Cedera Engkel – Penyebab, Ciri-ciri, Penyembuhan, Pencegahan

3160

Bagi seorang atlet atau seseorang yang memiliki hobi dalam olahraga memang tidak jarang mengalami berbagai cedera, selain cedera hamstring dan cedera ligamen adapula cidera yang dapat dialami oleh atlet yaitu cidera engkel. Cidera engkel lebih sering disebut dengan terkilir atau keseleo, biasanya cidera ini akan terjadi pada pergelangan kaki. Daerah pergelangan kaki adalah daerah Tempat bertemunya tiga tulang yaitu tulang kering tulang talus dan tulang kaki yang dimana tulang-tulang tersebut dihubungkan oleh ligamen otot, ketika ligamen otot mengalami perenggangan yang berlebihan maka ligamen otot tersebut akan mengalami cedera, saat cidera terjadi maka aliran darah akan meningkat. Hal itu menyebabkan sel darah putih menjadi banyak dan terjadinya peradangan sehingga akan menyebabkan terjadinya cidera engkel. (Baca Juga: Cara Mengatasi Pengapuran Tulang , Cara Mengatasi Tulang Belakang Sakit)

Seperti cedera-cedera lainnya cidera engkel secara umum akan terasa nyeri ketika kita melakukan tekanan tekanan tertentu. Adapun beberapa penyebab, ciri-ciri terjadinya cidera engkel, cara mengatasi dan cara pengobatan serta penyegahan cidera engkel akan dibahas di bawah ini. Ketika kita sudah mengetahui beberapa penyebab cedera engkel penyembuhan cedera engkel pencegahan cedera engkel dan informasi lain yang berhubungan dengan cedera engkel diharapkan agar kita dapat terhindar dari berbagai penyakit cidera terutama cidera engkel. (Baca Juga: Terapi Sakit Pinggang)

Penyebab Cedera Engkel

Cidera engkel dapat disebabkan karena beberapa hal diantaranya adalah:

  1. Kurangnya pemanasan sebelum melakukan aktivitas

salah satu penyebab terjadinya cedera engkel adalah kurangnya pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik seperti olahraga dance ataupun aktivitas aktivitas lainnya. Melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas berat atau aktivitas fisik sangatlah diperlukan hal ini agar kita dapat terhindar dari berbagai macam cidera seperti cidera ligamen cidera hamstring cidera engkel dan cidera cidera lainnya. (Baca Juga: Tahap Penyembuhan Patah Tulang)

  1. Kurangnya pendinginan setelah melakukan aktivitas

Setiap setelah melakukan aktivitas maka perlunya melakukan pendinginan,  Hal ini dilakukan agar kita dapat terhindar dari berbagai cedera seperti cedera hamstring cidera ligamen dan cidera engkel. Cedera-cedera tersebut dapat terjadi ketika kita tidak melakukan pendinginan setelah melakukan aktivitas. Atau dengan kata lain tubuh dipaksa untuk terus beraktivitas ketika tubuh sudah merasa lelah,  otot-otot yang lelah namun terus dipaksa untuk beraktivitas akan menyebabkan mudahnya terkena cedera.  bagi Anda yang memiliki aktivitas fisik berat maka dianjurkan melakukan pendinginan atau istirahat sejenak setelah melakukan aktivitas tersebut. Agar anda dapat terhindar dari berbagai macam Cedera yang akan ditimbulkan karena kurangnya istirahat atau pendinginan. (Baca Juga: Gejala TBC Tulang)

  1. Melakukan gerakan yang tiba-tiba

Melakukan gerakan secara tiba-tiba di mana saat melakukan gerakan tersebut kaki tidak mampu menumpu pada lantai dengan sempurna sehingga hal tersebut menyebabkan kaki menjadi keseleo atau cidera engkel, Untuk itu maka anda perlu memperhatikan setiap gerakan Anda agar anda dapat terhindar dari penyakit cedera engkel. Ketika seseorang mengalami keseleo atau cidera engkel maka akan mengganggu aktivitas aktivitas yang akan dilakukan setiap hari. (Baca Juga: Cara Mengobati Kaki Bengkak akibat Kecelakaan)

