22 Obat Patah Tulang Tangan agar Cepat Sembuh

3312

Patah tulang tangan biasanya terjadi pada bagian pergelangan di mana ada satu atau sejumlah tulang pada tulang tangan mengalami keretakan atau patah. Ingat bahwa ada 8 tulang karpus atau tulang kecil di dalam lengan manusia dan ditambah juga 2 buah tulang lengan yang ada pada bagian bawah (tulang radius dan tulang ulna).

Pada umumnya atau di kebanyakan kasus, patah tulang di pergelangan tangan bisa dialami pada salah satu tulang karpus (lokasinya tepat ada di bawah ibu jari kita). Berikut ini merupakan sejumlah gejala yang bisa dirasakan oleh penderita cedera patah tulang tangan:

  • Muncul suara retak ketika cedera atau jatuh di bagian tangan.
  • Tangan bengkak.
  • Tangan terasa nyeri yang begitu hebat.
  • Tangan memar.
  • Tangan mati rasa.
  • Tangan sulit digerakkan karena kaku.
  • Tangan mengalami perdarahan jika memang jaringan otot terusak oleh patahan tulang atau bila patahan tulang sampai menembus kulit.
  • Tangan berubah bentuk (misalnya bentuknya menjadi bengkok).

Untuk mengatasinya, berikut ini bisa disimak apa saja obat patah tulang tangan yang bisa dicoba.

(Baca juga: pertolongan pertama pada kecelakaan)

1. Es Batu

Patah tulang bisa diatasi dengan es batu sebagai obat alami dan paling sederhananya. Bila patah tulang tangan terjadi berikut juga dengan peradangan, maka es batu adalah obat yang paling tepat. Sensasi panas yang terjadi bisa coba diredakan menggunakan es batu ini.

Cobalah untuk mengambil beberapa kotak es batu untuk dibungkus kain bersih, lalu kompreskan ke bagian tulang tangan yang cedera selama kurang lebih 10-15 menit. Cara ini bisa dicoba dilakukan sehari 3 kali supaya tulang patah yang ngilu dan juga bengkak bisa cepat sembuh dan membaik.

2. Pijat

Bagi tangan yang patah tulang, mungkin agak aneh kalau harus dipijat karena bukan otot yang mengalami masalah di sini. Namun perlu diketahui bahwa manfaat pemijatan bagi tubuh sangatlah banyak dan salah satunya adalah untuk membuat aliran darah meningkat ke seluruh tubuh. Apabila jaringan lunak yang ada pada sekitar tulang tangan yang mengalami patah dipijat, otomatis peredaran darah bakal semakin lancar.

Ketika peningkatan peredaran darah terjadi, otomatis biasanya aliran nutrisi pun juga meningkat yang artinya mendukung tulang untuk lebih cepat pulih. Namun kalaupun Anda tertarik untuk mengobati dengan pijat, pastikan pemijatan dilakukan secara lembut dan pelan-pelan saja. Waspadai pemijatan yang malah bisa menggeser tulang yang sebenarnya sudah akan pulih.

(Baca juga: patah pergelangan tangan)

3. Berhenti dari Kebiasaan Merokok

Hati-hati bagi Anda yang memiliki kebiasaan merokok karena ketika patah tulang tangan, masa penyembuhannya akan terjadi lebih lama daripada mereka yang bukan perokok. Ini karena kepadatan mineral tulang pada perokok lebih rendah dari yang non-perokok. Salah satu bahaya merokok bagi kesehatan adalah mengganggu peredaran darah sehingga penyembuhannya lebih lama.

4. Terapi Panas

Sebagai obat patah tulang bagian tangan, Anda juga bisa menggunakan metode terapi panas di mana terapi ini bertujuan untuk membuat tulang yang mengalami keretakan bisa rekat kembali. Dengan terapi panas jugalah biasanya peredaran darah bisa lebih lancar dan tulang bisa diperbaiki lebih cepat.

