Home Penyakit dan KelainanAsam Urat 21 Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami dan Cepat di Kaki – di Tangan

21 Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami dan Cepat di Kaki – di Tangan

by Ana Rohma

Cara mengobati asam urat dengan cepat secara alami dapat dilakukan dengan bahan bahan alami. Penyakit asam urat biasanya akan membuat penderita merasa sakit dan tidak nyaman pada bagian persendian di sekitar kaki, tangan dan lutut. Penderita asam urat yang sudah parah bahkan bisa merasakan sakit yang luar biasa disertai dengan pembengkakan di bagian sendi. Tentu saja ini akan membuat aktivitas menjadi tidak nyaman dan orang tua sering merasa lebih menderita. Asam urat bisa disebabkan oleh beberapa gangguan termasuk kebiasaan diet yang buruk dan kebiasaan mengkonsumsi alkohol.

Asam urat biasanya juga menyertai beberapa penyakit lain seperti diabetes, penyakit tekanan darah tinggi dan penyakit batu ginjal. Kondisi ini harus membuat penderita mendapatkan perawatan yang tepat untuk menghindari komplikasi. Berikut ini adalah beberapa cara mengobati asam urat.

  1. Minum Ramuan Jahe

Jahe merupakan jenis tanaman obat yang bisa membantu mengatasi peradangan dan mengurangi rasa sakit ketika asam urat sangat tinggi. Jahe juga mengandung zat gingerol yang bisa membantu menenangkan rasa sakit. Campuran ramuan yang terbuat dari jahe dan kunyit akan mengurangi asam urat yang tinggi dan menghilangkan rasa sakit secara alami.

Cara perawatan:

  • Campurkan satu sendok kunyit bubuk dan satu ruas jari jahe dengan satu gelas air minum.
  • Minum air campuran jahe dan kunyit ini setiap dua kali sehari untuk mengurangi rasa sakit saat asam urat tinggi.
  • Anda juga bisa menambahkan satu ruas jahe dalam setiap masakan secara rutin.
  • Buat jahe bubuk menjadi pasta dan oleskan untuk bagian sendi yang terasa tidak nyaman, cara ini juga bisa mengatasi rasa sakit secara alami.
  1. Minum Cuka Sari Apel dan Madu

Cuka sari apel juga sudah lama digunakan sebagai obat untuk mengurangi rasa sakit karena asam urat yang tinggi. Cuka sari apel bisa mengatasi rasa sakit dan mengurangi peradangan yang terus memburuk. Sementara madu bisa membantu mengurangi peradangan agar tidak menjadi lebih buruk lagi. Cara ini bisa digunakan untuk orang dewasa maupun orang lanjut usia.

Cara perawatan:

  • Ambil satu sendok cuka sari apel yang murni dan masukkan dalam satu gelas air mineral.
  • Untuk mengatasi asam urat yang berat maka bisa minum larutan ini selama dua kali sehari.
  • Anda juga bisa menambahkan dua sendok madu dalam setiap larutan yang akan siap diminum.
  1. Minum Jus Ceri

Ceri adalah buah yang mengandung vitamin C tinggi dan bisa berfungsi sebagai bahan antioksidan. Bahan ini juga bisa melawan asam urat yang tinggi. Bahkan ceri mengandung senyawa antosianin yang bisa mengurangi rasa sakit akibat peradangan yang buruk. Kandungan mineral lain seperti magnesium dan tembaga pada buah ceri bisa meningkatkan standar kesehatan yang baik untuk penderita asam urat.

Cara perawatan:

  • Pastikan Anda menggunakan jenis ceri segar dan bukan ceri yang dijual dalam bentuk kalengan. Ceri yang sudah dikalengkan mengandung bahan pemanis dan akan membuat asam urat menjadi lebih tinggi.
  • Makan buah ceri secara langsung sebanyak 10 hingga 15 buah per hari.
  • Anda juga bisa membuat jus ceri tanpa tambahan air dan gula dan minum dua kali sehari.
  1. Makan Pisang Setiap Hari

Cara mengobati asam urat secara alami selanjutnya adalah dengan konsumsi pisang. Pisang akan membantu tubuh Anda merasa lebih baik ketika kadar asam urat sangat tinggi. Pisang mengandung kadar kalium yang sangat tinggi sehingga bisa membantu mengolah asam urat menjadi limbah dan keluar dari tubuh bersama dengan urin. Kandungan vitamin C yang sangat tinggi dalam pisang juga bisa membantu mengendalikan kesehatan dan sistem metabolisme tubuh. Bahkan pisang juga akan membantu meredakan rasa nyeri dan bengkak karena asam urat.

