6 Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Atletis

4098

Mempunyai tubuh yang atletis pasti menjadi dambaan setiap orang, terutama bagi para pria. Tubuh yang atletis akan meningkatkan kepercayaan diri. Untuk mendapatkannya, diperlukan serangkaian usaha ekstra. Tubuh yang atletis tidak bisa begitu saja terbentuk dengan sendirinya. Bahkan orang sekelas Ade Rai yang adalah seorang binaragawan, dulunya juga mempunyai tubuh yang biasa saja. Hanya dengan latihan keras, menjaga pola makan, dan cara hidup sehat bisa membuat seseorang mendapatkan tubuh atletis yang diimpikan.

Apakah itu tubuh atletis? Tubuh atletis adalah bentuk tubuh dimana otot-otot terbentuk dengan baik sehingga membentuk tubuh yang ideal, sehat, bugar, dan prima. Banyak orang melakukan berbagai usaha untuk mendapatkan bentuk tubuh atletis. Usaha tersebut di antaranya pergi ke gym, mengonsumsi suplemen untuk menambah masa otot, atau mengikuti program latihan fisik. Namun bagaimana jika kita adalah tipe orang yang sibuk dengan rutinitas sehingga tidak sempat melakukan hal-hal tersebut atau mungkin tidak memiliki dana yang cukup?

Ada beberapa macam bentuk usaha yang dapat anda lakukan untuk membentuk tubuh atletis tanpa harus pergi ke gym. Anda bahkan bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan personal trainer sehingga dapat lebih mengatur waktu anda. Hal ini akan membantu untuk menyesuaikan dengan kesibukan anda. Selain itu anda juga dapat menghemat pengeluaran.

Cara Membentuk Tubuh Atletis

Ada beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk membentuk tubuh atletis, antara lain:

1. Lakukan Olahraga Secara Rutin

Olahraga menjadi bagian tidak terpisahkan ketika anda ingin mendapatkan tubuh yang atletis. Beberapa macam bentuk olahraga yang dapat membakar lemak patut anda coba. Olahraga tersebut antara lain berenang, bersepeda, senam, lari, atau jogging. Olahraga ini akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga membantu dalam proses latihan untuk membentuk otot.

artikel terkait: bahaya berenang pada malam hari

2. Lakukan Beberapa Jenis Latihan untuk Membentuk Otot

Anda bisa melakukan push up, chair dips, pull up, dan sit up secara rutin. Anda bisa menirukan gerakan-gerakan tersebut dengan melihat video yang banyak tersebar di internet. Lakukan gerakan tersebut sedikit demi sedikit. Sesuaikan durasi latihan dengan ketahanan tubuh anda. Jangan sampai latihan ini justru membuat anda cedera. Setelah tubuh mulai terbiasa, baru anda bisa menambah jumlah set yang anda inginkan.

artikel terkait: olahraga untuk mengecilkan perut dan pembentukan otot perutolahraga mengecilkan paha dan betis serta pembentukan ototnya

3. Jaga Pola Makan

Makanan akan menjadi penunjang dalam proses pembentukan tubuh atletis. Jika anda benar-benar menginginkan tubuh atletis, sebaiknya segera ubah pola makan menjadi pola makan yang sehat. Seimbangkan menu makanan sehingga kebutuhan tubuh akan nutrisi terpenuhi. Protein sangat berperan dalam pembentukan otot. Perbanyak asupan protein melalui makanan dan kurangi konsumsi makanan berlemak. Anda bisa mendapatkan protein dari susu dan daging.