  1. Tulang sendi dipaksa menekuk

salah satu penyebab terjadinya cidera engkel adalah ketika tulang sendi dipaksa untuk menutup lebih dari yang biasa dilakukan tulang sendi tersebut atau lebih dari normal nya, hal ini akan menyebabkan terjadinya rasa sakit dan nyeri pada ikatan sendi. Ketika kaki menekuk ke dalam tubuh dan ketika mata kaki menopang seluruh berat badan maka hal ini dapat menyebabkan terjadinya cedera engkel atau sering disebut dengan keseleo.  (Baca Juga: Obat Nyeri Tulang Kaki)

  1. Pernah mengalami cedera engkel

Seseorang yang pernah mengalami cedera engkel akan lebih rentan mengalami cedera engkel lagi. Sebab jika seseorang pernah mengalami cedera ankle berarti ligamen yang ada pada orang tersebut sudah tidak normal untuk itu Mengapa seseorang yang pernah mengalami cidera engkel akan mudah mengalami cedera engkel yang kedua bahkan ketiga kalinya. (Baca Juga: Penyebab Sakit Tulang Belakang)

  1. Berlari atau berjalan pada permukaan yang tidak rata

Berlari atau berjalan pada permukaan yang tidak rata dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya cidera engkel atau keseleo, sebab berlari atau berjalan pada permukaan yang tidak rata akan mudah tersandung yang di mana hal tersebut menyebabkan seseorang mengalami cidera engkel atau keseleo. (Baca Juga: Penyebab Otot Kaku)

  1. Sepatu atau peralatan olahraga yang kurang pas

Menggunakan peralatan yang tidak pas atau menggunakan sepatu yang tidak pas juga merupakan salah satu penyebab terjadinya cedera engkel pada kaki. (Baca Juga: Radang Sendi Jari Tangan , Obat Sirosis Hati)

Selain berbagai penyebab penyebab terjadinya cidera engkel ada beberapa ciri-ciri yang harus anda ketahui Ketika anda mengalami cedera engkel. Ciri-ciri terjadinya cidera engkel adalah sebagai berikut:

Ciri-ciri Cedera Engkel

  1. Rasa nyeri dan tidak nyaman

Saat seseorang terkena cedera engkel biasanya seseorang akan merasakan nyeri ketika mereka melakukan gerakan perpindahan, seperti berjalan berlari maupun aktivitas aktivitas lainnya yang dimana aktivitas tersebut menekan otot pada cidera engkel. Cidera engkel yang sudah parah saat kita berdiri saja biasanya rasa nyeri dan tidak nyaman akan terasa, Hal ini disebabkan karena adanya kerusakan pada ligamen engkel.  (Baca Juga: Terapi Punggung Bungkuk)

  1. Pembengkakan

Salah satu ciri-ciri cidera engkel adalah bagian kaki yang terkena cedera akan terlihat membesar atau mengalami pembengkakan, Hal ini disebabkan karena bagian yang terkena cidera engkel mendapatkan tekanan secara terus-menerus sehingga cidera engkel semakin parah dan akhirnya menyebabkan pembekakan pada bagian tersebut. (Baca Juga: Cara Melancarkan Peredaran Darah)

  1. Rasa sakit

Rasa sakit ini sebenarnya hampir sama dengan rasa nyeri,  rasa sakit ini lebih tinggi tingkatan sakitnya daripada rasa nyeri sebab,  jika seseorang mengalami cidera engkel dan merasakan sakit yang berlebih pada bagian yang digunakan di daerah tersebut sudah semakin parah untuk itu cidera engkel harus segera diobati. (Baca Juga:  pertolongan pertama pada patah tulang)

  1. Terdapat ruang kosong dalam sendi

Ketika seseorang terkena cedera engkel maka seseorang akan merasakan ada ruangan kosong di dalam sendi engkel, bagi Anda yang merasakan terdapat ruangan kosong di dalam sendi engkel berarti dapat diambil kesimpulan bahwa Anda terkena cedera engkel, sebab Salah satu ciri ciri cidera engkel adalah terdapat ruangan kosong di dalam sendi engkel. (Baca juga: Terapi Perilaku Kognitif )

Selain penyebab dan ciri-ciri dari cedera angkle ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengobati cidera engkel, dengan cara pengobatan ini akan membantu anda untuk menyembuhkan cidera engkel. Adapun beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menyembuhkan cidera engkel secara umum adalah::

