Home Penyakit dan KelainanMaag 25 Obat Maag Alami Paling Ampuh

25 Obat Maag Alami Paling Ampuh

by Erlita

Sakit maag jelas sangat mengganggu karena menyebabkan rasa tak nyaman di bagian perut, bahkan disertai pula rasa nyeri. Naiknya asam lambung atau radang yang dialami di bagian lambung menjadi penyebab utamanya dan itulah mengapa perut menjadi mudah perih. Makan secara tidak teratur, makan yang pedas-pedas sementara lambung tak kuat, stres, serta minum minuman beralkohol adalah faktor pemicu lainnya.

Untuk mengobati sakit maag, Anda tak perlu lagi harus memakai obat kimia di mana terkadang obat jenis tersebut akan mudah membuat lambung kita kebal. Jadi, sebaiknya gunakan obat maag alami dan tradisional agar efek sampingnya pun lebih sedikit. Di bawah ini adalah serangkaian rekomendasi obat alami bagi kondisi maag Anda.

(Baca juga: gejala maag kronis)

1. Kunyit

Kunyit betul-betul bagus dalam mengobati maag karena di dalamnya ada kandungan zat aktif, minyak atsiri serta kurkumin yang sangat bisa diandalkan. Bahkan maag yang sudah pada tingkat akut dapat disembuhkan dengan meminum ramuan obat dari kunyit ini secara teratur. Maag kronis sekalipun juga dapat diatasi.

  • Caranya: Sediakan kunyit sebanyak 50 gram yang telah dicuci sebersih-bersihnya. Lalu lanjutkan dengan mengiris kecil-kecil dan parutlah. Tambahkan air panas secukupnya dan airnya bisa diperas. Perasan air kunyit itulah yang bisa dikonsumsi setiap hari sebanyak 2 kali, jika teratur maka akan dapat dirasakan perbedaannya. Maag pun akan sembuh seiring pengobatan rutin.

2. Buah Alpukat

Sebagai salah satu makanan sehat untuk kulit wajah serta tubuh, alpukat pun rupanya terbukti baik untuk dijadikan sebagai obat maag alami. Kandungan yang ada di dalamnya antara lain adalah vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin D, serta vitamin E.

  • Caranya: Untuk menghilangkan sakit maag secara sempurna, Anda hanya perlu mengonsumsi buahnya secara mentah setiap hari secara rutin. Alternatifnya, cobalah untuk membuat jus alpukat, tapi tidak dengan menambahkan gula atau susu coklat seperti jus alpukat kebanyakan. Rasanya tetap cukup enak meski tak ada tambahan gula.

(Baca juga: cara mengobati sakit maag)

3. Daun Alpukat

Tak hanya buahnya saja yang berguna untuk sakit maag, bahkan bagian daunnya juga berguna. Daun alpukat dikenal efektif dalam menyembuhkan penyakit lambung kronis, jadi tak ada salahnya untuk mencoba ramuan ini dan mengonsumsinya rutin.

  • Caranya: Siapkan daun alpukat sebanyak 5 lembar yang lalu Anda dapat rajang kecil-kecil. Setelah dirajang, tuang rajangan daun alpukat ke dalam sebuah gelas atau cangkir dan tambahkan air panas secukupnya. Diamkan hingga air berubah suhu menjadi lebih hangat, pada saat itu warna air pun akan mengalami perubahan. Minumlah ramuan selama masih hangat; konsumsi rutin akan membantu pemulihan lambung lebih cepat dan lebih efektif.

4. Lidah Buaya dan Madu

Tampaknya madu sudah tak dapat dipungkiri lagi manfaatnya karena manfaat madu bagi penderita tifus pun sudah diketahui. Tak hanya itu, manfaat madu bagi penderita penyakit lambung juga sangat bagus, apalagi sekarang dicampur dengan lidah buaya. Di dalam lidah buaya juga ada kandungan minyak atsiri, zat aloemoedin, dan aloebarbadiod yang bakal melancarkan saluran pencernaan.

  • Caranya: Sediakan lidah buaya sebanyak 500 gram, lalu potong-potonglah, cuci hingga bersih sampai gel atau lendirnya hilang. Untuk lebih bersih, cucilah pada air mengalir atau di bagian air keran. Sesudah bersih, lidah buaya dapat dihaluskan dengan cara memblendernya dan dijadikan jus. Tambahkan madu sedikit dan minumlah sehari 2 kali sampai sakit maag benar-benar sembuh.

