3 Manfaat Madu Bagi Penderita Penyakit Lambung Kronis

6073

Madu memang suatu makan yang sudah memiliki bukti kuat bahwa ia berkhasiat bagi kesehatan manusia. Bisa dikatakan hampir semua penyakit bisa sembuh atau membaik dengan meminum madu. Hal tersebut tentu saja berlaku pada madu yang memang murni dan asli dari lebahnya tanpa ada bahan tambahan lain terutama tambahan bahan kimiawi. pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba mengulas tentang khasit madu bagi penderita penyakit lambung.

Madu merupakan cara efektif untuk menyembuhkan lambung. Caranya dengan mengkonsumsi madu itu ketika perut anda sedang dalam keadaan kosong. Kenapa begitu? karena ketika madu masuk dalam lambung anda dan lambung anda sedang dalam keadaan kosong, madu bisa langsung bersentuhan dengan pusat sakitnya tanpa terhalang makanan yang ada di dalam lambung anda. Hal tersebut jelas mempercepat kinerja lambung dan semakin membuat lambung anda sehat. Berikut ini adalah manfaat madu bagi penderita penyakit lambung :

  1. Menyehatkan Pencernaan

Kandungan di dalam madu tersebut yang bisa menyembuhkan sakit lambung anda. Perlu anda ketahui bahwa madu memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi. Kalium sendiri itu mampu meningkatkan kinerja bagian pencernaan dan juga membentuk lapisan alkali yang membantu penyembuhan dari lambung yang terasa sakit.

Bagi para penderita lambung, dianjurkan untuk mengkonsumsinya sebanyak 1-2 sendok teh saat merasa sakit di bagian lambung. Meminum madu bisa mengurangi rasa sakit ketika asam lambung naik atau ketika gejala maag datang.

Baca : Manfaat madu bagi penderita maagBahaya kopi bagi penderita maagObat maag tradisional

  1. Mengontrol Kadar Garam di Lambung

Kandungan dalam madu bisa memicu reaksi alkali kandungan alkali. Banyak penelitian mengemukakan fakta reaksi ini bisa menetralkan asam di dalam lambung dengan cara membentuk unsur garam di dalamnya. Reaksi alkali juga mampu mengontrol kadar asam di dalam lambung sehingga infeksi akibat sakit lambung bisa diminimalisir.

Baca : Cara menjaga kesehatan lambung

  1. Meringankan Gejala Maag dan Asam Lambung

Salah satu cara konsumsi madu yang paling tepat ketika anda sedang merasakan sakit lambung adalah dengan air hangat. Madu yang di dalamnya terkandung kemampuan viskositas memang terbukti mampu mengurangi gejala lambung. Air hangat yang anda konsumsi bersama dengan madu membantu lambung anda yang sedang terluka sehingga penyembuhan akan lebih terasa cepat.

Baca : Gejala penyakit maagBahaya maag Ciri asam lambung

Penyebab Penyakit Lambung

Penyakit lambung adalah sebuah penyakit yang area terjadinya berada di sekitar lambung. Hampir kebanyakan orang sudah pasti pernah merasakan hal tersebut. Apalagi orang-orang yang memiliki kesibukan tinggi sehingga tidak sempat makan atau terkadang suka telat makan. Penyakit lambung sendiri muncul karena kadar asam yang berada di dalam lambung itu sangat tinggi. Hal tersebut muncul karena lambung tidak terisi makanan selama beberapa waktu atau terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang pedas, asam dan terlalu banyak minum alkohol. Berikut ini ada beberapa faktor yang memicu munculnya penyakit lambung ini.

Gejala Penyakit lambung Kronis

Berikut ini beberapa gejala penyakit lambung kronis yang harus diwaspadai :

  • Mual dan Muntah Berlebihan

Mual dan muntah akan terjadi karena organ vital pencernaan terkena penyakit. Muntah darah pun akan terjadi jika penyakit lambung anda sudah dalam fase yang sangat parah. Ketika anda mendapati hal ini, maka disarankan agar anda segera menghubungi dokter terdekat untuk mengobati sakit lambung anda. hal tersebut bisa muncul karena ulkus lambung terluka karena penyakit lambung anda tidak kunjung terobati.

  • Nyeri dan Ngilu

Ketika anda merasakan rasa nyeri dan ngilu pada lambung anda, bisa jadi andaa terkena penyakit lambung entah asam lambung atau maag. Nyeri itu terleletak pada ulkus peptikum yang menyebabkan rasa sakit itu muncul. Pada umumya, lama atau tidaknya rasa sakit yang muncul tidak lah menentu. Kadang ia muncul dan menghilang dengan cepat dan kadang juga bisa bertahan sangat lama. Sakit lambung seperti ini biasanya muncul saat malam hari. Hal tersebut karena pada malam hari perut anda kosong sehingga kadar asam pun naik.

  • BAB Berdarah

Feses adalah kotoran manusia. Ketika anda ingin mengetahui bagaimana keadaan lambung anda, salah satu indikasi yang bisa anda lihat secara langsung adalah kadaan dari feses anda. Feses anda sedikit banyak menunjukkan keadaan dari lambung anda. Ketika terlihat bahwa feses anda berwarna hitam dan ada darah, tandanya lambung anda sudah sakit parah. segera bawa ke dokter!

Baca : Penyebab BAB berdarah merah segar

Demikian tadi beberapa penjelasan singkat mengenai manfaat madu bagi penderita penyakit lambung. Tetap jaga kesehatan dan semoga bermanfaat!