15 Obat Sakit Pinggang Sebelah Kiri Paling Efektif

10362

Sakit pinggang adalah kondisi yang cukup sering dialami oleh orang dewasa, apalagi yang berkegiatan padat. Ada macam-macam kelihan sakit pinggang, seperti rasa sakit yang terjadi di pinggang sebelah kiri, tengah, atau malah sebelah kanan. Namun yang paling umum pada kondisi sakit pinggang justru adalah sakit pinggang sebelah kiri.

Ada sejumlah kemungkinan penyebab dari terjadinya sakit pinggang sebelah kiri. Kemungkinan infeksi, cedera, maupun peradangan dapat menimbulkan rasa nyeri di bagian pinggang. Di bawah ini beberapa kondisi yang diketahui merupakan penyebab dari sakit pinggang terutama yang ada di sebelah kiri:

  • Stenosis spinal – Kondisi satu ini juga diketahui sebagai penyakit penyempitan tulang belakang. Namun diketahui pula bahwa stenosis spinal ini adalah sebuah gangguan yang terjadi di bagian sumsum tulang belakang. Keadaan ini pada umumnya cenderung terjadi pada orang dewasa, terutama yang sudah memasuki usia lanjut. Tubuh lemah, sering mati rasa, kehilangan tenaga dan sakit punggung merupakan gejala umumnya.
  • Strain – Istilah lain untuk menggambarkan kondisi penyebab sakit pinggang sebelah kiri ini adalah ketegangan atau alat gerak di sekitar pinggang sebelah kiri yang mengalami cedera. Entah itu gerakan secara tiba-tiba, mengangkat barang yang berat atau jatuh, semua kondisi ini mampu menyebabkan terjadinya strain, dan gejala umumnya adalah bersin serta batuk.
  • Infeksi pada Ginjal – Bila seseorang mengalami infeksi ginjal, ini pada awalnya disebabkan oleh naiknya kandung kemih ke organ ginjal. Dari situlah ginjal dapat mengalami peradangan dan timbul rasa nyeri sebelah kiri pada pinggang. Tak hanya itu, rasa nyeri pun bakal dialami di sepanjang tulang belakang bagian panggul maupun di bagian atas panggul.

Dengan penyebab-penyebab tersebut, obat sakit pinggang sebelah kiri seperti apa yang kiranya bisa Anda pertimbangkan dan gunakan? Di bawah ini ada sejumlah obat yang bisa digunakan untuk meredakan rasa nyeri yang terjadi di pinggang bagian kiri.

(Baca juga: ciri-ciri sakit pinggang karena ginjal)

1. Jahe

Selain dapat menjadi obat masuk angin ampuh, jahe pun dapat dijadikan ramuan aman untuk para penderita sakit pinggang sebelah kiri. Ramuan jahe ini tidak dibuat seperti wedang pada umumnya karena Anda juga membutuhkan campuran alkohol 75 persen. Jahe perlu diiris juga bersama dengan cabai rawit. Larutan yang dibuat dengan bahan-bahan tersebut perlu difermentasikan selama 2 minggu.

Baru setelah lewat 2 minggu, larutan bisa dibuka dan mulai digunakan untuk mengobati sakit pinggang. Cara penggunaannya terbilang sederhana karena Anda hanya perlu mengolesi bagian pinggang yang sakit dengan cairan satu ini. Menggunakannya sebagai obat secaa rutin atau setiap hari bakal secara efektif menghilangkan rasa sakit tanpa efek samping. Asalkan pembuatan sesuai aturan, Anda akan dapat merasakan sendiri hasilnya.

2. Akupuntur

Pengobatan alternatif adalah salah satu pilihan terbaik yang bisa dilakukan ketika sakit pinggang di bagian kiri tak kunjung sembuh atau mereda. Pengobatan ala Cina kuno ini memang sepintas kelihatan mengerikan, karena metode pengobatannya adalah dengan menggunakan jarum ditusukkan ke titik-titik berbeda pada tubuh.

Banyak orang yang menderita sakit pinggang bagian bawah telah membuktikan keefektifan dari cara pengobatan dengan akupuntur ini. Jadi, bila dipraktikkan ke bagian pinggang sebelah kiri yang sakit pun pasti akan sama efektifnya. Hanya saja, lebih dianjurkan untuk memperoleh 10 sesi akupuntur dan paling tidak harus sampai 12 minggu perawatan dengan obat ini agar hasil terbaiklah yang didapat.

(Baca juga: penyebab sakit pinggang)

3. Terapi Panas Dingin

Melakukan terapi panas dan dingin adalah obat penghilang rasa sakit di pinggang sebelah kiri. Untuk terapi panas, ini artinya Anda perlu menggunakan air panas atau botol yang sudah diisi dengan air panas yang kemudian Anda bisa tempelkan di bagian pinggang yang sakit. Rasa sakit akan berkurang ketika terkena efek hangatnya.