(Baca juga: obat maag tradisional paling ampuh)

5. Kacang Kedelai

Jenis kacang satu ini  sarat akan kandungan baik dan nutrisi tinggi, seperti halnya serat, protein, lemak, lesitin, dan kalsium. Berbagai mineral dan vitamin lainnya pun ada pada kacang kedelai ini di mana pasti bagus untuk kesehatan tubuh.

  • Caranya: Sediakan kacang kedelai tak usah banyak-banyak tapi secukupnya saja dan sangrailah. Sangrai tidak usah pakai minyak, dan kemudian langsung ditumbuk. Setelah selesai menumbuk, seduhlah dan minumlah seminggu paling tidak 3 kali. Sedangkan untuk mencegah sakit maag, ramuan ini dapat dikonsumsi sehari sekali. Karena rasanya yang enak, ramuan kacang kedelai cukup populer dan banyak diminati, jadi tak ada salahnya untuk dicoba di rumah.

6. Biji Pepaya

Buah pepaya juga bisa diandalkan untuk mengobati maag secara alami, tapi cukup dengan ambil bagian bijinya. Biji pepaya cukup bagus dan terpercaya dalam menyembuhnya penyakit lambung, jadi tak salah untuk dipertimbangkan, apalagi cara meramunya pun mudah.

  • Caranya: Biji pepaya yang sudah disiapkan secukupnya dapat Anda jemur sampai mengering. Setelah kering barulah biji tersebut ditumbuk sampai benar-benar halus. Hasil tumbukannya dapat Anda seduh, dan konsumsilah seteratur mungkin. Memang rasanya pahit, maka bagi Anda yang tak masalah dengan rasa pahit boleh coba ramuan dari biji pepaya ini. Meminumnya setiap hari akan memberikan hasil efektif.

(Baca juga: kopi bagi penderita maag)

7. Daun Pepaya

Selain dari biji pepaya, bagian daunnya pun boleh dimanfaatkan dan ini bisa jadi cara ampuh juga dalam mengobati sakit maag Anda. Daun pepaya mengandung begitu penuh gizi, seperti halnya kalsium, vitamin E, vitamin D, vitamin B, vitamin A dan bahkan vitamin C.

  • Caranya: Daun pepaya yang bisa disediakan cukup 5 gram saja, lalu siapkan juga daun seruni putih sebanyak 10 gram, sembung 5 gram, kencur 5 gram, dan juga daun pegagan 10 gram bersama air matang. Seluruh bahan alami ini perlu ditumbuk dulu sebelum Anda menambahkan air matang. Campurkan, lalu minumlah secara rutin untuk kesembuhan sakit maag secara maksimal.

8. Daun Jambu Biji

Karena kaya akan sifat antioksidan, belum lagi juga senyawa anti-mutagenik, manfaat dari daun jambu biji ini begitu dibanggakan. Selain itu masih ada juga kandungan kuinon, karoten, alkaloid, saponin, polifenol, serta flavonoid yang tentunya bakal menguntungkan bagi tubuh.

  • Caranya: Dalam menyembuhkan maag, Anda hanya perlu menyiapkan daun jambu biji sebanyak 9 lembar. Lanjutkan dengan merebusnya dan mencampurnya bersama air 1,5 liter. Air rebusan ini bakal memberikan efek maksimal bagi perkembangan kesembuhan maag Anda bila diminum sehari 3 kali tiap harinya. Lambung pun akan mengalami kepulihan secara berangsur asalkan perawatan menggunakan bahan ini dilakukan penuh dengan konsistensi.

(Baca juga: gejala sakit maag pada anak)

9. Biji Pala

Masih ada juga biji pala yang bakal secara ampuh untuk menyembuhkan sakit maag, yaitu biji pala. Kalau biasanya bahan alami ini dijadikan sebagai bumbu masak bagi masakan seperti sup dan soto, kali ini Anda dapat memanfaatkannya sebagai obat maag aman tanpa efek samping.

  • Caranya: Obat maag tradisional menggunakan biji pala ini cukup mudah membuatnya, Anda hanya butuh 1 gram biji pala dalam bentuk serbuk. Tambahkan juga dengan serbuk buah pisang sebanyak 6 gram di mana keduanya diseduh bersama dalam air 100 ml. Air seduhan inilah yang perlu dikonsumsi dan diminum selama 1 bulan penuh untuk mendapatkan hasil paling baik.

10. Daun Keji Beling

Agak kurang populer memang nama dari daun ini, tapi Anda boleh meyakini bahwa daun ini begitu ampuh dalam menyembuhkan sakit maag Anda. Daun ini memang biasanya diandalkan masyarakat pedesaan sebagai pembatas tanah maupun perkebunan. Tapi manfaatnya dapat dibuktikan bagi yang sedang sakit lambung.