Cara perawatan:

  • Anda bisa makan pisang secara rutin sebanyak satu atau dua buah setiap hari.
  • Anda juga bisa mencampurkan pisang dengan satu gelas yogurt. Yogurt akan membantu tubuh menjadi lebih kuat karena mengandung bahan probiotik alami.
  1. Minum Larutan Baking Soda

Baking soda banyak digunakan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit akibat peradangan. Salah satunya adalah untuk menyembuhkan asam urat dan bisa menurunkan kadar asam urat secara alami. Asam urat yang menumpuk dalam tubuh bisa menyebabkan kondisi sendi mengalami pembengkaka. Karena itu baking soda mengandung senyawa alkali yang bisa menetralkan penumpukan asam urat.

Cara perawatan:

  • Ambil satu sendok teh baking soda yang sudah disaring dan campurkan dengan satu gelas air minum.
  • Untuk menurunkan kadar asam urat yang sangat tinggi maka Anda bisa mencoba untuk minum larutan inin dua kali sehari.
  • Perawatan alami ini membutuhkan waktu yang lebih panjang dan bahkan bisa lebih dari dua minggu.
  • Perawatan ini tidak bisa dilakukan oleh penderita asam urat yang juga menderita penyakit tekanan darah tinggi dan usia lanjut.
  1. Minum Jus Lemon Setiap Hari

Lemon juga bisa menjadi buah yang bisa menurunkan asam urat dan membantu kadar asam urat stabil di dalam tubuh. Lemon mengandung bahan alkali yang bisa membantu menurunkan kadar asam berlebihan dalam tubuh. Bahkan lemon yang mengandung vitamin C cukup tinggi juga bisa membantu memelihara jaringan tubuh yang rusak akibat asam urat.

Cara perawatan:

  • Pilih lemon yang masih segar dan banyak mengandung air, cuci bersih, kemudian peras hingga mengeluarkan airnya.
  • Campurkan air perasan jeruk lemon dengan seujung sendok kecil bubuk baking soda.
  • Tunggu selama beberapa saat dan kemudian minum air perasan jeruk lemon ini.
  • Jika Anda tidak memiliki baking soda maka juga bisa menggunakan madu.
  1. Mandi atau Berendam dalam Air dan Garam Epsom

Garam Epsom sudah lama digunakan untuk mengatasi kadar asam urat yang tinggi. Garam Epsom akan membantu tubuh menjadi lebih santai dan tidak terlalu sakit saat asam urat tinggi. Garam Epsom mengandung magnesium yang bisa membantu mengendalikan kerja jantung dan mencegah penyakit tekanan darah tinggi. Bahkan khasiat ini sangat ampuh hanya dengan berendam dengan air hangat yang dicampur dengan garam Epsom. Garam Epsom juga bisa membantu mengendalikan rasa sakit dan tidak nyaman.

Cara perawatan:

  • Campurkan 200 gram garam Epsom dalam air yang akan digunakan untuk mandi.
  • Campurkan 200 gram garam Epsom ke dalam air hangat yang akan digunakan untuk berendam, tunggu beberapa saat dan Anda bisa berendam dalam air ini hingga air menjadi dingin.
  • Perawatan ini bisa dilakukan satu minggu sekali, namun jika kadar asam urat sangat tinggi maka bisa dilakukan dua kali dalam satu minggu.
  1. Makan Apel Setiap Hari

Tidak hanya cuka sari apel yang bisa menyembuhkan penyakit asam urat. Anda juga bisa mencoba untuk makan apel setiap hari. Bahkan ketika kadar asam urat sangat tinggi, maka Anda bisa makan dua buah apel setiap hari pada pagi dan sore hari. Untuk mengurangi kadar asam urat yang tinggi sebaiknya apel dikonsumsi setelah makan. Apel mengandung senyawa asam malat yang bisa membantu menurunkan kadar asam urat dan mengurangi rasa sakit akibat penumpukan asam urat yang terlalu tinggi.

