6 Penyebab Alergi Hidung Gatal dan Cara Mengatasinya

5083

Didalam dunia kedokteran Alergi yang menyebabkan hidung mengalami gatal adalah Rhinitis. Rhinitis adalah penyakit yang membuat hidung menjadi gatal yang biasanya disebabkan oleh alergi dan dapat juga disebabkan oleh non-alergi. Rhinitis alergi biasanya terjadi disebabkan oleh zat atau senyawa yang menyebabkan alergi (Alergen) terbawa oleh udara dan terhirup oleh hidung ketika kita bernapas. Rhinitis ini juga dapat terjadi secara musiman. Maksudnya terjadi pada musim tertentu saja. Misalnya alergi yang disebabkan banyaknya serbuk sari bunga yang berterbangan diudara pada musim semi. (Baca juga : Makanan penyebab alergi gatal)

Ada juga jenis Rhinitis yang bersifat tahunan atau Perrenial Alergic rhinitis yang merupakan alergi yang disebabkan oleh hal – hal yang selalu ada disekitar kita. Seperti Debu, asap rokok, bulu hewan, bau – bauan tertentu, spora pada jamur dan lain – lain. Biasanya orang yang sering mengalamai alergi hidung gatal ini memiliki imun yang tidak baik. Tidak dapat membentengi kesehatan tubuh dengan baik sehingga dengan mudahnya hal – hal seperti itu mengganggu hidung anda. (Baca Juga : Obat alergi debu)

Didalam kegiatan sehari – hari apabila terjadi alergi pada hidung yaitu hidung terasa gatal – gatal sangatlah mengganggu. Karena alergi ini dapat membuat penampilan menjadi tidak fresh dan lemas. Seperti akibat yang ditimbulkan alergi yang disebabkan serbuk sari pada bunga. Biasanya orang yang terkena alergi ini mata menjadi merah, gatal pada hidung yang sangat terasa sampai mengelurakan ingus, bawaan tubuh menjadi lemas dan tidak bersemangat. Berikut adalah gejala – gejala yang ditimbulkan alergi hidung gatal :

  • Hidung tersumbat dan Ingusan
  • Mata, Hidung dan tenggorokan terasa gatal
  • Bersin – bersin
  • terdapat lendir pada tenggorokan
  • Batuk – batuk biasanya dalam waktu yang lama
  • Tidak bersemangat dan cepat lelah

Dan berikut adalah beberapa penyebab yang alergi hidung gatal :

1. Rhinitis Alergi

Rhitis Alergi ini bisa terjadi karena sistem imun pada tubuh kita tidak baik. Tidak dapat membentengi kesehatan tubuh kita dari bahan asing yang dapat menyebabkan alergi. Bahan – bahan alergen ini biasanya mengandung dan menghasilkan senyawa histamin. Senyawa inilah yang dapat membuat hidung kita gatal dan mengakibatkan bersin – bersin. Pada dasarnya material alergen yang terbawa udara bukanlah senyawa yang berbahaya bagi tubuh. Tetapi respond tubuh yang menganggap senyawa asing itu adalah sesuatu yang berbahaya. (Baca Juga : Ciri ciri alergi)

Misalnya Alergi Rhinitis yang disebakan oleh serbuk sari bunga. Yang merupakan alergi yang timbul pada musim semi yaitu pada saat bunga mekar dan menyebarkan serbuk sarinya untuk kegiatan pembuahan. Makan biasanya yang memiliki alergi ini akan mudah mengalami bersin – bersin dan hidung tersumbat pada saat musim – musim tersebut. Rhinitis Alergi ini terbagi atas dua bagian berdasarkan penyebabnya :

  • Alergi Hidung Musiman atau Sesional Rhinitis ini adalah terjadinya kontak dengan senyawa alergen dari luar rumah yang bersifat musiman. Atau terjadinya pada musim atau waktu tertentu saja. Misalkan Alergi hidung gatal yang disebabkan serbuk sari bunga yang berterbangan di udara pada musim semi atau musim gugur. Debu yang berlebihan pada saat terjadinya angin darat yang kencang. Polusi udara yang disebabkan oleh oleh asap kendaraan atau asap pabrik yang sangat banyak. (Baca juga : Obat alergi dingin)
  • Alergi Hidung Tahunan atau Terus Menerus atau Perenial Rhinitis ini diakibatkan karena kontak tubuh dengan senyawa alergen yang sering berada disekitar kita atau lingkungan rumah. Misalnya kutu, debu pada perabot rumah tangga, bulu binatang dan bau – bauan tertentu yang tidak bisa dicium dengan baik oleh indera penciuman kita. (Baca Juga : Obat alergi makanan)