Jika anda sudah mulai dengan menu makanan sehat, jangan lupa untuk menjaga jam makan anda. Makan secara teratur sehingga tubuh menjadi tidak kekurangan nutrisi. Jangan serta merta melakukan diet ketat karena justru akan dapat berdampak buruk pada kondisi tubuh anda. Ingat, anda akan membutuhkan energi yang cukup untuk melakukan latihan. Jika dibutuhkan, anda dapat berkonsultasi dengan dokter.

artikel terkait: makanan pembentuk otot tubuh pria paling cepatdiet yang benar dan yang salah

4. Terapkan gaya hidup sehat

Apakah Anda seorang perokok? Sebaiknya segera hentikan dan buang jauh puntung rokok dari keseharian anda. Tubuh atletis adalah tubuh yang sehat. Bagaimana anda akan mendapatkannya jika anda masih melakukan kebiasaan buruk? Gaya hidup sehat saat ini dapat menjadi pilihan yang menguntungkan. Menghentikan kebiasaan buruk, tidur cukup dan teratur, menghindari stres, dan selalu berpikir positif akan membantu anda dalam menyukseskan proses pembentukan tubuh yang diidamkan. Perbanyaklah minum air putih dan kurangi minum minuman bersoda. Hindari minuman beralkohol yang justru akan merusak tubuh anda.

artikel terkait:

Meski hasilnya tidak akan sesempurna ketika anda mengikuti program latihan di gym dengan personal trainer dan mengonsumsi suplemen, namun mendapatkan tubuh atletis bukanlah sesuatu yang mustahil. Memang tidak mudah untuk mendapatkan tubuh atletis. Anda harus menjalani proses yang panjang dan membutuhkan kerja keras. Bahkan dalam waktu hitungan tahun. Kuncinya, jangan menyerah dan selalu melakukan usaha yang terbaik.

Cara Menjaga Tubuh Tetap Atletis

Ketika tubuh atletis sudah didapatkan, diperlukan usaha untuk menjaganya dengan melakukan hal di bawah ini:

1. Olahraga Teratur

Olahraga yang teratur akan membantu menjaga kondisi otot yang sudah terbentuk sehingga tubuh atletis akan tetap terjaga. Sesibuk apapun aktivitas anda, tetap sempatkan diri untuk berolahraga paling tidak satu minggu sekali. Banyak orang mengaku menyesal setelah mereka kehilangan bentuk tubuh idealnya karena kurang berolahraga. Jangan sampai anda juga mengalaminya. Ingatlah bagaimana kerja keras kita untuk mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan.

artikel terkait:

2. Konsumsi Karbohidrat dan Protein yang Cukup

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa protein adalah nutrisi penting untuk pembentukan otot. Namun di samping itu, karbohidrat juga tetap diperlukan oleh tubuh untuk menghasilkan energi. Meski telah mendapatkan tubuh atletis yang diimpikan, anda harus selalu tetap menjaga pola makan sehingga usaha keras yang telah dilakukan tidak sia-sia.

artikel terkait:

3. Tetap Lakukan Latihan Secara Rutin

Untuk menjaga tubuh atletis, tetap lakukan latihan. Meski tidak perlu seintens ketika proses pembentukannya, anda tetap harus melakukan latihan. Anda tidak perlu melakukan latihan sekeras saat pembentukan tubuh atletis anda. Kini anda bisa melakukannya dengan lebih santai. Anda dapat melakukannya secara mandiri di sela-sela rutinitas maupun ketika berada di rumah. Lakukan paling tidak selama 30 menit dalam sehari agar otot-otot anda tetap terjaga.

Bagi anda yang hanya memiliki waktu sekurang-kurangnya 2 kali dalam seminggu untuk latihan, cara terbaik seperti yang dikutip dari muscleforlife.com untuk membentuk tubuh atletis adalah dengan menggunakan satu hari untuk melakukan latihan otot tubuh bagian atas (push and pull muscles). Latihan dapat dilakukan dengan deadlift, bench press, barbell row, dan military press masing-masing sebanyak 3 set. Gunakan satu hari yang lain untuk melatih otot bagian kaki dengan bench press, squat, dan leg press. Rangkaian latihan ini dilakukan dalam waktu satu jam per hari dengan diselingi dengan istirahat 2-3 menit di setiap setnya. Yang perlu diperhatikan adalah jangan lakukan latihan ini dua hari berturut-turut. Paling tidak berikan jeda waktu satu hari di antara keduanya.

