12 Cara Mencegah Sakit Buah Pinggang (ginjal) Super Ampuh

4380

Cara mencegah sakit buah pinggang merupakan upaya terbaik untuk menghindari keluhan kesehatan pada bagian pinggang dan terhindar dari penyakit ginjal.
Sakit buah pinggang sangat berhubungan dengan kondisi ginjal seseorang. Karena seseorang yang menderita sakit ginjal pada awalnya akan mengalami gangguan pada pinggangnya terlebih dahulu.

Gejala Awal
1.Gangguan kencing
Sakit buah pinggang diawali dengan ganguan kencing berupa terlalu sering atau terlalu jarang saluran kemih mengeluarakan urin. Kandung kemih selalu terasa nyeri.

2. Kesulitan buang air kecil
Kesulitan buang air kencing yang terus menerus akan mempengaruhi kesehatan ginjal. Ginjal akan kehilangan kemampuanya untuk mengontrol cairan tubuh. Cairan y=tubuh yang tidak segera dikeluaraakan akan menyebbakan fungsi ginjal menurun.
Baca juga : penyebab sakit pada saat buang air kecil

3. Kelelahan
Kurang minum dapat menyebabkan tubuh terserang dehidrasi. Fungsi ginjal jadi terganggu daan memperrburuk jumlah sel darah merah dalaam tubuh sehingga seseorang dapat terserang anemia.

4. Mual dan muntah
Seseorang yang terserang anemia dan dehidrasi akan merasakan pinggang menjadi pegal daan nyeri. Kondisi tersebut menyebabkan rasa tidak nyaman pada jaringaan perut. Perut menjadi kembung , Mual dan muntah.

5. Ruam dan gatal
Seseorang yang sering mengkonsumsi obat obatan pereda rasa nyeri maka ginjal akan bekerja keras untuk menyaring cairan untuk dibersihkan dari segala zat kimia dari obat obatan untuk kemudian dibuang melalui saluran pembuangan . Jika proses penyaringancairan berjalan tersendat sendat maka bisa menyebabkan tubuh terserang ruam dan gatal gatal. Kondisi itu merupakan reaksi kimia dari fungsi ginja yang tidak mampu menyaring cairan yang mengandung racun.

6. Sakit kepala
Seseoraang yang kesulitan untuk buang air kecil dan pinggang terasa nyeri secara berkesinambungan dapat menyebabkan sakit kepala dan terserang stres. Kondisi tersebut dapat menyebabakna seseorang jadi kesulitan untuk tidur.
Bac juga : obat sakit kepala paling ampuh dan aman

7. Bengkak bengkak
Jika tubuh mengalami kesulitan menyaring cairan untuk dibuang kesaluran kandung kemih maka akan terjadi penumpukan racun hasil limbah makanan yang sebelumnya telah dicerna oleh sistem pencernaan dalam tubuh. Akibatnya tubuh akn mengalami reaksi pembengkakan akibat tubuh mulai tercemar oleh sisa limbah makan yang seharusnya segera dikeluarkan lewat urin. Pembengkakan bisa terjadi pada wajah, Tangan atau anggota tubuh lain.

8. Demam
Seseorang yang mengalami gangguan ginjal, Selain pinggang akan terasa nyeri ternyata pasokan oksigen juga ikut berkurang melalui aliran darah seputar kandung kemih. Kondisi tersebut dapat menyebabkan seseorang terserang demam tinggi.


Baca juga : cara kompres yang benar untuk Demam tinggi

9. Kram otot

Tubuh yang terserang dehidrasi akibat kurang tidur selain pinggangnya akan terasa nyeri , Tubuh akan mengalami ketidakseimbangan cairan elektrolit. Kondisi tersebut berpotensi menyebabkan kram otot dibeberapa anggota tubuh misalnya kram otot tangan, Kaki dan tungkai kaki.

10. Tidak nafsu makan

Mengkonsumsi obat obatan dalam jangka pannjang dan kurang minum dapaat menyebabkan ginjal bekerja ekstra untuk menyaring racun yang ada dalam cairan tubuh , Jika ginjal kelelahan maka menyebabkan seseorang menjadi kehilangan nafsu makanya, Hal tersebut dikarenakan racun dalam tubuh mencemari jaringan ginjal.

Penyebab sakit buah pinggang

  1. kurang minum
  2. Mengkonsumsi obat obatan jangka panjang
  3. Kelebihan berat badan
  4. Duduk terlalu lama
  5. Riwayat cedera pinggang
  6. Asam urat meningkat
  7. Menderita TBC akut
  8. Menderita hepatitis
  9. Aktifitas mengangangkat beban berat
  10. Menderita penyakit malaria

Penanganan
Ada 12 solusi terbaik cara mencegah sakit buah pinggang
1.Mengurangi gula
Poal makan sehat agar kadar gula dalam darah senantiasa dalam kondisi yang stabil. Mengurangi makan nasi putih dan menggantinya dengan beras merah atau oat serta mengkonsumsi gula jagung atau gula aren untuk minuman sehari hari sangat baik untuk menstabilkan kadar gula dalam darah.
Baca juga :Cara menjaga kadar Gula darah agar normal secara alami

2. Mengurangi garam
Mengurangi makanan yang mengandung banyak garm agar tekanan darah tidak mengalami peningkatan. Garam yang berlebihan didalam tubuh berpotensi mempercepat pembentukan batu ginjal .
Baca juga : Bahaya konsumsi garam berlebihan pada tubuh dan kesehatangaram

