8 Cara Mengobati Asam Lambung Naik

Apakah pernah merasakan sakit perut yang sama sekali tidak nyaman? Mungkin Anda tidak bisa makan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Bahkan ketika salah konsumsi makanan tertentu maka perut akan terasa sakit. Gangguan ini mungkin dikarenakan produksi asam lambung dalam tubuh, bisa terlalu sedikit atau terlalu rendah.

cara mengobati asam lambungApa Itu Asam Lambung?

Asam lambung adalah cairan yang diproduksi dalam organ pencernaan yang mengandung asam klorida. Asam klorida memiliki fungsi untuk mendukung sistem pencernaan, deteksi kuman atau bakteri dari makan dan minuman serta membantu tubuh dalam menyerap vitamin B12. Gejala gangguan asam lambung yang tinggi biasanya juga hampir sama dengan asam lambung yang terlalu rendah. Untuk mengenal beberapa jenis asam lambung, berikut ini berbagai fakta tentang asam lambung dan cara untuk mengatasi gangguan asam lambung.

Gejala Asam Lambung Tinggi

Asam lambung yang terlalu tinggi juga tidak baik untuk sistem pencernaan tubuh. Beberapa orang memang memiliki kecenderungan untuk memproduksi asam lambung yang berlebihan. Gejala asam lambung tinggi ini, bisa dilihat seperti berikut ini :

  1. Gangguan pernafasan dan bau nafas yang kurang sedap
  2. Sering bersendawa dan perut kembung
  3. Sakit pada bagian tenggorokan dan terkadang disertai batuk berdahak
  4. Tubuh menjadi lemah, tidak bersemangat dan mudah sakit
  5. Kulit akan terlihat kusam, demam dan rambut rontok.

Penyebab asam lambung diproduksi dengan berlebihan adalah seperti orang yang menderita kecanduan atau obsesi dengan diet, kurang air minum, diabetes dan wanita yang sedang hamil.

Pengobatan Asam Lambung

Orang yang mengalami gangguan asam lambung biasanya memerlukan obat-obatan yang mengandung antasida. Obat ini akan bekerja untuk mengatasi gangguan lambung dan meringankan sakit perut, namun konsumsi antasida yang terlalu berlebihan juga bisa menyebabkan gangguan penyakit.

Berikut ini adalah beberapa cara mengobati asam lambung dengan bahan-bahan alami :

1. Makan Buah Pisang

Buah pisang adalah buah yang mengandung banyak kalium. Kalium dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu menyeimbangkan produksi asam lambung. Buah pisang juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi lendir dalam perut sehingga membantu menurunkan kadar asam lambung. Anda bisa mengkonsumsi buah pisang sebelum makan atau saat perut terasa tidak nyaman.

2. Minum Susu Segar

Susu segar adalah jenis susu yang diolah dari susu murni tanpa campuran. Susu merupakan makanan yang mengandung kalsium sangat tinggi dan bermanfaat untuk menurunkan kadar asam lambung. Selain itu susu juga bisa membuat perut menjadi lebih nyaman, meningkatkan pH dalam saluran pencernaan dan mengurangi kandungan asam lambung yang berlebihan.

3. Makan Sepotong Jahe

Jahe adalah tanaman rimpang yang sangat ampuh dalam mengatasi masalah asam lambung. Jahe mengandung zat khusus yang bisa mengatasi sakit perut atau perut yang tidak nyaman saat asam lambung terlalu tinggi. Cara mengobati asam lambung dengan jahe, bisa memasukkan jahe yang sudah disangrai ke dalam minuman teh atau susu. Minum sebelum tidur dan akan merasa lebih baik setelah bangun.

4. Makan Buah Apel

Apel adalah buah yang sangat menyegarkan dan merupakan buah untuk diet yang sangat disarankan. Apel memiliki rasa manis dan asam yang ternyata berkhasiat untuk menurunkan produksi asam lambung. Apel bisa membantu enzim dalam tubuh untuk mengatur produksi asam lambung. Bagi orang yang mengalami masalah dengan asam lambung disarankan untuk makan buah apel sebanyak dua buah perhari.

