Home Gizi & NutrisiPanduan Gizi 7 Penyakit Akibat Kelebihan Protein Bagi Tubuh

7 Penyakit Akibat Kelebihan Protein Bagi Tubuh

by Gilang Pratama

Protein merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Bersama karbohidrat dan lemak, protein akan saling melengkapi untuk mendukung semua kinerja dan fungsi pada tubuh manusia. Dalam pembentukan otot manusia pun, protein adalah unsur yang sangat penting. Tidak ada protein, maka semua hormon pada pencernaan manusia menjadi tidak teratur.

Penyakit akibat kelebihan protein

Saking pentingnya peran protein dalam tubuh maka kita harus memperhatikan betul kebutuhan akan protein ini. Kelebihan protein akan menjadi berbahaya bagi tubuh. Ada banyak penyakit akibat kelebihan protein ini. Penyakit – penyakit tersebut antara lain :

  1. Resiko obesitas
    Jumlah protein yang pas membantu tubuh menjadi sehat. Tetapi kelebihan protein bisa mengakibatkan resiko kelebihan berat badan. satu gram protein bisa mengandung empat kalori. Semakin banyak protein makan semakin banyak pula kalori nya.
  2. Resiko kanker
    Dalam sumber protein pun biasanya mengandung lemak. Penumpukan lemak ini akan memicu pertumbuhan dari sel kanker
  3. Masalah pada liver
    Kelebihan protein bisa mengganggu liver karena pada saat kita mengkonsumsi sumber protein maka tubuh menghasilkan racun yang akan diproses dalam liver. Semakin banyak protein yang dikonsumsi maka semakin banyak juga racun yang menumpuk dalam liver.
  4. Kolesterol
    Protein hewani juga adalah salah satu sumber kolesterol. Semakin banyak kita mengkonsumsi protein hewani ini maka semakin banyak juga kolesterol yang masuk ke dalam tubuh kita.
  5. Masalah pada ginjal
    Mengkonsumsi terlalu banyak protein membuat kerja ginjal menjadi lebih berat. Hal ini diakibatkan karena semakin banyak mengkonsumsi protein maka semakin banyak pula zat buangan protein seperti racun yang harus disaring oleh ginjal.
  6. Menjadi penyebab dehidrasi
    Kebanyakan mengkonsumsi protein pun bisa mengakibatkan dehidrasi. Hal ini karena kelebihan protein akan membuat tubuh bekerja dengan lebih keras. Ini akan membuat tubuh membutuhkan banyak air. yang bila tidak disertai dengan jumlah air minum yang tepat maka akan terjadi dehidrasi
  7. Kalsium rendah
    Kelebihan protein akan mengakibatkan produksi asam menjadi lebih tinggi. Produksi asam yang tinggi membuat kemampuan tulang menyerap kalsium menjadi lebih rendah. Perlu diketahui ada banyak bahaya kekurangan kalsium.

Itulah beberapa dari penyakit akibat kelebihan protein yang akan muncul pada tubuh jika kita tidak memperhatikan konsumsi protein kita maka akan banyak akibat kekurangan dan kelebihan protein yang akan kita terima.

Sumber Protein

Ada banyak makanan yang mengandng protein super tinggi. Secara garis besar, sumber protein ini dibagi menjadi dua jenis. Yaitu :

  • Sumber protein nabati
    Sumber protein nabati adalaah protein yang bersumber dari tumbuhan. Beberapa contoh dari makanan dengan sumber protein nabati antara lain seperti jamur, jagung, jeruk, kacang, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  • Sumber protein hewani
    Sumber protein hewani merupakan sumber protein yang bersumber dari hewan. Beberapa contoh dari makanan dengan sumber protein hewani antara lain adalah ikan, telur, daging ayam, cumi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kebutuhan Protein

Setiap orang memiilki kebutuhan akan nutrisi yang berbeda – beda. termasuk kebutuhan akan protein. Ada banyak akibat kelebihan protein ataupun kekurangan protein. Ada banyak penyakit akibat kelebihan protein maupun kekurangan protein. Kebutuhan protein tiap orang ditentukan beberapa faktor seperti :

  • Berat badan
    Semakin besar berat badan yang dimiliki maka kebutuhan protein pun akan semakin meingkat.
  • Faktor kesehatan
    Biasanya orang yang baru sembuh dari sakit memiliki kebutuhan akan protein yang lebih banyak.
  • Pekerjaan
    Pekerjaan seseorang ataupun aktifitas sehari – hari orang tersebut pun menentukan berapa banyak protein yang dibutuhkan
  • Jenis kelamin
    Kecuali ibu hamil dan menyusui, kebutuhan protein untuk wanita biasanya lebih sedikti ketimbang kebutuhan asupan protein untuk pria
  • Usia
    Faktor usia juga akan menentukan seberapa banyak protein yang dibutuhkan oleh orang tersebut.

Efek kekurangan protein

Dengan fungsi nya yang sangat bermanfaat maka mencukupi kebutuhan protein pun merupakan salah satu hal yang dianjurkan. Hal yang harus diperhatikan adalah jumlah protein yang kita butuhkan. Seperti sudah di bahas sebelumnya kelebihan protein akan berakibat buruk bagi tubuh kita. Maka kekurangan protein pun juga akan mengakibatkan hal buruk bagi kita. Beberapa penyakit yang akan muncul akibat dari kekurangan protein diantaranya adalah :

  • Marasmus
    Merupakan penyakit kekurangan gizi buruk yang biasa terjadi pada balita yang salah satunya disebabkan oleh kekurangan protein. Penyakit ini menyebabkan penurunan berat badan yang begitu cepat.
  • Busung lapar
    Penyakit ini juga biasa terjadi pada anak – anak yang diakibatkan oleh kekurangan protein.
  • Cachexia
    Ini merupakan penyakit lain yang diakibatkan kekuragan protein yang mengakibatkan otot rangka menjadi lemah
  • Tekanan darah rendah
    Hal lain yang menjadi akibat dari kekirangan protein adalah menurunya tekanan darah.

Itulah beberapa akibat apabila kita tidak mencukupi kebutuhan protein kita.

 

You may also like