3. Menjaga kadar asam urat
Menghidari atau mengurangi makanan yang mengandung logam dan zat purin agar kadar asam urat tetap stabil dan tidak mempengaruhi kinerja pembuluh darh seluruh tubuh. Zat merkuri dan purin yang berlewbihan dalam tubuh menyebabkan aliran darah sekitar pinggang dan jaringan ginjal menjadi tersumbat. hal ini disebabkan karena adanya Penumpukan zat merkuri dan purin yang tidak mampu lagi dihancurkan oleh tubuh.
Baca juga : Tanda tanda asam urat

4.Olahraga teratur
Olahraga ringan tetapi teratur dapat meningkatkan oksigen dalam aliran darah menuju jantung serta memperkuat pembuluh arteri jantung sehingga fungsi jantung tetap optimal. Olahraga yang teratur dapat menjadikan Jantung semakin sehat , Jika jantung sehat dmaka akan menyehatkan jaringan ginjal dan memperkuat otot otot pinggang sehingga terhindar dari sakit buah pinggang.

5. Cukup minum air putih
Air yang cukup didalam tubuh dapat melancarkan semua aliran darh teemasuk daerah pinggang, Ginjal, Kandung kemih dan saluran pencernaan. Cairan didalam tubuh mampu melancarkan kinerja ginjal ketika menyaring cairan tubuh dan mengeluarkan racun melalui saluran kandung kemih yang nantinya dibuang kesaluran pembuangan urin. Minum air putih 7 samapai 8 liter perhari adalah cara mencegah sakit buah pinggang yang paling ampuh, Karena tubuh yang tidak terserang dehidrasi maka buah pinggang atau ginjal akan senantiasa terjaga kesehatnya dengan baik.

6. Jangan duduk terlalu lama
Duduk teerlalu lama dapat menyumbat aliran darah meuju pinggang dan menekan kandung kemih yang sudah penuh denag urin yang seharusnya siap dikeluarkan. Duduk berjam jam tanpa di imbangi minum yang cukup dapat membuat otot perut menjadi tegang dan lelah, Perut mual, Ulu hati tidak nyaman, Pegal pegal, Kram otot perut sehingga memperngaruhi kondisi kesehatan ginjal.

7. Kurangi berat badan
Penumpukan lemak pada tubuh akibat kurang olahraga daapat menyebabkan penyumbatan pada aliran darh seputar pinggang. Lemak berlebih juga dapaat memperlmabat ginjal menyaring cairan tubuh secara normal. Kelebihan lemak dalm tubuh dapat memicu sakit buah pinggang atau gangguan ginjal.

8. Kurangi mengangkat beban berat
Terlalu sering mengangkat beban yang berat dapat membuat urat pinggang terkilir dan memicu aliran darah pinggang menjadi tidak lancar. Beban berat juga bisa menekan otot otot perut dan menyebabkan ginjal bekerja ekstra untuk bisa menstabilkan cairan elektrolit dalam tubuh sehingga ginjal mudah kelelahan. Cara mencegah sakit buah pinggang dapat terbukti efektif jika seseorang tidak mengangkat beban terlalu6berat .

9. Hindari obat obatan
Zat kimia pada obat obatan pereda rasa sakit dapat mengendap dialiran darah dan pembuluh menuju ginjal. Ginjal bisa mengalami iritasi dan peradangan. Zat kimia dapat meracuni cairan dalam tubuh sehingga ginjal harus bekerja lebih keras untuk menyaringnya. Jika kondisi ini terus menerus terjadi setiap hari maka ginjal akan kelelahan dan timbul luka yang berpotensi menyebabkan gagal ginjal. TidakmMengkonsumsi obat obatan secara berlebihan dan jangka panjang merupakan cara mencegah sakit buah pinggang yang cukup efektif bagi siapapun yang menginginkan ginjalnya sehat.

10. Tidur cukup
Tidur yang cukup setidaknya 7 sampai 8 jam perhari sangat membantu aliran seluruh tubuh menjadi lancar termasuk dapat meningkatkan kinerja ginjal dan cairan dalam tubuh. Air yang cukup dalam tubuh mampu mencegah resiko sakit pinggang ketika seseorang melakukan aktifitas yang membutuhkan duduk selama berjam jam.
Baca juga :Efek tidak Tidur 3 hari paling mematikan

11. Tidak menahan kencing
Kebiasaan menahan kencing dapat memicu ketegangan otot perut, Kandung kemih menjadi terbebani untuk menampung urin yang seharusnya dikeluarkan. Menahan kencing terlalu lama dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal dan nyeri pada dinding kandung kemih. Cara mencegah sakit buah pinggang bisa dengan jalan membiasakan diri tidak menahan kencing terlalu lama.
Baca juga : bahaya menahan kencing terlalu lama

12. Terlambat makan
Membiasakan makan tepat pada waktunya adalah baik bagi kesehatan kandung kemih, Pinggang dan otot perut. Terlamabat makan dapat membuat organ pencernaan menggiling dinding lambung sehingga bisa menyebabkan iriatsi dan pendaraha internal. Kondisi tersebut dapat memicu munculnya penyakit maag. Penyakit maag kronis dapat mempengaruhi kesehatn jaringan pinggang dan aliran darah disekitarnya. Penyakit maag cenderung mengakibatkan rasa tidak nyaman ketika seseorang melakukan aktifitas duduk. Makan teratur dengan menu masakan yang sesuai dengan standar 4 sehat 5 sempurna adalah solusi terbaik cara mencegah sakit buah pinggang.