infeksi. Jadi, cobalah untuk menggunakan daun sirih kalau misalnya di rumah juga tak memiliki persediaan obat luka luar.

  1. Menjaga Kebersihan Area Kewanitaan

Keputihan adalah masalah umum yang dialami para wanita dan meski menjadi hal lumrah, tetap saja kondisi ini juga bisa mengkhawatirkan. Jenis keputihan cukup beragam dan ada pula yang dianggap tidak normal; yang tidak normal inilah yang cukup mengancam kesehatan tubuh. Bahkan keputihan pun bisa menjadi tanda-tanda adanya penyakit kanker rahim yang tentunya menjadi momok bagi para wanita.

Ada pula jenis keputihan lainnya yang diketahui menjadi tanda adanya pertumbuhan jamur tak baik di bagian kewanitaan. Lagi-lagi air daun sirihlah yang bisa dipakai untuk menghilangkan keputihan berukut juga membersihkan area vital pada wanita. Jamur pemicu keputihan akan dibasmi dan dimatikan oleh kandungan yang bernama kavikol di dalam daun sirih ini.

  1. Mengatasi Bau Badan

Bau badan adalah masalah yang kelihatannya ringan tapi sebenarnya cukup serius karena mampu meningkatkan rasa ketidakpercayadirian seseorang. Bau badan akan cukup mengganggu diri Anda sendiri maupun orang-orang yang berada di dekat Anda. Karena bau badan bisa mengganggu saraf penciuman diri sendiri serta orang lain, daun sirih bisa menjadi solusi.

Khasiat daun sirih salah satunya adalah untuk mengatasi bau badan dan menghilangkannya secara alami. Bau badan biasanya terjadi akibat penyebaran pertumbuhan bakteri serta jamur yang bersarang pada tubuh kita. Namun berkat kavikol di dalam daun sirihlah bau badan bukanlah menjadi hal yang besar lagi.

Fungsi dan peran utama dari kavikol tersebut adalah sebagai desinfektan sekaligus antijamur sehingga bakteri pasti dapat mati ketika Anda menggunakan daun sirih.

Caranya: Ambil sekitar 5 lembar daun sirih yang kemudian dapat Anda rebus di dalam 500 ml air. Setelah mendidih bisa Anda angkat dan dinginkan lebih dulu sebelum akhirnya bisa dikonsumsi. Mengonsumsi harian akan mematikan bakteri pemicu bau badan.

(Baca juga: efek samping bahaya obat tidurefek samping brotowali)

  1. Mengatasi Keringat Berlebihan

Karena sebelumnya sudah dibahas bahwa bau badan dapat diatasi dengan daun sirih, maka keringat berlebihan pun juga sanggup dikurangi dengan memakai daun ajaib ini. Hiperhidrosis bisa sangat mengganggu karena selain membasahi pakaian kita, juga dapat menyebabkan bau badan.

Caranya: Sediakanlah daun sirih sebanyak 2 lembar dan pastikan sudah mencucinya bersih lebih dulu. Barulah setelahnya ditumbuk sampai teksturnya halus dan oles langsung hasil tumbukan daun sirih ke area ketiak di mana kelenjar keringat bekerja secara berlebih. Minumlah air rebusannya juga setiap hari di mana per harinya 2 gelas untuk memperoleh khasiat maksimalnya.

  1. Mengobati Iritasi Mata

Seperti disebutkan sebelumnya, di dalam daun sirih ada riboflavin yang merupakan enzim yang mampu mengatasi masalah kesehatan mata. Jika terjadi iritasi mata, ramuan daun sirih dapat dimanfaatkan sebagai obat. Obat kompres mata atau perendam mata dari daun sirih sudah sangat populer.

Caranya: Sediakan saja daun sirih yang memang bagus daunnya sebanyak 1 sampai 2 lembar dan kemudian cuci bersih lebih dulu sebelum direbus bersama segelas air. Setelah mendidih, angkat dan tunggu dingin sebelum bisa dipakai untuk mengompres mata yang terkena iritasi. Melakukannya rutin akan membantu mata lebih cepat pulih dari iritasi.

  1. Mengatasi Bronkitis

Satu lagi efek positif dari daun sirih bagi kesehatan, yakni mengurangi risiko bronkitis maupun juga mengatasi kondisi gangguan pernapasan ini. Bronkitis sendiri diketahui dapat terjadi akibat bakteri yang menyerang bagian saluran pernapasan dan akhirnya malah menyebabkan infeksi karena daya tahan tubuh yang juga rendah. Supaya tak terserang bronkitis, menggunakan daun sirih adalah salah satu solusi.

