Home Penyakit dan KelainanMaag 27 Cara Mencegah Penyakit Maag Kambuh

27 Cara Mencegah Penyakit Maag Kambuh

by Erlita

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kambuhnya penyakit maag, namun yang paling terpenting adalah menjaga pola makanan secara teratur setiap harinya. Dengan makan teratur, maka kerja lambung juga akan stabil dan maag tidak akan kambuh. Untuk langkah pencegahan sakit maag yang menyebabkan rasa perih dan mulas pada lambung selengkapnya, bisa anda simak selengkapnya berikut ini.

  1. Konsumsi Susu Kedelai

Menurut penelitian yang sudah dilakukan, ada banyak kandungan serat di dalam susu kedelai dan terbukti ampuh dalam mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti perut kembung, radang pada saluran pencernaan dan juga mencegah penyakit maag ini kambuh.

Artikel terkait:

  1. Jauhi Stres

Stres memang menjadi sumber dari segala macam penyakit termasuk sakit maag. Usahakan selalu untuk berpikir secara positif dan jauhkan stres sehingga sakit maag ini bisa dicegah dan tidak timbul kembali.

  1. Menghindari Rokok

Asap yang masuk ke dalam tubuh akibat merokok ini juga bisa meningkatkan produksi asam lambung dan jika ada luka pada lambung juga akan sangat sulit untuk disembuhkan. Langkah terbaik adalah jauhi merokok dan mulai berhenti menghisap zat nikotin ini sekarang juga.

Artikel terkait:

  1. Hindari Makan Berlemak dan Berminyak

Makanan berlemak dan berminyak juga harus dihindari karena kedua jenis makanan ini akan sulit dicerna dalam lambung sehingga makanan akan tertinggal lebih lama pada lambung yang akhirnya akan meningkatkan tekanan lalu membuat LES menjadi lemas dan asam lambung akhirnya naik ke kerongkongan.

  1. Minum Air Putih Dengan Teratur

Minum air putih secara teratur tidak hanya menyehatkan tubuh dan mencegah bahaya dehidrasi, namun juga bisa mencegah maag kambuh. Berbagai racun dalam tubuh akan dinetralkan kembali seperti bakteri yang ada pada lambung. Air putih ini kemudian juga akan membuang berbagai bakteri ini bersama dengan air seni sehingga maag tidak kambuh kembali.

Artikel terkait:

  1. Porsi Makanan Cukup

Penyebab dari maag kambuh salah satunya adalah karena pola makan yang tidak teratur, oleh karena itu jangan menunda jam makan anda dan konsumsi porsi yang cukup saat makan, dalam arti tidak terlalu berlebihan dan tidak terlalu sedikit.

  1. Konsumsi Makanan Lembut

Cara mudah untuk menghindari kambuhnya maag adalah dengan memilih asupan yang anda makan. Pilih jenis makanan yang mudah dicerna oleh lambung seperti pisang, bubur, brokoli dan wortel. Jika makanan yang anda konsumsi terlalu padat, maka kerja lambung semakin berat dan membuat lambung bekerja dengan ekstra.

Artikel terkait:

  1. Konsumsi Kunyit

Salah satu jenis rempah yakni kunyit tidak hanya digunakan untuk bumbu masakan saja, namun kunyit juga memiliki kandungan kurkumin yang sangat baik untuk mencegah dan menyembuhkan sakit maag yang kambuh. Caranya dengan memarut sedikit kunyit segar lalu minum air sari kunyit secara rutin sehingga anda bisa terbebas dari maag kambuh.

  1. Pisang Raja

Sebenarnya semua jenis pisang sangat baik untuk menjaga kesehatan lambung, akan tetapi pisang raja mempunyai kandungan pektin yang baik dalam melindungi selaput lendir dalam lambung secara alami. Konsumsi pisang raja secara teratur sehingga lambung senantiasa terlindungi dari naiknya asam yang menyebabkan sakit maag timbul.

Artikel terkait:

  1. Lidah Buaya

Khasiat lidah buaya bagi kulit dan dalam merawat kesehatan rambut sangat luar biasa, lendir pada lidah buaya juga terbukti ampuh menjadi bahan alami untuk menghindari timbulnya sakit maag. Caranya adalah dengan merebus daging lidah buaya yang mengandung lendir lalu dinginkan dan minum airnya secara rutin.

  1. Kacang Hijau

Sakit maag juga bisa dihindari dengan rajin mengkonsumsi olahan dari kacang hijau. Kandungan yang terdapat dalam kacang hijau ini akan bekerja melindungi lambung sehingga bisa terhindar dari sakit maag. Caranya adalah dengan mengolah kacang hijau menjadi bubur atau dibuat jus sebagai minuman sari kacang hijau.

Artikel terkait:

  1. Temulawak

Seperti halnya kunyit, temulawak juga merupakan rempah yang bagus untuk mencegah penyakit maag. Caranya adalah dengan mengiris temulawak lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja dan minum air rebusan temulawak ini untuk mencegah penyakit maag datang kembali.

