Home Penyakit dan KelainanTukak Lambung 12 Cara Mengatasi Tukak Lambung secara Alami dan Aman

12 Cara Mengatasi Tukak Lambung secara Alami dan Aman

by Erlita

Tukak lambung merupakan sebuah kondisi lambung yang juga dikenal dengan istilah PUD atau peptic ulcer disease di mana ada luka yang terjadi di bagian usus duodenum maupun lambung dikarenakan tidak adanya keseimbangan antara faktor agresif serta faktor pelindung/defensifnya. Faktor defensif di sini meliputi aliran darah mukosa, bikarbonat, produksi prostaglandin serta gastric mukus, sementara faktor agresif meliputi infeksi bakteri Helicobacter pylori, pensin serta sekresi asam lambung.

Bagi yang belum jelas, intinya tukak lambung ini adalah sebuah penyakit yang bertempat di saluran pencernaan dengan tanda adanya kerusakan mukosa lambung yang disebabkan oleh produksi prostaglandin yang menurun, berlebihannya sekresi asam lambung, serta H. Pylori yang menginfeksi. Lalu apa yang harus dilakukan agar kondisi tukak lambung dapat diatasi secara natural?

(Baca juga: penyebab luka di lambung dan cara mengatasinya)

1. Air Daun Jambu Biji

Tukak lambung bisa diatasi dengan obat-obat tradisional alami yang efek sampingnya dijamin lebih tidak berbahaya ketimbang obat-obat kimia. Salah satunya adalah dengan meramu daun jambu biji menjadi obat. Caranya pun termasuk gampang karena kita hanya memerlukan daun jambu biji 9 lembar saja ditambah air 1,5 liter yang bisa dimasak hingga airnya mengalami perubahan warna sampai agak cokelat. Pastikan air rebusan pun telah berkurang menjadi 1 liter atau boleh juga sampai 2/3 liter.

Sesudah itu, saring lebih dulu sebelum akhirnya disajikan untuk diminum. Rasanya memang pasti tak ada, jadi tak ada salahnya juga bila menambahkan gula batu supaya lebih manis. Sekali masak, ramuan ini dapat dikonsumsi sehari 3 kali. Dalam waktu 3 hari diperkirakan bahwa tukak lambung sudah pulih asalkan mengonsumsi pada dosis dan aturan yang tepat ini.

(Baca juga: ciri asam lambung dan obatnya)

2. Madu

Madu adalah sumber makanan yang manfaatnya sudah kita ketahui begitu besar dan luar biasa dalam hal mengobati banyak penyakit. Antibakteri adalah salah satu kandungan di dalamnya beserta antivirus sehingga bakteri H. Pylori yang menyebabkan tukak lambung dapat dihancurkan secara alami. Tukak lambung sendiri berikut juga sakit maag akan mampu diredakan lebih baik oleh kandungan ini.

Madu pun akan sangat menolong dalam membuat lapisan dinding lambung yang terluka menjadi lebih tenang. Bagian lain yang teriritasi seperti usus dan kerongkongan pun akan dibantu untuk lebih baik keadaannya. Luka yang terjadi di bagian lambung akan mampu dilapisi oleh madu sehingga rasa perih yang diakibatkan oleh maag bisa berkurang.

(Baca juga: madu bagi penderita asam lambung)

3. Madu Murni + Kunyit

Madu murni pun masih bisa dicampur dengan bahan alami lainnya untuk pengobatan tradisional tukak lambung, dan bahan lain tersebut adalah bumbu dapur yang bernama kunyit. Caranya pun cukup sederhana tanpa membuang banyak waktu, yaitu dengan memarut kunyit 3 ruas saja sampai halus, baru kita seduh bersama dengan air panas 3 sendok makan. Aduk-aduk merata sebelum akhirnya bisa diperas dan dicampur bersama madu murni secukupnya. Ramuan pun akhirnya sudah jadi dan kita bisa mengonsumsinya 3 hari berturut-turut dengan takaran sehari 2 kali minum.

(Baca juga: madu bagi penderita maag)

4. Sari Buah Noni

Buah noni ini kita lebih kenal sebagai buah mengkudu di mana keadaannya sudah matang. Sediakan buah ini yang kemudian bijinya bisa dibuang dan daging buahnya mulai diblender. Untuk menambah rasa dan kedahsyatan efeknya dalam menyembuhkan, tambahkan madu secukupnya. Minuman siap diminum dan akan lebih manis jika dengan madu.

Buah ini merupakan buah yang baik bagi kesehatan karena terdapat senya antasida dengan fungsinya menolong membuat asam lambung menjadi netral kembali. Xeronin pun dapat dijumpai di dalam buah ini yang memainkan peran sebagai anti toksin natural dan mampu membuat tubuh bersih dari toksin atau lebihnya asam lambung yang tak normal. Dengan mengonsumsi ramuan, lambung akan bersih dan sehat kembali.