Cara Menyembuhkan Cedera Engkel

  1. Istirahat

Salah satu cara mengobati cedera engkel adalah dengan beristirahat agar tidak menjadi penyebab badan lemas, beristirahat dapat dilakukan ketika otot-otot sudah melemah dan merasa cepat lelah, otot yang lelah akan mudah terkena cedera engkel untuk itu setelah melakukan aktivitas dianjurkan beristirahat sejenak, Hal ini dilakukan agar tidak terjadi cidera engkel. Bahkan ketika anda sudah mengalami cedera ankle ini dengan beristirahat merupakan salah satu cara yang dapat menyembuhkan cidera engkel tersebut. Dengan mengistirahatkan kaki yang terkena cidera akan membantu mempercepat pemulihan atau pengobatan kaki yang terkena cedera. (baca juga : Penyebab akibat kurang tidurciri-ciri kurang tidur)

  1. Membalut bagian yang terkena cedera

Membalut bagian yang terkena cedera merupakan salah satu cara untuk mengobati cidera engkel, membalut bagian yang terkena cedera dapat mengurangi terjadinya pembengkakan atau terjadinya cidera yang semakin parah. Kaki yang terkena cidera akan lebih aman jika dilakukan pembangunan, balutlah kaki yang terkena cidera menggunakan kain, jangan membalas pakaian terkenal didaerah terlalu panjang Karena akan menyebabkan kaki yang terkena cedera semakin membengkak, namun parutlah kaki yang terkena cidera sedang-sedang saja dengan tujuan untuk melindungi kaki yang terkena cedera dan menghindari dari pembengkakan yang akan terjadi. (Baca Juga: Tanda Tanda Kaki Berdenyut , Penyebab Kram Pada Kaki)

  1. Mengangkat kaki

Salah satu cara mengobati cidera engkel lainnya adalah dengan mengangkat kaki, namun mengangkat kaki atau memposisikan kaki lebih tinggi tidak dengan membiarkannya tanpa alas, cara penyembuhan mengangkat kaki adalah dengan menggantung atau dengan menatakan kaki ke bantal. Memposisikan kaki lebih tinggi dapat membantu untuk memperlancar aliran darah yang ada di dalam kaki sehingga cidera Hyang Anda rasakan akan segera hilang. (Baca Juga: Tanda-tanda Rematik , Bahaya Retak Tulang Belakang)

  1. Mengompres dengan air es

Selain dibalut cara pengobatan cidera engkel dapat dengan mengompres kaki yang terkena cedera dengan air es, cara ini sangat efektif digunakan untuk menghindari terjadinya pembengkakan yang semakin parah. Mengkompres kaki yang terkena cidera menggunakan air es dapat mengurangi pembengkakan yang telah terjadi pada kaki yang terkena cedera. Cara ini merupakan salah satu cara yang sering digunakan oleh berbagai kalangan untuk mengobati cidera engkel ataupun mengobati cidera cidera lainnya. Kompres air es juga dapat digunakan untuk cara mengobati asam urat. (baca juga : cara kompres yang benar untuk demam)

  1. Berjalan pelan pelan

Berjalan dengan pelan dapat membantu untuk penyembuhan cidera engkel namun jika hal ini membuat anda semakin merasa nyeri atau sakit maka Berhentilah sejenak dan istirahat untuk memulihkan keadaan otot otot.

  1. Menggunakan tongkat

menggunakan tongkat dapat dilakukan untuk mengobati cedera engkel sebab dengan menggunakan tongkat maka kaki yang terkenal di daerah tidak akan menopang berat badan keseluruhan, jadi hari ini sangatlah efektif digunakan untuk mengobati cidera engkel agar cidera yang kita rasakan segera sembuh. (Baca Juga: Cara Mencegah OsteoarthritisObat Radang Sendi)

  1. Mengkonsumsi obat-obatan tertentu

Dengan mengkonsumsi obat-obatan tertentu terutama obat-obatan yang disarankan dari dokter, cidera yang anda derita akan segera sembuh karena biasanya dokter memberikan resep obat yang dapat menghilangkan rasa nyeri dan rasa sakit yang anda Derita. Sehingga rasa nyeri dan rasa sakit yang anda derita akibat terjadinya cidera engkel akan segera sembuh. Bagi Anda yang mengalami cidera engkel yang parah Anda disarankan untuk memeriksakannya ke dokter agar mendapatkan tindak lanjut. (Baca Juga: Penyebab Radang SendiObat Herbal Nyeri Sendi)

Jika anda telah melakukan berbagai cara pengobatan dan cidera engkel sembuh maka anda perlu melakukan cara pencegahan agar cidera engkel tidak terjadi pada diri Anda, Adapun cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah terjadinya cidera engkel adalah