Anda bisa secara langsung menggunakan rendaman air hangat di mana tangan yang patah tulang bisa direndamkan di sana. Aliran darah dijamin menjadi lancar kembali pada bagian tangan dan itu artinya masa penyembuhan juga nantinya bisa lebih cepat. Beberapa menit saja rendamkan tangan Anda dan lakukan secara rutin.

Cara lainnya bisa juga memanfaatkan handuk di mana handuk inilah yang Anda rendam di air panas lebih dulu. Setelah itu kompreskan ke area tangan yang patah tulang dan aliran darah dapat menjadi lebih lancar berkat efek panasnya. Pengompresan bisa dilakukan ½ jam dan praktikkanlah sehari 3 kali.

(Baca juga: obat nyeri tulang kaki)

5. Latihan

Dalam menyembuhkan patah tulang tangan, salah satu obat paling manjur adalah dengan melakukan latihan. Latihan memiliki peran vital dalam menolong supaya otot-otot sekitar tulang yang patah lebih kuat. Namun tentunya latihan harus didampingi ahlinya dan perlu dilakukan secara ekstra hati-hati disesuaikan dengan kemampuan si penderita patah tulang tangan juga.

6. Peningkatan Asupan Kalsium

Pemenuhan nutrisi yang sempurna juga turut menjadi obat yang baik dan alami bagi penderita patah tulang tangan. Kalsium merupakan jenis mineral yang berperan sebagai penjaga tulang supaya tetap dalam kondisi yang sehat. Kalsium tinggi pada tubuh akan membantu juga agar penyembuhan tulang tangan yang patah lebih cepat.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa Anda bisa menjadikan makanan-makanan yang mengandung kalsium tinggi sebagai obat alami bagi penderita tulang tangan yang patah. Produk-produk olahan susu serta jenis-jenis sayur yang berkalsium tinggi bisa menjadi menu harian Anda. Obat satu ini tentunya yang termasuk mudah dan bisa dikonsumsi setiap hari secara aman.

(Baca juga: cara menjaga kesehatan tulang)

7. Penambahan Asupan Vitamin D

Tujuan dari peningkatan asupan vitamin ini adalah agar penyerapan kalsium prosesnya bisa lebih optimal, tubuh juga membutuhkan asupan vitamin D yang cukup. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin D dari makanan-makanan yang mengandung vitamin D tinggi, suplemen maupun dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi. Penyerapan kalsium ke dalam tulang dijamin lebih maksimal.

Obat alami ini adalah yang diperlukan oleh para penderita patah tulang tangan dan untuk mempercepat masa penyembuhan, Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi makanan-makanan berikut:

  • Ikan tuna
  • Ikan salmon
  • Ikan sarden
  • Minyak ikan
  • Kuning telur

Demi cepatnya kesembuhan tulang tangan Anda, pastikan bahwa Anda mengonsumsi 400-800 unit vitamin D setiap harinya. Bahkan setelah sembuh pun, asupan vitamin D harus tetap dijaga dengan baik.

8. Peningkatan Asupan Vitamin K

Supaya masa penyembuhan dari patah tulang tangan lebih cepat, maka ada baiknya untuk mulai juga menambah asupan vitamin K sehari-hari. Entah itu dari makanan-makanan yang mengandung vitamin K atau juga suplemen, Anda akan mampu memperbaiki sel tubuh dan menjaga kesehatan tulang.

9. Peningkatan Asupan Vitamin C

Pada umumnya, diketahui bahwa vitamin C hanyalah mampu meningkatkan daya tahan tubuh atau menjaga supaya tubuh tak terserang penyakit dengan mudah. Padahal asupan vitamin satu ini juga penting sebagai obat bagi yang mengalami patah tulang, tak terkecuali patah tulang tangan.

