9 Bahaya Kecanduan Nonton Televisi

2352

Televisi merupakan alat elektronik yang sungguh bermanfaat. Karena keberadaannya mampu menebar manfaat bagi siapa saja, mulai dari anak- anak hingga lansia (lanjut usia). Selain itu, televisi mampu menyajikan informasi- infomasi yang sangat dibutuhkan hingga menyuguhkan berbagai hiburan yang sangat menghibur. Maka dari itu televisi ini menjadi barang yang sangat dibutuhkan oleh orang banyak.

Dampak Negatif Bagi Pecandu Tontonan Televisi

Televisi pada zaman sekarang sudah bukan menjadi barang yang mewah. Hampir semua rumah mempunyai televisi, bahkan banyak rumah yang mempunyai televisi lebih dari satu. Banyaknya program televisi yang menarik ini terkadang membuat seseorang menjadi kecanduan terhadap televisi. Sehingga televisi terkadang membawa dampak buruk, yaitu berupa kencanduan yang dirasakan oleh pemirsanya. Pemirsa televisi yang dapat terjangkit kecanduan ini, baik anak-anak, remaja, orang dewasa, maupun lansia (lanjut usia). Tahukah Anda bahwa kecanduan televisi atau yang biasa disebut dengan binge-watching ini dapat menyababkan berbagai dampak buruk yang tentunya membahayakan? Inilah beberapa dampak negatif dari orang- orang yang telah mengalami kecanduan menonton televisi.

1. Malas

Malas merupakan rahasia umum bagi semua orang dan dengan jelas dapat dilihat bahwa salah satu penyebabnya adalah menonton televisi. Orang yang kecanduan menonton televisi akan cenderung sulit untuk meninggalkan televisi tersebut. Orang tersebut akan betah menghabiskan waktunya di depan televisi untuk menikmati acara televisi yang berganti- ganti setiap jamnya. Orang tersebut bukan hanya malas beraktivitas, bahkan bergerak untuk sekedar meninggalkan tempat menontonnya pun akan malas.

2. Memperburuk Mood

Dampak buruk kecanduan televisi yang lain adalah membuat mood menjadi jelek. Saat kita asyik menonton televisi, maka otak kita akan dipaksa mengikuti apa yang sedang ditayangkan di televisi. Acara – acara tersebut terkadang hanya fiktif atau rekayasa, sehingga seringkali kita menemui suasana dalam televisi yang kurang bagus. Hal tersebut akan berdampak pada emosi seseorang. Orang tersebut akan mudah terbawa emosi, sehingga membuat mood untuk menghadapi dunia nyata pun menjadi berkurang atau hilang.

3. Mengganggu Kesehatan

Menonton televisi yang terlalu lama atau sering tentu saja akan mempengaruhi . Berdasarkan Journal of the American Heart Association, kecanduan menonton televisi akan meningkatkan masalah kesehatan yang berhubungan dengan umur. Hal ini disebabkan salah satunya karena banyak orang – orang yang kecanduan menonton televisi, menontonnya sambil makan. Sehingga makannya menjadi tidak terkontrol dan apa yang mereka makan terkadang tidak peduli mengandung zat apa saja, ditambah dengan jarangnya melakukan olahraga memberikan dampak negatif. (Baca : Dampak negatif tidak pernah berolahraga) karena rasa malas beranjak dari tempat menonton tersebut. Hal ini akan dengan mudah mendatangkan masalah kesehatan bagi orang- orang yang merasa kecanduan.

4. Membuat Tingkat Fokus Otak Berkurang

Hal seperti ini otomatis terjadi pada orang yang kecanduan televisi. Bagaimanapun saat kita menonton televisi, yang kita kira bisa membuat kita santai, ternyata hal tersebut salah. Saat menonton televisi, otak kita terus bekerja. Namun bekerjanya otak kita ini berbeda dengan bekerja saat kita melakukan aktivitas atau bekerja di dunia nyata. Saat kita menonton televisi, otak kita akan tertukar antara kiri dan kanan. Hal tersebut akan melepas hormon endorphin (hormon yang membuat kita merasa relax), otomatis kita jadi tidak merasa relax. Hal ini yang menyababkan tingkat kefokusan otak berkurang ketika kita melakukan aktivitas lain dengan sambil menonton televisi. Maka dari itu, lebih baik kerjakan sesuatu dengan fokus tanpa menonton televisi, terlebih dengan suara yang keras.