  1. Minum Jus Wortel

Wortel adalah jenis sayuran yang memiliki rasa manis dan tekstur yang sangat renyah. Anda bisa mencoba untuk minum jus wortel setiap hari untuk menurunkan kadar asam urat. Wortel mengandung beberapa senyawa yang bisa menurunkan kadar asam urat. Nutrisi seperti serat, vitamin A, vitamin C, magnesium, kalsium, kalium, seng dan tembaga sangat penting untuk menurunkan asam urat. Wortel juga mengandung kadar purin yang rendah sehingga penderita asam urat tidak perlu khawatir dengan kenaikan kadar asam urat.

Makanan bervitamin untuk asam urat

  1. Kompres dengan Air Dingin

Mengompres bagian sendi yang terasa sakit akibat asam urat juga bisa membantu menyembuhkan sakit asam urat. Namun Anda harus melakukan langkah ini dengan cara yang benar. Jangan pernah menempelkan es batu ke bagian sendi yang terasa sakit. Sebaiknya gunakan es batu yang sudah dibungkus dengan handuk, kemudian gunakan untuk mengompres. Lakukan langkah ini selama beberapa kali hingga rasanya menjadi lebih nyaman. Anda juga bisa merendam bagian pergelangan kaki atau tangan ke dalam air dingin selama 10 menit. Cara ini akan mengurangi rasa sakit akibat asam urat yang terlalu tinggi. Air dingin menyebabkan penumpukan kristal penyebab asam urat berkurang.

Baca : Bahaya minum air es setelah makan – Cara mencegah alergi dingin – Akibat kelebihan air putih

  1. Minum Banyak Air Mineral

Penderita asam urat juga disarankan untuk minum banyak air mineral.  Minum banyak air mineral akan membantu membuang racun termasuk asam urat yang menumpuk dalam tubuh. Bahkan ketika penderita minum banyak air mineral maka bisa memberikan perlindungan untuk ginjal. Penyakit ginjal menjadi resiko bagi penderita asam urat tinggi. Tingginya kadar asam urat dalam tubuh menyebabkan ginjal bekerja sangat keras dan sering menyebabkan kerusakan. Bagi penderita asam urat maka sangat disarankan untuk minum setidaknya 3 liter air mineral.

  1. Jangan Minum Alkohol

Kebiasaan minum alkohol juga bisa meningkatkan resiko asam urat yang tinggi, bahaya alkohol juga dapat merusak kesehatan anda. Khusus untuk penderita asam urat maka sebaiknya sama sekali tidak minum alkohol. Alkohol mengandung kadar purin yang sangat tinggi sehingga bisa menyebabkan kondisi asam urat menjadi lebih buruk (Baca : Makanan yang mengandung zat purin). Bahkan alkohol yang masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan gangguan metabolisme dan menyebabkan komplikasi penyakit lain seperti gangguan penyakit jantung dan diabetes.

  1. Mengendalikan Berat Badan

Orang yang kelebihan berat badan bisa menyebabkan asam urat yang tinggi. Salah satu resiko obesitas adalah penyakit asam urat yang bisa menyebabkan komplikasi lain seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Karena itu penderita asam urat harus mengendalikan berat badan. Beberapa hal yang bisa dilakukan misalnya melakukan berbagai jenis olahraga ringan seperti berjalan kaki maupun jalan santai. Jika kondisi sedang buruk dan terjadi pembengkakan maka aktivitas bisa dibantu dengan tongkat.

Baca : Bahaya obesitas – Cara mengecilkan perut buncit – bahaya lemak di perut – Bahaya habis makan langsung mandi

  1. Hindari Kafein

Penderita asam urat sebaiknya tidak mengkonsumsi kafein yang bisa meningkatkan kadar asam urat. Kafein akan menganggu sistem metabolisme tubuh dan membuat ginjal semakin bekerja keras. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya penderita mengurangi atau tidak mengkonsumsi sama sekali kopi atau teh. Kafein bisa menyebabkan kenaikan kadar purin yang menyebabkan asam urat semakin meningkat. Kondisi ini bisa menjadi lebih buruk jika penderita juga mengalami komplikasi lain seperti penyakit tekanan darah tinggi dan gangguan jantung.

