8 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Atas

3403

Sakit perut merupakan salah satu jenis sakit yang jamak kita temui dalam lingkungan hidup keseharian kita. Namun seiring seringnya keluhan sakit satu ini maka ternyata ada banyak ragam pula yang membedakan jenis-jenisnya meskipun memiliki dasar keluhan yang mirip. Nah pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai sakit perut yang utamanya terjadi pada area perut kanan bagian atas, mari langsung disimak saja ya berikut ini.

Baca juga: Cara Menghilangkan Perut KembungKebiasaan Penyebab Perut BuncitSakit Perut Bagian Bawah TengahKram Perut Bawah

1.Batu empedu

  • Ciri khas yang paling utama dari kemunculan penyakit serius satu ini ialah munculnya rasa nyeri setelah mengonsumsi makanan berat ataupun juga berlemak. Utamanya rasa nyeri yang timbul yakni mengarah pada area sekitar wilayah perut kanan bagian bawah tulang rusuk. Nyeri ini bisa berlangsung beberapa saat maupun juga lama dan bisa menjalar pada area bahu sampai juga punggung kanan.
  • Jika saluran empedu tertutup oleh gejala timbulnya batu empedu ini maka gejala demam dan juga tubuh lemah akan otomatis menyertai keluhan penderita di samping juga mulai timbulnya gejala tubuh menguning lantaran sistem tubuh tak bekerja secara normal layaknya biasanya. Gangguan cerna pun bisa mengancam pasien manakala terjadi gangguan pada saluran empedunya.
  • Pemeriksaan yang dilakukan biasanya sehubungan dengan cek visual demi melihat gambaran yang sesungguhnya tengah menimpa area empedu. Pun saat saluran empedu tertutup ataupun tersumbat maka secara langsung dapat menimbulkan infeksi yang mana dalam pemeriksaan leukosit darah dalam laboratoriun dapat memberi gambaran hasil sel darah putih yang cenderung semakin meningkat sebagai upaya perlawanan tubuh melalui sistem imun terhadap infeksi yang tengah terjadi tersebut.

2.Gangguan ginjal

  • Gangguan ginjal bisa berujung pada terjadinya peradangan yang biasa disebut dengan istilah medis glomerulonefritis biasanya sebagaian besar disebabkan lantaran adanya infeksi bakteri streptokokus yang bisa juga bermula menyerang tenggorokan, terjadi infeksi ginjal atau sering disebut pileonefritis dan juga bahkan tersebab lantaran pengaruh minum obar tertentu.
  • Gangguan ginjal ini khusus pada area kanan organ akan memberikan gejala rasa nyeri pada area perut kanan tepat di bawah bagian tulang rusuk kita.
  • Seiring dengan semakin parahnya peradangan ataupun infeksi yang terjadi maka penderita juga akan mulai mengalami keluhan demam sebagai efek sampingnya.
  • Gangguan berkemih bisa menjadi penanda khas dari sakit yang satu ini, mulai dari terganggu yakni jarang bisa berkemih apalagi secara lancar, plus juga disertai dengan munculnya bau dan juga warna abnormal pada urin penderita. Abnormalitas ini bisa terasa urin memiliki bau busuk atau tak sedap sedangkan bisa memiliki warna keruh atau mungkin cenderung memiliki semburat kemerahan lantaran kandungan protein, bakteri maupun sel darah yang terdapat meningkat dalam urin penderita secara abnormal tersebut.
  • Hal selanjutnya yang menandai tengah terjadinya gangguan ginjal yakni mulai muncul gejala kebengkakan mulai dari area wajah atau juga pada baian tubuh lainnya semisal pada kaki penderita lantaran tak berfungsi sempurnanya organ ginjal sebagai pengorganisir persebaran cairan tubuh secara optimal layaknya seperti biasanya ketika normal.
  • Nyeri yang selanjutnya juga bisa menjalar sampai menembus bagian punggung kanan dan juga sampai pada area pangkal paha dan pastinya menimbulkan efek panas seperti terbakar saat penderita tengah berkemih.
  • Untuk pemeriksaan penegakan diagnosa bisa dilakukan cek visualisasi demi mengetahui keadaan ginjal yang sebenarnya pun juga dapat dibantu dengan cek urin pasien dalam laboratorium untuk mengamati kondisi fisik maupun mikroskopik terhadap keadaan urin yang sedikit banyak bisa menggambarkan petunjuk perihal apa yang tengah terjadi pada ginjal penderita tersebut agar selanjutnya bisa dilakukan terapi pengobatan yang tepat sasaran dan ampuh.

Baca juga: Sakit Perut Sebelah Kanan BawahJenis Sakit PerutGejala Sakit di Bawah Perut

3.Gangguan hati

  • Biasanya terjadi peradangan hati atau yang biasa juga disebut sebagai hepatitis. Penyebabnya tentulah beragam mulai dari ifeksi mikroba layaknya jenis bakteri ataupun juga virus, pengobatan tertentu atau juga pola hidup tak sehat semisal konsumsi alkohol secara bebas.
  • Rasa nyeri dapat menyerang perut kanan bawah rusuk yang disertai dengan perut cenderung terasa penuh dan tidak nyaman. Kondisi hati pun mengalami kebengkakan yang menimbulkan gangguan pada kondisi penderita.
  • Serangan demam juga bisa melanda pasien dengan kondisi tubuh yang semakin menurun pun disertai perasaan mual ataupun bahkan muntah. Pucat sampai kuning bisa menyerang pasien. Tinja khas berwarna pucat sedangkan urin berwarna gelap lantaran tak berfungsinya hati secara optimal dikarenakan sakit yang tengah mendera. Bahkan gangguan tenggorokan dan juga kelenjar getah bening juga bisa saja menyertai gejala yang dikeluhkan oleh pasien.