  • Caranya: Daun keji beling yang dibutuhkan hanya sekitar 3 lembar saja dan pastikan bahwa Anda mengambil yang masih dalam keadaan segar. Tak usah susah-susah meramunya karena setelah dicuci bersih, Anda bisa jadikan bahan ini sebagai lalapan. Nikmati daun ini bersama nasi dan konsumsi secara setiap hari dengan menghindari juga makanan-makanan asam maupun pedas.

(Baca juga: makanan yang dapat menyebabkan sakit maag)

11. Daun Salam

Kalau pada umumnya daun salam hanya dimanfaatkan sebagai penyedap masakan, seperti tumis-tumisan, pepes serta pindang gunung, kali ini daun salam berguna sebagai obat maag. Obat maag alami ini dipercaya ampuh dan tidak akan memberikan efek samping berbahaya juga.

  • Caranya: Siapkan daun salam sebanyak 15-20 lembar yang memang cukup banyak. Siapkan juga air sebanyak setengah liter untuk merebus daun-daun tadi yang sudah Anda cuci bersih. Tunggu hingga mendidih baru tambah dengan gula batu secukupnya agar rasanya lebih manis dan enak di lidah. Setiap hari Anda harus meminumnya agar sakit maag cepat sembuh dan rasa perihnya pun hilang.

12. Temulawak

Bahan paling baik selanjutnya untuk Anda jadikan obat maag ampuh dan alami adalah temulawak. Pada umumnya temulawak selalu menjadi bahan pembuatan jamu dan ini karena memang temulawak mengandung banyak zat-zat baik bagi tubuh.

  • Caranya: Temulawak yang Anda butuhkan bagi ramuan obat sakit maag hanya 1 rimpang saja. Irislah tipis-tipis dan ambil waktu untuk mengangin-anginkannya sebentar. Baru setelah itu lanjut dengan merebusnya bersama 5 sampai 7 gelas air. Tunggu sampai matang dan mendidih baru diangkat. Sabarlah sampai ramuan cukup dingin untuk bisa disaring airnya; air ramuan ini kemudian dapat diminum segelas sehari sekali untuk manfaat paling optimal.

(Baca juga: bahaya santan bagi penderita maag)

13. Tauge

Tauge atau kecambah juga diketahui sangat bagus dalam mengobati sakit maag, bahkan malah lebih bagus tauge bila membandingkannya dengan bijinya. Asam amino, protein, asam folat, Vitamin B kompleks, Vitamin A, C, E hingga mineral kalium, zat besi, kalsium dan magnesium pun ada di dalamnya.

  • Caranya: Tidak sulit untuk menyembuhkan sakit maag dengan bahan ini karena Anda cukup membuat jus tauge. Tauge yang sudah dijus bisa ditambahkan dengan madu secukupnya, asalkan madu asli pasti akan bermanfaat bagi tubuh. Jus tauge plus madu inilah yang bakal membantu kesembuhan sakit maag secara lebih sempurna apabila dikonsumsi teratur setiap hari.

14. Daun Pegagan

Daun ini juga tak boleh ketinggalan untuk dimasukkan di dalam daftar obat maag tradisional dan alami Anda. Ada segudang kandungan baik di dalam daun pegagan ini, termasuk juga mineral yang pasti bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk penyembuh luka pun daun pegagan mampu diandalkan.

  • Caranya: Bagi penderita maag, silakan untuk menyiapkan sekitar 10-15 gram yang kemudian bisa dicuci bersih sebelum diolah. Ramulah daun pegagan ini dengan cara merebusnya bersama daun meniran dan temulawak secukupnya. Untuk hasil terbaik bagi maag Anda, jangan lupa untuk meminum air ramuan ini setiap hari sampai maag tidak lagi sakit dan perih.

(Baca juga: bahaya buah nangka bagi penderita maag)

15. Daun Meniran

Daun ini memiliki begitu banyak kelebihan, contohnya seperti bermanfaat dalam menguatkan sistem daya tahan tubuh dan mengatasi rasa nyeri. Bersifat anti peradangan, daun ini juga bagus untuk kondisi-kondisi tertentu di mana tubuh terkena inflamasi. Namun untuk maag juga sangat terpercaya sehingga perlu untuk dipertimbangkan.

