7 Buah Penetral Asam Lambung dan Makanan Lainnya

Salah satu hal yang sering mengganggu kita dalam melakukan kegiatan sehari – hari adalah ketika naiknya asam lambung. Meningkatknya asam lambung ditandai dengan munculnya gejala awal asam lambung yaitu munculnya kondisi yang akan memunculkan rasa nyeri pada bagian ulu hati dan dada. Penyebab naik nya asam lambung ini sebenarnya adalah tidak berfungsi dengan baik nya bagian lower esophageal sphincter atau biasa disebut dengan LES. LES ini merupakan sebuah lingkaran otot yang terletak pada bagian bawah esofagus. LES ini memiliki fungsi untuk menjadi pintu pembatas antara esofagus dan lambung. LES ini akan membuka secara otomatis ketika ada makanan atau minuman yang akan turun ke lambung lalu akan secara otomatis tertutup saat makanan dan minuman sudah berada di lambung. Masalah akan muncul ketika LES ini menjadi longgat dan tidak bisa menutup dengan baik. Maka asam lambung ini akan naik dan menuju esofagus. Penyebab longgar nya dari LES ini bisa disebabkan oleh faktor keturunan, konsumsi obat – obatan tertentu, konsumsi makanan yang berlemak dengan berlebihan, dan lainnya.

Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi hal ini? Untuk menetralkan dan menjaga asam lambung ini sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan mengkonsumsi buah penetral asam lambung. Ada banyak sekali buah – buahan yang bisa menjadi salah satu cara alternatif untuk menetralkan asam lambung. Beberapa buah penetral asam lambung tersebut diantaranya adalah :

  1. Pisang
    Buah penetral asam lambung yang pertama dan sangat efektif adalah dengan mengkonsumsi buah pisang. Buah pisang ini sangat baik bagi lambung dan sistem pencernaan secara umum. Gejala asam lambung akan mampu dinetralkan oleh buah pisang karena di dalam buah pisang mengandung pH 5,6 yang akan sangat baik untuk membantu meringankan asam lambung.
  2. Melon
    Buah – buahan lainnya yang juga bisa menjadi penetral dari asam lambung adalah buah melon. Dengan kandungan pH sebesar 6,1 maka mengkonsumsi buah melon ini akan sangat baik sebagi salah satu cara menurunkan asam lambung.
  3. Semangka
    Dengan kadar air yang sangat banyak yang terdapat pada semangka maka menyebabkan buah ini juga sangat baik bila dikonsumsi untuk menyembuhkan asam lambung. Di samping itu, buah semangka juga akan mampu membantu terbentuknya amonia di dalam tubuh. Amonia ini akan mampu mempertahankan tingkat keasaman di dalam lambung.
  4. Mangga
    Selain terkenal karena memiliki rasa yang manis, buah mangga juga sangat baik untuk mereka yang menderita karena asam lambung. Buah mangga yang mengandung banyak sekali vitamin dan nutrisi di dalamnya akan mampu menetralkan asam lambung. Selain itu, kandungan anti oksidan dan juga anti inflamasi di dalam buah mangga akan mampu menjaga dan melindungi lapisan dalm perut.
  5. Kelapa
    Khususnya pada bagian air kelapa, sangatlah baik untuk menjadi obat asam lambung. Selain menyegarkan, air kelapa juga merupakan salah satu alternatif untuk menetralkan asam lambung yang bisa kita coba. Elektrolit yang ada pada air kelapa akan mampu menjaga kadar asam pada lambung agar tetap stabil dan tidak meningkat.
  6. Apel
    Buah lain yang juga bisa menjadi alternatif untuk menetralkan asam lambung adalah buah apel. Mengkonsumsi buah apel yang mengandung banyak sekali vitamin dan mineral akan mampu mengurangi tingkat keasaman pada lambung.

  7. Pepaya
    Salah satu buah yang juga menjadi obat alternatif dari penyakit asam lambung ini adalah pepaya. Pada dasarnya buah pepaya ini memang sangat baik bagi pencernaan. Selain itu, di dalam buah pepaya juga terdapat enzim yang akan mampu meringankan rasa nyeri akibat naik nya asam lambung  ini. Di dalam buah pepaya juga mengandung enzim papain yang juga akan membantu mengatasi masalah asam lambung ini.

Selain buah – buahan di atas, asam lambung juga bisa dinetralkan dengan mengkonsumsi beberapa makanan lain seperti :

  • Oatmeal
    Salah satu makanan yang bisa kita konsumsi untuk menetralkan asam lambung adalah dengan mengkonsumsi oatmeal. Oatmeal memiliki kemampuan menyerap asam lambung berlebih sehingga akan sangat baik untuk meringankan gejala asam lambung ini.
  • Brokoli
    Dengan banyak nya kandungan kalium, kalsium, dan serat yang ada di dalam brokoli maka menjadikan sayuran ini sangatlah baik untuk menjaga sistem pencernaan kita dan juga menjaga kadar asam lambung. Selain itu di dalam brokoli juga terdapat kandungan sulfur yang mampu berperan sebagai anti oksidan untuk menjaga lapisan dalam kulit lambung.
  • Wortel
    Selain baik untuk mata karena kandungan vitamin A nya wortel juga mengandung kadar anti oksidan yang sangat tinggi yang bisa menjaga kadar asam lambung kita agar tidak naik.
  • Kacang hijau
    Makanan lain yang akan sangat baik bagi lambung adalah kacang hijau. Mengkonsumsi asam lambung akan mampu mencegah naik nya asam lambung. Dengan mengkonsumsi kacang hijau maka akan membentuk lapisan di dalam lambung yang berguna untuk mencegah naiknya asam lambung.

Itulah beberapa buah penetral asam lambung dan juga makanan lain yang bisa menjadi alternatif mengobati asam lambung.

, ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Buah Sehat