Baca juga:

Info seputar hal yang membuat kinerja otak berkurang :

5. Memperburuk Masalah

Banyak orang yang melampiaskan rasa kekesalannya atau kesedihannya dengan menonton televisi. Hal ini dilakukan dengan harapan agar orang tersebut bisa mengurangi sedikit beban masalah yang ada di pikirannya. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata hal tersebut salah. Menonton televisi secara berlebihan bahkan akan menambah buruk masalah yang ada. Hal ini karena menonton televisi akan memperlambat fungsi otak kita untuk berfikir mencari solusi untuk atas masalah yang kita hadapi tadi. Sehingga otomatis menonton televisi ini bukan membantu mencarikan solusi namun justru akan memperlambat proses pencarian solusi atas masalah kita.

6. Malas Mandi

Salah satu dampak buruk lain yang kita rasakan adalah malas mandi. Hal ini disebabkan karena bahaya kecanduan televisi membuat orang menjadi “enggan” mematikan televisi meski sejenak. Hal ini tentu saja akan menyebabkan orang tersebut menjadi malas mandi (Baca bahaya mandi tanpa tidur) dan akan berdampak lanjut pada kebersihan dan juga kesehatan badan. Meskipun sebenarnya dalam keadaan kotor karena tidak mandi, namun orang yang kecanduan menonton televisi akan menganggap dirinya dalam keadaan selalu bersih. Hal inilah yang menyebabkan pecandu nonton televisi menjadi gampang atau mudah terkena penyakit.

Info seputar aktivitas mandi lainnya :

7. Memperburuk Kualitas Tidur

Percaya atau tidak, orang yang kecanduan menonton televisi akan menyebabkan orang tersebut menjadi tidur lebih lama. Hal ini karena disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, saat pecandu melakukan kegiatan nonton televisi dengan cara begadang, Tentu hal seperti ini sudah pasti memicu pecandu tersebut untuk bangun tidur lebih lama daripada orang yang tidurnya berada di jam normal, sehingga hal tersebut memicu datang nya penyakit ( Baca Kebiasaan buruk akibat terlalu banyak tidur).

Kedua, ketika orang yang kecanduan menonton televisi tersebut menempatkan televisinya di kamar tidur dan menontonnya dengan posisi tidur yang buruk (Baca juga: posisi tidur yang baik bagi kesehatan) di tempat tidur. Hal ini tentu saja akan menimbulkan potensi tidur kapan saja bagi si pecandu, sehingga ketika sedang asyik menonton televisi tiba- tiba dia tertidur (Baca juga : penyakit akibat kurang tidur). Hal seperti ini bisa saja terjadi. Sehingga hal tersebut bisa menurunkan kualitas tidur nya.

Baca Juga: Bahaya tidur siang

8. Menurunkan Prestasi Belajar

Hal seperti ini seperti sudah merupakan dampak yang otomatis akan dirasakan oleh anak- anak usia sekolah. Ketika anak- anak yang seharusnya menggunakan sebagian waktunya untuk belajar, justru malah digunakan untuk menonton televisinya tersebut. Akibatnya anak tersebut tidak pernah mempunyai waktu untuk belajar, dan otomatis prestasinya akan menurun.

9. Menggemukkan Badan

Hal seperti ini terjadi pada orang yang kecanduan menonton televisi dengan kebiasaan ngemil. Saat mereka sedang asyik menikmati tayangan, mereka tidak sadar bahwa ternyata sudah banyak makanan yang mereka makan. Sehingga mereka tanpa sadar sudah membuat berat badan menjadi naik. Hal tersebut juga menjadikan pola makan mereka tidak teratur, Sehingga mereka lebih mudah terserang Kegemukan (Baca: Bahaya berbaring setelah makan )

Baca Juga :

Info seputar makan lainnya :

Itulah beberapa bahaya yang disebabkan ketika seseorang terserang virus kecanduan menonton televisi. Semoga kita bukan termasuk orang – orang yang berada di dalamnya. Semoga artikel ini bermanfaat.