Radang Sendi Jari Tangan – Penyebab dan Pengobatan

1798

Apakah anda pernah mengalami suatu kondisi ketika anda bangun pagi-pagi kemudian area persendian jari anda terasa nyeri? Atau mungkin anda pernah mengalami nyeri pada sendi jari-jari tangan ketika anda terlalu lama memegang kemudi sepeda motor? Jika anda pernah mengalami berbagai hal tersebut maka bisa jadi anda menderita radang sendi jari tangan. Ada beberapa gejala yang menandai radang sendi jari tangan, seperti jari-jari tangan terasa kaku, sendi-sendi tangan menjadi bengkak,dan juga jari-jari tangan yang sulit untuk dilipat seperti biasanya. Selain itu, gejala lain yang mungkin akan muncul adalah membengkaknya ruas-ruas jari pada setiap pagi. Radang sendi jari tangan tersebut bisa disebabkan oleh pergerakan jari tangan yang dipaksakan secara berulang. Hanya saja, hal tersebut tidak selalu menjadi penyebab utama mengapa ruas jari tangan mengalami radang.

(Baca juga: nyeri sendi lutut)

Untuk lebih lengkapnya berikut ini  beberapa penjelasan yang terkait dengan radang sendi jari tangan.

Penyebab

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan radang sendi jari tangan.  Inilah beberapa sebab yang dimaksudkan:

1. Orteoarthritis di Bagian Tangan

Penyebab utama dari radang sendi jari tangan adalah orteoarthritis di bagian tangan. Kondisi semacam itu biasanya akan menyebabkan rasa nyeri pada tiga bagian pada tangan anda. Misalnya saja di bagian tengah sendi jari, sendi yang paling dekat dengan ujung jari, dan juga bagian pangkal ibu jari. Biasanya seseorang yang menderita orteoarthritis di bagian tangan akan mengalami beberapa gejala seperti jari tangan yang bengkak, kaku, nyeri, atau bisa juga berupa benjolan yang muncul pada bagian sendi yang terasa sakit. Sementara itu, di bagian belakang jari kemungkinan besar akan muncul kista yang rasanya cukup menyakitkan.

Lambat laun, jika tidak segera ditangani, kondisi semacam ini akan menyebabkan jari yang mengalami radang membengkok ke samping. Tidak hanya itu, pada beberapa kasus anda mungkin juga akan menjumpai kondisi ketika munculnya benjolan di bagian dasar jempol yang dekat dengan sendi pergelangan. Benjolan tersebut biasanya akan menyebabkan rasa sakit dan cukup mengganggu beberapa jenis aktivitas anda seperti saat membuka toples, mengetik, menulis, dan lain sebagainya.

2. Rheumatoid Arthritis

Penyakit ini merupakan salah satu jenis radang sendi. Meskipun hampir sama, namun jangan pernah menyamakan penyakit ini dengan orteoarthritis. Rheumatoid arthritis disebabkan oleh gangguan sistem kekebalan tubuh yang justru menyerang tubuh itu sendiri. Sementara orteoarthritis disebabkan oleh pergerakan dari sendi-sendi itu sendiri. Rheumatoid arthritis yang sudaj kronis akan menyebabkan rasa nyeri pada jari-jari tangan dan juga jari-jari kaki. Lebih tepatnya rasa sakit akan terasa pada selaput yang membungkus cairan sendi atau pada membran senovial anda. Jika kondisi tersebut terus dibiarkan maka akan menyebabkan pembengkakan yang cukup menyakitkan dan bisa menyebabkan kelainan bentuk sendi, dan juga erosi pada tulang penderita.

Penyakit rheumatoid arthritis biasanya diderita oleh orang-orang yang berusia di atas 40 tahun. Penyakit ini biasanya juga diderita oleh wanita dibandingkan laki-laki. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan penyakit ini dapat diderita oleh siapa saja, oleh semua jenis kelamin, dan juga oleh semua umur. Selain radang pada jari tangan, gejala lain yang biasanya akan muncul berupa demam, penurunan berat badan, cepat lelah, dan juga munculnya benjolan dari jaringan di bawah kulit di bagian lengan. Gejala yang muncul pada penyakit ini biasanya tidak menentu. Jika terus dibiarkan dan tidak segera memperoleh penanganan medis, penyakit ini bisa menyebabkan pergeseran sendi.

3. Pirai

Penyakit pirai mungkin masih terdengar asing di telinga anda. Pirai merupakan jenis penyakit radang sendi yang gejalanya ditandai dengan rasa kaku, perih, dan juga bengkaknya persendian. Penyakit ini jika terus dibiarkan  dan tidak mendapatkan penanganan medis bisa menyebabkan kerusakan pada sendi, tendon, dan juga bagian jaringan lainnya. Berbeda dengan rheumatoid arthritis yang lebih sering diderita oleh perempuan, maka penyakit pirai ini lebih sering diderita oleh pria.

Adapun penyebab utama dari penyakit ini adalah terlalu banyaknya kadar asam urat di dalam darah seseorang. Tingkat asam urat yang terlalu tinggi di dalam aliran darah akan menyebabkan asam urat tersebut mengkristal di area persendian hingga menyebabkan radang sendi. Beberapa kondisi juga bisa menyebabkan penyakit pirai, seperti terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol, memiliki berat badan berlebih (obesitas), terlalu banyak mengkonsumsi daging ikan yang telah terkontaminasi bahan kimia, dan juga terlalu banyak mengkonsumsi daging sapi.