 Cara Pencegahan Cedera Engkel

  1. Melakukan pemanasan sebelum beraktifitas

Sebelum melakukan aktivitas tertentu seperti olahraga, dance atau olahraga lainnya anda perlu melakukan pemanasan terlebih dahulu, Hal ini bertujuan untuk mengurangi atau mencegah resiko  cidera engkle. Dengan melakukan pemanasan pada awal melakukan sebelum melakukan aktifitas apalagi melakukan olahraga akan membantu untuk mencegah agar engle tidak terjadi atau cedera angkle tidak terjadi. (Baca Juga: Pencegahan Penyakit Flu Tulang)

  1. Melakukan pendinginan setelah beraktivitas

Melakukan pendinginan setelah beraktivitas sangatlah penting dilakukan, melakukan pendinginan bertujuan untuk mengistirahatkan otot-otot yang sudah bekerja. Sehingga otot-otot tidak melemah atau terlalu kecapekan. Otot yang melamar atau terlalu kecapekan menyebabkan mudah terjadinya cidera engkel. Lakukanlah pendinginan setelah beraktivitas pendinginan ini bisa dilakukan dengan cara ber istirahat yang cukup. (Baca Juga: Obat Patah Tulang Tangan)

  1. Menggunakan sepatu atau peralatan olahraga yang pas

Menggunakan sepatu atau peralatan olahraga yang tidak pas juga merupakan salah satu penyebab terjadinya cidera engkel. untuk itu agar kita dapat terhindar dari cedera engkel maka anda harus menggunakan sepatu atau peralatan olahraga yang pas.  Maka dari itu penyebab salah satu cedera engkle memanglah karena sepatu yang digunakan tidak pas, maka dari itu untuk menggunakan sesuatu haruslah pas, bahkan jika sepetu yang ditunakan tidak pas bukan hanya akan menyebabkan cedera engkel tapi juga dapat menyebabkan lecet atau cedera yang lainnya. (Baca Juga: Kelainan Tulang Akibat Posisi Duduk Yang Salah)

  1. Tidak melakukan gerakan tiba-tiba

seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa salah satu penyebab terjadinya cedera adalah karena kita melakukan gerakan secara tiba-tiba. Yang di mana gerakan tersebut menyebabkan kaki tidak mampu pada lantai dengan sempurna, untuk itu agar kita dapat terhindar dari berbagai macam cedera atau cidera engkel adalah dengan menghindari melakukan gerakan secara tiba-tiba. Terkadang gerakan yang tiba-tiba atau spontanitas dapat menyebabkan cedera seperti kecetit atau nyeri sendi, bahkan gerakan tiba-tiba sering menyebabkan kesleo.  (Baca Juga: Tahap Penyembuhan Patah Tulang)

  1. Melatih kekuatan otot

cara mencegah terjadinya cedera engkel adalah dengan melatih kekuatan otot, jika kekuatan otot kita sudah terlatih maka kita dapat terhindar dari berbagai macam cidera, terutama cidera engkel. Salah satu penyebab terjadinya cidera adalah karena kekuatan otot tidak seimbang atau otot melemah, untuk itu sangat penting menjaga keseimbangan dan kekuatan otot pada diri kita. Jika otot Kita kuat maka kita dapat terhindar dari berbagai macam cidera. (Baca Juga: Ciri-ciri Osteoporosis)

  1. Mengkonsumsi makanan yang bernutrisi

Dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi atau makanan yang mengandung banyak khasiat atau manfaat untuk kesehatan sangat dianjurkan, dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan memiliki banyak nutrisi akan membantu anda untuk mengatasi atau mencegah terjadinya berbagai macam cedera terutama cidera engkel. (Baca Juga:  Efek Akibat Terkena Radiasi NuklirBahaya Ikan Lele)

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan cidera engkel, Semoga dengan adanya artikel ini kita dapat terhindar dari cidera engkel maupun cidera cidera lainnya, sebab seperti yang telah anda ketahui bahwa cidera sangatlah mengganggu Aktivitas keseharian kita. Terlebih bagi Anda yang sering melakukan aktivitas berat, atau bagi anda seorang olahragawan atlet dan juga penari dancer. Ketika anda mengalami cidera pasti Aktivitas keseharian anda akan terganggu Karena rasa nyeri dan pembengkakan yang disebabkan karena cidera tersebut. Untuk itu agar kita dapat terhindar dari cidera engkel maka kita dapat melakukan hal-hal yang telah dipaparkan di atas.