2. Rhinitis Non Alergi

Rhinitis non alergi adalah gatal yang terjadi pada hidung yang bukan disebabkan oleh senyawa atau bahan yang merupakan alergen. Biasanya Rhinitis non alergi ini tidak berkaitan sama sekali dengan sistem imun pada tubuh anda. Gejala – gejala yang timbul pada Rhinitis non alergi ini hampir sama dengan Rhinitis alergi tetapi terjadi dalam waktu yang singkat dan bisa juga panjang. Kalau pada Rhinitis Alergi akan hilang apabila hilangnya senyawa alergen ini disekitar kita seperti Serbuk sari bunga, bulu hewan, asap rokok dan sebagainya. (Baca juga : Efek alergi obat)

Penyebab dari Rhinitis non alergi ini adalah adanya perubahan suhu yang sangat signifikan. Misalkan pada saat pergantian musim dari musim panas ke musim dingin. Suhu terlalu dingin juga salah satu penyebab Rhinitis non alergi ini, mengkomsumsi makanan tertentu, polusi udara dan beberapa hal lainnya yang dapat meyebabkan Rhinits non alergi ini terjadi. Beberapa kasus terjadi karena disebabkan penyempitan pada struktur saluran pernapasan. (Baca Juga : Cara mengobati alergi dingin)

Rhinitis yang disebabkan karena senyawa yang bukan alergi ini sangat mengganggu aktivitas kita sehari – hari. Dikarenakan biasanya rhinitis ini akan berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Misalkan hidung kita terasa gatal dikarena debu perabotan rumah maka hidung anda akan terasa terus menerus apabila saat membersihkan prabot rumah terkena debunya. Biasanya alerginya akan hilang dikarenakan penyebab alergi sudah tidak ada lagi disekitar kita. (Baca Juga : Cara mengatasi alergi obat)

Ini sangat berbeda dengan hidung gatal yang disebabkan senyawa alergen yang bersifat musiman seperti serbuk sari bunga dapat dicegah dengan menggunakan penutup hidung atau masker hidung pada saat keluar rumah. Dan biasanya alergi ini akan hilang atau sembuh apabila musim yang mendatangkan senyawa alergen itu sudah terlewati. (Baca Juga : Obat alergi gatal)

3. Menyempitnya Saluran Pernapasan

Hidung yang terasa gatal juga dapat terjadi diakibatkan menyempitnya saluran pernapasan pada hidung anda, Seperti disebabkan oleh sinus sitis yang mempersempit saluran pernapasan pada hidung kita. Biasanya penyebab ini mengakibatkan hidung menjadi tersumbat, berlendir dan gatal – gatal. Penyebab ini tidaklah dipengaruhi oleh senyawa alergen yang terbawa oleh udara atau yang berada di rumah. Ini terjadi diakibatkan suatu penyakit yang kita alami atau perubahan yang terjadi pada tubuh kita. (Baca Juga : Cara menjaga organ pernapasan manusia)

4. Perubahan Suhu dan Cuaca

Perubahan suhu dan cuaca ini menjadi faktor yang sangat mempengaruhi terjadinya alergi hidung gatal. Biasanya perubahan suhu dan cuaca yang signifikan membuat tubuh tidak dapat menyesuaikan diri karena bisa saja sistem imun yang dimiliki oleh tubuh lagi tidak berkerja sesuai dengan fungsinya. Pada masa peralihan musim seperti peralihan dari musim panas ke musim hujan. Pada saat peralihan musim ini orang – orang sering terjangkit alergi hidung gatal yang membuat bersin – bersin dan hidung tersumbat sampai tubuh menjadi panas. (Baca Juga : Cara mengatasi alergi pada anak)

5. Mengkomsumsi Alkohol Berlebihan

Alkohol adalah salah satu zat yang sangat tidak baik untuk tubuh. Mengkomsumsi Alkohol yang berlebihan membuat daya tahan atau sistem imu yang dimiliki oleh tubuh kita berkurang sedikit – demi sedikit. Oleh karenanya mengkomsumsi alkohol yang berlebihan dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit dan perubahan yang sangat signifikan pada tubuh kita. Alkohol yang berlebihan dapat juga mengakibatkan alergi gatal pada hidung yang dapat menggangu aktivitas kita sehari – hari. (Baca Juga : Bahaya minum alkohol 70 persen)

