14 Bahaya Makan Buah Anggur Berlebihan

4589

Salah satu buah yang menjadi favorit dan memiliki banyak penggemar adalah anggur. Anggur ini bisa kita nikmati secara langsung ataupun berupa olahan lain seperti jelly, selai, jus, dan lainnya. Selain karena rasa yang manis buah ini juga banyak mengandung zat yang sangat dibutuhkan tubuh. Di dalam anggur banyak mengandung senyawa polifenol dan juga resveratol yang sangat bermafaat dalam proses metabolisme pada tubuh dan juga mampu mencegah terbentuk nya sel kanker. Anggur juga bermanfaat sebagai anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Hal yang harus diperhatikan adalah meskipun memiliki banyak sekali manfaat namun mengkonsumsi buah anggur dalam jumlah yang berlebihan justru malah akan bahaya buah anggur tidak baik bagi tubuh. Beberapa masalah yang akan terjadi sebagai bahaya buah anggur yang dikonsumsi dalam jumlah terlalu banyak adalah :

  1. Mempengaruhi berat badan
    Pada dasarnya buah anggur ini merupakan buah yang rendah kalori. Masalah yang muncul adalah ketika mengkonsumsi buah anggur dalam jumlah yang sangat banyak maka jumlah kalori yang kita konsumsi pun akan semakin meningkat. Terlalu banyak jumlah kalori yang kita konsumsi maka akan berpengaruh terhadap pertambahan berat badan pada tubuh kita.
  2. Kelebihan karbohidrat
    Dalam ukuran batas normal jumlah karbohidrat yang harus kita cukupi maksimal 65 persen dari jumlah kalori yang kita konsumsi. Anggur merupakan salah satu buah yang juga mengandung karbohidrat cukup tinggi. Itulah mengapa mengkonsumsi anggur dalam jumlah yang berlebihan sama saja dengan mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah banyak. Semakin banyak buah anggur yang kita konsumsi maka semakin banyak pula jumlah karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh kita.
  3. Menyebabkan masalah pada usus
    Mengkonsumsi buah anggur dalam jumlah yang pas tentunya akan sangat bermanfaat bagi tubuh. Namun salah satu efek samping buah anggur bila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak adalah akan membuat masalah pada usus. Hal ini karena dengan jumlah buah anggur yang kita konsumsi sangat banyak maka sama saja dengan menambah beban kerja dari usus kita.
  4. Menyebabkan alergi
    Dalam beberapa kasus, terlalu banyak mengkonsumsi buah anggur juga akan menyebabkan munculnya alergi. Buah anggur merupakan salah satu jenis makanan penyebab alergi gatal. Alergi ini muncul ditandai dengan timbulnya bercak merah pada kulit, kulit menjadi gatal – gatal, bersin – bersin, dan gejala lainnya. Dalam kasus lebih berat alergi ini akan menyebabkan sulitnya bernafas. Alergi ini selain disebabkan oleh jumlah buah anggur yang terlalu banyak kita konsumsi juga bisa disebabkan oleh pestisida pada buah anggur dan juga ragi atau jamur pada buah anggut tersebut.
  5. Menyebabkan gangguan pada pencernaan
    Dalam beberapa kasus terlalu banyak mengkonsumsi buah anggur juga akan menyebabkan gangguan pada pencernaan. Salah satu gangguan pencernaan yang mungkin akan muncul adalah menjadi penyebab diare. Selain itu, bagi mereka yang memiliki intoleransi fruktosa juga apabila mengkonsumsi buah anggur maka akan mengakibatkan sakit perut. Lebih lanjut, mereka yang memiliki intoleransi fruktosa apabila mengkonsumsi buah anggur juga bisa menyebabkan gangguan pada fungsi hati dan ginjal.
  6. Mengakibatkan kembung
    Ketika kita mengkonsumsi buah anggur maka tubuh akan mencerna buah anggur tersebut dengan melepas sejumlah fruktosa. Sebagian fruktosa akan dicerna namun sebagian lainnya justru tidak dapat dicerna. Fruktosa yang tidak tercerna ini akhirnya akan dikonsumsi oleh bakteri yang ada di usus besar. Bakteri ini kemudian akan melepas sejumlah gas. Hal ini lah yang menjadi penyebab kita akan menjadi kembung apabila terlalu banyak mengkonsumsi buah anggur.
  7. Menyebabkan muntah
    Terlalu banyak mengkonsumsi buah anggur bagi mereka yang tidak biasa makan serat secara teratur justru akan menimbulkan rasa mual setelahnya. Buah anggur merupakan salah satu jenis makanan yang sulit dicerna oleh sistem pencernaan karena kandungan serat nya. Hal ini akan menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut yang pada akhirnya akan menimbulkan rasa mual dan rasa ingin muntah.
  8. Menyebabkan diabetes
    Buah anggur merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan gula cukup banyak. Hal ini tentu saja akan sangat berbahaya jika kita terlalu banyak mengkonsumsi buah anggur. Mengkonsumsi buah anggur dalam jumlah yang terlalu banyak bisa menjadi penyebab munculnya penyakit diabetes.
  9. Menjadi penyebab kanker
    Salah satu bahaya buah anggur jika dikonsumsi terlalu banyak juga akan menjadi pemicu munculnya kanker. Buah anggur mengandung lemak jahat yang apabila dibiarkan di dalam tubuh dalam jangka waktu yang lama akan menjadi pemicu munculnya kanker.

Selain hal yang sudah dijelaskan di atas, bahaya buah anggur lainnya jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak adalah akan menyebabkan

  1. Sakit pada kepala
  2. pusing
  3. Sakit tenggorokan
  4. Batuk
  5. Tekanan darah menjadi tidak normal

Itulah beberapa efek samping buah anggur yang harus kita perhatikan apabila kita konsumsi dalam jumlah yang berlebihan.