Home Diet & FitnessTips Diet 3 Cara Diet yang Benar dan yang Salah untuk Tubuh

3 Cara Diet yang Benar dan yang Salah untuk Tubuh

by Mei Riska

Diet seringkali membingungkan. Terkadang jika kita sedang diet, berat badan kita justru tidak berkurang sama sekali. Tetapi sebaliknya, jika kita sedang tidak melaksanakan program diet, berat badan kita sedikit berkurang. Memang ada beberapa faktor yang mempengaruhi berkurangnya berat badan kita seperti stress, sibuk, dan sakit. Sampai-sampai ada yang menyakiti dirinya sendiri dengan membuat dirinya sakit dan stres. Banyak orang beranggapan bahwa diet adalah sekedar mengurangi makan dan berolahraga. Padahal anggapan itu tidak berdasar pada penelitian yang akurat, Meskipun seringkali mengurangi makan dan berolahraga juga dapat menurunkan berat badan secara signifikan. Akan tetapi, asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita seharusnya jauh lebih diperhatikan lagi dalam melaksanakan program diet. Bagaimana seharusnya tubuh kita bisa tetap fit dan tetap mendapatkan banyak nutrisi tanpa menjadikan tubuh kita gemuk, bagaimana seharusnya pola makan kita saat melaksanakan program diet, dan lain sebagainya.

Sebagian besar pelaksana diet kurang memperhatikan hal-hal diatas, sehingga mereka mengalami hasil diet yang membingungkan dan bisa jadi menjalankan program diet yang saah. Kekurang fahaman tentang nutrisi dan kesehatan pun berpengaruh terhadap program diet yang dijalani. Akibatnya, diet gagal. Padahal sudah bersusah payah menahan nafsu makan dan berolahraga setiap hari. Mengecewakan bukan?

Nah, jika anda ingin menurunkan berat badan dengan hasil yang memuaskan, maka hendaknya anda tau diet yang benar dan diet yang salah. Anda juga harus tau asupan-asupan apa yang dibutuhkan tubuh anda untuk menghindari efek samping seperti lesu, cepat lelah, sering mengantuk, dan lain sebagainya.

Diet yang Salah

Anda sering tidak menyadari bahwa diet anda adalah diet yang salah. Silahkan perhatikan pertanyaan-pertanyaan berikut. Apakah anda merasa lesu saat melaksanakan program diet? Apakah anda menahan lapar? Apakah anda merasa cepat lelah ketika diet? Apakah anda jadi sering mengantuk? Apakah tubuh anda jadi sering gemetar? Apakah anda menjadi tidak kuat melakukan kesibukan? Apakah wajah anda jadi semakin pucat? Apakah kulit anda menjadi sedikit berkerut  ketika berat badan anda sudah turun? Jika semua jawaban atau ada beberapa jawaban anda adalah YA, maka anda harus berhati-hati terhadap program diet anda karena pertanyaan itu adalah indicator kesalahan diet anda. Berikut ciri-ciri diet yang salah:

  1. Tidak Memakan Nasi

Diet yang salah juga ketika anda beranggapan bahwa mengurangi nasi adalah salah satu cara menurunkan berat badan. Sehingga anda tidak memakan nasi sekalipun. Padahal nasi mengandung karbohitdrat dan glukosa yang berguna memberi kekuatan pada tubuh kita. Sehingga kita memiliki tenaga dan tidak lesu. Nasi juga yang membantu melancarkan metabolism tubuh kita sehingga proses ereksi dan pembakaran dalam tubuh berjalan dengan lancar.

Nah, jika anda justru tidak mengkonsumsi nasi, anda malah menghambat proses metabolisme dalam tubuh yang juga membantu pembakaran lemak. Akibatnya tubuh menjadi lesu dan cepat lelah serta sering mengantuk. Jika sudah begitu, ketika tubuh kita berada pada batas kekuatannya, maka tubuh kita akan gemetar dan lemas. Proses efek samping beruntun yang merugikan karena tidak bisa beraktifitas secara maksimal.

Baca : Makanan pengganti nasi untuk diet sehatBahaya makan nasi dengan miePenyakit akibat kekurangan karbohidrat

  1. Obat Pelangsing

Obat pelangsing menjadi jalan pintas yang sering dipakai untuk melangsingkan tubuh. Pada hakikatnya, fungsi obat pelangsing adalah membantu proses diet. Kebanyakan dari anda justru meminum obat pelangsing tanpa berolahraga atau mengatur pola makan sehat. Sehingga obat pelangsing yang anda minum tidak membuahkan hasil yang signifikan terhadap penurunan berat badan anda.

Obat pelangsing akan menjadi candu jika  anda hanya mengandalkan obat itu untuk menurunkan berat badan. Karena ketika anda berhenti mengkonsumsi obat pelangsing itu, tubuh anda menjadi gemuk kembali. Andapun harus memperhatikan benar kandungan dari obat pelangsing itu, apa efek sampingnya, bagaimana efeknya terhadap tubuh anda misalnya: perut menjadi kembung setiap hari, BAB semakin tidak lancar, dan tubuh jadi semakin sering bergetar, maka anda harus segera menghentikan pemakaina obat itu. Jika anda tidak memperhatikan isi, efek samping dari obat itu, maka dipastikan diet anda salah karena tubuh andalah yang memperhatikan itu.

  1. Pola Olahraga Tidak Teratur

Saat melaksanakan program diet, pola olahraga menjadi hal yang harus diperhatikan pula. Ada kalanya ketika anda malas untuk beolahaga behari-hari sehingga anda behenti dai kebiasaan olahraga, maka biasanya persendian anda akan terasa ngilu. Itu dikarenakan pola olahraga anda tidak teratur.

Misalkan dalam satu minggu anda giat sekali belorahraga, kemudian dua minggu berikutnya anda tidak berolahraga sama sekali, itu akan mengakibatkan persendian anda ngilu pada awal-awal berhentinya olahraga. Atau misalkan anda tidak pernah olehraga, kemudian tanpa pemanasan, seminggu full anda berolahraga karena ingin kurus, hal ini membuat tulang anda kaget dan lebih sering merasa capek. ngilu di bagian tulang dan otot pun bisa saja terasa sampai dua atau tiga hari. Dan yang pasti akan membuat anda tidak nyaman.

Baca : Akibat kurang olahragaDampak negatif tidak pernah berolahraga

Diet yang Benar

Diet yang benar ditandai dengan berkurangnya berat badan secara perlahan tetapi pasti tanpa menimbulkan efek samping. Jika anda melakukan diet dengan benar, maka anda cenderung kurus permanen. Diet yang benar sama halnya dengan melakukan pola hidup sehat. Tubuh anda semakin bugar  dan ideal dengan diet. Diet yang benar hendaknya dilakukan secara konsisten sehingga menjadi pola hidup sehat. Berikut ciri-ciri diet yang benar:

  1. Mengonsumsi Makanan Kaya Protein dan Serat

Jika diet yang salah adalah dengan tidak memakan nasi, maka diet  yang benar hanya mengurangi jumlah asupan nasi serta menambah makanan berprotein dan berserat tinggi sebagai gantinya. Berikut ini pentingya protein dan serat bagi tubuh :

  • Tubuh kita memerlukan setiap nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak,  vitamin, , dan lain sebagainya. Hanya saja kebutuhan itu sesuai kadarnya masing-masing. Jika kandungan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh hanya 50%, namun anda memasukkan karbohidrat dalam tubuh sebanyak 70%, maka sisa 20%nya akan menjadi lemak yang tertimbun dalam tubuh. Begitupun lemak, lemak memang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi dalam kadar tertentu sehingga tidak overdosis lemak. ( Baca : Penyakit akibat kekurangan protein )
  • Dalam diet, makanan yang mengandung protein dan makanan yang mengandung serat tinggi sangat dibutuhkan karena kedua kandungan itu dapat berhasiat melancarkan buang air besar dan proses ereksi tanpa harus ada yang tertimbun dalam tubuh meskipun kelebihan asupan. Dalam hal ini sayuran lah yang paling berkhasiat. Terutama sayuran warna hijau gelap dan mengandung banyak air. Seperti ‘selada’. Sayur ini memiliki kandungan air yang banyak serta berserat tinggi. Maka, selada sangatlah membantu dalam diet penurunan berat badan anda. Sayur lain adalah ‘bayam’, seperti selada, bayam juga memiliki kandungan air yang banyak dengan batang dan daun warna hijau gelap. Kedua sayur ini sangat direkomendasikan untuk para pe-diet. ( Baca : Akibat kurang seratMakanan kaya serat alami )
  • Selain itu, asupan lemak juga harus diperhatikan. Tubuh kita memang membutuhkan lemak, tapi dalam kadar yang sangat sedikit. Maka dari itu, jika anda melaksanakan diet dengan benar, maka anda akan mengurangi segala makanan yang terlalu mengandung banyak lemak seperti, gorengan, krupuk, kulit ayam, dan lain-lain. Anda juga akan mengurangi makanan yang digoreng seperti makanan ringan. ( Baca : Bahaya mengonsumsi gorenganMakanan yang mengandung lemak jenuhBahaya lemak jenuh )
  • Bagaimanapun, memperhatikan asupan-asupan yang dibutuhkan tubuh kita sama halnya dengan melakukan pola hidup sehat. Dengan diet yang benar ini pun anda sekaligus menjaga kesehatan tubuh anda yang pastinya akan banyak mendapat manfaat darinya.
  1. Tanpa Obat Pelangsing

Diet yang benar tidak membutuhkan obat pelangsing. Karena jika anda membutuhkan obat pelangsing, maka anda telah yakin bahwa diet anda tidak berhasil dan menginginkan kurus dengan cara instan. Padahal telah dijelaskan diatas bahwa obat pelangsing memiliki efek samping yang juga harus dipertimbangkan pemakaiannya. Dan efek sampingnya inilah yang membahayakan tubuh kita. Diet yang benar benar-benar memperhatikan kesehatan sehingga jika anda telah berdiet dengan benar, anda tidak akan membutuhkan obat pelangsing sekalipun.

  1. Olahraga Secara Teratur

Seringkali karena kesibukan ataupun malas, anda jadi enggan untuk berolahraga. Apalagi secara teratur. Untuk itu, jika anda tipe pemalas, maka hendaknya anda berolahraga ringan saja, asalkan teratur dan konsisten sehingga tidak sampai menimbulkan ngilu pada tulang dan sendi.

Olahraga ringan pun dapat membantu menurunkan berat badan jika dilakukan secara teratur. Misalnya jalan kaki. Jangan dikira jalan kaki bukan olahraga. Jika anda menyempatkan diri dengan jalan kaki tiga puluh menit dalam sehari, kemudian melakukan pola makan dan hidup yang sehat tanpa mengkonsumsi obat pelangsing, maka berat badan anda akan turun perlahan-lahan namun pasti dan menyehatkan.

Baca : Cara menurunkan berat badan dengan olahragaOlahraga menurunkan berat badan )

Tips Sukses Berdiet

Setelah sekian panjang anda ketahui tentang diet yang benar dan diet yang salah, sebaiknya anda segera mengambil tindakan. Jika diet anda sudah benar, maka anda hanya tinggal meneruskan saja. Jika diet anda masih salah, maka anda harus mengubah dan memperhatikan lagi cara diet anda. Nah, untuk memudahkan itu, berikut tips yang  akan membantu anda :

  • Mengurangi karbohidrat menambah serat. Utamakan mengonsumsi sayur berwarna hijau gelap karena berserat tinggi. Serat tinggi bisa melancarkan pencernaan dan membuat kenyng lebih lama
  • Mengunyah makanan tiga puluh kali sebelum menelannya. Mengunyah lama makanan dalam mulut akan meringankan kerja lambung anda sehingga anda akan mudah sekali untuk BAB serta tidak akan lagi terkena sakit perut baik kembung maupun sakit.
  • Tidak makan dalam pola dan waktu tertentu. Seperti sebelum tidur, sebelum mandi, bangun tidur, dan lain sebagainya.
  • Minumlah air putih minimal delapan gelas per hari. Banyak yang telah membuktikan bahwa minum air purih minimal delapan gelas perhari dapat menjaga kesehatan tubuh kita.
  • Tambahkan meminum susu jika tubuh lemas karena mengurangi karbohitdrat. Meminum susu dapat menambah tenaga bagi anda. Jika anda tidak suka meminum susu, minumlah air dengan larutan gula yang manis.
  • Kurangi asupan lemak. Kurangi dengan tidak memakan makanan yang mengandung lemak tinggi seperti gorengan, krupuk, dan lain sebagainya.
  • Olahraga teratur meskipun dengan berjalan kaki. Intinya adalah teratur. Jika anda terbiasa berolahraga dengan berlari, maka teraturkan pola olahraga berlari anda. Jika anda sama sekali tidak pernah berolah raga, maka mulailah dengan berjalan kaki 30 menit per hari dengan konsisten.
  • Ganti obat pelangsing dengan suplemen yang menyehatkan. Misalnya, minyak ikan salmon, propolis, dan suplemen-suplemen lain yang membuat tubuh anda bugar dan sehat.

Pada intinya, diet yang benar adalah melakukan pola hidup sehat. Kegemukan pun bukan sesuatu yang menyehatkan sehingga kita perlu ber-diet untuk mencegah penyakit-penyakit yang diakibatkan kegemukan. Apalagi saat usia anda tidak lagi muda, tubuh anda membuhkan perhatian lebih. Maka mulailah hidup sehat dari sekarang dengan mengatur pola makan dan asupan-asupan yang dibutuhkan tubuh, kemudian menjaganya dengan olahraga, dan membantunya dengan suplemen kesehatan.

You may also like