6 Macam Penyakit Perut Disertai Anjuran Jitu Dari Tim Dokter Untuk Penyembuhan

177

Siapa pun pastilah pernah mengalami sakit perut. Penyakit ini ditandai dengan rasa nyeri teramat sangat diantara daerah dada dan panggul. Jika kondisi buruk ini dibiarkan begitu saja maka akan menjadi sakit kram, mudah merasa kesal, letih, lesu dan pegal – pegal serta dalam kondisi intermiten.

Kami rangkum dari berbagai sumber berita akan menjelaskan lebih lanjut tentang beberapa hal yang membantu menjelaskan apa itu sakit perut jika anda meninjau dari gejala yang diperlihatkan. Selanjutnya agar mampu mengambil tindakan sigap terhadap pertolongan pertama kepada si penderita dengan segera membawa ke dokter jika kasus yang anda alami adalah berat.

1/Penyebab Sakit Sembelit

Sembelit merupakan kondisi buruk terhadap sistem pencernaan dimana anda kesulitan BAB dalam satu hingga beberapa hari. Secara garis besar kasus sakit perut ini disebabkan karena usus besar terlalu banyak menyerap air dari makanan / minuman yang anda konsumsi setiap hari.

Gejala – gejala yang diperlihatkan antara lain : rasa nyeri pada bagian perut yang kadang – kadang muncul lalu hilang lalu muncul, begitu seterusnya. Lokasi utama berada di sekitar pusar pada perut anda.

Mengetahui penyebab munculnya sembelit : karena anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan / minuman yang banyak mengandung lemak serta kurang mengkonsumsi sayuran. Pada kasus sembelit akut, muncul karena mekanis terhadap usus terhalang seperti adanya radang pada dinding usus, gejala kanker atau kondisi usus yang menonjol keluar.

Bagaimana cara mengobati sakit sembelit : anda wajib mengkonsumsi obat yang disesuaikan dengan penyebab sembelit yang sedang anda derita. Apabila penyebabnya adalah kotoran yang menumpuk terlalu banyak dan keras di dalam perut maka aplikasikan obat yang berfungsi untuk melunakkan tinja, membuat dan membantu saluran pencernaan menjadi ringan sehingga besok pagi dengan mudah anda melakukan BAB atau selingi dengan meminum obat yang berfungsi menyerap cairan.

2/Penyakit Maag

Maag atau dalam dunia medis dikenal dengan istilah radang lambung / tukak lambung merupakan sebuah kondisi luka yang rasanya sangat perih dibagian lapisan lambung. Maag akut termasuk ke dalam kelompok penyakit ulkus peptikum adalah kondisi luka yang berakibat buruk terhadap lambung dan usus kecil. Pada umumnya menyerang lapisan lendir tebal yang setiap hari berfungsi sebagai pelindung area perut dari kondisi berkurangnya cairan pencernaan. Nah kondisi buruk inilah yang memunculkan kondisi dimana asam – asam pencernaan mulai berubah sifat menjadi menggerogoti jaringan pelapis perut sehingga menimbulkan luka yang cukup parah.

Gejala – gejala maag adalah menyerangnya rasa nyeri pada daerah ulu hati, disertai kondisi buruk lainnya yaitu merasa mual – mual, perut kembung, muntah, muduah kenyang dan saat anda merasa lapar mudah bersendawa.

Penyebab munculnya sakit maag adalah terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gas seperti kol, sawi atau ubi. Atau mengkonsumsi secara berlebihan minuman seperti kelompok minuman kopi, soda dan alkohol. Pemicu yang lainnya adalah karena stres, merokok berlebihan, atau mengkonsumsi obat – obatan penghilang rasa sakit seperti obat rematik.

Mengobati sakit maag adalah sebagai berikut dengan minum obat – obatan yang mengandung zat antasida dalam porsi tepat guna mengatasai gejala awal anda terkena maag. Antasida berfungsi sebagai media untuk menetralisir asam lambung. Namun jika dalam beberapa hari sakit anda semakin tajam maka dianjurkan untuk bertemu dengan dokter. Imbangi dengan mengkonsumsi makanan yang membuat kinerja lambung dalam kondisi normal / sehat seperti hindari makan makanan yang terlalu asam / pedas disertai makan pagi, siang dan malam yang teratur.

3/Penyakit Kolera

Penyakit Kolera merupakan penyakit yang muncul karena adanya bakteri jahat di dalam tubuh bagian perut yang menyebar dan terkontaminasi sangat mudah dan cepat melalui air. Kolera dapat memicu tubuh anda terserang diare akut sehingga menyebabkan badan terdehidrasi. Jika tidak segera ditangani maka akan berakibat fatal terhadap si penderita !

Gejala – gejala Kolera adalah bagian perut seperti ditekan, rasa nyeri terutama dibagian bawah perut diikuti dengan kondisi kejang – kejang pada otot perut. Selanjutnya anda akan terkena perasaan ingin muntah – muntah dan mual setelah mengalami mencret. Kolera dalam dunia medis dikenal dengan istilah muntaber karena gejala utama adalah muntah – muntah sambil BAB.

Penyebab anda terkena Kolera adalah adanya kuman bernama Vibrio Choolerae atau iBacillus Coma yang menyebar melalui makanan / minuman tercemar kotoran.

Cara mengobati Kolera adalah dengan segera mengganti cairan tubuh yang banyak hilang melalui mencret dengan garam oralit. Apabila cairan tubuh kehilangan dalam jumlah besar dan si penderita tidak mampu menerima cairan dari mulut maka cairan yang akan dimasukkan ke dalam tubuh diberikan dengan cara diinfus.

