Home Featured 9 Minuman Berkalori Tinggi yang Berisiko Mengganggu Kesehatan

9 Minuman Berkalori Tinggi yang Berisiko Mengganggu Kesehatan

by Erlita

Tubuh kita dapat menjadi lebih mudah gemuk dan terkena penyakit ketika asupan makanan tidak dijaga dengan baik. Bukan hanya makanan yang mengandung kalori tinggi, ada pula minuman berkalori tinggi yang sebaiknya mulai dibatasi atau dihindari kalau ingin menjaga proporsi tubuh serta kesehatannya. Inilah daftar minuman-minuman dengan kalori tinggi untuk mulai kita hindari atau batasi agar tidak merugikan diri sendiri.

  1. Jus Apel

Jus apel ada dalam daftar minuman dengan kalori tinggi? Meski memang menyehatkan, perlu diketahui bahwa ada kandungan 28 gram karbohidrat dan 117 kalori di dalam satu gelasnya. Boleh kok tetap mengonsumsinya karena memang menyehatkan, namun jangan terlalu sering apalagi berlebihan ya.

  1. Minuman Berwarna Seperti Sirup

Minuman sirup atau minuman berwarna lainnya dipastikan punya kadar gula yang sangat tinggi. Namun masalahnya, tak hanya kadar gula saja lho di dalamnya yang perlu diwaspadai. Selain mengandung 30 gram gula, ada kandungan kalori cukup besar di dalam segelas sirup saja, yaitu 150 kalori lho.

  1. Kopi

Makin banyak saja jenis kopi-kopian zaman now, dan semakin banyak variasinya, kita perlu semakin waspada dengan kandungan kalorinya. Kecuali kopi hitam pahit, kopi sachet dan kopi-kopi lain yang kini tengah hits dapat berkandungan setidaknya 500-600 kalori lho. Belum lagi diketahui perkiraan kandungan lemaknya kurang lebih 20-25 gram.

Mungkin kopi-kopian bervariasi seperti caramel coffee, Irish creme coffee, mocha coffee, hingga cafe latte adalah favorit, namun jangan senang dulu karena kopi-kopi inilah yang menawarkan kalori tinggi apalagi kalau dinikmati bersama kue-kue, termasuk cupcake atau muffin. Jika ingin aman, kopi hitam tanpa ditambah gula sama sekali adalah yang paling direkomendasikan.

  1. Smoothies

Terbuat dari buah-buahan memang selalu dianggap baik dan menyehatkan, hanya saja sekalipun minuman yang berasal dari buah-buahan murni kerap kali masih ada bahan campuran lain sehingga menjadikannya terasa manis. Beberapa smoothies apalagi jika kita membelinya di luar dapat ditambah dengan es krim full fat atau sirup dengan kalori tinggi.

Smoothies dengan bahan pembuatan tersebut bukannya menyehatkan justru memperbanyak asupan kalori bagi tubuh karena per gelasnya saja kandungan lemaknya 24 gram beserta 450 kalori. Kalau ingin smoothies sehat, buatlah sendiri di rumah dari buah-buah asli tanpa penambahan gula. Daripada menambahkan es krim full fat, akan jauh lebih sehat jika mencampurnya dengan yogurt bebas lemak/plain yogurt.

  1. Minuman Energi

Minuman berenergi memang menjanjikan tambahan energi dan juga kesegaran bagi tubuh, namun meski dianggap pengganti ion tubuh yang efektif, sebenarnya minuman jenis ini pun bergula tinggi lho. Ada kandungan 62 gram gula serta 280 kalori di dalam minuman berenergi sehingga sebetulnya cukup berisiko bagi kesehatan apalagi kalau konsumsinya setiap hari dan keseringan.

  1. Minuman Koktail

Bagi penyuka minuman koktail semacam white russians, pina colada, dan martini, kandungan kalorinya cukup besar lho. Karena dibuat dengan campuran krim bergula tinggi bersama dengan susu kelapa, maka meminum pina colada segelas saja bisa memberikan 700 kalori sendiri bagi tubuh kita.

  1. White Wine

Minuman beralkohol seperti anggur putih atau white wine per 250 ml juga menawarkan kalori tinggi. Jadi bagi penggemar minuman alkohol satu ini, batasi konsumsinya atau hindari sama sekali karena mampu menawarkan 250 kalori untuk per 250 ml asupan.

  1. Jus Jeruk

Kalau jus apel sebelumnya disebutkan segelasnya menawarkan 117 kalori per gelasnya, maka jus jeruk pun juga perlu dibatasi konsumsinya karena menawarkan jumlah kalori tinggi. Per gelas atau 250 ml, ada kandungan 115 kalori yang kalau dikonsumsi berlebihan tentu saja asupan kalori tubuh jadi tinggi.

  1. Minuman Soda

Seperti kita tahu, soda adalah jenis minuman manis yang sebenarnya berkandungan gula tinggi tapi nilai nutrisinya sangat rendah. Itulah kenapa minum minuman bersoda berlebihan dan terlalu sering mampu memicu obesitas, menurunkan daya ingat, hingga meningkatkan risiko diabetes. Bahkan selama 6 bulan setiap hari mengonsumsinya hanya akan memicu penyakit ginjal.

Itulah daftar minuman berkalori tinggi yang mungkin kita kerap konsumsi dan anggap sebagai hal wajar padahal sebenarnya asupan berlebihan dan terlalu sering membuat tubuh kelebihan kalori. Bukan sekadar meningkatkan risiko kegemukan, berbagai jenis penyakit degeneratif pun bisa datang kapan saja.

You may also like