12 Efek Samping Daun Sirsak Bagi Penderita Maag Yang Wajib Diketahui

Efek samping daun sirsak bagi penderita maag adalah reaksi negatif yang terjadi pada pencernaan setelah mengkonsumsinya  tanpa prosedur yang  tepat.

Daun sirsak kaya manfaat bagi kesehatan tubuh tetapi bisa menimbulkan keluhan kesehatan lain diseputar sistem pencernaan karena daun sirsak mengandung senyawa khusus yang berpotensi mencederai bagian jaringan perut jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong , Berlebihan dan kondisi hamil.

Zat penting dalam daun sirsak

Semua senyawa kimia yang ada pada daun sirsak terbukti mampu bertindak sebagai anti kanker, tumor dan mampu melindungi sistem pencernaan manusia agar tetap pada kondisi terbaiknya.

  • Senyawa Acetogenins, Tanin, Alkaloid, Zat linoleic acid, Gigantetronim, Muricapentocin,
  • Senyawa tannin, Saponin Gentisic acid cadourine, Ananol, Anomurine, Annohexocin
  • Senyawa annocatacin, Annonacin, Annocatalin, Annomuricin , Javoricin,Coreximine
  • Asam stearate, Asam gentisic, Asam lignoceric, CLA, Atherospermine

Efek samping

Walaupun daun sirsak memiliki senyawa istimewa untuk kesehatan tubuh tetapi bisa menimbulkan masalah ketika rebusan daun sirsak tersebut  dikonsumsi tidak berdasarkan anjuran kesehatan yang benar dari Dokter yang terkait , Dari Para terapis herbal yang berpengalaman atau ahli dalam hal pengobatan alternatif alami. Agar terhindar dari efek samping daun sirsak bagi penderita maag , Penting untuk diketahui terlebih dahulu apa saja akibat  yang muncul saat rebusan daun sirsak dikonsumsi secara tidak benar.

1.Kegemukan/Obesitas

Alih alih ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal atau langsing, Banyak wanita yang minum rebusan daun sirsak  dan menjadikannya sebagai bahan alami untuk diet. Namun Efek samping daun sirsak yang dikonsumsi secara berlebihan justru dapat meningkatkan nafsu makan dan berpotensi menyebabkan peningkatan berat badan yang jika dibiarkan akan mengacu pada kegemukan dan gejala obesitas yang wajib diwaspadai.

2.Sakit tulang

Senyawa  yang ada pada daun sirsak sangat banyak dan baik bagi kesehatan lambung dan memperbaiki sistem pencernaan  tetapi jika penderita maag mengkonsumsi rebusa daun sirsak  lebih dari 3 gelas perharinya maka dapat mencederai dinding tulang dan sendi, Apalagi jika penderitanya telah berusia lanjut maka sakit pada tulang tidak bisa dihindari. Efek samping daun sirsak bagi penderita maag terutama yang berusia tua adalah sakit tulang dan persendian.

3.Asam lambung naik

Bagi penderita maag lebih bijak menghindari minuman rebusan sirsak agar terhindar dari keluhan kesehatan lain seperti naiknya asam lambung. Kambuhnya penyakit maag yang dikuti dengan naiknya asam lambung dapat menyebabkan perut melilit dengan  durasi waktu yang cukup lama yaitu bisa 30 menit hingga satu jam tergantung seberapa parah kondisi maagnya , Keadaan ini  sangat merugikan karena mengganggu aktivitas. Anda perlu mengetahui tanda tanda asam lambung dan komplikasinya jika kebiasaan minum rebusan daun sirsak ternyata tidak segera dihentikan.

4.Mual dan muntah

Efek samping daun sirsak bagi penderita maag pemula atau yang sudah lama akan mengalami keluhan yang sama disekitar jaringan perut misalnya muncul mual dan keinginan untuk muntah yang timbul tenggelam dan perasaan ulu hati yang sangat tidak nyaman sehingga untuk dudukpun perut terasa sakit.