Selain oleh vitamin D, penyerapan kalsium ke dalam tulang akan dipercepat juga oleh bantuan vitamin C. Kolagen juga diproduksi oleh vitamin C sehingga sangat baik dalam proses kesembuhan tulang. Jadi, rajin-rajinlah juga memenuhi asupannya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi.

(Baca juga: pertolongan pertama pada patah tulang)

10. Teh Hijau

Kita semua tahu bahwa teh hijau memiliki kandungan baik berupa antioksidan yang bisa memberikan perlindungan bagi tubuh dari segala bentuk serangan penyakit. Namun teh hijau juga sebenarnya bisa dijadikan obat bagi yang sedang menderita patah tulang tangan. Cobalah konsumsi teh hijau 5 cangkir dalam sehari secara rutin dan Anda akan merasakan manfaatnya bagi tulang yang patah.

11. Sayuran Warna Hijau

Bagi Anda yang bingung-bingung bagaimana harus menyembuhkan patah tulang pada bagian tangan, cobalah untuk mengonsumsi sayuran yang warnanya hijau. Makanan ini dipercaya sangat mampu membuat penyembuhan patah tulang menjadi lebih cepat dan sempurna. Contoh sayuran yang bisa dikonsumsi selama masa pemulihan tulang yang retak atau patah antara lain adalah:

  • Brokoli
  • Sawi
  • Kale

(Baca juga: penyembuhan patah tulang paha)

12. Imobilisasi

Tak hanya obat alami saja yang bisa dipertimbangkan oleh Anda, tapi juga pengobatan secara medis seperti imobilisasi merupakan obat ampuh bagi pasien patah tulang tangan. Seperti namanya, imobilisasi artinya adalah ketika gerakan pasien harus dibatasi di bagian yang sedang cedera, dalam kasus ini adalah tangan.

Ada beberapa cara imobilisasi yang cukup banyak digunakan atau diterapkan kepada para penderita patah tulang tangan, yakni:

  • Kain/ambin – Penggunaan kain ini biasanya dilakukan dengan cara melilitkan kain di leher yang tujuannya adalah sebagai penopang tangan yang tulangnya retak atau patah sehingga tidak banyak digerakkan.
  • Gips – Obat ini disebut juga obat modern di mana pemasangannya dilakukan dengan tujuan supaya posisi tulang tangan tidak bergeser dan tetap di posisinya. Tulang juga akan terekatkan kembali nantinya dengan gips ini dan dengan gips jugalah Anda bisa membuat patah tulang tercegah dari kondisi yang lebih buruk.

13. Obat Pereda Nyeri

Ketika patah tulang tangan, rasanya pasti akan sangat menderita terutama dikarenakan adanya rasa nyeri di bagian tangan yang tulangnya patah. Untuk itulah ada beberapa jenis obat pereda rasa nyeri yang bisa digunakan dan dikonsumsi penderita apabila memang rasa nyeri sangat mengganggu, seperti:

  • Naproxen
  • Ibuprofen
  • Asetaminofen

(Baca juga: cara mengobati patah tulang)

Itulah sejumlah obat patah tulang tangan yang paling bisa diandalkan ketika Anda merasa khawatir dengan kondisi tulang tangan yang tengah cedera. Apabila obat-obat tersebut dianggap tak membantu, biasanya dokter akan memberikan anjuran metode pengobatan yang harus ditempuh, yakni reduksi fraktur maupun operasi. Tentunya kedua cara pengobatan harus dilakukan oleh yang sudah terpercaya dan berpengalaman pada bidangnya.

Operasi adalah langkah pengobatan yang diperlukan kalau-kalau memang patah tulang di bagian tangan sudah sangat parah. Biasanya langkah yang cukup berisiko ini diambil ketika seseorang mengalami tulang tumpang tindih ketika cedera. Namun, sebelum memutuskan untuk operasi bisa lebih dulu mencoba beberapa obat yang telah disebutkan tersebut.