12 Bahaya Mengantuk di Pagi Hari Perlu Dihindari

Mengantuk adalah hal yang sangat wajar karena setiap orang pasti merasakannya, namun bagaimana kalau mengantuk setiap pagi? Ngantuk terus-menerus di pagi hari bisa jadi adalah tanda bahwa tubuh sedang kurang sehat. Berikut ini merupakan sejumlah bahaya mengantuk di pagi hari yang perlu untuk diketahui sekaligus Anda waspadai.

  1. Insomnia

Ketika rasa kantuk dirasakan setiap pagi, tengoklah lagi apakah setiap malam Anda benar-benar bisa tidur dengan nyenyak. Susah tidur di malam hari atau yang kita sebut dengan istilah insomnia bisa jadi adalah yang Anda alami tanpa disadari. Kurang tidur akan cukup berbahaya bagi fungsi tubuh kita, maka sebisa mungkin hindarilah insomnia dan dapatkan cukup waktu untuk istirahat setiap malam.

  1. Dehidrasi

Kondisi kurang cairan dalam tubuh atau dehidrasi juga dapat menjadi bahaya dari rasa kantuk yang muncul setiap pagi. Saat tubuh dehidrasi, otomatis timbul gangguan gula dan garam pada tubuh yang berdampak pada penurunan kinerja fungsi tubuh.

  1. Gangguan Pencernaan

Salah satu bahaya dari mengantuk hampir di setiap pagi adalah kondisi dehidrasi seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Dari kekurangan cairan, tubuh bisa mengalami gangguan pada sistem pencernaan karena kinerjanya kurang menjadi maksimal dalam mengeluarkan racun serta kotoran dari dalam tubuh. Tentunya hal ini akan menyebabkan ketidaknyamanan pada perut sekaligus meningkatkan risiko sembelit.

  1. Anemia

Pagi-pagi mengantuk padahal sudah mendapatkan istirahat cukup di malam hari? Mungkin Anda memiliki anemia alias kekurangan darah. Sel darah merah cukup di dalam tubuh sangatlah penting karena sel-sel darah merahlah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Jika memang mengantuk pagi-pagi merujuk pada anemia, mulailah konsumsi lebih banyak makanan-makanan yang mengandung zat besi tinggi.

  1. Sakit Kepala

Mengantuk di pagi hari bisa berbahaya bagi tubuh, apalagi kalau Anda harus tetap beraktivitas seperti biasa di tengah-tengah rasa kantuk yang melanda. Salah satu efek yang mungkin termasuk paling umum terjadi adalah timbulnya sakit kepala atau pusing.

  1. Gangguan Metabolisme

Karena mengantuk, kemungkinan beberapa orang akan memilih untuk tidur walau di pagi hari. Inilah yang kemudian mampu membuat jalannya proses metabolisme tubuh berhenti karena segala prosesnya akan melambat sewaktu seseorang sedang tidur. Ada berbagai jenis-jenis kelainan metabolik yang perlu diwaspadai dan sebaiknya dicegah dengan memperoleh istirahat cukup serta mengecek kesehatan ke dokter.

  1. Rasa Malas yang Besar

Saat mengantuk, apalagi di pagi hari di mana waktunya untuk memulai aktivitas, tentu tubuh akan menjadi tak bersemangat. Rasa malas yang besar di sini menjadi bahayanya yang akan mendorong diri kita untuk enggan bergerak dan berpikir. Jelas hal ini bisa memperburuk kesehatan sekaligus hasil kegiatan kita.


  1. Tubuh Tampak Tidak Bugar dan Segar

Bahaya ketika mengantuk di pagi hari adalah wajah dan tubuh tampak tak segar sama sekali. Ada beberapa orang sengaja begadang di malam harinya karena mengerjakan tugas kuliah/sekolah atau menyelesaikan pekerjaan. Namun sebagai dampaknya, keesokan paginya hanya akan ada rasa kantuk dan membuat tubuh tak kelihatan bugar.

  1. Seharian Tubuh Loyo

Hampir sama dengan poin sebelumnya, salah satu bahaya dari mengantuk di pagi hari tanpa dapat tidur kembali adalah tubuh yang kelihatan lemas, lunglai dan lesu alias loyo. Bahaya seperti ini bisa terjadi seharian karena rasanya tubuh tak lagi punya energi padahal aktivitas juga tak begitu berat.

  1. Diabetes

Diabetes bisa saja adalah bahaya dibalik seringnya mengantuk di pagi hari. Karena kadar glukosa di dalam tubuh terlalu tinggi, justru hal ini malah menurunkan tingkat kemaksimalan penggunaan glukosa dalam tubuh sebagai penyedia tenaga. Maka dari itu, cobalah rajin-rajin mengecek kadar gula darah supaya bisa mencegah diabetes tipe 2.


  1. Depresi

Salah satu jenis gangguan emosi seperti halnya depresi bisa juga berdampak buruk bagi fisik kita. Saat stres dan depresi, otomatis hal ini memicu rasa enggan untuk melakukan aktivitas harian dengan alasan sedang tidak mood atau suasana hati sedang tak mendukung untuk berbuat apapun. Bahkan bagi beberapa orang yang stres dan depresi akan selalu merasa mengantuk.

  1. Sakit Jantung

Sewaktu mengantuk apalagi hampir di setiap pagi, ada potensi bahwa jantung sedang tidak dalam keadaan sehat sebagai bahayanya. Oksigen yang tak terkirim dengan baik ke organ jantung bisa jadi membuat fungsi jantung menurun sehingga kita menjadi lebih sering mengantuk tak hanya di pagi hari, tapi di sepanjang waktu serta cepat lelah.

Itulah sejumlah bahaya mengantuk di pagi hari yang bila dibiarkan mampu berpengaruh terhadap setiap kegiatan yang kita jalani. Segera atasi bila Anda sudah terlalu sering merasakan kantuk yang tak wajar di pagi hari, terutama ketika malam harinya sudah mendapat cukup istirahat.

, ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Gaya Hidup Buruk