Baca : Bahaya kafeinBahaya kopibahaya minum teh – bahaya cokelat

  1. Jangan Mengkonsumsi Minuman Bersoda

Minuman bersoda sebaiknya juga tidak dikonsumsi oleh penderita asam urat. Minuman bersoda mengandung bahan yang bisa meningkatkan kadar purin dalam tubuh. Kondisi ini kemudian bisa menyebabkan serangan asam urat yang sangat buruk. Bahkan minuman bersoda juga bisa menyebabkan kenaikan kadar gula bagi penderita diabetes. Hal ini juga bisa meningkatkan resiko kenaikan kadar asam urat. Jadi lebih baik gantikan minuman bersoda dengan air mineral biasa.

  1. Makan Kacang Pinto

Mengkonsumsi kacang pinto juga sangat disarankan untuk penderita asam urat. Kacang pinto mengandung bahan seperti asam folat. Kandungan asam folat bisa mencegah pembentukan asam urat dan membantu menurunkan kadar asam urat yang tinggi. Konsumsi kacang pinto bisa dicampur dengan jenis sayuran lain seperti wortel. Kacang pinto juga sumber protein yang sangat baik untuk meningkatkan sistem perkembangan jaringan tubuh. Bagi penderita asam urat yang sudah mengalami pembengkakan sebaiknya juga lebih rajin makan kacang pinto.

  1. Minum Jus Bit

Buah bit yang berwarna merah ternyata mengandung khasiat yang sangat besar, salah satunya untuk menurunkan asam urat yang tinggi. Buah bit memilik warna merah dan keungunan yang dibuktikan dengan zat antosianin yang tinggi. Selain itu buah bit mengandung kadar fruktosa alami yang sangat menyehatkan. Bahan antioksidan dalam buah bit bisa mencegah peradangan yang sering terjadi akibat asam urat yang tinggi. Namun buat bit tidak bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat dengan komplikasi diabetes.

  1. Minum Teh Hijau

Penderita asam urat juga disarankan untuk minum teh hijau secara rutin. Teh hijau mengandung kadar katekin yang bisa membantu menurunkan kadar asam urat. Teh hijau juga mengandung bahan antioksidan yang bisa membantu melawan radikal bebas yang sering menyrang penderita asam urat tinggi. Minum teh hijau sebaiknya tidak dicampur dengan gula karena gula bisa merusak kerja senyawa dalam teh hijau.

  1. Minum Jus Nanas

Cara mengobati asam urat di kaki atau di tangan juga dapat dilakukan dengan nanas. Nanas juga menjadi buah yang sangat bermanfaat untuk penderita asam urat. Nanas mengandung serat yang tinggi dan bisa membantu melancarkan pencernaan. Sementara itu nanas juga mengandung zat bromelain yang bisa membantu menurunkan kadar asam urat. Bahkan menurut sebuah penelitian terbukti jika minum jus nanas secara rutin juga bisa membantu menurunkan resiko kekambuhan bagi penderita asam urat. Efek bromelain dalam nanas memang sangat kuat dan bisa membantu melawan kolesterol yang bisa memperburuk kondisi asam urat yang tinggi.

  1. Minum Jus Buah Berri

Jus buah beri bisa menjadi minuman yang sangat menyehatkan untuk penderita asam urat. Buah beri mengandung beberapa senyawa yang bisa membantu menurunkan asam urat dengan cepat. Selain itu kandungan bahan antioksidan dalam buah beri akan membantu melawan radikal bebas. Zat antiinflamasi dalam buah beri juga bisa menurunkan kondisi peradangan pada sendi dan jaringan ketika asam urat tinggi. Untuk mendapatkan khasiat terbaik maka sebaiknya jus buah beri tidak ditambah dengan gula ataupun air.

  1. Minum Obat dari Dokter Anda

Dari sudut pandang medis, asam urat juga bisa diobati dengan beberapa jenis obat kimia. Setiap dokter bisa merekomendasikan  jenis resep yang berbeda, sesuai dengan kondisi tubuh. Bahkan jika penderita mengalami komplikasi seperti penyakit tekanan darah tinggi atau diabetes, maka obat harus disesuaikan. Beberapa jenis obat yang biasanya diresepkan seperti obat untuk anti-inflamasi (ibuprofen, naproxen sodium, Indocin, celecoxib, colchicine, dan kelompok obat kortikosteroid. Jenis obat-obat ini hanya bisa didapatkan dari resep dokter dan penderita tidak boleh membeli obat tanpa resep.