4. Lakukan Kebiasaan Kecil yang Menyehatkan

Berbagai kebiasaan kecil dapat membantu anda menjaga bentuk tubuh agar tetap ideal. Sering berjalan kaki dan jangan lupa untuk melakukan peregangan di tengah-tengah rutinitas. Hal-hal kecil ini terlihat sepele namun faktanya dapat membantu anda menjaga bentuk tubuh.

5. Konsumsi Suplemen

Suplemen memang penting dalam membantu anda menjaga tubuh agar tetap atletis. Jenis suplemen yang baik untuk menjaga tubuh atletis adalah multivitamin dan minyak ikan. Suplemen juga membantu anda menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan daya tahan.

6. Disiplin Pada Diri Sendiri

Terakhir, hal yang paling penting adalah disiplin pada diri sendiri. Banyak orang menganggap bahwa tidak penting lagi melakukan latihan dan menjaga konsumsi makanan ketika mereka sudah mendapatkan tubuh atletis. Padahal hal itu salah besar. Mereka yang tidak tahu hal itu kemudian meninggalkan latihan rutinnya dan bahkan mengabaikan pengaturan pola makan. Jadikan penerapan disiplin pada diri sendiri sebagai sebuah hal yang tidak pernah anda abaikan agar kerja keras anda selama ini tidak sia-sia.

Manfaat Tubuh Atletis

Mungkin beberapa dari anda berpikir apa alasan orang-orang begitu mendambakan memiliki tubuh atletis. Atau mungkin anda masih kurang termotivasi untuk membentuk tubuh atletis. Perlu diketahui bahwa ternyata, memiliki tubuh atletis memberikan kita banyak manfaat, yaitu:

  • Kondisi tubuh lebih sehat dan prima. Dengan berbagai usaha yang telah anda lakukan untuk mendapatkan tubuh atletis, secara tidak langsung anda juga telah menjaga kesehatan tubuh dengan lebih baik. Otot yang terbentuk juga akan meningkatkan stamina sehingga mendapatkan ketahanan fisik yang prima.
  • Meningkatkan rasa percaya diri. Tubuh yang atletis akan menjadi modal bagi anda untuk mendapatkan lebih banyak rasa percaya diri. Dengan memiliki tubuh atletis akan menjadikan anda lebih menghargai diri sendiri sehingga pandangan terhadap diri akan lebih positif. Hal tersebut akan berpengaruh pada kepuasan anda di dalam hidup. Kepercayaan diri akan membuat hari-hari anda lebih menyenangkan.
  • Meningkatkan gairah seksual. Bagi anda yang sudah berkeluarga, ternyata memiliki tubuh yang atletis dapat memberikan kepuasan yang lebih pada pasangan. Tubuh yang atletis memproduksi hormon testoteron dengan baik yang juga berperan dalam meningkatkan gairah seksual.
  • Meraih prestasi. Sudah banyak tokoh dunia yang mengukir prestasi dengan tubuh atletis yang dimiliki. Berbagai perlombaan untuk tubuh atletis pun digelar dalam skala nasional mau pun internasional. Ini dapat menjadi salah satu cara anda untuk menciptakan prestasi yang membanggakan.
  • Terhindar dari berbagai penyakit. Ketika anda memutuskan untuk mulai melakukan latihan dan menerapkan pola hidup sehat, maka secara tidak langsung meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Nutrisi yang seimbang akan membantu tubuh menciptakan antibodi yang lebih baik.
  • Melakukan kebaikan. Kondisi tubuh yang prima serta ketahanan yang kuat akan membuat kita dapat melakukan hal-hal yang membutuhkan kemampuan fisik untuk menolong sesama yang membutuhkan.
  • Memperluas pergaulan. Dengan berolahraga di fasilitas umum atau pergi ke gym secara rutin, anda akan menemukan teman baru dan bergabung dengan komunitas yang ada di sana. Hal ini akan membuat kehidupan sosial anda lebih baik lagi.

Ternyata begitu banyak manfaat yang diperoleh ketika kita memiliki tubuh yang atletis. Jika anda tertarik, segeralah untuk memulai. Bagi anda yang sudah memiliki tubuh atletis, maka jagalah tubuh atletis anda dengan baik karena akan menguntungkan bagi kehidupan anda.