Sedangkan pada terapi dingin, Anda bisa membuat nyeri pinggang reda dengan mengompreskannya ke bagian yang nyeri. Caranya cukup simpel, yakni dengan menyiapkan kantong tebal dan diisi es batu, lalu kompreskan saja ke pinggang sebelah kiri Anda. Jangan coba-coba menaruh es secara langsung karena luka bakar dinginlah yang menjadi akibatnya nanti.

4. Jagung

Untuk mengatasi sakit pinggang, ada obat alami lainnya yang bisa dipilih, yakni dengan menggunakan rambut jagung. Rambut jagung sendiri adalah bagian dari jagung, dan ini bisa Anda rebus bersama dengan adas serta buah takokak bersama dengan 1 liter air. Proses perebusan dapat ditunggu sampai tinggal setengahnya.

Setelah mendidih dan hanya tinggal setengahnya saja, ramuan rambut jagung dapat dikonsumsi dengan cara diminum. Minumlah ketika ramuan masih dalam keadaan hangat sehingga khasiatnya bakal lebih terasa. Rasa nyeri pada bagian pinggang sebelah kiri dapat diredakan dengan penggunaan obat dari dalam ini asalkan obat ini dikonsumsi rutin.

(Baca juga: cara mencegah sakit buah pinggang)

5. Bawang Merah

Meskipun efek samping bawang merah cukup mengkhawatirkan, asalkan pemakaiannya benar tanpa berlebihan, ini tak akan menjadi masalah. Hanya saja, untuk mengobati rasa nyeri di pinggang yang terjadi di sebelah kiri, bagian akar bawang merahlah yang lebih dibutuhkan. Ada bahan-bahan lainnya juga yang Anda harus siapkan, seperti air secukupnya, buah sun boi an angco, dan jahe merah.

Air secukupnya tadi bersama dengan bahan-bahan yang sudah disebutkan dapat direbus bersama-sama hingga airnya tinggal separuh. Ramuan kemudian dapat diangkat dan diminum selagi hangat. Penggunaan obat alami ini akan terasa keefektifannya ketika Anda melakukannya rutin setiap hari hingga terasa membaik pada pinggang sebelah kiri Anda.

6. Daun Dewa

Daun dewa adalah salah satu bahan terbaik alami dan aman yang banyak digunakan sebagai obat banyak penyakit. Bersama dengan temu hitam, jahe merah, serta akar sawi langit, semua bahan yang dicampur dan dikombinasikan ini akan dapat mengatasi sakit pinggang secara ampuh dan manjur.

Caranya adalah dengan merebus seluruh bahan yang telah disediakan tadi bersama-sama sampai tersisa separuh saja airnya. Air rebusan kemudian dapat diangkat lalu ditunggu hingga keadaannya mulai hangat untuk diminum. Sakit pinggang bakal terasa mereda bila ramuan ini diminum secara teratur, yakni setiap hari, dan pada kondisi masih hangat setelah direbus.

(Baca juga: penyebab encok)

7. Relaksasi

Untuk menyembuhkan sakit pinggang, relaksasi atau bersantai termasuk cara paling sederhana tapi ampuh untuk dilakukan. Obat otot maupun sendi yang sakit paling utama adalah bersantai dan memberikan waktu bagi pinggang Anda untuk beristirahat dari kegiatan dan gerakan apapun. Tegangnya otot sendiri dapat terjadi karena pikiran yang tegang, jadi relaksasi pasti membantu.

Bagi Anda yang setuju bahwa faktor psikis mampu memicu sakit pinggang dan bahkan memperparahnya, silakan memberikan waktu bagi diri sendiri untuk menenangkan diri. Relaksasi telah dibuktikan mampu pulih lebih cepat dari sakit pinggang serta mencegahnya menjadi penyakit jangka panjang. Maka bersantailah dan berpikir positif selalu agar potensi sakit pinggang dapat berkurang.

8. Terapi Pijat

Salah satu terapi paling manual adalah pijat dan mobilisasi, jadi Anda dapat mencobanya jika percaya bahwa terapi pijat ini bisa menolong. Untuk kesembuhan total, pijat adalah terapi yang cukup efektif asalkan yang menangani Anda adalah ahli tulang atau fisioterapis profesional. Ditambah dengan keyakinan untuk sembuh, pasti sakit pinggang tak akan berlama-lama menyerang tubuh Anda.

Terapi manual semacam terapi pijat ini ada baiknya untuk dilakukan sebanyak 9 sesi. Lebih dianjurkan lagi untuk menempuh pengobatan ini selama kurang lebih 12 minggu untuk hasil paling maksimal. Pengobatan rutin dengan ahlinya bakal membuat Anda lebih cepat sembuh.

(Baca juga: ciri-ciri penyakit ginjal)

9. Antidepresan

Obat sakit pinggang sebelah kiri lainnya bisa dijadikan pereda rasa adalah dengan menggunakan antidepresan. Jika sudah ke dokter lalu dokter memberikan obat pereda rasa sakit dan kurang mempan, biasanya obat antidepresanlah yang diberikan sebagai gantinya. Antidepresan trisiklik atau TCA bakal diresepkan oleh dokter.