5. Minum Teh Hangat

Teh menjadi salah satu ramuan alami yang bisa mengatasi masalah asam lambung. Konsumsi jenis teh hitam, hijau maupun teh yang dicampur dengan daun melati. Teh mengandung senyawa khusus yang bisa membantu menenangkan asam lambung dan mengurangi produksi asam lambung dalam waktu yang sangat cepat. Untuk mengatasi asam lambung maka jangan minum teh panas karena bisa meningkatkan produksi asam lambung. Jadi, lebih baik jika minum teh hangat.

6. Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin B

Makanan yang mengandung vitamin B ternyata bisa membantu menurunkan produksi asam lambung yang berlebihan. Vitamin B terutama golongan vitamin B2 dan vitamin B6 dapat menekan produksi asam lambung. Cara ini juga sangat disarankan untuk ibu hamil agar bisa menghilangkan gangguan asam lambung yang biasanya muncul selama kehamilan. Beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi adalah seperti hati, berbagai jenis kacang-kacangan, bayam, ikan salmon, ikan tuna dan ikan sarden.

Tips Mencegah Asam Lambung Naik

Asam lambung adalah jenis asam yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan sistem metabolisme tubuh. Jika produksi asam terlalu rendah maka bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Namun jika produksi tinggi maka juga bisa membuat perut menjadi sakit.

Berikut ini adalah berbagai macam langkah yang perlu kita lakukan untuk menjaga keseimbangan asam lambung.

1. Rubah Gaya Hidup

Gaya hidup sehat memiliki peran yang sangat besar untuk kesehatan asam lambung ini. Beberapa orang tidak sadar bahwa gaya hidup yang terlihat biasa, ternyata memiliki efek yang buruk untuk asam lambung. Berikut ini beberapa kebiasan yang harus dirubah atau mulai diperbaiki :

  • Hentikan kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol
  • Lakukan olahraga ringan secara teratur – Cukup berolahraga ringan selama 15 menit perhari untuk menjaga kesehatan tubuh
  • Konsumsi air minum yang cukup untuk mencegah dehidrasi – Dehidrasi juga menyebabkan asam lambung meningkat jadi pastikan Anda minum air mineral minimal 8 gelas per hari
  • Jaga pola istirahat dan hindari stres – Ciri-ciri kurang tidur bisa terlihat dengan adanya gangguan produksi asam lambung yang berdampak sangat buruk untuk tubuh.

2. Jaga Pola Makan

Makanan menjadi sumber penyebab asam lambung yang cukup besar. Makanan memiliki dampak yang langsung terjadi pada lambung dan bagian perut lain terutama usus. Anda harus mengatur pola waktu makan dan porsi yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, ada berbagai jenis makanan pantangan asam lambung yang harus dihindari untuk orang dengan riwayat asam lambung tinggi.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang harus dihindari untuk penderita asam lambung :

  • Makanan yang terlalu asam dan pedas
  • Makanan yang banyak mengandung minyak
  • Makanan yang banyak mengandung lemak
  • Makanan yang mengandung alkohol
  • Makanan berkarbonasi
  • Jangan makan berlebihan dalam sekali waktu
  • Hindari minuman dingin setelah konsumsi makan yang mengandung karbohidra
  • Jika sedang diet, maka konsumsi makanan yang mengandung nutrisi seimbang untuk tubuh dan hindari diet yang tidak sehat.

Asam lambung yang menyebabkan perut atau bagian lambung menjadi kurang nyaman bisa menyebabkan gangguan penyakit pada lambung seperti maag, tukak lambung atau kanker. Asam lambung memiliki peran yang sangat penting untuk tubuh terutama sistem pencernaan dan metabolisme.

Apakah asam lambung memerlukan bantuan dari dokter?

Kondisi gangguan asam lambung yang masih rendah atau tidak terlalu mengganggu bisa diatasi dengan berbagai cara mengobati asam lambung seperti di atas. Namun jika asam lambung sudah sangat parah dan merasa terlalu lemah, maka perlu mendapatkan bantuan dokter. Jadi, lebih baik jika menjaga sistem asam lambung dan mencegah gangguan asam lambung secara alami.

, ,
Oleh :