Itulah beberapa faktor yang bisa memicu penyakit radang sendi jari tangan. Selain ketiga faktor di atas, radang sendi jari tangan juga bisa disebabkan oleh penyakit diabetes. Meskipun demikian, hingga saat ini belum diketahui pasti mengapa penyakit diabetes bisa menyebabkan radang sendi pada jari tangan.

Rasa nyeri yang muncul secara tiba-tia pada sendi tangan anda bisa menyebabkan anda kaget. Ada baiknya anda segera melakukan pemeriksaan medis dan tidak mengabaikan segala bentuk gejala yang anda rasakan. Jika permasalahan tersebut tidak segera ditangani secara tepat bisa jadi akan menyebabkan komplikasi yang lebih serius yang bisa mengganggu kesehatan anda.

Pengobatan

Jika tidak segera ditangani, seperti yang telah dijelaskan di atas, radang sendi jari tangan bisa menyebabkan komplikasi yang serius, seperti kerusakan tulang, erosi tulang, nyeri yang semakin parah, dan lain sebagainya. Karena itu, nyeri sendi jari tangan harus segera diobati agar tidak menyebabkan komplikasi seperti yang telah disebutkan. Untuk mengobati radang sendi jari tangan (bisa juga untuk mengobati radang sendi lainnya) anda bisa menggunakan beberapa metode berikut ini.

1. Mengontrol Berat Badan

Cara pertama untuk mengobati sekaligus mencegah radang sendi jari tangan ialah dengan mengontrol berat badan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, radang sendi salah satunya disebabkan oleh berat badan yang berlebih. Karena itu, untuk mengobatinya anda harus mengontrol berat badan anda pada taraf yang ideal. Selain mengobati dan mencegah radang sendi jari tangan, mengontrol berat badan juga dapat mencegah penyakit lain seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

2. Rutin Olah Raga

Aktivitas fisik juga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Selain membantu mengontrol berat badan, rutin melakukan olah raga juga berguna untuk mempertahankan fleksibilitas di dalam sendi itu sendiri sehingga bisa mengatasi rasa kaku. Namun ada baiknya juga anda memilih jenis olah raga yang tepat yang dapat menyehatkan persendian. Jenis olah raga yang menahan beban badan seperti berjalan dan berlari bisa merusak persendian. Ada baiknya anda memilih jenis olah raga low impact, misalnya saja aerobik, berenang, atau bersepeda. Jenis olah raga tersebut membantu melenturkan sendi tanpa menambah beban lebih lanjut.

(Baca juga: manfaat olah raga)

3. Terapi Dingin dan Hangat

Menerapkan terapi dingin dan hangat juga bisa anda coba untuk mengobati radang sendi pada jari tangan anda. Terapi dingin bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri. Sementara itu, terapi hangat berguna untuk mengatasi sendi yang kaku. Terapi air dingin atau hangat ini bisa anda lakukan dengan metode mengkompres. Untuk terapi hangat bisa anda lakukan dengan merendam jari tangan anda pada air hangat.

(Baca juga: cara kompres yang benar untuk demam)

4. Meditasi

Anda pasti tidak mengira bahwa meditasi ternyata bisa mengobati radang sendi pada jari tangan. Bukan hanya radang sendi pada jari tangan saja, meditasi juga terbukti bisa mengurangi gejala nyeri pada gangguan persendian lainnya di dalam tubuh. Selain itu, meditasi juga terbukti sebagai metode relaksasi yang efektif untuk menekan resiko stres.

(Baca juga: meditasi untuk kesehatan)

5. Mengkonsumsi Jenis Asam Lemak yang Tepat

Jika anda hendak mengkonsumsi makanan berlemak sebaiknya anda memperhatikan jenis asam lemak apa yang terkandung dalam makanan tersebut. Jangan sampai anda mengkonsumsi makanan dengan jenis asam lemak yang jahat yang justru bisa menyebabkan obesitas dan gangguan kesehatan lainnya. Para ahli menyarankan agar penderita nyeri sendi mengkonsumsi makanan dengan kandungan asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 tidak hanya mengoptimalkan kesehatan tubuh saja, tetapi juga berguna untuk meringankan gejala radang sendi. Anda bisa memperoleh manfaat asam lemak omega 3 dengan mengkonsumsi suplemen minyak ikan.

6. Pemijatan

Metode pijat juga bisa anda pilih untuk meringankan gejala radang sendi jari tangan. Selain mengurangi rasa sakit, metode pemijatan yang tepat juga efektif untuk mengurangi kekakuan pada persendian. Sebelum melakukan pemijatan, pastikan anda memilih ahli terapi fisik yang terpercaya agar hasil yang diperoleh juga optimal. Pemilihan terapis fisik yang tidak tepat justru bisa menyebabkan penyakit semakin parah. Pastikan pula ahli pijat tersebut tahu seluk beluk tentang penyakit radang sendi dan juga tentang kesehatan tulang.

Itulah beberapa hal yang terkait dengan penyakit radang sendi pada jari tangan. Jika anda merasakan gejala jari kaku, nyeri, dan sulit digerakkan maka sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan medis. Anda juga bisa melakukan pengobatan dengan beberapa metode di atas. namun jika sesudah melakukan metode di atas anda belum merasa membaik maka segeralah berkonsultasi dengan dokter.