Komplikasi Akibat Asam Urat

  1. Penderita bisa mengalami serangan asam urat tinggi secara terus menerus. Ketika asam urat terus mengalami kenaikan maka bisa menyebabkan kerusakan sendi yang parah. Kondisi ini bisa membuat penderita mengalami sakit yang sangat parah dan membutuhkan perawatan untuk mengatasi rasa sakit.
  2. Terjadinya pembentukan nodul atau lapisan yang terbentuk dari kristal. Lapisan kristal ini bisa terjadi pada bagian jari tangan, jari kaki, punggung dan siku tangan. Awalnya komplikasi ini tidak menyebabkan masalah namun jika tidak diobati maka bisa menyebabkan sakit yang parah ketika kadar asam urat tinggi.
  3. Terbentuknya batu ginjal yang disebabkan karena penumpukan kristal asam urat yang terjadi pada tubuh. Lapisan kristal akan menyebabkan ginjal bekerja terlalu keras sehingga penumpukan bisa menjadi batu ginjal.

Penyebab Asam Urat Tinggi

  1. Tubuh mendapatkan kadar asam urat yang tinggi dari beberapa jenis makanan yang mengandung zat purin tinggi.
  2. Ginjal tidak bisa bekerja dengan baik yang menyebabkan adanya penumpukan kadar asam urat dalam tubuh.
  3. Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin sangat tinggi sehingga tubuh tidak mampu melawan reaksi tersebut.
  4. Orang yang memiliki riwayat asam urat tinggi dalam keluarga juga bisa terkena penyakit ini.
  5. Pria lebih memiliki resiko yang besar untuk terkena asam urat.
  6. Kelebihan berat badan juga bisa meningkatkan resiko terkena asam urat.
  7. Kebiasaan mengkonsumsi alkhol dan merokok juga akan menyebabkan asam urat tinggi.
  8. Tubuh menderita masalan enzim yang bisa menghambat proses pemecahan purin dalam tubuh.
  9. Kebiasaan menggunakan obat-obatan jangka panjang seperti obat golongan aspirin dan diuretik.
  10. Kebiasaan mengkonsumsi suplemen niasin dalam jumlah yang sangat tinggi.

Cara Agar Tetap Sehat untuk Penderita Asam Urat

  1. Melakukan pemeriksaan tingkat kadar asam urat secara berkala dan jika mendapatkan obat dari dokter sebaiknya dikonsumsi secara rutin.
  2. Menjaga keseimbangan diet yang baik termasuk untuk menurunkan berat badan atau mengendalikan kadar asam urat.
  3. Selalu membiasakan diri minum banyak air untuk membantu menurunkan kadar asam urat dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
  4. Selalu melakukan olahraga secara teratur seperti olahraga yang bersifat santai dan tidak membutuhkan banyak kemampuan fisik (jika sudah lanjut usia). Gerakan tubuh akan membantu menurunkan kadar asam urat dan mengontrol berat badan.
  5. Mengendalikan tingkat emosi dan pikiran sehingga pikiran selalu santai dan tidak selalu memikirkan tentang penyakit. Hal ini akan membantu mengendalikan kadar asam urat agar tidak terlalu tinggi dan mengendalikan penyakit komplikasi lain seperti penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.
  6. Selalu memperhatikan diet yang baik terutama untuk gangguan asam urat yang disertai dengan penyakit diabetes. Kondisi diabetes dan asam urat memang harus selalu dikendalikan karena bisa mendukung tubuh tetap sehat dan bugar.

Efek Asam Urat Tinggi untuk Tubuh

  1. Orang yang mengalami gangguan asam urat tinggi bisa merasakan pertanda seperti rasa sakit pada bagian jempol kaki setelah bangun tidur di pagi hari. Kondisi ini ditandai dengan warna merah, panas, bengkak dan sulit untuk digerakkan.
  2. Asam urat yang tinggi bisa menyebabkan terjadinya pembengkakan pada bagian pergelangan kaki dan tangan.
  3. Bagian sendi yang terserang asam urat bisa terlihat sangat merah dan bengkak.
  4. Asam urat juga sering menyebabkan penderita tidak bisa berjalan atau bergerak dengan leluasa.
  5. Asam urat sering menyebabkan gangguan untuk jari-jari kaki dan tangan.

Asam urat yang tinggi sering menyebabkan komplikasi yang membuat penderita merasa sangat sakit. Karena itu pengobatan untuk asam urat harus dilakukan sesuai dengan kondisi yang terjadi. Mengendalikan gaya hidup yang sehat akan membantu mengurangi resiko terkena penyakit asam urat.

You may also like