4/Penyakit Usus Buntu

Yang dimaksud dengan penyakit Usus Buntu adalah terjadinya kondisi buruk yaitu peradangan akut di area Usus Buntu yaitu berupa kantong yang berbentuk jari guna memproyeksikan kinerja kerja melalui usus besar pada bagian sisi kanan bawah perut anda.

Gejala anda terkena usus buntu adalah munculnya rasa nyeri teramat sangat pada perut bagian kanan bawah disertai dengan rasa mual dan muntah, nyeri secara terus – menerus yang kadangkala akan bertambah parah jika anda bergerak seperti jalan – jalan. Badan mudah terserang demam sebagai akibat rasa sakit berlebihan dan menyebabkan anda kadang – kadang tak sadar sehingga memegang terus bagian perut yang sakit sambil mengaduh – aduh !

Yang memicu munculnya Usus Buntu adalah adanya kuman – kuman penyakit atau bakteri berlebihan masuk ke dalam organ tubuh manusia terhubung dengan bagian perut.

Bagaimana cara mengobati Usus Buntu : jika pada suatu hari anda terjangkit gejala sakit perut yang teramat sangat hingga membuat anda merasa tak sadar maka dianjurkan untuk segera menghubungi dokter. Kemungkinan besar anda terkena gejala awal infeksi akut terhadap Usus Buntu. Tindakan akhir dari dokter biasanya mewajibkan anda untuk melalui operasi. Karena operasi adalah cara terbaik dilakukan guna menyembuhkan sakit perut ini dimana jika anda lalai dan membiarkan begitu saja kondisi ini bersarang dalam perut akan membuat usus pecah, lalu menyebar ke seluruh area perut dan akan berakibat fatal terhadap keseluruhan dari kesehatan perut anda.

5/Penyakit Batu Empedu

Penyakit ini merupakan sebuah kondisi buruk dimana terjadi endapan cairan terhadap pencernaan yang nantinya akan membentuk kandung empedu. Yang dimaksud dengan kandung empedu adalah organ kecil yang mempunyai bentuk menyerupai buah pir terletak pada bagian sisi kanan perut yaitu tepat di bawah hati. Kandung empedu memiliki fungsi untuk menampung cairan pencernaan / empedu untuk dilepaskan ke usus kecil.

Gejala awal yang diperlihatkan pada batu empedu adalah nyeri ulu hati yang kondisinya muncul hilang muncul hilang, begitu seterusnya. Kadang – kadang apabila kondisi tubuh anda lemah maka rasa nyeri akan menular ke bagian belakang tubuh anda.

Yang menyebabkan terjadinya kondisi batu empedu adalah terlalu berlebihan mengkonsumsi makanan berlemak atau erat hubungannya dengan kandungan kolesterol dalam jumlah yang terlalu tinggi. Seperti dijelaskan di atas bahwa batu empedu terjadi karena adanya endapan kolesterol, bilirubin atau garam kalsium lainnya di dalam kantung empedu atau sekitar saluran empedu.

Cara mengobati sebagai tindakan pertama untuk pertolongan pada si penderita adalah jalani pemeriksaan rutin yaitu melalui USG Abdomen yang dapat mendeteksi bahwa anda positif tekena penyakit batu empedu maka dianjurkan untuk mengikuti operasi saja. Terutama untuk kondisi batu kalsium atau batu non kalsium yang kondisinya sudah terlanjur membengkak lalu mengeras. 

6/Penyakit Batu Ginjal

Penyakit ini merupakan sebuah kondisi buruk dimana terdapat endapan mengeras pada ginjal yang pertama kali berasal dari tumpukan garam dan mineral. Penyebab yang lainnya adalah cukup beragam yang bisa mempengaruhi kondisi pada area saluran kemih dimulai dari ginjal untuk selanjutnya ditularkan ke kandung kemih. Pada beberapa kondisi ditemukan tumpukan urin membentuk menjadi kondisi terkonsentrasi yang selanjutnya memungkinkan zat mineral berubah menjadi saling menempel pada dinding ginjal lalu mengkristal.

Gejala yang diperlihatkan terhadap batu ginjal adalah : rasa nyeri dibagian perut sebelah kiri atau kanan bawah yang jika dibiarkan begitu saja maka akan menular ke area penis. Rasa nyeri ini khusus menyerang apabila batu ginjal anda sedang kambuh, terasa sakit yang tajam karena saluran kemih terlalu tegang dan meregang sebagai akibat air seni tertahan dan tidak keluar dengan lancar.

Penyebab munculnya batu ginjal adalah adanya kondisi batu ureter pada saluran kencing yang menyebabkan rasa nyeri akan muncul lalu hilang begitu seterusnya dengan intensitas rasa sakit akan menjadi semakin hebat saat anda ingin kencing.

Cara mengobati / memberikan pertolongan pertama pada si penderita adalah dengan minum obat penghilang rasa sakit yang saat ini sudah dijual bebas pada toko – toko obat / apotik berfungsi untuk mengurangi rasa nyeri teramat sangat. Namun jangan sembarang membeli obat karena tergantung kepada kondisi intensitas rasa sakit terutama jika rasa sakit yang diderita sudah melampaui batas.

Dianjurkan untuk mengunjungi dokter sebagai tindakan mendapatkan pertolongan pertama untuk meringankan si penderita dimana dokter biasanya akan memberikan obat – obatan penghilang rasa sakit melalui suntikan. Namun apabila kondisi batu ginjal anda sudah akut maka wajib mengikuti operasi seperti saran terakhir dari tim dokter guna penyembuhan tahap akhir.

Nah dengan mengenal ragam penyakit perut tersebut di atas terutama untuk kondisi terakhir yaitu batu ginjal merupakan sebuah pembelajaran bahwa anda harus rajin minum air putih apalagi jika terlalu sering berada pada ruang yang berAC.

Semoga bermanfaat !