Diet Rendah Kalori ? Awas ini 10 Bahaya Kekurangan Kalori bagi Kesehatan

187

Kalori merupakan salah satu gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Banyak makanan yang mengandung kalori tinggi, dan beberapa makanan yang rendah kalori. Makanan yang berkalori tinggi seperti nasi dan tepung terigu. Sedangkan makanan yang berkalori rendah adalah kentang dan buncis.

Manfaat kalori sangat banyak apalagi untuk kesehatan tubuh. Adapun beberapa manfaat kalori untuk tubuh adalah sebagai berikut

  • Membantu perkembangan anak
  • Membantu pertumbuhan anak
  • Menyeimbangkan berat badan
  • Membantu menjaga metabolisme tubuh
  • Membantu memberikan energi pada tubuh
  • Membantu membunuh bakteri yang ada di dalam tubuh
  • Menjaga berat badan agar tetap ideal dan tidak kurang
  • Menjaga pencernaan

Itulah manfaat yang akan di dapatkan dari kalori. Itu sebabnya kalori sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dengan kebutuhkan kalori di dalam tubuh, maka kamu perlu menjaga agar tubuh tidak kekurangan kadar kalori. Untuk itu mari simak lebih lanjut bahaya kekurangan kalori. Adapun bahaya kekurangan kalori adalah sebagai berikut :

1. Perkembangan anak akan terganggu

Bahaya kekurangan kalori salah satunya adalah dapat menganggu perkembangan anak, hal ini disebabkan karena pada dasarnya kalori akan membentuk metabolisme tubuh sehingga jika metabolisme pada tubuh seimbang, akan menyeimbangkan dan mempermudah pula dalam proses perkembangan anak.

Perkembangan adalah proses perubahan seseorang dari bayi menuju anak-anak, remaja, dewasa, dan masa tua. Biasanya perkembangan ditandai dengan perubahan kualitatif dan perubahan yang tampak secara biologis.

2. Pertumbuhan anak akan terganggu

Selain perekembangan yang terganggu karena kekurangan kalori, pertumbuhan pada anak pun dapat terganggu. Hal demikian sama dengan gangguan yang akan menganggu perkembangan.

3. Berat badan tidak seimbang

Biasanya seorang melakukan diet kalori karena terlalu gemuk, atau karena memang ia mau mengidealkan badan. Namun jika mengonsumsi kalori sangat dibatasi dan malah hampir tidak mengonsumsinya bahkan dapat menyebabkan berat badan tidak seimbang. Bahkan dengan kurangnya berat badan dapat menyebabkan  badan menjadi lemas dan mempermudah bakteri masuk ke dalam tubuh. Sehingga memudahkan penyakit datang.

Memang kalori sangat dianjurkan untuk dikurangi bagi mereka yang menginginkan untuk memiliki tubuh ideal dengan diet kalori. Namun untuk melakukan diet, ikutilah tips diet sehat agar tubuh mu tidak menjadi korban diet. Diet sehat tidak hanya dengan mengurangi kalori, tetapi diet sehat juga dapat dilakukan dengan diet finess. Karena fitness dapat membantu membakar kalori dalam tubuh.

4. Menyebabkan berbagai macam penyakit

Telah dijelaskan bahwa kalori dapat membantu dalam menjaga metabolisme tubuh sehingga akan membantu pula dalam perkembangan dan pertumbuhan anak. Selain itu metabolisme tubuh sangat diperlukan untuk menjaga diri agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang akan menyerang pada tubuh apabila sistem kekebalan tubuh tidak dijaga dengan baik.

5. Kondisi psikologis menurun

Pada dasarnya psikologi menurun ini sangat sering terjadi ketika seorang menderita penyakit. Hal ini sering menyebabkan orang yang menderita penyakit serius justru lebih sering down psikologinya. Padahal psikologi dan rasa tenang berpengharuh pada kecepatan dan kesembuhan seseorang dalam proses penyembuhan penyakit.

Kondisi ini yang terus menerus dapat membuat kesehatan mental terganggu, maka perlu adanya terapi psikologi untuk depresi ringan bila kesehatan mental mulai terganggu. Hidup dengan tubuh ideal memang menjadi dambaan setiap orang, tapi taukah kamu lebih enak kalau kita bisa bersyukur dengan apa yang kita miliki.

6. Metabolisme tubuh menurun

Pada dasarnya metabolisme tubuh akan menurun jika tidak cukup kalori yang ada di dalam tubuh. Akibatnya akan menyebababkan penyakit akan mudah menyerang. Metabolisme yang menurun dapat menyebabkan kelainan metabolik, banyak jenis-jenis kelainan metabolik yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Maka kesehatan metabolisme perlu dijaga dengan baik.

7. Tidak memiliki tenanga

Kalori dibutuhkan untuk memberikan energi pada tubuh. Energi pada tubuh akan membantu untuk memberikan tenaga dan mempermudah aktivitas pada tubuh. Jika kalori kurang dan tidak ada di dalam tubuh makan akan menciptakan suasana yang lemas dan tidak bertenaga. Dalam beraktivitas segalanya dapat terganggu

8. Badan mudah lemas

Badan menjadi mudah lemas jika tidak memiliki kalori yang cukup. Bahkan ketika seorng sering mengonsumsi karbohidrat yang banyak dan tiba-tiba harus menghentikan karbohidrat misal seperti puasa untuk diawal awal akan merasakan lemas dan lesu. Berikut tips menggaatasi badan lemas diantaranya adalah melakukan yoga dan rajin berolahraga

9. Bakteri mudah masuk

Tentu bakteri akan mudah masuk ketika tubuh tidak memiliki metabolisme yang kuat. Untuk itu mengapa metabolisme dan kekebalan tubuh sangat penting untuk dijaga kesehatannya dengan baik

10. Pencernaan akan terganggu

Gangguan pencernaan terdapat berbagai macam, seperti asam lambung, gangnguan usus dan lain sebagainya. Jika kebutuhan kalori tidak tercukupi hal ini bisa saja terjadi dengan serius.

Itulah bahaya kekurangan kalori yang akan terjadi pada tubuh mu. Biasanya seorang yang mengurangi kalori adalah mereka yang melakukan diet kalori. Oleh karena itu, meskipun hendak diet kalori tetap pilihlah makanan yang baik untuk kesehatan. Tetap konsumsi kalori namun jangan sampai melebihi batas diet yang telah di tetapkan.