  • Caranya: Siapkan daun meniran secukupnya sesuai yang dibutuhkan, yaitu sekitar 5-10 gram yang kemudian direbus bersama temulawak dan daun pegagan hingga matang. Setelah mendidih, angkatlah dan saring. Tunggu hingga minuman obat ini dingin baru dikonsumsi; konsumsilah serutin mungkin, yakni setiap hari 1-2 kali. Rasakan kesembuhan maag total secara alami tanpa timbul efek samping berbahaya.

16. Air Perasan Jeruk Nipis

Agar sakit maag dapat sembuh secara alami, obat maag berikutnya yang dapat Anda andalkan adalah jeruk nipis yang diambil airnya. Jeruk nipis yang bersifat dan memiliki rasa asam memang cukup membuat khawatir para penderita. Namun, Anda boleh tetap mencobanya untuk kepulihan yang lebih efektif.

  • Caranya: Peraslah dan ambil air perasan jeruk nipis. Sediakan juga madu asli dan murni untuk dicampurkan dengan jeruk nipis yang sudah ditambahkan ke segelas air hangat. Air perasan jeruk nipis ini adalah ramuan ampuh bagi sebagian orang dengan sakit maag. Apabila tidak mengalami rasa sakit dan perih lagi, lanjutkan pengobatan ini, tapi bila tidak hentikan dan cobalah obat lainnya. Ini karena tak semua penderita maag cocok dengan bahan satu ini.

(Baca juga: bahaya jeruk nipis bagi penderita maag)

17. Gandum

Agak kurang terdengar santer memang akan gandum sebagai bahan pengobatan sakit maag. Tapi rupanya gandum juga berguna untuk menyembuhkan penyakit lambung karena kandungan tinggi seratnya.

  • Caranya: Cukup sediakan di rumah segala makanan berbahan gandum, seperti contohnya roti gandum serta pasta gandum. Makanan-makanan yang terbuat dari gandum sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para penderita sakit maag selama perawatan. Untuk penyembuhan yang lebih cepat, silakan mengonsumsi makanan-makanan tersebut sambil juga menghindari makanan pedas dan asam.

18. Baking Soda

Terlepas dari adanya bahaya baking soda untuk kesehatan, bahan alami ini sangat berkhasiat dalam mengobati sakit maag. Ketika bahaya asam lambung naik terjadi, rasa perih dan nyeri akibat penyakit ini bakal dengan cepat diredakan oleh baking soda.

  • Caranya: Buatlah minuman dengan baking soda sebagai bahan utamanya. Siapkan air sebanyak 8 ons yang lalu bisa ditambahkan dengan baking soda setengah sendok teh saja. Baking soda ini bakal berfungsi sebagai pengurang asam yang naik pada lambung sehingga kenaikan asam lambung akan dapat ternetralkan kembali. Minumlah secara rutin sehari 3 kali untuk kesembuhan yang lebih cepat dan maksimal. Buktikan bahwa baking soda pun mampu menjadi obat efektif bagi sakit maag.

(Baca juga: penyebab luka di lambung dan cara mengatasinya)

19. Akar Licorice

Bahan alami ini pun patut untuk dijadikan obat ampuh penyembuh penyakit maag karena akar licorice sendiri berfungsi membuat gejala maag lebih baik. Tak usah khawatir karena akar licorice ini sudah banyak dapat dijumpai pada toko-toko obat dan makanan kesehatan. Bentuknya pun datang dalam teh bila Anda bingung mencarinya.

  • Caranya: Untuk mengobati maag, seduh saja teh akar licorice yang sudah Anda beli dan siapkan menggunakan air panas. Tak usah ditambah dengan segala bahan lainnya lagi, seperti creamer atau susu. Namun bila Anda memiliki tekanan darah tinggi, sebelum mengonsumsi obat maag ini, pastikan Anda sudah melakukan konsultasi dengan dokter supaya aman.

20. Cuka Sari Apel

Bahan satu ini sudah cukup sering kita dengar sebagai obat dari penurun gejala kolesterol atau bahkan digunakan sebagai obat hipertensi. Namun cuka sari apel tak hanya berguna dalam mencegah jenis-jenis penyakit jantung saja, bagi penderita maag bahan ini boleh juga dicoba.

  • Caranya: Sediakan air minum sebanyak 8 ons dan campurkan cuka sari apel sebanyak 1-2 sendok teh ke dalam air tersebut. Minumlah air tersebut secara rutin setiap hari untuk memperoleh kesembuhan maksimal. Namun tidak semua penderita penyakit lambung bakal merasa cocok dengan obat ini karena rasa asamnya, jadi bila terasa tak nyaman di perut, segera hentikan konsumsi.