Caranya: Sediakan sekitar 6 hingga 10 lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih sebelum akhirnya bisa Anda masukkan ke dalam air sebanyak 300 ml. Rebus air tersebut sampai mendidih dan tersisa separuhnya. Meminumnya sehari 3 kali secara rutin akan membantu mencegah atau juga mengatasi bronkitis dengan efektif.

(Baca juga: efek samping madu dietefek samping daun kelor)

  1. Mengatasi Penyakit Maag

Manfaat lain dari daun sirih adalah kemampuannya dalam mengatasi gangguan pencernaan pada lambung, khususnya penyakit maag. Jika mencari cara mencegah penyakit maag sekaligus juga menyembuhkannya secara alami, daun sirih bisa digunakan asalkan tidak dengan dosis yang berlebihan.

Caranya: Sediakan daun sirih kurang lebih 7 lembar, terutama daun sirih merah apabila memang tujuannya adalah untuk mengatasi sakit maag. Setelah dibersihkan, silakan merebus daun-daun tersebut dan minumlah secara rutin sehari 3 kali hanya sampai lambung sudah enakan dan penyakit maag dinyatakan sembuh. Pemakaian berlanjut dan lebih lama hanya akan menimbulkan masalah kesehatan lain yang lebih serius.

  1. Mengobati Alergi

Khusus untuk alergi yang menimbulkan gejala seperti gatal-gatal, penggunaan daun sirih akan sangat berguna dalam mengurangi alergi.

Caranya: Sediakan saja daun sirih sebanyak 6 lembar berikut juga sepotong jahe dan juga 1 ½ sendok makan minyak kayu putih. Seluruh bahan bisa ditumbuk barulah kemudian dioles ke area yang gatal karena reaksi alergi. Pemakaian bisa dihentikan ketika gatal sudah hilang dan alergi sudah sembuh.

  1. Mengatasi Batuk

Efek positif lainnya yang juga sangat populer dari daun sirih adalah kemampuannya dalam mengobati penyakit batuk secara alami. Sifat antibiotik dan antiseptiknya pun kerap diandalkan para penderita batuk dalam menyembuhkan batuk mereka.

Caranya: Untuk penyakit batuk, daun sirih bisa disiapkan sebanyak 5 lembar saja, terutama yang digunakan adalah daun sirih merah. Setelah dibersihkan, pastikan untuk merebuskan dalam 300 ml air. Setelah mendidih, Anda bisa mengangkatnya dan kemudian didinginkan lebih dulu. Air rebusan dapat dikonsumsi setiap hari 2 kali dalam sehari hingga batuk sembuh saja.


  1. Menghaluskan Kulit

Efek baik yang diberikan oleh daun sirih dalam hal kecantikan adalah menghaluskan kulit. Sebagai bahan perawatan luar kulit, Anda bisa mencoba memakainya dengan takaran yang benar agar aman bagi kesehatan kulit.

Caranya: Untuk menghaluskan kulit, sediakan saja 3-5 lembar daun sirih yang setelah dicuci bersih bisa Anda tumbuk dan dicampurkan dengan air panas. Gunakan ramuan ini sebagai masker saat suhunya sudah hangat. Tak perlu harus setiap hari karena untuk merawat kulit ini, Anda hanya perlu melakukan perawatan 1 minggu sekali.

(Baca juga: efek samping daun kumis kucingefek samping captopril)

Efek Samping Negatif Daun Sirih

Setelah membahas tentang segala sisi positif dari daun sirih bagi kesehatan, kini kita perlu juga mengetahui kemungkinan-kemungkinan dari efek samping jahat dari daun sirih. Mungkin selama ini kita mengira bahwa daun sirih aman-aman saja karena herbal, tapi daun sirih tak selalu memberikan keamanan bagi kita.

Ada sejumlah efek samping yang cukup berbahaya bagi tubuh, khususnya kalau sampai daun sirih dikonsumsi berlebihan dan dalam jangka waktu yang panjang. Di bawah ini adalah beberapa efek samping yang dimaksud untuk Anda bisa mewaspadainya:

  1. Iritasi di Area Kewanitaan

Bukankah daun sirih dipercaya mampu memberikan manfaat baik bagi daerah kewanitaan dan malah menjaga kebersihan sekaligus meningkatkan kesehatan di area tersebut? Ya, memang benar bahwa area kewanitaan akan dapat terjaga kebersihan dan kesehatannya ketika menggunakan air rebusan daun sirih. Organ kewanitaan pun akan terawat dengan baik asalkan pemakaiannya sesuai dengan aturan yang benar.

Meski tanaman herbal, penggunaan daun sirih pun sebaiknya tidak sembarangan, khususnya untuk area kewanitaan. Penggunaan daun sirih setiap hari justru mampu membuat organ kewanitaan lebih gampang teriritasi. Iritasi dapat terjadi ketika organ tersebut mengalami kekeringan karena pemakaian daun sirih yang terlalu banyak atau berlebihan. Oleh karena itu, pakai seperlunya saja dan jangan setiap hari.