5. Susu dan Produk Olahannya

Produk-produk yang bahannya terbuat dari susu akan membantu seseorang dengan masalah tukak lambung atau sakit maag percaya atau tidak. Salah satu contoh bahan yang dibuat dari susu adalah keju, tapi meminum susu itu sendiri pun juga tak masalah asalkan bukan yang banyak lemaknya supaya tidak menimbulkan kolesterol tinggi. Susu diduga oleh para ahli sebagai bahan yang memberikan perlindungan terhadap lambung serta menolong agar asam lambung kembali normal dan netral.

(Baca juga: cara mengobati sakit maag)

6. Air Daun Poncosudo

Saat tingkat keparahan penyakit belum tinggi, ramuan obat yang dibuat dari daun poncosudo juga sangat efektif dalam mengobati tukak lambung. Caranya adalah dengan mengambil daun poncosudo 2 genggam saja yang kemudian ditambah dengan air 2 gelas. Rebuslah sampai airnya tinggal 1 gelas yang kemudian setelah matang air rebusannya dapat dikonsumsi 5 sendok makan setiap jamnya secara teratur.

(Baca juga: gejala sakit maag)

7. Konsumsi Makanan Lembut

Makanan keras akan semakin menyiksa keadaan lambung, jadi sebaiknya makanan dengan tekstur haluslah yang bisa dikonsumsi, yaitu seperti bubur maupun agar-agar. Hindari pula sebaiknya makanan yang dibuat dari rempah dengan rasa yang terlalu menyengat agar tidak memperparah keadaan tukak lambung.

8. Menjauhi Makanan Berlemak dan Pedas

Penyakit lambung sangat rentan terjadi ketika kita mengisi perut kita dengan makanan-makanan pedas dan berlemak. Oleh karena itu, sebagai bagian dari cara mengatasi tukak lambung secara alami, cobalah untuk menjauhi makanan-makanan tersebut sehingga asam lambung tak mudah naik dan proses penyembuhan menjadi lebih mudah dan cepat.

(Baca juga: makanan yang dapat menyebabkan sakit maag)

9. Menjauhi/Membatasi Kopi dan Teh

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kopi dan teh adalah minuman yang rata-rata kita konsumsi hampir setiap hari atau bahkan setiap hari, tapi kandungan kafeinnya termasuk tinggi. Kafein sendiri adalah faktor yang memicu peningkatan asam lambung dan membuat dinding lambung terluka. Itulah alasan mengapa kopi dna teh sebaiknya mulai dihindari atau paling tidak dibatasi konsumsinya supaya kadar asam lambung kembali normal dan stabil.

10. Menjauhi Minuman Keras

Bahaya minuman keras bagi kesehatan lambung, kesehatan sistem saraf otak, dan organ tubuh lainnya sudah sangat jelas. Asam lambung mudah naik dikarenakan konsumsi alkohol yang dijadikan sebagai kebiasaan, maka bagi yang terbiasa mengonsumsi jenis minuman seperti ini diharapkan dapat mengurangi takaran dan frekuensinya agar tidak membahayakan tubuh. Asam lambung dapat naik dengan gampangnya diakibatkan minuman keras, jadi dari mengurangi, kita bisa menghindarinya sama sekali nanti.

11. Menjauhi Rokok

Sebetulnya untuk mengatasi tukak lambung tak perlu sulit-sulit mengonsumsi obat-obatan yang berbahan kimia berbahaya. Selain dari obat-obat tradisional yang sudah direkomendasikan sebelumnya, tentu mengurangi atau menghindari rokok sama sekali akan sangat manjur dalam menjadi solusi dari tukak lambung. Risiko tukak lambung dapat meningkat ketika kita terus merokok, dan penyembuhan masalah ini akan otomatis terhambat ketika kebiasaan buruk ini tak segera dihentikan. Paling tidak membatasi jumlah rokok yang dihisap sebelum akhirnya benar-benar berhenti.

(Baca juga: bahaya merokok bagi kesehatan tubuh yang mematikan)

12. Diet Sehat dan Seimbang

Memiliki berat badan yang ideal tak ada salahnya karena hal ini akan menjauhkan diri kita dari berbagai penyakit. Ketika menjalankan diet yang penuh dengan nutrisi secara seimbang dan sehat, pola makan seperti ini tak hanya menolong berat tubuh menjadi turun (khususnya bagi yang obesitas). Berat tubuh ideal adalah awal dari hidup yang sehat, jadi masalah lambung pun otomatis akan dapat dicegah karena makanan yang dikonsumsi adalah makanan-makanan bernutrisi tepat.

