Lanpro – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Cara Penggunaan

156

LanproApakah anda pernah mengetahui ada obat yang bernama Lanpro? Obat ini berbentuk kapsul yang merupakan salah satu obat rekomendasi dokter untuk mengatasi penyakit tertentu. Sebenarnya, Lanpro lebih terkenal dengan istilah Lansoprazole yang merupakan jenis obat proton pump inhibitor. Salah satu kegunaan yang dimiliki oleh Lanpro adalah mengatasi berbagai masalah yang menyerang kesehatan pencernaan.

Kondisi ini diakibatkan oleh produksi asam lambung yang terjadi secara berlebihan. Beberapa kondisi yang merupakan dampak dari produksi asam lambung tersebut adalah maag, sakit perut, maupun tukak lambung. Selain itu, Lanpro juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah naiknya asam lambung yang menuju kerongkongan sehingga menyebabkan seseorang kesulitan menelan dan batuk.

Cara kerja dari Lanpro adalah dengan mengurangi atau menurunkan kadar asam lambung yang tinggi. Untuk bisa memperoleh Lanpro, maka anda harus menyertakan resep dokter terlebih dahulu karena obat ini tergolong ke dalam obat resep. Adapun mengenai penggunaan Lanpro bagi ibu hamil, maka diketahui bahwa obat ini masuk ke dalam kategori B. Artinya, obat ini tidak menimbulkan permasalahan pada janin.

Meskipun begitu, anda tetap diminta waspada dan selalu berbicara dengan dokter sebelum, ketika, maupun setelah menggunakan Lanpro dalam jangka waktu yang cukup lama. Di bawah ini akan kami berikan informasi yang lebih lengkap seputar Lanpro.

Fungsi Lanpro

  • Lanpro merupakan obat yang dipercaya mampu mengatasi naiknya asam lambung yang menyebabkan seseorang menderita tukak lambung dan juga penyakit maag.
  • Lanpro juga bisa digunakan sebagai solusi bagi seseorang yang mengalami kesulitan bernapas dan batuk yang disebabkan karena asam lambung sudah naik dan menuju ke kerongkongan.

Informasi lain yang berhubungan dengan fungsi dari Lanpro bisa anda tanyakan kepada dokter. Dokter akan memberikan penjelasan lain mengenai kemungkinan fungsi lain yang bisa anda manfaatkan selain yang sudah kami sebutkan di atas.

Kontraindikasi Lanpro

  1. Seseorang yang pernah terkena alergi terhadap kandungan yang ada pada Lanpro dianjurkan untuk berhati-hati ketika ingin menggunakannya.
  2. Hal ini juga berlaku bagi seseorang yang diketahui pernah mengalami hipersensitivitas. Hal ini bertujuan agar supaya yang bersangkutan tidak sampai mengalami kondisi-kondisi yang tidak diinginkan.
  3. Meskipun Lanpro cenderung aman bagi ibu hamil karena ia masuk ke dalam obat kategori B, namun tetap saja disarankan untuk berhati-hati agar tidak sampai menimbulkan gangguan pada janin.

Dosis Lanpro

Dosis yang diberikan kepada pasien yang menderita GERD adalah sebagai berikut:

  • Dosis untuk anak-anak yang berusia 1 sampai dengan 11 tahun dengan berat badan kurang dari 30 kg adalah 15 mg untuk sekali dalam sehari. Dosis tersebut bisa diminum di pagi hari. Jangka waktu yang diperbolehkan adalah selama 12 minggu.
  • Dosis yang diberikan kepada anak-anak yang berusia 1 sampai dengan 11 tahun dengan berat badan lebih dari 30 kg adalah 30 mg per hari dan diberikan di pagi hari. Dosis tersebut harus diberikan dalam jangka waktu 12 minggu. Dosis juga bisa ditingkatkan hingga mencapai 30 mg untuk dua kali sehari selama 12 minggu jika ternyata gejalanya masih muncul.
  • Sementara itu, dosis yang harus diberikan kepada orang dewasa adalah sebanyak 15 sampai dengan 30 mg setiap harinya. Dosis tersebut harus diminum di pagi hari dalam jangka waktu 4 sampai 8 minggu.

Informasi seputar dosis obat ini bisa ditanyakan selengkapnya kepada dokter.

Cara Penggunaan Lanpro

  • Lanpro harus digunakan sebagiamana informasi pada kemasan atau resep dokter.
  • Jika penggunaan Lanpro malah mengakibatkan anda terkena gatal atau ruam kulit, maka segera hubungi dokter.