8 Efek Samping Daun Kumis Kucing Bagi Kesehatan

4279

Kumis kucing adalah tanaman yang berbentuk semak yang memiliki batang basah biasanya kumis kucing ini memiliki tinggi sampai 1,5 meter. Kumis kucing dapat tumbuh di tempat-tempat yang kering ataupun tempat-tempat yang basah kumis kucing juga harus ditanam dalam ketinggian 700 meter diatas permukaan laut. Adapun beberapa ciri-ciri kumis kucing adalah kumis kucing memiliki daun yang berbentuk telur taji, bunganya mengeluarkan benang sari dan putik berwarna putih ataupun umum tepi daun tanaman ini memiliki tepi daun yang bergerigi kasar.

Di dalam daun kumis kucing mengandung kalium yang sangat tinggi selain mengandung kalium yang sangat tinggi ternyata daun kumis kucing juga mengandung glikosida orthosiphonim yang di mana kandungan tersebut memiliki manfaat untuk melarutkan asam urat oksalat dan fosfat dari dalam tubuh. Selain itu daun kumis kucing juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit dalam empedu dan ginjal rematik tekanan darah tinggi kencing batu kencing manis dan juga infeksi pada kandung kencing. Kumis kucing memang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan namun meskipun kumis kucing merupakan tanaman herbal kumis kucing juga memiliki berbagai efek samping tertentu. Efek samping tersebut dapat terjadi karena ketidak sesuaian dalam takaran pembuatan ramuan Atau hal-hal lainnya. Adapun berbagai efek samping dari kumis kucing akan dipaparkan di bawah ini. (Baca Juga: Obat Prostat Bengkak  , Makanan Penurun Gula Darah)

Efek Samping Daun Kumis Kucing

1. Penyakit Ginjal

Pada dasarnya memang kumis kucing memiliki manfaat yang baik untuk menjaga dan mengobati penyakit ginjal, namun dapat kita ketahui bahwa obat herbal memang lebih baik dari pada obat kimia, tetapi terlalu banyak mengkonsumsi obat herbal (tidak sesuai dosis) tentu juga akan menyebabkan penyakit atau komplikasi lainya, untuk itu perlu sekali mengetahui dosis obat yang akan di konsumsi meskipun itu merupakan obat herbal. Karena setiap tubuh memiliki kekebalan masing-masing sehingga akan mempengharuhi kekeatan dalam menerima obat yang masuk pada tubuh. (Baca juga: Obat Tradisional Ginjal Bocor , Obat Penghancur Batu Ginjal)

2. Sakit Perut

Meskipun baik untuk mengobati batu ginjal yang sudah di bahas pada point pertama, efek samping dari terlalu banyak mengkonsumsi kumis kucing ini adalah dapat menyebakan fungsi ginjal malah terganggu. Tentu ketika fungsi ginjal akan terganggu dapat menyebabkan perut menjadi ikut sakit. Perut memag merupakan salah satu tempat yang sensitif akan segala jenis penyakit. Banyak hal yang menyebabkan penyakit perut seperti salah satunya adalah penyakit maag dan penyakit asam lambung. Banyak jenis asam lambung, mulai dari asam lambung rendah samapai pada asam lambung yang tinggi.

artikel terkait : jenis sakit perut – sakit perut bagian bawah tengah – perut terasa penuh – gejala sakit perut di bawah – gejala sakit perut kanan atas

3. Keracunan

Konsumsi obat herbal apapun dapat membuat anda keracuanan, konsumsi obat herbal tentu tetap ada dosisnya, jangan pernah mengira obat herbal dapat dikonsumsi seenaknya tanpa memiliki efek samping. Memang ada beberapa obat herbal tidak memiliki efek samping, namun hal ini tentu bila dikonsumsi sesuai dengan panduannya, tanpa nurut pada panduan dapat menyebabkan obat herbal yang menyembuhkan menjadi obat herbal menyebabkan, yaitu menyebabkan penyakit lain akibat dari keracunan obat herbal. (Baca Juga: Ciri Ciri Keracunan Makanan , Gejala Keracunan Makanan )

Keracunan ini tidak hanya karena terlalu banyak mengkonsumsinya, tetapi campuran yang dicampur dengan daun kumis kucing ini juga dapat memberikan efek samping seperti keracunan.