6. Kontaminasi Bahan Kimia

Bahan kimia memiliki sisi bai dan buruk untuk kehidupan sehari – hari. Bahan kimia sangatlah berguna untuk kehiduan sehari – hari. Seperti untuk membuat bahan – bahan kebersihan sabun mandi, deterjen dan sebagainya. Tetapi bahan kimia juga memiliki sisi buruk bagi kesehatan apabila terkontaminasi oleh tubuh kita secara berlebihan dan terus menerus. Seperti yang bisa saja kita alami dengan pembersih lantai yang memiliki bahan kimia yang keras. Alergi yang ditimbulkan adalah hidung menjadi gatal. Dan biasanya menyerang bagian kulit. Dan biasanya alergi yang disebabkan bahan kimia dapat cepat hilang karena reaksi yang ditimbulkan bahan kimia hanya berdifat sementara. (Baca Juga : Bahaya bahan kimia)

Cara Mengatasi Alergi Gatal di Hidung

Alergi hidung gatal yang menyerang kita sangat mengganggu aktivitas kita sehari – hari. Kita tidak dapat leluasa dalam menjalankan tugas atau pekerjaan yang dibebankan kepada kita. Tidak sedikit kasus alergi hidung gatal ini menjadi lebih parah dan membuat kita harus beristirahat total. Berikut saya akan membagikan cara mengatasi dan mengobati alergi hidung gatal :

1.Obat Antihistamin dan Dekongestan

Obat yang mengandung Antihistamin ini berfungsi sebagai zat yang menghalangi zat histamin yang menyebabkan hidung menjadi gatal dan bersin – bersin. Karena zat histamin yang masuk kedalam tubuh melalui hidung terurai dengan adanya zat antihistamin ini. Sedangkan obat – obatan yang mengandung Dekongestan berfungsi untuk melancarkan saluran pernapasan yang tersumbat yang disebabkan oleh alergi pada hidung. Namun obat yang mengandung zat ini haruslah didapat dengan menggunakan resep dokter. Karena termasuk bahan obat – obatan dengan golongan keras. (Baca Juga : Cara mencegah alergi dingin)

Apabila Alergi pada hidung terjadi sudah parah dan meradang ada baiknya kita mengkomsumsi juga obat anti biotik untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh alergi tersebut. Dan juga harus diertai dengan obat – obatan yang mengandung Kortikosteroid. Yaitu zat yang bisa mengurangi peradangan yang terjadi pada hidung dan saluran pernapasan. (Baca Juga : Bahaya makanan instan)

2. Mengkomsumsi Obat Herbal untuk Alergi

  • Madu

Madu adalah bahan herbal yang berfungsi untuk mengkuatkan sistem imun yang terdapat didalam tubuh kita. Dan sangat dianjurakan menggunakan madu lokal karena mengandung serbuk sari tanaman yang dapat melawan reaksi alergi yang ditimbulkan oleh tubuh. (Baca Juga : Madu untuk penderita batu ginjal)

  • Antihistamin Alami

Zat Antihistamin alami yang sangat baik bagi tubuh adalah yang terdapat pada buah – buahan yang mengandung banyak Vitamin C, Seperti jeruk, wortel, buah naga, buah pome dan banyak lagi. Vitamin C terkenal berfungsi untuk memperkuat sistem imun untuk tubuh. Dan dapat menangkal senyawa jahat yang menyerang sistem imun tubuh. (Baca Juga : Bahaya kelebihan vitamin C)

  • Teh Hijau

Tah hijau juga memiliki zat antihistamin dan anti oksidan alami. Teh hijau sangat berguna untuk mengurangi efek yang ditimbulkan oleh alergi. Komsumsi teh hijau hangat 2 cangkir setiap harinya. Ini akan dapat menjaga dan menangkal senyawa alergen yang mau menyerang tubuh kita. (Baca Juga : Bahaya minum teh campur susu)

  • Bawang Putih

Bawang putih terkenal mengadung sifat antivirus alami. Yang dapat mengantisipasi senyawa – senyawa alergen yang akan menyerang tubuh. Mengkomsumsi bawang putih mentah lebih efektive dari pada harus memasaknya karena zat antivirus pada bawang putih akan hilang apabila dimasak atau terkena panas tinggi. Komsumsilah dengan madu untuk mengurangi rasa pedas pada bawang putih. (Baca Juga : Efek samping bawang putih)

  • Jahe

Jahe adalah salah satu tanaman rempah yang dapat melegakan saluran pernapasan dan mengobati hidung mampet dikarenakan alergi. Masaklah jahe dengan air sampai mendidih lalu berikan madu untuk menambahkan rasa manis dan mengurangi rasa pedas dari jahe tersebut. Minumlah jahe dalam keadaan panas akan lebih efektive dalam membantu mengobati anda dari alergi pada hidung. (Baca Juga : Efek samping jahe)