  1. Konsumsi Susu Kambing

Susu kambing tidak memiliki kandungan protein tinggi seperti yang terkandung dalam susu sapi, sehingga sangat baik dikonsumsi yang akan membuat kesehatan lambung selalu terjaga dengan baik. Dengan minum segelas susu kambing secara teratur setiap hari, maka anda akan terhindar dari kambuhnya sakit maag yang sangat mengganggu tersebut.

Artikel terkait:

  1. Alpukat

Dalam buah alpukat mengandung banyak nutrisi seperti vitamin D, vitamin A, vitamin B dan vitamin E yang sangat baik dalam pencegahan sakit maag.  Minumlah jus alpukat murni tanpa tambahan gula secara rutin yang akan membuat anda terbebas dari sakit maag.

  1. Hindari Aspirin

Hindari kebiasaan mengkonsumsi aspirin atau ibuprofen terlalu sering, sebab kedua obat-obatan ini menjadi salah satu penyebab timbulnya sakit maag. Akan lebih baik anda mengkonsumsi bahan-bahan alami saat anda mengalami pusing atau sakit kepala sehingga sakit maag tidak akan kambuh dan bisa dicegah.

Artikel terkait:

  1. Membiasakan Posisi Baik Saat Makan

Saat makan, biasakan untuk duduk dengan posisi yang tegak sehingga makanan yang sudah masuk ke dalam lambung dan dialirkan ke dalam usus besar tidak kembali ke esofagus yang menyebabkan rasa nyeri lambung dan sakit maag. Dengan menerapkan posisi duduk baik saat makan ini, maka anda akan terhindar dari kambuhnya maag.

  1. Bawang Putih

Aroma bawang putih yang sangat menyengat ini memang tidak sedap jika dikonsumsi secara langsung. Namun, kandungan yang terdapat dalam bawang putih ini bisa anda gunakan untuk selalu menjaga lambung dalam kondisi yang baik. Anda bisa memarut beberapa bawang putih yang kemudian dicampur dengan 1 gelas air hangat dan meminumnya sehingga penyakit maag bisa dicegah.

Artikel terkait:

  1. Madu

Madu yang merupakan salah satu herbal alami juga akan menjaga agar maag tidak kambuh kembali dan ini sudah terbukti secara klinis. Tidak hanya bisa mencegah, namun madu juga akan menyembuhkan luka-luka pada lambung saat maag ini sedang kambuh. Berbagai bakteri jahat lambung akan selalu dibasmi dengan cara minum beberapa sendok madu setiap harinya.

  1. Kurangi Makanan Pedas dan Bersantan

Makanan yang pedas, mengandung santan dan terlalu panas juga bisa membuat sakit maag kambuh dan perlu dihindari oleh penderita maag sehingga resiko dari asam lambung naik bisa dihindari dengan sempurna.

Artikel terkait:

  1. Labu Kuning

Mengkonsumsi labu kuning sesering mungkin juga akan menjaga lambung agar bisa tetap bekerja dengan baik dan mencegah naiknya asam lambung. Caranya adalah dengan mengkonsumsi beberapa potong labu kuning yang sudah direbus secara rutin setiap hari.

  1. Hindari Makanan Mengandung Gas

Beberapa makanan yang mengandung gas seperti nangka, singkong, kol, sawi, durian serta berbagai buah yang dikeringkan juga harus dihindari penderita maag, sebab beberapa makanan ini memiliki kandungan gas yang akan membuat sakit maag kambuh secara cepat.

Artikel terkait:

  1. Kunyah Makanan Dengan Baik

Saat sedang makan, kunyah makanan dengan baik sekitar 32 kali sehingga makanan bisa lebih lembut dan akan mudah dicerna dalam lambung. Ini akan membuat kerja maag menjadi lebih ringan sehingga timbulnya sakit maag bisa dicegah.

  1. Kunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet juga merupakan salah satu cara tepat untuk mencegah penyakit maag timbul, sebab permen karet akan membantu proses produksi air liur semakin banyak yang berguna untuk membuat asam lambung netral kembali.

  1. Menghindari Minuman Penyebab Sakit Maag

Ada beberapa minuman yang tidak boleh dikonsumsi penderita maag. Demi lambung yang sehat, sangat dianjurkan menghindari konsumsi:

  • Minuman berkafein, contoh: kopi dan teh.
  • Minuman berkarbonasi.
  • Minuman beralkohol.

Artikel terkait:

  1. Istirahat Cukup

Stress yang berlebihan sangat berbahaya sebab bisa memicu terjadinya maag. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk tidur cukup setidaknya 8 jam perhati supaya sakit maag ini bisa dihindari.

Pencegahan sakit maag sebetulnya cukup mudah dilakukan, asalkan anda melakukannya secara teratur dan konsisten serta menjauhi beberapa makanan penyebab naiknya asam lambung seperti yang sudah dijelaskan diatas, selamat mencoba.

You may also like