Sebetulnya tujuan dari penggunaan TCA adalah mengatasi depresi, namun biasanya kasus penyakit persisten seperti sakit pinggang juga dapat disembuhkan. Khusus bagi sakit pinggang yang tak sembuh-sembuh walau sudah diberi obat apapun, antidepresan adalah salah satu yang paling ampuh. Konsultasikan lebih dulu secara detil sebelum pemakaian obat ini, termasuk takaran yang tepat agar tak overdosis.

10. Bawang Putih

Selain dapat menjadi bahan penyedap masakan, bawang putih mampu digunakan sebagai obat pereda sakit pinggang yang terjadi di sisi kiri. Bila Anda ingin hasil maksimal, makanlah 2-3 siung setiap harinya, khususnya setiap pagi sewaktu baru bangun tidur dan perut belum terisi apapun. Atau gunakan minyak bawang putih bila ada untuk dioleskan ke bagian yang nyeri.

Anda pun mampu membuat minyak bawang putih sendiri, yaitu dengan memanaskan minyak mustard, minyak wijen, dan minyak kelapa pada api yang medium. Lalu baru setelahnya Anda bisa tambahkan dengan 8-10 siung bawang putih. Gorenglah bawang putih ini hingga kecoklatan dan minyak kemudian disaring untuk dioles ke pinggang secara rutin.

(Baca juga: bahaya duduk bersila)

11. Susu

Obat sakit pinggang lainnya adalah susu di mana ini adalah salah satu jenis makanan yang mengandung kalsium paling tinggi. Selain dapat mencegah osteoporosis, susu juga baik untuk kesehatan otot maupun sendi. Maka memenuhi asupan kalsium secara normal dan sempurna bakal memulihkan sakit pinggang secara lebih efektif.

Konsumsilah susu setiap hari untuk mendapatkan hasil seperti yang diharapkan. Bila ingin, Anda juga dapat menambahkan madu secukupnya untuk menambah rasa. Susu hangat yang dikonsumsi 2 kali sehari pasti bakal memberikan manfaat luar biasa; jika takut akan kandungan lemaknya, pilihlah susu berlemak rendah.

12. Teh Chamomile

Jenis teh ini biasanya lebih tepat untuk diminum ketika rileks, tapi memang teh ini tak hanya bisa menenangkan pikiran saja. Ketegangan yang terjadi pada otot dan sendi dapat dilegakan ketika Anda meminum teh ini sehingga kesembuhan sakit pinggang terjadi lebih cepat. Anda bisa membelinya langsung atau membuatnya sendiri supaya mantap.

Sediakan saja air mendidih sebanyak 1 cangkir, lalu bunga chamomile sebanyak 1 sendok makan dapat ditambahkan ke dalam air tersebut. Seduhlah dan biarkan selama 10 menit, baru setelah itu Anda bisa meminumnya. Untuk hasil memuaskan, Anda dapat meminumnya sehari sampai 3 cangkir dan buktikan sendiri keefektifannya.

(Baca juga: kelainan otot pada manusia)

13. Temulawak

Selain termasuk dalam cara mengobati diabetes, temulawak punya manfaat lebih juga dalam mengatasi sakit pinggang. Obat alami satu ini dapat digunakan dengan cara merebusnya bersama hia cina dan juga daun dewa. Air yang disediakan tak usah banyak-banyak asal secukupnya, rebus dan didihkan sampai tinggal sepertiganya. Setelah diangkat, minumlah ketika masih hangat secara rutin.

14. Suntikan Sendi Facet

Obat dengan cara menyuntik ini juga dapat diperoleh oleh penderita sakit pinggang di bagian kiri. Facet joint injections adalah prosedur yang dilakukan oleh dokter kepada pasien sakit pinggang dengan memakai suntikan anestesi. Terkadang suntikan steroidlah yang digunakan dalam sendi facet. Bagian sendi satu ini adalah sendi yang berperan sebagai penghubung antar tulang belakang dan menjaga keselarasannya.

15. Daun Kemangi

Daun yang biasanya untuk lalapan ini banyak fungsinya, termasuk juga untuk kesehatan otot. Sakit pinggang pun dapat diatasi menggunakan daun kemangi dengan menambahkannya ke secangkir air. Daun yang dibutuhkan di sini adalah sebanyak 8-10 lembar dan pastikan Anda mendidihkannya hingga tersisa separuhnya.

Setelah dingin, tambahkan juga garam sedikit saja. Bila sakit pinggang masih pada tahap ringan, ramuan dapat Anda minum sehari sekali, tapi kalau sudah telanjur parah, sehari 2 kali adalah aturan konsumsi yang tepat. Minumlah setiap hari hingga keadaan pinggang benar-benar sudah dirasa membaik.

(Baca juga: bahaya fitness setiap hari)

Untuk obat sakit pinggang sebelah kiri secara alami dan medis, itulah beberapa rekomendasi terbaik yang bisa Anda coba pertimbangkan. Jika melakukannya dengan benar, pengobatan tersebut akan secara efektif menyembuhkan rasa nyeri di pinggang dan mencegahnya kembali lagi.