15 Cara Mencegah Dehidrasi saat Puasa Paling Efektif

1252

Saat berpuasa, sudah menjadi kewajiban untuk menahan lapar serta dahaga. Namun ketika berpuasa di cuaca yang kurang mendukung seperti cuaca panas ekstrem, tentunya puasa akan jauh lebih menantang dan lebih sulit. Dehidrasi menjadi rintangan terbesar karena pada dasarnya ion dalam tubuh dapat menguap dengan cukup cepat akibat cuaca panas yang kita rasakan. Agar di bulan Ramadhan puasa Anda tetap berjalan lancar, ada beberapa cara mencegah dehidrasi saat puasa yang dapat dilakukan.

Baca juga:

  1. Menghindari Makan Gorengan

Sebagai orang Indonesia, rasanya tak akan bisa jauh-jauh dari yang namanya gorengan. Makanan yang digoreng memang tak lepas dari kebiasaan makan kita, dan akan begitu sulit bukan untuk menahan godaan mengonsumsinya di saat berbuka puasa? Namun ada bahaya makan gorengan yang perlu Anda waspadai.

Ingin tahu apa penyebab dehidrasi ringan? Salah satunya adalah gorengan. Supaya terjauh dari bahaya kekurangan cairan, maka sebaiknya hindari memakan gorengan. Boleh saja jika Anda begitu menginginkannya, namun jangan terlalu banyak ketika buka puasa. Jika sampai dehidrasi, maka tubuh akan merasakan kelelahan dan sakit kepala yang akan membuat Anda tidak nyaman.

  1. Mengurangi Olahraga Kardio

Selama bulan puasa, olahraga tetap bisa dijalankan dan bahkan sangat dianjurkan supaya tetap dapat menjaga kebugaran tubuh. Kurang olahraga memang tidak baik, namun selama bulan puasa, perlu juga untuk tidak berlebihan dalam melakukan olahraga, khususnya olahraga kardio.

Mengurangi waktu olahraga dari normalnya adalah solusi terbaik dalam mencegah dehidrasi, jadi Anda juga bisa mencegah bahaya olahraga yang berlebihan. Durasi bisa Anda kurangi, begitu pun intensitasnya. Selain itu, mengimbanginya dengan konsumsi banyak air putih ketika waktu sahur dan berbuka akan sangat membantu supaya tubuh tidak kehilangan cairan begitu cepat.

  1. Menambah Air Garam pada Minuman

Tentu kita tahu betul bahwa rata-rata orang diarelah yang akan diberikan cairan oralit di mana cairan tersebut terbuat dari campuran gula serta garam. Dehidrasi pun sebetulnya bisa dicegah maupun diatasi dengan air garam. Ini karena ada kandungan nutrisi tinggi di dalamnya sehingga dapat menurunkan risiko dehidrasi selama puasa.

(Baca juga: buah untuk dehidrasi)

  1. Mengonsumsi Air Kelapa

Ketimbang meminum sirup atau segala minuman yang mengandung santan di mana akibatnya bisa menjadikan tenggorokan kering, cobalah saat berbuka maupun sahur mengonsumsi air kelapa. Tingkat hidrasi di dalam air kelapa adalah 95 persen berikut juga karbohidrat dan sodium yang cukup tinggi. Minumlah rutin selama bulan puasa dan Anda akan merasakan efek positifnya.

  1. Mengonsumsi Jeruk

Selain air kelapa, selama berpuasa Anda juga teramat disarankan untuk mengonsumsi buah jeruk karena di dalam jeruk ada kandungan air hingga 87 persen berikut vitamin C sebanyak 100 persen. Dengan konsumsi setiap hari, dehidrasi bisa dicegah dan diatasi dengan baik, bahkan juga akan mencegah Anda dari sariawan.

  1. Mengonsumsi Nanas

Nanas merupakan buah yang memiliki kandungan bromelain tinggi yang mampu menjadi pencegah inflamasi sekaligus penggumpalan darah. Bahkan asam aminonya juga ampuh untuk menjaga daya tahan tubuh. Supaya tercegah dari dehidrasi sekaligus juga agar tubuh tetap berstamina dan bugar, konsumsilah buah nanas ini selama bulan Ramadhan.