  1. Membunuh Bakteri Baik

Benar bahwa daun sirih mampu membunuh bakteri-bakteri penyebab penyakit di dalam tubuh kita. Bakteri jahat akan musnah dari dalam tubuh ketika kita mengonsumsi atau menggunakannya sebagai obat luar dalam beberapa kondisi kesehatan. Hanya saja, konsumsi setiap hari dalam jangka panjang bukanlah hal yang terlalu baik dan disarankan.

Antibiotik dan juga antiseptik di dalam daun sirih sangatlah tinggi dan termasuk kuat sehingga bukan hanya bakteri jahat saja yang terbasmi. Bahkan bakteri-bakteri baik di dalam tubuh akan ikut terbunuh tanpa memandang bulu, terutama bakteri yang ada di dalam organ pencernaan. Itulah mengapa konsumsi dari daun sirih perlu sangat diperhatikan agar tak membahayakan tubuh.


  1. Mempercepat Detak Jantung

Memakai daun sirih dan mengonsumsinya juga berisiko pada detak jantung yang mengalami peningkatan pada detaknya. Jantung yang kemudian berdebar kencang ini bisa cukup mengganggu dan hal ini sebaiknya memang langsung menghentikan pemakaian atau konsumsi dari daun sirih supaya palpitasi bisa berhenti dan detak jantung kembali normal.

Apabila kondisi detak jantung setelah berhenti konsumsi daun sirih masih cukup cepat, Anda bisa coba untuk memeriksakannya ke dokter supaya memperoleh penanganan yang tepat. Dikhawatirkan adanya kondisi lain yang menyebabkan detak jantung menjadi jauh lebih cepat, maka dibutuhkan pemeriksaan fisik atau juga metode diagnosa lainnya.

  1. Penyakit Jantung

Diketahui bahwa mengonsumsi air daun sirih terlalu banyak, khususnya juga dalam waktu panjang dan lama bisa memengaruhi kinerja jantung. Selain detaknya yang bisa berubah lebih cepat, ada pula kemungkinan untuk mengalami masalah lainnya. Jadi sebaiknya Anda mencoba untuk mengatur konsumsi air daun sirih dengan baik supaya tidak mudah terkena penyakit jantung.

  1. Tumor di Mulut

Bukankah air daun sirih adalah pencegah kanker? Ya, apabila daun sirih dipakai dengan benar dan tanpa berlebihan apalagi terlalu sering. Berniat mencegah kanker, namun bila terlalu sering dan berlebihan mengonsumsi daun sirih malah yang ada justru membuat pertumbuhan tumor bisa terdukung.

  1. Kanker Otak

Kondisi lainnya yang bisa menjadi efek samping berbahaya dari pemakaian daun sirih adalah kanker otak. Batasi penggunaan dari daun sirih agar mampu menjaga kesehatan tubuh dengan baik. Jika konsumsi daun sirih sudah ada takaran tertentu, maka ikuti takaran tersebut dan hindari pemakaian berlebihan apalagi jangka panjang.

  1. Mengurangi Produksi ASI

Bagi para wanita yang tengah menyusui, menempelkan daun sirih dalam kondisi hangat setelah dioles minyak kelapa di area payudara rupanya bisa berdampak pada pengurangan produksi ASI. Hal ini bisa saja menguntungkan bagi beberapa wanita dengan ASI berlebih, tapi juga dapat merugikan bagi sebagian wanita lainnya. Apabila memang tidak ingin mengurangi produksi ASI, hindari penggunaannya.

(Baca juga: efek samping biji mahoni efek samping mengkuduefek samping buah sukun)

Demikianlah informasi terkait dengan efek samping daun sirih, baik efek positif hingga efek yang negatif. Daun sirih sendiri sudah terkenal sejak dulu akan khasiatnya yang begitu besar dikarenakan kandungan antiseptiknya. Bahkan sebuah studi menyatakan bahwa daun sirih adalah daun yang mampu membasmi radikal bebas dan mencegah degenerasi sel dalam tubuh, namun bukan berarti bahwa daun sirih sebagai obat herbal aman-aman saja.

Penggunaan yang berlebihan, apapun bahan atau obatnya akan merugikan nantinya bagi kesehatan tubuh, begitupun dengan penggunaan daun sirih. Karena bakteri baik diyakini dapat terbasmi dari dalam tubuh karena penggunaan daun sirih terlalu banyak, perhatikan konsumsi dan waspadai efek samping ringan hingga kondisi-kondisi kesehatan serius yang berpotensi terjadi.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal