Waspadai 7 Efek Samping Diet Lemon Jika Berlebihan dan Berjangka Panjang !

239

Ada banyak cara dalam berdiet yang tujuannya adalah untuk menurunkan berat badan, di mana salah satunya adalah dengan melakukan diet lemon. Meminum air perasan lemon diketahui sebagai cara yang efektif dalam membakar lemak yang juga diyakini mampu meningkatkan energi karena kandungan vitamin C-nya, belum lagi sifat antikanker sekaligus antioksidan.

Hanya saja, dibalik manfaat diet lemon, tetap ada efek samping yang perlu untuk diperhatikan dan diwaspadai oleh para pelaku diet ini. Berikut ini adalah daftar efek samping diet lemon yang bisa berakibat cukup buruk bagi kesehatan tubuh, apalagi kalau sampai diterapkan dalam jangka panjang atau berlebihan sehari-hari.

1. Tubuh Kurang Nutrisi

Untuk membuat proses penurunan berat badan bisa terjadi secara cepat, beberapa orang menerapkan diet lemon secara ekstrem. Setelah rajin meminum air perasan lemon, beberapa pelaku diet jenis ini juga sangat membatasi asupan makanan sehingga tubuh tak memperoleh kalori yang cukup. Karena hal inilah, kekurangan nutrisi pada tubuh pun terjadi.

2. Kelaparan

Berdiet hanya dengan mengandalkan air lemon tanpa diimbangi dengan asupan makanan lain yang menyehatkan mampu menyebabkan tubuh bisa mudah lapar. Diet lemon masih harus tetap disertai dengan asupan makanan sehat yang cukup, seperti konsumsi buah maupun sayur sehingga rasa kenyang yang didapat tidak berlebihan tapi juga bertahan lama karena kandungan seratnya

3. Dehidrasi

Air perasan lemon memang kelihatannya sederhana untuk dikonsumsi sebagai cara diet yang ampuh sekaligus cara mendetoksifikasi tubuh. Namun karena efek dari fungsi detoks itulah, tubuh bisa lebih cepat mengalami kekurangan cairan alias dehidrasi. Detoksifikasi akan membuat kita membuang lebih banyak keringat maupun urine, jadi waspadailah bahaya dehidrasi ini.

4. Sering Buang Air Kecil

Seperti disebutkan sebelumnya, efek dari minum air perasan lemon sebagai diet dan detoksifikasi adalah dehidrasi karena urine yang dibuang akan jauh lebih banyak. Ini karena lemon sendiri merupakan buah yang mengandung vitamin C tinggi dan kandungan inilah yang bisa membuat urine terproduksi lebih pada ginjal serta membuat Anda ingin buang air kecil terus-menerus.

5. Memicu Kenaikan Asam Lambung

Mengonsumsi lemon sebagai langkah diet alami memang terbilang efektif, namun tak berarti diet ini cocok bagi semua orang yang ingin tahu cara menguruskan berat badan. Bagi pemilik riwayat gangguan pencernaan pada lambung, ada kemungkinan asam lambung bisa lebih mudah kambuh karenanya.

Ketika Anda memiliki penyakit maag atau pernah mengalami asam lambung naik dengan keluhan sensasi panas terbakar di dada, rasa mual yang disertai muntah, belum lagi kerongkongan yang tak nyaman karena asam lambung naik sampai ke sana, Anda sebaiknya menghindari diet lemon. Efek samping berupa kenaikan asam lambung harus Anda waspadai.

6. Erosi Gigi

Konsumsi lemon untuk diet atau bahkan menikmati air perasannya memang cukup ampuh, tapi juga Anda perlu memerhatikan akan jangka waktu konsumsinya. Air lemon yang dikonsumsi sering-sering apalagi dalam waktu lama dan panjang akan membuat enamel gigi mudah terkena erosi.

Dari erosi inilah, tingkat sensitivitas gigi meningkat yang akhirnya bisa berdampak pada terganggunya saraf gigi dan menyebabkan sakit gigi. Apabila enamel gigi tererosi secara serius, cobalah untuk langsung berkonsultasi dengan dokter gigi supaya dapat diatasi dengan pemberian lapisan khusus untuk melindungi bagian gigi.

7. Tubuh Cepat Lelah

Mengonsumsi air perasan lemon tanpa diimbangi dengan asupan kalori cukup dari makanan dan minuman lain bisa menjadi penyebab tubuh kelelahan. Karena kurangnya nutrisi dalam tubuh, maka tenaga pada tubuh pun bisa lebih cepat berkurang. Tetaplah asup makanan yang mengandung kalori, namun tentunya dengan kandungan karbohidrat dan lemak yang rendah agar berat badan tak gampang naik.

Diet lemon memang baik bagi yang ingin menurunkan berat badan, tapi perhatikan pula berbagai bahayanya bagi tubuh. Terlalu banyak mengonsumsi lemon atau air lemon tanpa keseimbangan asupan nutrisi ditambah dengan penggunaan jangka panjang bisa berdampak serius bagi kesehatan lambung hingga kesehatan gigi, jadi pastikan untuk bisa membatasi konsumsinya juga.