10 Bahaya Fitness Setiap Hari bagi Tubuh

Kurang olahraga bisa bahaya bagi tubuh, namun ada juga bahaya fitness setiap hari yang perlu diperhatikan. Fitness adalah pilihan olahraga yang memang banyak dipilih karena tersedia fasilitas di gym yang dapat kita tinggal pakai. Namun tidak perlu juga bila harus setiap hari kita melakukan fitness, baik itu di rumah atau di gym. Latihan fisik untuk mengontrol berat badan berlebihan, ini dia bahayanya bagi kita.

(Baca juga: cara push up yang benar untuk perempuan)

1. Mudah Lapar

Cukup bahaya juga kalau kita setiap hari fitness dan olahraga berlebihan karena otomatis kita akan menjadi gampang kelaparan. Ingat bahwa tujuan fitness  adalah untuk membakar kalori serta lemak. Jadi, saat kita mengeluarkan keringat begitu banyak saat ber-fitness, ini akan memicu rasa lapar lebih cepat dan mudah muncul.

2. Sakit Perut

Terdengar aneh dan tak biasa, benarkah fitness berlebihan atau setiap hari bisa menyebabkan perut menjadi sakit? Hal ini berpotensi dialami oleh kita yang tadinya perut sudah mengalami kram. Saat perut kram dan memaksakan diri untuk fitness, rasa mulas, mual dan kemudian diare dapat terjadi. Maka dari itulah, tubuh kita membutuhkan istirahat dan terlalu bersemangat berolahraga kiranya tidak begitu perlu.

(Baca juga: obat diare tradisional)

3. Tak Enak Badan

Benar memang bahwa daya tahan tubuh kita dapat meningkat dengan melakukan latihan fisik. Salah satu caranya adalah dengan fitness, tapi olahraga ini pun juga dapat membahayakan tubuh. Melakukannya setiap hari hanya akan membuat tubuh drop dengan gejala umum seperti berikut ini:

  • Agak sesak nafas.
  • Mengalami bersin-bersin.
  • Hidung beringus atau terus mengeluarkan cairan.
  • Dada terasa dingin.
  • Tubuh terasa nyeri.

Kalau sudah demikian, pilihan hanya ada satu, yaitu absen dari fitness dan beristirahat. Ini akan membuat tubuh lebih baik. Berolahraga setiap hari bisa menyebabkan kondisi tak enak badan, dan jika sudah tak enak masih dilanjutkan malah hanya akan memperburuk kondisi tubuh.

(Baca juga: kelelahan otot)

4. Nyeri Otot

Berolahraga setiap hari artinya memaksakan otot kita untuk aktif terus-menerus. Akibatnya tentu dapat membuat otot mengalami nyeri. Walaupun kita dipandu oleh instruktur profesional sekalipun, memforsir otot hanya akan membuat nyeri ringan menjadi parah.

Rasa sakit akan meningkat sehingga satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah berhenti sementara. Ambil libur dari kegiatan fitness bukan hal yang buruk karena kita sama dengan menghindari cedera yang lebih serius. Otot akan bertambah sakit bila kita memilih untuk tetap berlatih.


(Baca juga: penyebab tidak bisa tidur malam nyenyak)

5. Kualitas Tidur Berkurang

Fitness yang dilakukan setiap hari bukan membuat tubuh kita bugar, namun sebaliknya. Sulit tidur di malam hari atau insomnia dapat dipicu oleh gejala fitness berlebihan. Tidur yang tidak nyenyak pun dapat menjadi tanda bahwa latihan fisik yang kita lakukan terlalu berlebihan.

Fitness atau olahraga yang dilakukan secara benar akan bermanfaat meningkatkan kualitas tidur, namun jika setiap hari bisa memberikan efek sebaliknya. Kemungkinan pola tidur berubah dan kacau sangat besar disebabkan fitness setiap hari. Kalau sudah begitu, istirahatkan fisik selama beberapa hari sampai pola tidur kembali benar dan enak.

(Baca juga: dampak insomnia bagi kesehatan)

6. Kelelahan

Tujuan dari melakukan fitness sebenarnya adalah supaya kita bisa makin segar dan bugar. Aktifnya fisik akan membuat hormon yang menyebabkan suasana hati senang akan keluar. Tapi saat fitness dilakukan tanpa henti, alias setiap hari selalu aktif, ini justru menimbulkan rasa lelah ekstrem. Intensitas latihan perlu dikurangi dan pulihkan tubuh lebih dulu.

7. Detak Jantung Lebih Cepat

Bahaya lainnya yang perlu diwaspadai dari melakukan fitness setiap hari adalah detak jantung yang berubah menjadi cepat. Bila detak jantung menjadi cepat di saat hanya sesudah fitness, ini masih tergolong normal. Namun ketika detaknya selalu cepat ditambah juga dengan tidak bisa tidur malam hari serta fisik sangat lelah, ini yang bahaya.

8. Sakit Kepala

Fitness dilakukan agar kita jauh dari stres dan menjadikan tubuh segar bugar. Timbulnya sakit kepala karena fitness setiap hari adalah dampak buruk. Tubuh yang sudah lelah dan dipaksakan untuk terus bergerak secara aktif hanya akan membuat kepala pusing. Bila otot sudah terasa nyeri, kemudian kepala terasa pusing, ini tandanya kita perlu libur dari fitness.


9. Perubahan Perilaku

Jaringan fisik yang menjadi sangat lemah akibat fitness setiap hari bukan hal baik untuk kesehatan mental kita. Perubahan perilaku merupakan salah satu bahaya yang dapat terjadi ketika fitness dilakukan berlebihan. Olahraga yang terlalu diforsir tak hanya akan membuat fisik menjadi sakit, namun mental kita pun bertambah stres. Imbasnya adalah perubahan perilaku yang terjadi secara tiba-tiba.

(Baca juga: cara meningkatkan massa otot)

10. Patah Tulang

Nyeri dan cedera otot sudah terlalu biasa. Fitness setiap hari pun bisa berakibat patah tulang bila dipaksakan tanpa melihat kondisi tubuh masih mampu atau tidak. Tidak cuma otot, tulang kita pun membutuhkan istirahat. Tak usah memaksakan diri, atau tubuh kita nantinya mengalami kerugian dan membuat diri sendiri menyesal.

(Baca juga: cara menjaga tubuh tetap atletis)

Punya semangat membara untuk berolahraga adalah hal yang baik. Fitness pun adalah salah satu cara menurunkan berat badan dengan olahraga secara tepat. Namun ketagihan fitness malah hanya akan membawa kita kepada penyakit.

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Fitness