(Baca juga: makanan dan minuman yang baik untuk puasa)

  1. Mengonsumsi Delima

Delima merupakan buah lainnya yang bisa Anda konsumsi selama berpuasa demi mencegah dehidrasi karena kandungan air di dalam buah ini hingga 90 persen. Buah satu ini juga dikenal akan kandungan limonoids dan kalorinya yang cukup sehingga sangat baik untuk tubuh dan bahkan mampu mencegah pertumbuhan sel kanker.

  1. Mengonsumsi Buah Berry

Seperti kita ketahui, buah berry sangat kaya akan kandungan air di dalamnya. Bila Anda ingin bertahan dengan baik selama bulan puasa tanpa terkena dehidrasi, perbanyaklah konsumsi buah-buah berry, baik saat buka maupun saat sahur. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi pun akan mampu terus menetralkan gula darah Anda. Berikut adalah buah berry yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama bulan Ramadhan:

  • Stroberi
  • Blueberry
  • Raspberry
  1. Mengonsumsi Semangka

Kandungan air di dalam buah semangka termasuk tinggi dan bisa sampai 95 persen. Untuk mencegah dehidrasi selama menjalankan ibadah puasa. Kandungan lainnya seperti sodium, kalsium, magnesium, serta kalium juga akan secara efektif mengatasi sekaligus mencegah dehidrasi.

(Baca juga: cara mengatasi cegukan saat puasa)

  1. Mengonsumsi Mangga

Kandungan air dalam mangga memang sangat banyak, tapi bukan hanya itu, melainkan juga vitamin A, mineral, serat, dan kalori berikut vitamin C. Itulah kandungan yang diperlukan oleh tubuh kita selama bulan puasa supaya tetap segar, bugar, sehat dan terhidrasi dengan baik.

  1. Mengonsumsi Blewah

Kandungan air di dalam blewah pun cukup banyak dan Anda bisa mengonsumsi buah ini di bulan Ramadhan, terutama ketika berbuka. Selama puasa dan tak memperoleh asupan cairan, dehidrasi bisa diatasi dan dicegah selama sekitar 13-14 jam. Zat gulanya juga akan membantu tubuh tetap bertenaga walau tak terisi apapun.

  1. Mengonsumsi Anggur

Buah lainnya yang kaya akan air adalah buah anggur di mana Anda bisa mengonsumsinya ketika berbuka puasa demi meningkatkan cairan di dalam tubuh dan mencegah dehidrasi. Zat antioksidannya pun akan membantu mencegah segala penyakit menyerang tubuh selama berpuasa. Anda boleh mengonsumsi anggur hitam, ungu, merah atau hijau sesuai selera saja.

(Baca juga: cara mencegah bibir kering saat puasa)

  1. Minum Air Putih 8 Gelas Setiap Hari

Bila secara konsisten Anda bisa minum 8 gelas air putih per hari selama sebulan penuh ketika menjalankan puasa, maka dehidrasi bukanlah suatu hal yang perlu dikhawatirkan. Anda pasti bisa mencegahnya dengan mencicil 4 gelas di saat sahur, dan 4 gelas lainnya pada waktu berbuka.

  1. Menghindari Kafein

Selama berpuasa, ada baiknya supaya Anda menghentikan lebih dulu konsumsi teh maupun kopi yang kaya akan kafein. Kafein akan membuat tubuh lebih cepat dehidrasi dan haus. Menggantikannya dengan jus buah atau sayur akan menolong Anda menjalankan puasa dengan baik.

  1. Menggunakan Body Lotion dan Lip Balm

Dehidrasi ringan bisa saja terjadi ketika Anda berpuasa dan bekerja di ruangan ber-AC. Kulit bakal terasa begitu kering jika tak ada persiapan apapun. Body lotion, face spray, maupun lip balm bisa Anda siapkan untuk tujuan menyegarkan kulit yang kelembabannya mulai hilang.

Baca juga:

Itulah berbagai cara mencegah dehidrasi saat puasa secara alami dan juga aman untuk Anda coba praktikkan dan semoga berhasil.