Home Penyakit dan KelainanSakit Pinggang 21 Terapi Sakit Pinggang Paling Efektif

21 Terapi Sakit Pinggang Paling Efektif

by Erlita

Seringkali, orang-orang yang pada usia produktif mereka akan mengalami keluhan yang dinamakan sakit pinggang dikarenakan pekerjaan. Tapi sakit pinggang sendiri juga lebih sering dialami oleh mereka yang sudah berusia lanjut. Keluhan seperti ini tampak enteng, tapi sakit pinggang pun mampu menjadi penghambat rutinitas dan menimbulkan ketidaknyamanan. Lalu, adakah terapi sakit pinggang yang bisa diandalkan?

(Baca juga: jenis sakit pinggang – ciri-ciri sakit pinggang karena ginjal)

1. Terapi Panas

Untuk mengatasi sakit pinggang, Anda bisa mencoba untuk terapi panas dan dingin di mana botol dengan isi air panas bisa Anda tempelkan pada area pinggang yang sakit. Tak perlu harus menyediakan botol berisi air panas, Anda juga bisa menerapi pinggang dengan cara mandi air panas untuk merilekskan otot-ototnya.

2. Terapi Dingin

Selain terapi panas, ada pula obat alami sakit pinggang yang pas dijadikan terapi, yakni terapi dingin. Kompres dingin adalah istilah tepatnya di mana Anda bisa meringankan sakit pinggang dengan menggunakan handuk berisi es batu. Pastikan untuk tidak secara langsung menempelkan esnya ke kulit sebab bisa menjadi pemicu luka bakar dingin.

3. Senam Yoga

Ada baiknya untuk mengatasi sakit dan nyeri pinggang dengan melakukan senam Yoga yang terkenal itu. Sakit pinggang berkepanjangan sebetulnya tak begitu sulit untuk diobati karena Yoga akan melatih tubuh Anda untuk seimbang dan otot lebih fleksibel. Hanya saja, tak sembarang gerakan yang bisa dilakukan, 6 gerakan inilah yang bisa Anda praktikkan.

  • Bow Pose. Gerakan Yoga satu ini adalah posisi di mana Anda perlu membengkokkan lutut sambil tengkurap. Namun saat lutut ditekuk, Anda perlu mengangkat dada dan kepala serta tangan memegang serta menarik kedua kaki. Paha perlu menempel di atas matras dan gerakan ini dianggap mirip dengan perahu sebab perut Andalah yang menjadi tumpuan.
  • Child Pose. Gerakan Yoga selanjutnya yang paling disarankan adalah posisi di mana tubuh seperti sedang bersujud hanya saja kaki dibuat bersila. Sedangkan untuk tangan, Anda bisa meletakkannya di lantai secara lurus.
  • Boat Pose. Gerakan Yoga yang juga perlu untuk Anda praktikkan ketika sakit pinggang adalah posisi di mana Anda duduk namun dengan kedua kaki diangkat. Hanya bokonglah yang menjadi tumpuan pada gerakan ini dan kaki keduanya bisa diangkat dengan tinggi sejajar kening Anda. Tangan juga perlu Anda luruskan ke arah depan bersama dengan kaki, lalu tahanlah posisi ini selama 7 menit lamanya.
  • Plank Pose. Gerakan Yoga yang cukup mudah selanjutnya untuk dilakukan adalah plank pose di mana posisi ini persis sewaktu Anda ada pada puncak gerakan push-up. Yang perlu dilakukan adalah menekan telapak tangan sementara membusungkan bagian dada ke depan hingga pundak berada tepat di atas pergelangan tangan.
  • Cat Pose. Gerakan Yoga yang juga pas untuk mengatasi dan menerapi sakit pinggang adalah posisi di mana tubuh dibuat seperti tengah merangkak. Letakkan telapak tangan sejajar bahu yang tegak lurus dan kaki keduanya Anda sejajarkan dengan tangan; posisi dibuat seperti sedang berlutut tapi arah telapak kaki menghadap ke atas. Tahan posisi ini kurang lebih 3 menit saja.
  • Cobra Pose. Gerakan Yoga terakhir yang direkomendasikan sebagai obat sakit pinggang adalah posisi di mana Anda ambil posisi tengkurap di matras dengan merapatkan kaki serta lengan. Setelah itu, bagian tubuh atas Anda angkat perlahan dengan kedua tangan dan pingganglah yang menjadi sumber kekuatan ototnya.

(Baca juga: perbedaan sakit pinggang dan ginjal)

4. Tidur

Terapi sakit pinggang yang ampuh dalam merilekskan kembali otot-otot pinggang yang nyeri adalah dengan memperoleh istirahat yang cukup. Cobalah untuk tidur walau memang tidur pun tak akan terasa nyaman. Ubahlah posisi tidur agar pinggang bisa lebih teregangkan dan rasa sakit menjadi lebih ringan, seperti:

  • Kaki bisa Anda agak tekuk ke arah dada apabila Anda memilih untuk tidur miring. Pastikan Anda juga menaruh bantal di antara kedua kaki agar lebih nyaman.
  • Tempatkan bantal tepat di bawah lutut Anda apabila Anda memilih untuk tidur telentang. Cara ini efektif dalam memberikan kenyamanan karena kurva normal punggung bagian bawah akan dapat Anda pertahankan.

5. Relaksasi

Ketika sakit pinggang dialami, tentu relaksasi adalah terapi yang paling baik dan sakit pinggang pun dapat berkurang dengan baik. Sakit pada pinggang sebetulnya adalah akibat dari adanya ketegangan otot, jadi relaksasi adalah terapi yang penting. Tak hanya untuk meredakan sakit pada pinggang, relaksasi juga akan membuat pikiran dan jiwa lebih tenang.