(Baca juga: makanan yang berbahaya bagi lambung)

Penyebab Tukak Lambung

Ada beragam penyebab yang memfaktori munculnya tukak lambung ini, seperti berikut ini :

  1. Efek Samping Obat Tertentu. Konsumsi obat-obat yang biasanya diandalkan untuk meredakan rasa nyeri ternyata mampu menimbulkan masalah baru. Pereda nyeri atau aspirin bisa menjadi efek yang kurang baik bagi tubuh di mana efek samping ini datang dari obat-obatan aspirin yang melukai lambung, sehingga efeknya salah satunya adalah tukak lambung.
  2. Alkohol. Tukak lambung pun dapat dipicu oleh adanya alkohol dan ini cenderung menyerang orang-orang yang memiliki kebiasaan minum minuman beralkohol di mana alkohol yang dikonsumsi akan membuat kenaikan akan asam lambung. Luka lambung adalah yang terjadi ketika tukak lambung terjadi.
  3. Asam Lambung. Dinding lambung dapat terluka dikarenakan asam lambung yang menumpuk dan berlebihan sehingga tukak lambung pun menjadi berlebih pula. Tak hanya itu, lama-kelamaan pelindung dari dinding lambung akhirnya terkikis.
  4. Rokok. Alkohol bukan satu-satunya pemicu dari tukak lambung, karena rokok pun dapat membuat kondisi menjadi semakin serius. Keseringan merokok atau memiliki kebiasaan seperti ini sangat tak sehat yang bahkan bisa memengaruhi kesehatan lambung, jika zat rokok harus sampai masuk ke dalam tubuh. (Baca juga: efek bahaya nikotin rokok)
  5. Kafein. Minuman mengandung alkohol sudah jelas buruk bila dikonsumsi terlalu sering dan berlebihan, begitupun kasusnya dengan konsumsi kafein. Kandungan zat kafein yang masuk dan mengenai lambung dapat mengakibatkan efek buruk, yaitu menaikkan asam lambung. Kopi dan teh adalah dua jenis minuman yang di dalamnya terdapat kandungan kafein, jadi jangan heran kalau lambung gampang terasa perih setelah mengonsumsi salah satu atau keduanya di mana ini menjadi tanda asam lambung di perut tengah meningkat.
  6. Stres. Khusus faktor satu ini sebetulnya bukan pemicu dari timbulnya tukak lambung, melainkan kondisi yang akan menyebabkan penyakit ini akan lebih mudah muncul kembali alias kambuh. Ketika sedang memikirkan masalah dan pusing, sakit perut bisa terjadi dan kambuhnya tukak lambung termasuk risikonya.

(Baca juga: cara menghilangkan stres)

Gejala Tukak Lambung

Setelah melirik sedikit apa-apa saja yang menjadi faktor timbulnya tukak lambung, kita pun perlu mendalami apa yang menjadi tanda atau gejalanya. Dengan mengetahui segala ciri maupun gejala tukak lambung, diharapkan kita bisa memilih langkah tepat dalam mengobatinya.

  1. Gangguan Pencernaan. Sulitnya buang air besar menjadi salah satu dari kasus pencernaan yang terganggu di mana pemicunya adalah mengonsumsi makanan yang asupan seratnya sedikit sehingga mengakibatkan sembelit atau konstipasi.
  2. Mual-mual. Rasa mual dapat terjadi sewaktu-waktu dan belum tentu selalu menandakan terjadinya tukak lambung. Penyakit tifus pun juga digejalai mual serta muntah, oleh karena itu untuk memastikannya harus cepat tanggap dan segera memeriksakan ke dokter bila hal ini terjadi.
  3. Nyeri Punggung. Punggung yang terasa nyeri memang bukan lantas menandakan tukak lambung terjadi karena jarangnya tubuh bergerak, kurang minum air putih serta faktor usia menua pun bisa menyebabkan hal tersebut. Tapi penting juga untuk tahu bahwa tukak lambung pun memiliki gejala punggung yang terasa nyeri. (Baca juga: efek kekurangan air putih bagi tubuh)
  4. Nyeri pada Ulu Hati. Ketika tukak lambung terjadi, gejalanya tak lain dan tak bukan pasti ada rasa nyeri di bagian ulu hati. Karena ulu hati ini merupakan organ tubuh dalam yang juga penting, periksakan segera ke dokter bila merasakan nyeri ini. (Baca juga: penyebab sakit ulu hati)
  5. Nyeri pada Pusar. Gejala lainnya yang penting untuk diketahui adalah nyeri di bagian pusar dan meski bagian tubuh ini tampak kecil, akan sangat berbahaya bila membiarkan rasa nyeri itu mengganggu kita. Sebisa mungkin jauhi kebiasaan mengorek pusar supaya tak muncul rasa gatal maupun keluarnya cairan.
  6. Penurunan Nafsu Makan. Tukak lambung akan memicu timbulnya gejala nafsu makan berkurang dikarenakan penyakit maag maupun kenaikan asam lambung. Tubuh dapat terasa cepat lemas serta lesu karena asupan makanan terlalu sedikit dan energi pun menjadi hilang.
  7. Nyeri pada Leher. Leher juga dapat merasa nyeri dan sakit sebagai gejala tukak lambung ini meski memang kebanyakan kasus nyeri leher disebabkan oleh posisi bantal yang salah. Untuk itulah penting segera mengecek ke dokter kondisi yang sebenarnya.

(Baca juga: ciri-ciri infeksi lambung)

Apabila keadaan makin berat dan serius, jangan ragu untuk langsung pergi ke dokter agar dokter dapat menolong sesegera mungkin. Harapannya, dengan cara-cara alami di atas tukak lambung dapat sembuh dan pulih total tanpa harus minum obat dokter.

You may also like