5.Perut kembung

Perut kembung yang diikuti dengan perasaan perut seperti penuh, Tertekan, Melilit dan sensasi rasa panas dapat muncul sebagai salah satu efek samping daun sirsak bagi penderita maag yang umum menyerang pada semua penderita maag. Tetapi kondisi ini hanya bisa muncul jika penderita maag mengkonsumsi rebusan daun sirsak berlebihan.


6.Gangguan pada hati

Efek samping daun sirsak bagi penderita maag  yang mengkonsumsi terus menerus tanpa takaran yang benar dapat  meracuni organ hati, Karena senyawa yang ada didalamnya dapat mencederai jaringan organ hati secara bertahap sehingga mempengaruhi kinerjanya.

7.Kesulitan tidur/Insomnia

Rebusan daun sirsak yang dikonsumsi sebelum tidur terus menerus tanpa takaran yang benar dapat memicu kambuhnya penyakit maag yang sudah dinyatakan sembuh pada malam hari. Perut akan terserang rasa sakit, Melilit dan asam lambung naik. Kondisi ini dapat mengganggu kualitas tidur dan jika tidak segera menghentikan kebiasaan minum rebusan daun sirsak maka ancaman munculnya  insomnia tidak bisa dihindari. Jika telah terlanjur mengalami kesulitan tidur anda bisa menggunakan manfaat madu untuk penderita insomnia dimalam hari.

8.Sembelit

Pada sebagian orang mengkonsumsi rebusan daun sirsak dalam kondisi perut kosong maka dapat menyebabkan proses buang air besar menjadi sulit atau muncul sembelit. Efek samping daun sirsak bagi penderita maag yang cukup mengkhawatirkan adalah munculnya sembelit dan keadaan  kandung kemih yang mulai ikut terasa tidak nyaman atau nyeri.

9.Keringat berlebih dan Bau badan

Mengkonsumsi rebusan daun sirsak secara berlebihan atau terus menerus setiap hari lebih dari 3 gelas dapat menyebabkan aktivitas kelenjar keringat meningkat berupa keluarnya keringat yang berlebih. Keringat berlebih dapat mudah ditunggangi berbagai macam bakteri dan kuman melalui udara lalu  bisa menyebabkan bau badan. Sudah saatnya anda mengambil langkah mencari secara tepat tentang bagaimana cara mengurangi keringat berlebih dibadan secara alami agar terhindar dari masalah bau badan.

10.Tubuh lemas /dehidrasi


Terlalu banyak minum rebusan daun sirsak tanpa diimbangi dengan minum air putih yang memadai dapat menyebabkan munculnya efek samping daun sirsak pada penderita maag berupa tubuh menjadi lesu, Lemas dan mudah merasa kecapekan. Kondisi ini akibat tubuh sedang mengalami dehidrasi. Senyawa pada daun sirsak mudah mengikat cairan tubuh sehingga tubuh terserang dehidrasi.  Disarankan untuk banyak minum air putih ketika mengkonsumsi rebusan daun sirsak tetapi tetap dalam  takaran yang wajar.

11.Kejang otot perut

Kejang otot perut merupakan efek samping daun sirsak bagi penderita maag yang kronis, Kondisi ini menerlukan tindakan medis segera ketika gejala kejang mulai terasa muncul jika dbiarkan akan mempengaruhi fungsi jaringan organ tubuh lain misalnya kandung kemih, Lambung dan sebagainya.

12.Keguguran

Bagi ibu  yang sedang hamil muda sebaiknya menghindari apapun bentuk dari minuman daun sirsak  karena berpotensi besar meluruhkan janin yang sedang akan terbentuk atau keguguran. Bagi yang telah hamil dengan usia kehamilan diatas 5 bulan sebaiknya tetap berhati hati jika mengkonsumsi rebusan daun sirih, Bagaimanapun juga senyawa yang ada didalamnya bersifat keras sehingga tidak cocok untuk janin.

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Maag