5 Bahaya Olahraga Malam Bagi Wanita – Penyebab dan Pencegahan

Olahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga agar tubuh tetap bugar dan tidak gampang sakit baik bagi pria ataupun wanita. Ada banyak manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh. Permasalahan yang muncul akhir – akhir ini adalah seiring dengan kesibukan maka waktu olahraga di jam normal pun menjadi sulit untuk dilakukan. Sebagian orang lalu memilih berolahraga di malam hari untuk mengganti waktu olah raga di pagi hari. Masalah lain yang muncul adalah, olahraga di malam hari justru bisa menjadi bahaya baik bagi pria khususnya wanita. Bahaya olahraga malam bagi wanita disebabkan oleh beberapa faktor. Selain itu bahaya olahraga malam bagi wanita antara lain :

  1. Lebih rentan cidera
    Olahraga di malam hari setelah beraktifitas sebelumnya justru membuat kita lebih rentan cidera. Hal ini disebabkan oleh kondisi tubuh yang sebelumnya sudah lelah.
  2. Menurunkan daya tahan tubuh
    Jika olahraga dianggap cara meningkatkan daya tahan tubuh. Berolahraga di malam hari setelah sebelumnya menjalani aktifitas padat di siang hari justru bisa membuat daya tahan tubuh melemah karena faktor kelelahan
  3. Gangguan pernafasan
    Jumlah oksigen di malam hari yang lebih sedikit dibanding dengan siang hari menjadi penyebab utama gangguan pernafasan akibat olahraga malam
  4. Insomnia
    Dalam beberapa kasus olahraga malam hari justru menjadi penyebab susah tidur. Hal ini biasanya terjadi karena setelah berolahraga denyut jantung dan suhu tubuh meningkat yang membuat beberapa orang menjadi lebih waspada dan menjadi susah tidur sehingga menjadi penyebab insomnia.
  5. Penurunan hormon
    Hal ini berkaitan dengan akibat kelelahan setelah berolahraga itu sendiri.

Penyebab

Beberapa hal yang menyebabkan bahaya olahraga malam bagi wanita dan juga pria adalah :

  • Daya tahan tubuh
    Pada malam hari setelah beraktifitas dengan sangat padat di siang hari maka daya tahan tubuh kita pun akan menurun. Jika ditambah dengan olahraga maka akan lebih banyak lagi energi yang terbuang tanpa jeda istiraha yang cukup.
  • Ketersediaan oksigen
    Di malam hari secara umum jumlah oksigen jauh lebih sedikit daripada waktu siang hari. Hal ini membuat kita menjadi lebih lelah. Olahraga membutuhkan oksigen dalam jumlah lebih banyak agar pernapasan dan aliran darah ke jantung lancar, Kekurangan oksigen justru membuat sesak napas setelahnya
  • Siklus tubuh
    Untuk kebanyakan orang malam hari adalah waktu istirahat setelah di siang hari. Berolahraga pada malam hari dalam kondisi lelah justru bisa membuat kita lebih rentan terkena cidera dan menjadi penyebab tidak bisa tidur.

Olahraga malam

Meskipun begitu, sebagian ahli menyatakan bahaya olahraga malam bagi wanita dan pria secara umum bisa dihindari. Beberapa hal yang bisa menjadi tips untuk menghindari bahaya olahraga malam bagi wanita ataupun pria antara lain :

  • Lakukan olahraga ringan
  • Melakukan olahraga malam lebih baik di dalam ruangan ketimbang di luar ruangan
  • Untuk menghindari susah tidur, usahakan berolahraga jauh sebelum waktu tidur.
  • Jangan pernah lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan
  • Jangan langsung mandi setelah selesai berolahraga. Pastikan tubuh sudah benar  benar dingin
  • Jangan langsung tidur, usahakan tidur 1-2 jam setelah pendinginan

Hal lain yang harus diperhatikan untuk terhindar dari bahaya olahraga malam bagi wanita dan pria adalah :

  • Durasi olahraga. Perhatikan lama anda berolahraga dan paling penting adalah jangan berlebihan
  • Jangan mengkonsumsi makanan sebelum olahraga malam
  • Lakukan olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh anda

Beberapa olahraga yang bisa dilakukan malam hari adalah seperti bersepeda ketika pulang kantor, berjalan kaki saat jam pulang kantor, ataupun olahraga ringan lainnya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kebiasaan Buruk