(Baca juga: makanan penyebab asam lambung naik)

21. Stroberi

Buah stroberi yang biasanya digunakan sebagai bahan minuman dan kue ini rupanya berguna untuk menyembuhkan penyakit maag. Senyawa fenolik serta sifat antioksidan di dalam stroberi cukup tinggi maka sangat pas untuk dijadikan penyembuh peradangan yang terjadi di dalam lapisang lambung.

  • Caranya: Sediakan air panas sebanyak satu cangkir, lalu tambahkan dengan daun stroberi kering 1 sendok makan. Seduhlah sekitar 5 menit sebelum akhirnya disaring. Sampai penyakit maag mereda atau sembuh, minumlah ramuan ini setiap hari 2-3 kali. Sedangkan untuk mencegah sakit maag, Anda bisa memakan buah stroberi beberapa buah per harinya.

22. Yogurt

Kalau biasanya produk susu ini dijadikan menu diet, Anda juga perlu sedia yogurt, khususnya yang plain di rumah bila memiliki penyakit maag. Karena makanan ini tinggi probiotik, yogurt adalah salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh. Bahkan infeksi di dalam tubuh akan cepat dilawan oleh kandungan yogurt ini.

  • Caranya: Yogurt dengan jenis plain dapat coba dikonsumsi setiap hari sebanyak 2-3 cangkir hingga rasa sakit pada maag Anda membaik. Boleh juga bila Anda ingin menjadikannya smoothie, yaitu dengan mencampur yogurt, pisang serta madu secukupnya dan diblender. Meminumnya sehari 2-3 kali juga akan membuat masa pemulihan lambung menjadi lebih cepat.

(Baca juga: gejala asam lambung)

23. Jahe

Sifat anti inflamasi di dalam jahe cukup besar walau memang efek samping jahe cukup mengkhawatirkan. Ada juga sifat antibakteri yang ditawarkan oleh jahe sehingga infeksi, gangguan pencernaan, kembung, rasa mual, sakit perut serta peradangan pada lambung mampu dilawan.

  • Caranya: Sediakan air 1 cangkir dalam keadaan mendidih, lalu masukkan jahe segar yang sudah Anda iris-iris kecil-kecil sebanyak 1 sendok teh. Tutuplah dan tunggulah proses seduhan ini selama kurang lebih 10 menit. Lanjut dengan menyaringnya dan menambahkan madu serta mengonsumsi teh secara pelan-pelan. Selama 1 minggu, setiap harinya Anda boleh mengonsumsinya 2-3 kali per hari untuk mendapatkan hasil terbaik untuk kesembuhan maag.

24. Jus Kentang

Kentang yang tinggi akan kadar karbohidratnya ini bagus juga dijadikan sebagai obat maag karena ada sifat penyembuh di dalamnya. Bahkan kandungan antasid di dalamnya pun dapat Anda andalkan. Di dalam kentang juga terdapat sifat alkali yang bakal meredakan kram, kelebihan gas, serta rasa kembung akibat penyakit maag.

  • Caranya: Sediakan kentang mentah 1-2 buah dan kupaslah. Setelah mengupa, parutlah dan parutannya dapat disaring untuk mendapatkan sari atau jusnya. Ekstrak jus kentang mentah inilah yang sebaiknya dimanfaatkan sebagai obat maag alami. Jadikan ½ gelas jus kentang dan tambahkan air hangat sedikit. Meminumnya sehari 3 kali setiap setengah jam sebelum makan. Lihatlah hasilnya setelah konsumsi selama 2 minggu.

25. Teh Chamomile

Bila seseorang yang menderita penyakit lambung biasanya tak diperbolehkan untuk mengonsumsi teh, teh chamomile ini merupakan pengecualian. Justru jenis teh ini mampu meredakan sakit maag karena kayanya kandungan minyak esensial di mana sangat bagus dalam melancarkan sistem pencernaan.

  • Caranya: Untuk menyembuhkan penyakit maag, siapkan air panas secangkir saja lalu tambahkan dengan bunga chamomile kering 1-2 sendok teh. Tutup cangkir dan tunggu proses penyeduhan dengan sabar selama 5-10 menit. Setelah itu, lanjutkan dengan menyaringnya dan menambahkan madu secukupnya. Teh ini bisa diminum seminggu beberapa kali asalkan rutin. Khusus bahan ini, boleh Anda seduh, tapi tidak dengan merebusnya atau justru akan menghilangkan senyawa aktifnya.

(Baca juga: cara mengobati asam lambung naik)

Demikianlah daftar obat maag alami yang kiranya bisa menjadi referensi berguna bagi Anda yang menderita penyakit lambung. Selamat mencoba cara-cara efektif tersebut.

You may also like