4. Sesak Nafas

Sesak nafas sering kali terjadi dalam kehidupan setiap hari, kita ketahui bahwa banyak penyebab dada sesak nafas, seperti halnya debu dan polusi pun dapat menjadi penyebab sesak nafas. Untuk itu perlu diketahui bahwa sesak nafas juga dapat terjadi ketika terlalu banyak mengkonsumsi daun kumis kucing. Pada dasarnya daun ini merupakan daun seribu manfaat dan bahkan tidak memiliki efek samping apapun. Meski demikian tetap kewaspadaan harus ada. Ternyata dengan terlalu banyak mengkonsumsi daun kumis kucing ini mampu memberikan beben pada nafas sehingga menyebabkan sesak pada pernafasan. (baca Juga: Pertolongan Pertama Sesak Nafas ,  Obat Sesak Nafas karena Jantung )

5. Mengaggu Fungsi Jantung

Terllau banyak mengkonsumsi obat herbal ternyata dapat mengaggun fungsi jantung, dengna demikian konsumsilah daun herbal ini dengan bijak sana, jangan sampai jantung terganggu, karena pada dasarnya jantung merupakan salah satu organ terpenting pada tubuh kita. Bahkan tanpa adanya jantung manusia tidak dapat hidup, karena jantunglah yang membantu untuk hidup. Jantunglah yang berfungsi untuk mengedarkan darah di dalam tubuh dan memberikan keseimbangan pada tubuh sehingga tubuh dapat bernafas. Dengan demikian konsumsi obat herbal harus pada tempatnya dan harus sesuai dengan dosisnya agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan. (Baca Juga: Cara Menormalkan Detak Jantung , Obat Herbal Jantung Berdebar)

6. Menyebabkan darah rendah

Pada dasarnya salah satu dari fungsi dari daun kumis kucing adalah dapat membantu untuk membuat darah tinggi menjadi normal, namun apabila terlalu banyak mengkonsumsi daun kumis kucing bukan tidak mungkin darah yang tadinya menyandang status darah tinggi dapat berubah menjadi darah normal. Seperti yang kita ketahui ketika darah tinggi sudah menjadi normal dan terus mengkonsumsi daun kumis kucing dengan dosis berlebih tentu akan menyebabkan darah normal itu menjadi darah rendah. tentu banyak hal yang akan di alami pada penderita darah rendah salah satunya adalah pusing dan sakit kepala. (baca juga: Makanan Penyebab Darah Rendah , Bahaya Darah Rendah)

7. Terjadi alergi

Salah satu eek samping yang kerap ditimbulkan karena berbagai daun herbal atau pun berbagai jeni obat-obatan baik itu obat herbal atau pun obat kimia adalah alergi. Alergi sering sekali terjadi apabila tubuh tidak dapat menerma secara langsung obat-obatan atau bahan-bahan herbal yang masuk kedalam tubuh. Jenis alergi ini sangat banyak. Mulai dari bintink-bintik kecil sampai pada wajah yang berwarna merah muda. (baca Juga: Penyebab Alergi Hidung Gatal , Obat Alergi Debu)

8. Tidak baik untuk ibu hamil jika terlalu banyak mengkonsumsinya

Kandungan kalium pada daun kumis kucing ini ternyata tidak baik untuk ibu hamil jika terlalu banyak mengkonsumsinya, untuk itu bagi ibu hamil akan lebih baik ketika mengkonsumsi obat-obatan sesuai dengan saran dari dokter saja, jangan coba-coba mengkonsumsi makan atau obat-obatan yang nantinya malah akan menyebabkan keguguran pada kehamilannya. (Baca Juga: Kelainan Implantasi Plasenta dan Insersi Tali Pusat pada Ibu hamil)

Itulah beberapa efek samping yang ditimbulakan dengan mengkonsumsi terlalu banyak daun kumis kucing, pada dasarnya daun kumis kucing memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, namun tetap saja jika menkonsumsi daun ini terlalu banyak dapat menyebabkan berbagai efek samping yang telah diuraikan di atas.