6. Akupuntur

Ketika sakit pinggang begitu membayangi dan terus berkelanjutan, akupuntur dapat menjadi terapi pilihan dalam mengobati sakit pinggang tersebut. Pengobatan Cina kuno ini memang berfokus pada penggunaan jarum pada terapinya, tapi jangan khawatir. Terapi ini banyak membantu masalah kesehatan dan sudah terbukti ampuh, tapi terapi perlu mencakup 10 sesi dalam waktu 12 minggu.

(Baca juga: obat sakit pinggang sebelah kiri)

7. Pereda Sakit Pinggang

Terapi dengan obat pereda rasa nyeri memang bukan terapi atau solusi alami, tapi obat seperti ini dinyatakan kuat dan efektif dalam membuat rasa sakit pada pinggang jauh berkurang. Namun akan lebih baik apabila Anda berkonsultasi dengan dokter lebih dulu supaya dapat mengonsumsi pada dosis yang tepat. Biasanya, dokter juga akan memberikan resep khusus pelemas otot yang akan membuat kejang otot menjadi lebih ringan.

8. Antidepresan

Selain terapi obat pereda nyeri, terapi lain yang juga termasuk efektif adalah dengan menggunakan obat antidepresan. Meski masalah utama di sini bukanlah gejala depresi, tapi dokter kemungkinan bakal memberi resep ini supaya sakit pinggang dapat teratasi dengan baik. Ketika obat pereda nyeri biasa tak begitu efektif bagi Anda, antidepresan adalah jenis obat yang mampu menjadi solusi bagi sakit pinggang membandel alias berkepanjangan. Jadi untuk kasus sakit persisten, antidepresan adalah pilihan yang tepat.

9. Suntikan Sendi Facet

Terapi berikutnya yang juga termasuk umum diberikan kepada penderita sakit pinggang adalah suntikan sendi facet. Prosedur ini memanfaatkan suntikan anestesi atau steroid pada sendi facet di mana sendi ini adalah penghubung antar tulang belakang. Terapi ini pun diketahui efektif dan memberikan hasil yang cukup baik bagi pinggang dan sendi tulang belakang Anda.

(Baca juga: gejala sakit pinggang)

10. Pijat

Dalam meredakan rasa sakit di bagian pinggang, terapi pijat merupakan solusi lain yang juga efektif untuk dicoba. Pijat mingguan di mana dalam waktu 10 minggu saja mampu menjadi pengurang rasa sakit di bagian pinggang. Manfaat dari terapi pijat ini diketahui mampu bertahan selama 6 bulan kurnag lebihnya.

Hanya saja, manfaat diperkirakan dapat menjadi berkurang sesudah lewat 1 tahun. Pada terapi pijat yang dimaksud ini, fokusnya adalah manipulasi tulang belakang yang tentunya akan dilakukan oleh seorang terapis ahli pijat profesional. Model terapi ini juga akan meliputi latihan berbeda yang tujuannya agar mobilitas tulang dan sendi bisa kembali seperti biasa.

11. Obat Tradisional

Terapi dengan obat tradisional juga sangat boleh dicoba dan dipraktikkan di rumah apabila Anda lebih meyakini khasiat dari bahan-bahan sederhana nan alami.

  • Temulawak. Temulawak tak hanya berguna bagi yang mengidap asam lambung. Bahan ini bisa Anda rebus secukupnya bersama dengan daun dewa dan hia Cina. Ketika air tinggal sepertiga dan sudah mendidih, angkatlah, lalu minum airnya sewaktu masih hangat.
  • Jahe. Selain menjadi obat batuk, rempah ini bisa Anda iris-iris bersama dengan cabai rawit untuk difermentasikan dengan alkohol sebanyak 75 persen selama 2 minggu. Barulah sesudah 2 minggu larutan fermentasi ini bisa dipakai sebagai obat oles bagi pinggang yang nyeri.
  • Jagung. Sediakan rambut jagung bersama dengan adas, buah takokak dan jahe merah secukupnya di mana kemudian semuanya direbus bersama air 1 liter. Didihkan dan tunggu sampai tersisa separuh saja airnya. Barulah Anda bisa angkat dan meminum ramuan yang hangat ini supaya membuat rasa nyeri dan sakit pada pinggang mereda.
  • Bawang merah. Walau ada efek samping bawang merah, efek dari bawang merah ini bersama dengan sun boi an angco dan jahe merah sangatlah baik. Seluruh bahan tersebut bisa direbus dengan air secukupnya dan ketika sudah mendidih dan air tinggal separuh, Anda bisa meminum ramuan ini untuk menyembuhkan rasa nyeri di bagian pinggang Anda.
  • Daun dewa. Rebuslah daun dewa bersama dengan jahe merah, temu hitam, dan juga akar sawi langit. Air rebusan inilah yang akan membuat sakit pinggang Anda mereda dengan sempurna. Minumlah air rebusan saat masih dalam kondisi hangat secara teratur supaya rasa sakitnya bisa berkurang dan lama-kelamaan mereda.

(Baca juga: gejala sakit pinggang sebelah kiripenyebab sakit pinggang sebelah kiri)

Terapi sakit pinggang cukup beragam bukan? Ada berbagai pilihan bagi Anda dalam mengatasi sakit pinggang. Namun kompres panas dingin serta posisi tidur yang diubah akan jelas membuat Anda lebih baik.

You may also like