Begini 5 Bahaya Kurang Minum Air Putih yang Jarang Disadari

198

Setiap harinya, tubuh orang dewasa memerlukan asupan air minimal sebanyak 2 liter atau setara dengan 8 gelas. Hal ini dikarenakan tubuh kita didominasi oleh air, sehingga saat tubuh kekurangan air tentu akan berdampak pada kesehatan. Perlu diingat minuman berasa seperti teh, kopi dan minuman kemasan tidak dapat menggantikan fungsi air putih. Karena itu, meski telah mengkonsumsi minuman lainnya, porsi air putih dalam sehari tidak boleh berkurang.

Jika setiap harinya tubuh kekurangan air, bukan hanya kesehatan saja yang menjadi terganggu. Bahkan suasana hati pun bisa terpengaruh akibat tubuh kekurangan cairan. Jadi sangat penting untuk memahami bahaya apa saja yang dapat muncul saat kita kurang minum air putih.

  1. Dehidrasi

Hal yang paling utama terjadi saat kita kurang minum air putih adalah tubuh akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi dapat mempengaruhi fungsi berbagai organ penting dalam tubuh seperti otak, jantung dan ginjal. Selain itu, dehidrasi dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kasar, mata cekung dan urin menjadi pekat. Rambut pun akan terlihat kusam, kasar, mudah rontok dan kering.

2. Sulit Berkonsentrasi

Akibat tubuh kekurangan cairan, fungsi otak pun dapat terganggu. Pasalnya, otak mengandung 80% air sehingga kurang minum air putih dapat menyebabkan otak mengalami gangguan. Akibatnya, kita menjadi sulit berkonsentrasi dan fokus, sulit mengingat, pusing bahkan dapat kehilangan kesadaran jika kondisi sudah cukup parah.

3. Masalah Pencernaan

Kurangnya cairan tubuh dapat berdampak pada terganggunya fungsi organ pencernaan. Salah satu yang sering terjadi adalah sembelit atau sulit buang air besar. Hal ini dikarenakan, dalam proses mencerna makanan usus membutuhkan air untuk membentuk tinja. Jika cairan tubuh berkurang maka proses pencernaan tidak berjalan sempurna. Akibatnya feses menjadi keras dan sulit untuk dikeluarkan.

4. Menurunkan Mood

Ternyata, kurang minum air putih dapat mempengaruhi mood seseorang. Kurangnya asupan cairan pada tubuh dapat mempengaruhi emosi dan mental, sehingga seseorang menjadi mudah marah atau tersinggung. Selain itu kurangnya cairan tubuh dapat menurunkan tingkat energi dan menjadikan tubuh lemas tidak bergairah.

5. Merusak Ginjal

Kita tahu ginjal memiliki peranan yang sangat penting dalam menyaring darah. Jika kita kurang minum air putih, maka ginjal akan bekerja keras untuk menjalankan fungsinya, dan jika berlangsung lama dapat menyebabkan gejala penyakit ginjal. Penyakit batu ginjal adalah dampak yang paling ringan, sementara dalam kasus yang berat dapat mengakibatkan gagal ginjal.

Bahaya kurang minum air putih tersebut semestinya kita sadari sedini mungkin. Kita yang tahu apakah tubuh kita sudah mendapatkan asupan cairan yang cukup atau belum. Jadi, mulailah untuk merubah kebiasaan dan pastikan kita minum cukup air setiap harinya. Namun, minumlah sewajarnya saja, tidak melebihi batas yang disarankan agar tidak menimbulkan efek minum air putih berlebihan.