4.Pneumonia

  • Biasa juga disebut dengan paru-paru basah. Jika terjadi pada area organ kanan maka terasa nyeri pada bagian dada kanan ataupun pada perut kanan bavian atas. Biasanya disebabkan lanataran adanya mikroba dan juga sebab lainnya sebagai pemicu sakit yang satu ini.
  • Ciri khas yang menandai bibir penderita terlihat pucat atau bahkan kebiruan dan juga disertai dengan batuk tak kunjung sembuh dengan dahak yang banyak dan juga parah dan disertai pula dengan gangguan pernafasan pada pasien.
  • Tubuh pasien cenderung terasa lebih lemah dan semakin menurun kondisinya disertai pula dengan gejala demam yang mendera sebagai penanda tengah terjadi proses infeksi mikroba dalam tubuh penderita.
  • Pemeriksaan laboratorium bisa dilihat dari darah dengan hasil peningkatan leukosit secara signifikan sebagai penanda infeksi dan juga pada visualisasi radiologi pada ronsen dada pun akan ditemukan masalah pada area paru-paru penderita.

Baca juga: Penyebab Panas pada PerutCara Menghilangkan Angin dalam PerutGejala Kram PerutSakit Perut Sebelah Kiri Bawah

5.Pleuritis

  • Peradangan yang satu ini mengarah pada area selaput pembungkus paru-paru yang bisa disebabkan lantaran adanya cidera, infeksi mikroba bik jenis virus atau juga jenis bakteri, emboli paru  maupun juga lantaran manifestasi dari beragam sakit autoimun yang bisa merusak jaringan tubuh penderitanya.
  • Rasa nyeri yang mendera dada atau juga perut kanan atas bisa terjadi utamanya kala penderita tengah bersin maupun batuk. Jenis batuk yang dikeluhkan pasien ialah jenis batuk kering. Demam jua bisa menyertai keluhan penderita. Dan pastinya keluhan sesak nafas pun juga akan jamak dijumpai pada penderita sakit satu ini.
  • Tes labiratorium biasanya dilakukan dengan cek radiologi baik dengan sinar x maupun juga dengan scan secara menyeluruh demi mendapatkan gambaran detail mengenai keadaan pleura yang sesunguhnya tersebut.

6.Cidera

Beberapa cidera bisa saja mengakibatkan nyeri pada perut, mulai dari cidera jaringan lunak semisal terjadinya kebengkakan maupun hematoma yang menyebabkan memar lantaran ada pembuluh darah pecah yang mengakibatkan nyeri pada penderita cidera tersebut. Pun untuk jaringan keras bisa terjadi jika cidera tersebut mengenai tulang rusuk dan menyebabkan kerusakan maupun keretakan yang bisa memicu terganggunya kinerja organ vital dan pastinya disertai pula dengan rasa nyeri yang mendera. Beberapa abses yang tercipta lantaran terjadi cidera juga bisa memunculkan keluhan mulai dari nyeri, demam hingga gangguan nafas pada penderitanya tersebut.

7.Herpes zoster

Sakit yang satu ini terhubung dengan sistem persyarafan namun dengan gejala penanda terjadinya infeksi serta peradangan akibat virus bisa ditemukan dalam permukaan kulit. Bisa saja virus penyebabnya menginfeksi bagian tubuh kanan dan juga menimbulkan keluhan sakit maupun rasa nyeri pada bagian kanan tubuh tak terkecuali juga pada area dada maupun perut bagian kanan. Sangat disarankan untuk tidak bergantian barang pribadi dengan oran lain demi usaha untuk meminimalisir penularan sakit yang satu ini.

Baca juga: Perut Terasa PenuhPenyebab Kram Perut Bagian BawahPenyebab Kram PerutObat Perut Kembung pada Anak

8.Kanker

Jika terjadi kanker pada bagian organ vital sebelah kanan mau tak mau ini pun akan dikeluhkan sebagai sakit perut kanan oleh para penderitanya. Sakit bisa saja menyerang mulai dari organ hati, paru-paru maupun lambung dan seterusnya. Sedangkan gejala yang biasanya dirasakan pasien selain rasa nyeri mendera yakni bisa saja terjadi pelemahan kondisi pasien lantaran berkurang drastis nafsu makan pasien. Dan juga disertai pula pastinya dengan penurunan berat badan pasien secara signifikan. Kemunculan kenker ganas ini disebabkan lantaran keberadaan zat pemicu semisal radikal bebas maupun geneik dan hal lainnya yang cenderung menarah pada gaya hidup tak sehat yang diterapkan oleh pasien selama hidupnya. Semoga info ini bermanfaat.